memahami puisi Semut dan Orang

A. Bacalah puisi ini dengan suara yang keras dan penuh penghayatan!

Semut dan Orang
Karya Putri Elsari Rahmayana

Semut-semut kecil
Berwarna kuning
Berbaring di dinding
Menemukan nasi kering
Semut-semut kecil
Menggotong nasi
Untuk makan esok hari
Tidak untuk sendiri

Tidak pernah berkelahi
Tapi…………….Mengapa?
Di televise
Sering kulihat orang berkelahi

Saling menyakiti
Akankah ini terus terjadi
Bagaimana nasib kami nanti

B. Pahamilah maksud puisi disamping!
Apakah kamu sudah dapat memahami maksud puisi “Semut dan Orang?” Jawablah dengan “ya” jika pernyataan-pernyataan di bawah ini sesuai dengan maksud puisi, dan tidak jika tidak sesuai.



1. Puisi berjudul “Semut dan Orang” berisi perbandingan semut dan manusia. (………………………)
2. Menurut puisi itu perilaku manusia lebih baik dibandingkan semut. (……………………..)
3. Perilaku semut yang dibandingkan manusia adalah kebersamaannya dalam menghadapi hidup.
4. Kebersamaan yang dimaksud dalam puisi di atas adalah kebersamaan saaqt mendapatkan

C. Ceritakan isi puisi di atas dengan bahasamu sendiri.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------