Pengusaha yang Sukses



Kriteria Pengusaha yang Sukses
1. Sejahtera
Pengusaha yang sukses adalah pengusaha yang telah berhasil membawa dirinya, termasuk juga keluarganya dalam kehidupan sejahtera. Sejahtera yang dimaksud tentu tidak akan jauh-jauh dari urusan ekonomi, yaitu sandang, pangan, dan papan. Disamping itu dengan keberhasilan usahanya ia juga mampu mensejahterakan karyawan dan lingkungan terdekatnya.
2. Meningkatkan kualitas hidup (Upgrade)
Kriteria lain pengusaha yang dapat dikatakan berhasil mencapai kesuksesan adalah telah mampu meng"upgrade" atau meningkatkan jenjang kehidupannya dalam pandangan orang-orang di lingkungan sekitar. Bukan hanya mampu upgrade dalam bidang ekonomi (finansial) tetapi juga termasuk keahlian diri dan kelas sosialnya.
3.Kampiun
Pengusaha yang sukses adalah kelompok pengusaha yang telah berada dalam lingkaran kampiun alias juara. Kriteria pengusaha sukses adalah para juara dalam bidang usaha yang dilakoninya. Dengan berbagai kemampuan strategi bisnis yang diterapkan dalam kerasnya kompetisi usaha, maka jadilah mereka orang-orang yang mendapat predikat pemimpin bisnis di bidang usaha masing-masing alias Kampiun.

4. memiliki kekuasaan/pengaruh di lingkungan sekitar (superpower)
Pengusaha yang dikategorikan sukses adalah pengusaha yang tanpa disadari telah memiliki kekuatan ekstra (super power) dalam mempengaruhi orang-orang di sekitarnya. Jarang ada orang yang akan menolak perintah atau permintaanya untuk melakukan sesuatu. Hal ini tentu tidak terlepas dari power finansial yang ada dibalik pengaruh-pengaruhnya.
5. mampu bersikap tenang
Kriteria yang terakhir bagi seorang pengusaha sukses adalah tenang dan santai. Orang-orang yang masih sering stress atau selalu panik ketika menghadapi urusan bisnis, meskipun memiliki harta berlimpah belum dapat dikatakan pengusaha sukses. Pengusaha sukses akan selalu terlihat santai dalam bekerja dan menghadapi masalah karena ia telah mencapai tahap kestabilan, baik stabilitas keuangan, psikis, dan emosi.










Kriteria untuk menjadi pengusaha sukses:
1. Semangat kerja. Mencintai apa yang dikerjakan sehingga membuatnya terus berkarya menghasilkan prestasi-prestasi baru tiada henti. Ketika menghadapi halangan atau kegagalan, tidak putus asa dan justru belajar dari kegagalan.

2. Seorang pengusaha harus memiliki impian. Impian merupakan wujud dari visi dan misi seseorang dalam berkarya. Dengan mimpi pikiran akan terfokus dan memudahkan mencapai apa yang diinginkan

3. Tegas dalam mengambil keputusan. Menunda pekerjaan merupakan kerugian bagi pengusaha. Kecepatan dalam mengambil keputusan yang tepat merupakan kunci keberhasilan dan keputusan harus diterapkan secara konsisten agar hasil yang diharapkan bisa segera terwujud.

4. Dedikasikan seluruh tenaga, waktu, dan pikiran untuk pekerjaan. Kadangkala seseorang harus bekerja sedikitnya 13 jam sehari dan tujuh hari semingggu agar impiannya segera terwujud.

5. Rinci. Pengusaha harus bisa memperhatikan hal yang detail dari proses produksi usahanya dan tidak bersikap masa bodoh. Dengan demikian, ia bisa mengetahui kendala yang dihadapi dan cara mengatasinya. Ia juga tidak mudah dibohongi bawahannya.

6. Tidak menggantungkan hidup pada nasib. Yang menentukan apa yang ingin Anda kerjakan dan hidup Anda tidak ditentukan oleh atasan melainkan diri sendiri adalah Anda sendiri.

7. Dana. Menjadi kaya bukan tujuan utama seorang wirausahawan. Uang hanya ukuran keberhasilan. Bila sukses uang akan datang dengan sendirinya.

8. Bagi-bagi. Kepemilikan usaha dibagikan kepada karyawan karena tanpa mereka bisnis tidak akan berjalan. Karena itu, karyawan harus diperhatikan agar ada rasa memiliki terhadap perusahaan.

9. Memiliki etika moral. Pengusaha sukses selalu memiliki moralitas yang baik dalam menjalankan bisnisnya. Moralitas ini menjadi penting karena berfungsi sebagai kendali diri agar tidak terjebak pada praktik bisnis yang menghalalkan segala cara.

10. Mampu belajar dan mendengarkan. Pengusaha harus terus belajar dan mendengarkan masukan dari orang lain, tidak bergantung pada bakat alam. Berbagai ajang diskusi seminar, sekolah, konferensi menjadi tempat baginya untuk terus mengasah pengetahuan di bidangnya.

11. Rencana bisnis. Seorang pengusaha selalu memiliki rencana bisnis yang akan dikembangkan. Penyusunan rencana bisnis ini penting sebagai arahan dalam mencapai tujuan perusahaan. Ketika menyusun rencana bisnis biasanya seorang pengusaha melibatkan konsultan bisnis profesional.

12. Hasil terbaik. Pengusaha sukses selalu ingin mencapai prestasi terbaiknya. Prestasi itu akan menjadi kepuasan tersendiri yang sulit diganti apa pun.


Nama: Bella Nadya Oktaviani
NPM: 1542010041