MUATAN
LOKAL
Jenis
dan Strategi Pelaksanaan Muatan Lokal
Kurikulum muatan adalah
seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran
yang disusun oleh satuan pendidikan sesuai dengan keragaman potensi daerah,
karakteristik daerah, keunggulan daerah, kebutuhan daerah, dan lingkungan
sekitar sekolah yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Muatan lokal dapat berupa kurikulum yang memuat materi tentang
karakteristik daerah atau karakteristik satuan pendidikan.
Sesuai
denganPermendikbud nomor 79 tahun 2014 tentang Muatan Lokal menyatakan bahwa
Jenis Muatan Lokal di Satuan Pendidikan dapat ditentukan oleh Gubernur maupun
Satuan Pendidikan sendiri. Di SMK Surabaya ada 1 jenis muatan lokal
yakni :
1.
Bahasa Jawa
Muatan Lokal ini digunakan dalam mata pelajaran
tersendiri yang Kompetensi Dasar yang ada pada Bahasa Jawa menyesuaikan dengan
pergub no 19 tahun 2014.
Tujuan dan Ruang Lingkup
Bahasa Jawa
Adapun
tujuan Muatan Lokal Bahasa Jawa adalah untuk melestarikan Budaya Lokal yang
sesuai dengan kondisi peserta didik sekaligus sebagai sarana untuk menumbuh kembangkan budi pekerti yang
sesuai dengan budaya Jawa, mengembangkan dan
mengkreasikan bahasa dan sastra daerah.
Kompetensi dasar Bahasa jawa
Kelas X
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa daerah sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa untuk
meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan daerah, serta untuk melestarikan dan
mengembangkan budaya daerah untuk didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan
pengembangan nasional
1.2 Mensyukuri anugrah
Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan menggunakannnya sesuai kaidah dalam
konteks kebhinekaan.
1.3 Mensyukuri anugrah
Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan dan menganalisa informsi lisan dan tulis.
1.4 Mensyukuri anugrah
Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam, serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1. Menunjukkan sikap tanggung jawab, perduli,
responsif, dan santun menggunakan bahasa daerah dalam teks sastra dan non
sastra, wacana beraksara Jawa/carakan Madhura, dengan tema bahasa, sastra dan
budaya daerah.
2.2. Menunjukkan prilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab dan proaktif menggunakan bahasa daerah dalm pelaporan hasil
karya sastra dan non sastra, wacana beraksara jawa/carakan madhura, dengan
tema bahasa, sastra dan budaya daerah.
2.3. Menunjukkan prilaku jujur, tanggung jawab,
dan disiplin dalam menggunakan bahasa daerah untuk menunjukkkan tahapan dan
langkah kegiatan yang telah ditentukan.
2.4. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
perduli, dan santun dalam menggunakan bahasa daerah dalam konteks komunikasi
lisan maupun tulis mengenai konflik sosial, politik, ekonomi dan kebijakan
politik
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1.
Mengidentifikasi, memahami dan menganalisa teks non sastra (berita,
artikel, laporan, dan lainnya) secara lisan dan tulis
3.2.
Mengidentifikasi, memahami dan menganalisis unsur intrinsik maunpun ekstrinsik
teks sastra klasik dan modern secara lisan dan tulis.
3.3.
Memahami karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran, dialog,
dan berdiskusi sesuai dengan tatakrama.
3.4.
Mengidentifikasi, memahami dan menganalisis penggunaan bahasa dalam teks
sastra dan on sastra secara lisan dan tulis
3.5.
Mengidentifikasi, memahami dan menganalisis teks beraksara jawa/ carakan
madhura sesuai kaidah
3.6.
Mengidentifikasi, memahami dan menganalisis puisi tradisional atau modern
sesuai dengan karakteristik
|
4.
Mengolah,
menalar, menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
|
4.1.
Menginterpresentasi, menanggapi dan mengekspresikan teks non sastra
sesuai kaidah secara lisan dan tulis
4.2.
Menginterpresentasi, menanggapi dan mengekspresikan teks sastra
9wayang/topeng) sesuai kaidah secara lisan dan tulis
4.3.
Bermain peran, berdialog, dan berdiskusi sesuai tatakrama
4.4.
Membandingkan penggunaan bahasa dalam teks sastra dan non sastra secara
lisan dan tulis.
4.5.
Menyusun teks paragraf menggunakan aksara jawa / carakan madhura sesuai
kaidah
4.6.
Membaca, mencipta, dan mempublikasikan puisi tradisional atau modern.
|
Kelas XI
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1.
Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis teks drama, prosa atau puisi
sesuai kaidah.
3.2.
Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis peristiwa budaya daerah
sesuai karakteristik.
3.3.
Mengidentifikasi, memahami, menganalisis teks pewara atau pidato sesuai
kaidah.
3.4.
Mengidentifikasi, memahami, menganalisis nilai-nilai moral yang
terkandung dalam tembang macapat
3.5.
Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis teks aksara Jawa / carakan Madhura sesuai kaidah.
|
2.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
|
4.1.
Menginterpetasi, menanggapi dan memperagakan teks drama, puisi, dan prosa
sesuai kaidah dengan bahasa yang komunikatif.
4.2.
Menanggapi peristiwa budaya daerah sesuai dengan karakteristiknya.
4.3.
Menyajikan kegiatan sebagai pewara atau berpidato dengan menggunakan tata
krama sesuai dengan konteks budaya.
4.4.
Menginterpretasi nilai-nilai moral yang terkandung dalam tembang macapat.
4.5.
Membaca cepat teks wacana sastra atau nonsastra beraksara Jawa / carakan Madhura.
|
Kelas XII
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1.
Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis penggunaan bahasa lisan
dalam berbagai situasi sesuai tatakrama.
3.2.
Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis karya fiksi dan nonfiksi secara lisan dan tulis.
3.3.
Mengidentifikasi, memahami dan menganalisis seni pertunjukan.
|
2.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
|
4.1
Melakukan simulasi penggunaan bahasa daerah dalam berbagai konteks sesuai
dengan tatakrama
4.2
Menyusun dan mempublikasikan karya nonfiksi (artikel, laporan, opini,
anekdot, dan kritik) sesuai kaidah.
4.3
Memproduksi dan mempublikasikan karya fiksi (naskah drama, cerita pendek,
karya terjemahan).
4.4
Menyajikan seni pertunjukan (musikalisasi puisi, dramatisasi karya
sastra, si’ir, lawak, musik dan lagu, dongeng).
|