6.
Kitab Suci menyatakan dalam Ul
16:19: “Janganlah memutarbalikkan keadilan,
janganlah memandang bulu dan
janganlah menerima suap, sebab suap
membuat buta mata orang-orang bijaksana dan memutarbalikkan perkataan
orang-orang yang benar.”
Dari
pernyataan tersebut inspirasi yang didapat dalam memperjuangkan kebenaran ialah...
A. Kebenaran harus dilaksanakan secara mutlak.
B. Kebenaran harus ditegakkan.
C. Kebenaran boleh dimanipulasi
D. Kebenaran milik orang kaya.
E. Kebenaran berlaku sesuai penguasa.
7.
Berikut ini yang bukan seharusnya
dilakukan oleh seorang siswa dalam perannya memperjuangkan damai dan sejahtera
adalah ....
A. menghargai hak sesamanya yang lain
B. menjalankan kewajibannya di sekolah
C. bekerja keras untuk memperkaya diri
D. mengakui dan menghargai jerih payah orang tua
dan guru
E. mengusahakan nilai-nilai yang bermutu tinggi
8.
Usaha yang dapat dilakukan siswa
di sekolah untuk menjaga lingkungan hidup antara lain ...
A. menanam kembali hutan-hutan yang gundul di
Indonesia.
B. memilah dan mengolah sampah yang
ada di sekolah.
C. memberi upah lebih kepada tenaga kebersihan di
sekolah.
D. mengadakan
bakti sosial untuk warga yang
tidak mampu.
E. mengundang pakar lingkungan hidup untuk
memberikan penyuluhan.
9.
Berikut ini yang bukan merupakan
segi perbedaan antara Gereja Katolik dan Gereja Kristen Protestan adalah…
A. jumlah Kitab Suci yang diakui
B. kewenangan menafsirkan Kitab Suci
C. kepercayaan kepada Yesus sebagai Juruselamat
D. pemahaman tentang sakramen
E. penghormatan orang kudus
10.
Berikut ini yang merupakan
kegiatan Ekumene adalah ...
A. Kegiatan persekutuan doa antara Gereja Katolik
dan umat Kristen Protestan.
B. Saling bersilahtuhrami ketika Hari Raya Idul
Fitri.
C. Ikut serta dalam penggalangan dana bagi bencana
alam.
D. Donor darah bersama antar umat beragama.
E. Dialog agama tentang iman masing-masing.
11.
Berikut ini yang merupakan contoh
usaha untuk membangun persaudaraan dengan umat Islam kecuali…
A. membangun dialog kemanusiaan.
B. membangun sikap untuk senantiasa terbuka.
C. meningkatkan pemahaman ajaran agama lain.
D. menghindari hal-hal yang dapat merusak.
E. meningkatkan semangat fanatisme’
12. Dalam usaha membangun dialog dengan agama lain sering menemukan
hambatan-hambatan sebagai berikut, kecuali...
A. Merasa diri cukup/paling sempurna.
B. Beban hidup yang dialami dalam keluarga.
C. Perbedaan kebudayaan karena tingkat pendidikan
yang tidak sama.
D. Tidak cukup memiliki pengetahuan dan pemahaman
tentang agama lain.
E. Faktor sosial politik dan beban ingatan
traumatis akan konflik yang terjadi .
13.
Nostra
Aetate artikel 2: “Gereja Katolik tidak
menolak apa pun, yang dalam agama-agama itu serba benar dan suci. Dengan sikap
hormat yang tulus, Gereja merenungkan cara-cara bertindak dan hidup,
kaidah-kaidah serta ajaran-ajaran, yang memang dalam banyak hal berbeda dari
apa yang diyakini dan diajarkannya sendiri, tetapi tidak jarang toh memantulkan
sinar kebenaran, yang menerangi semua orang.”
Kesimpulan
yang didapat dari dokumen tersebut adalah sikap Gereja yang...
A. menolak segala kebenaran yang ada dalam agama
lain.
