Rangkuman haji dan umroh

1. Haji adalah mengunjungi Ka’bah (rumah Allah Swt.) untuk melakukan beberapa amal ibadah dengan syarat-syarat yang telah ditentukan dan hukumnya wajib bagi setiap umat Islam yang mampu.
2. Syarat wajib haji adalah Islam, baligh, berakal, merdeka dan mampu.
4. Wajib haji adalah ihram dari miqat,berhenti di Muzdalifah, melontar Jumrah Aqabah, bermalam di Mina, ¯awaf wada’ dan tidak melakukan perbuatan yang dilarang.
5. Sunah haji adalah 􀁊􀁇􀁓􀁂􀁅, membaca talbiyah selama ihram sampai melontarnjumrah aqabah pada hari raya idul adha, berdoa sesudah membaca talbiyah, membaca zikir  ewaktu ¯awaf, £alat dua rakaat sesudah ¯awaf, masuk ke Ka’bah.
7. Dam (denda) bagi haji tamattu dan haji qiran,mengerjakan salah satu dari beberapa larangan bersetubuh bagi suami Istri sebelum tahalul pertama, membunuh binatang liar dan terhambat atau terlambat dalam perjalanan.
8. Umrah adalah berkunjung ke Ka’bah dengan melaksanakan ¯awaf dan sa’i dalam waktu yang tidak ditentukan. Hukumnya adalah fardhu ain atas umat Islam sekali dalam seumur hidupnya.
9. Syarat wajib umrah adalah Islam, baligh, berakal, dan merdeka.
11. Wajib umrah adalah ihram dari miqat dan menjauhi segala larangan umrah yang jumlah dan bentuk larangannya sama dengan larangan haji.
12. Hikmah haji dan umrah adalah menghapus semua dosa kecil dan menyucikan diri dari perbuatan maksiat, diampuninya segala dosa karena Allah Swt. Maha Pengampun, Maha Pemurah, dan Maha Penyayang kecuali yang berkaitan dengan hak-hak sesama manusia harus diselesaikan terlebih dahulu, menyucikan jiwa seseorang dan berbaik sangka kepada Allah Swt., menciptakan rasa persatuan dan kesatuan umat Islam di dunia, mempererat tali persaudaraan bagi umat Islam di seluruh dunia, media untuk berdakwah menyebarkan ajaran Islam ke seluruh dunia seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw. selalu menemui jamaah haji dalam setiap tahunnya, lebih mengutamakan kepentingan agama daripada kepentingan pribadi.

SUMBER : Buku K13 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas ix