B. menerima sebagian tapi hanya hal-hal tertentu.
C. tidak menolak apa pun, yang dalam agama-agama
itu serba benar dan suci.
D. merasa ragu dengan kebenaran yang ada dalam
agama-agama lain.
E. Gereja menerima keselamatan yang ada dalam
agama lain.
14.
Berikut yang bukan contoh
membangun persaudaraan antara umat Katolik dan umat Hindu, Budha, Konghucu dan
aliran kepercayaan adalah…
A. Bekerja sama dalam membangun rumah ibadah.
B. Menghormati orang yang sedang menjalankan
kegiatan keagamaan.
C. Menjadi pelopor dan pembela keadilan dan tertindas
bagi orang kecil.
D. Mengorbankan diri untuk menolong orang yang
sedang tertimpa bencana.
E. Berkorban sampai mati untuk membela agamanya
jika terjadi konflik.
15.
Fungsi agama adalah…
A. untuk identitas manusia
B. pengatur dan pedoman hidup moral dan sosial
C. menjaga kebahagian hidup manusia sebagai
pribadi
D. membentuk jiwa yang memiliki kebenaran pribadi
E. menegakkan kepercayaan pada manusia yang lain
16.
Salah satu contoh usaha yang
dapat dilakukan untuk membangun semangat persaudaraan sejati antar umat
beragama di bidang sosial adalah…
A. mengembangkan sikap fanatik yang berlebihan.
B. membentuk forum persaudaraan antar umat
beragama.
C. membangun hubungan yang dibatasi oleh
doktrin-doktrin agama.
D. membangun anggapan bahwa semua agama sama dalam
faktor historisnya.
E. membangun gerakan pemberdayaan ekonomi dalam
kelompok yang eksklusif.
17.
Salah satu contoh usaha umat
Kristiani dalam membangun semangat persatuan dan kesatuan dalam masyarakat yang
majemuk adalah…
A. Setiap orang harus berani menerima perbedaan
sebagai suatu rahmat.
B. Semua orang Katolik tertutup terhadap
kemajemukan.
C. Kemajemukan merupakan suatu sakralegi.
D. Tidak mempermasalahkan kemajemukan.
E. Hanya satu agama yang baik dan benar.
18.
Injil Markus 3 : 4, “ Kemudian Ia
mengatakan kepada mereka ,” Manakah yang menurut hukum diperbolehkan pada hari
Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat,menyelamatkan atau membunuh jiwa? Tetapi
mereka diam saja.” Ajaran Yesus yang diberikan kepada kita dalam menghadapi
orang Farisi dan Ahli Taurat yang terlalu menekankan Hukum daripada esensinya
adalah...
A. Yesus menolak hukum Taurat.
B. Pada hari Sabat orang harus beristirahat.
C. Hukum Taurat tentang hari Sabat tidak tepat.
D. Yesus memerdekakan manusia untuk berbuat baik.
E. Yesus memprotes kaum Farisi yang berbuat baik
pada hari Sabat.
19.
Pandangan perkawinan menurut
Gereja Katolik adalah…
A. Persekutuan cinta antara seorang laki-laki dan seorang perempuan.
B. Sakramen keselamatan yang diteguhkan dalam ikatan cinta kasih antara
seorang laki-laki dan seorang perempuan.
C. Perjanjian seorang laki-laki dan seorang perempuan untuk hidup bersama
menurut agama dan Negara.
D. Persekutuan hidup yang mempunyai bentuk,tujuan dan hubungan khusus dalam
suatu lingkungan masyarakat.
E.
Perjanjian antara seorang
laki-laki dan seorang perempuan untuk membentuk kehidupan bersama sebagai tanda
cinta.
20.
Contoh pacaran yang sehat menurut
pandangan Gereja Katolik…
A. selalu pergi berdua, makan berdua.
B. sering berpegangan tangan dengan mesra.
C. saling bertukar pikiran tentang hobi dan bakat.
D. selalu saling mengunjungi di rumah keluarga masing-masing.
E. saling melengkapi,meneguhkan,menyemangati
untuk mencapai tujuan.
21.
Berikut ini yang bukan merupakan
cara komunikasi yang baik antar anggota Keluarga adalah....
A. saling menghargai dan menghormati
B. selalu pergi berlibur ke luar kota
C. selalu menanyakan kegiatan di mana pun dan
kapan pun
D. berbicara dengan penuh kehangatan dan cinta
E. Memiliki rasa simpati dan empati
22.
Berikut ini yang bukan merupakan
syarat-syarat untuk memperoleh dispensasi dalam perkawinan campur menurut
pandangan Gereja Katolik adalah ...
A. Pihak Katolik menyatakan bersedia menjauhkan diri dari bahaya iman.
B. Perkawinan boleh dilakukan dengan tata cara dua agama.
C. Pihak Katolik berusaha dengan sekuat tenaga agar semua anaknya dibaptis
secara Katolik.
D. Janji pihak Katolik wajib memberitahukan janji ini kepada pasangannya.
E.
Keduanya harus menerima
pengajaran mengenai tujuan dan ciri perkawinan Katolik.
23.
Berdasarkan Injil Matius 19:12
yang berbunyi: “Ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir
demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dijadikan demikian oleh orang
lain, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri
oleh karena Kerajaan Sorga. Siapa yang dapat mengerti hendaklah ia
mengerti,"
Apa
inspirasi yang kita dapat, berhubungan dengan kehidupan membiara adalah ...
A. Hidup Membiara itu melawan kodrat sebagai
manusia.
B. Hidup membiara adalah pilihan hidup demi
Kerajaan Allah.
C. Setiap orang diwajibkan untuk menikah demi Tuhan.
D. Semua orang diciptakan dengan fisik yang
sempurna.
E. Hidup membiara adalah solusi bagi yang tidak
memiliki jodoh.
24.
Kaul adalah pemberian diri secara
total kepada Allah. Salah satu kaul dalam Hidup membiara adalah kaul ketaatan.
Inspirasi yang dapat diwujudkan dalam hidup sehari-hari sebagai siswa adalah
....
A. tidak mengikuti ekstrakulikuler Pramuka
B. membolos untuk melihat konser
C. membiarkan guru yang terlambat masuk kelas
D. mengumpulkan tugas di saat deadline
E. menjunjung tinggi kedisiplinan
25.
Perhatikan kutipan Kitab Suci
berikut ini!
Matius
19:16-26
Ada
seorang datang kepada Yesus, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah
yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?" Jawab Yesus: "Apakah sebabnya engkau
bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau
engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah." Kata orang itu kepada-Nya: "Perintah
yang mana?" Kata Yesus: "Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan
mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta,
hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti
dirimu sendiri." Kata orang muda
itu kepada-Nya: "Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih
kurang?" Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna,
pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin,
maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah
Aku." Ketika orang muda itu
mendengar perkataanitu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya. Yesus berkata kepada murid-murid-Nya:
"Aku berkata kepadamu, sesungguhnyasukar sekali bagi seorang kaya untuk
masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sekali
lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor untamasuk melalui lobang jarum
dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah." Ketika murid-murid mendengar itu,
sangatgemparlah mereka dan berkata: "Jika demikian, siapakah yang dapat
diselamatkan?" Yesus memandang mereka
dan berkata: "Bagi manusia hal ini tidak mungkin, tetapi bagi Allah segala
sesuatu mungkin."
Berdasarkan
kutipan Teks Kitab Suci tentang pemuda kaya tersebut, inspirasi yang didapat
untuk meraih cita-cita adalah ...
A. kerja keras dan menyerahkan segalanya kepada
Allah
B. menjual segala harta supaya cita-cita
terlaksana
C. melakukan segala kewajiban agama agar sukses
D. berpuasa sesering mungkin supaya dapat pahala
E. mengorbankan orang lain demi tujuannya
B
|
C
|
B
|
C
|
A
|
E
|
A
|
C
|
E
|
B
|