Zakat.

    Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 276 dan 277 :

يمحق الله الربوا ويربى الصدقات والله يحب كل كفار أثيم إن الذين أمنوا وعملوا الصالحات وأقاموا الصلوة أتوا الزكوة لهم أجرهم عند ربهم ولا خوف عليهم ولا هم يحزنون
Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan selalu berbuat dosa. Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

    Al Qur’an Surat At Taubah ayat 103 :

خذ من أموالهم صدقة تطهرهم وتزكيهم بها وصل عليهم إن صلوتك سكن لهم والله سميع عليم
Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan mendo’alah untuk mereka. Sesungguhnya do’a kamu itu menjadi ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha mengetahui.

    Al Qur’an Surat Ar Ruum ayat 39 :

وما أتيتم من ربا ليربوا في أموال الناس فلا يربوا عند الله وما أتيتم من زكوة
تريدون وجه الله فأولئك هم المضعفون
Dan sesuatu riba (tambahan) yang kamu berikan agar dia menambah pada harta manusia, maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah. Dan yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, maka (yang berbuat demikian) itulah orang-orang yang melipat gandakan (pahalanya).

    Al Qur’an Surat At Taubah ayat 34 :

والذين يكنـزون الذهب والفضة ولا ينفقونها في سبيل الله فبشرهم بعذاب أليم
Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya di jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih.

    Al Qur’an Surat At Taubah ayat 60 :

إنما الصدقات للفقراء والمساكين والعاملين عليها والمؤلفة قلوبـهم و في الرقاب والغارمين وفي سبيل الله وابن السبيل فريضة من الله والله عليم حكيم
Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mua’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai sesuatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

    Al Qur’an Surat Adz Dzariyaat ayat 19 :

وفي أموالهم حق للسائل والمحروم
Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian.

    Hadits Nabi dari Mu’adz bin Jabal, Rasulullah bersabda :

فقال : أدعهم إلى شهادة أنّ لا إله إلا الله وأني رسول الله فإن هم أطاعوا لذلك فأعلمهم أنّ الله افترض عليهم خمس صلوات في كل يوم وليلة فإن هم أطاعوا لذلك فأعلمهم أنّ الله افترض عليهم صدقة في أموالهم تؤخذ من أغنيائهم وترد على فقرائهم
Rasulullah bersabda kepadanya, ajaklah mereka (penduduk Yaman) untuk mengakui bahwasanya tiada Tuhan yang wajib disembah selain Allah. Jika mereka telah mengikutinya, maka beritahu kepada mereka, bahwasanya Allah swt mewajibkan kepada mereka shalat lima waktu sehari semalam. Jika mereka telah mengikutinya, maka beritahu pula kepada mereka, bahwasanya Allah swt mewajibkan kepada harta mereka sedekah (zalat), yang diambil dari orang kaya mereka dan diberikan kepada orang-orang fakir.

    Hadits Nabi dari Abu Hurairah ra Rasulullah saw. bersabda :

من تصدق بعدل تمرة من كسب طيب ولا يقبل الله إلا الطيب وإن الله يتقبلها
بيمينه ثم يربيها لصاحبه كما يربي أحدكم فلوه حتى تكون مثل الجبل
Barangsiapa yang bersedekah dengan senilai biji kurma dari hasil usaha yang halal, dan Allah tidak akan menerima kecuali dari yang baik (halal). Dan sesungguhnya Allah akan menerima sedekah yang baik dengan tangan kanan Nya, lalu mengembangkannya buat miliknya, seperti halnya seseorang diantara kamu mengembangkan anak ternaknya, sehingga hartanya itu akan menjadi besar seperti sebuah gunung.

    Hadits Nabi saw :

إن الله لا يقبل صدقة عن غلول
Sesengguhnya Allah swt tidak akan menerima sedekah dari harta yang didapat secara tidak sah.

    Hadits Nabi dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw. bersabda :

إذا أديت زكاة ملك فقد قضيت ما عليك (رواه الترمذي)
Apabila engkau telah mengeluarkan zakat harta engkau, maka engkau telah melaksanakan kewajiban.

    Hadits Nabi dari Salim bin Abdillah dari bapaknya, Rasulullah saw. bersabda :

فيما سقت السماء والعيون أو كان عثريا العشر وما سقي بالنضح نصف العشر (رواه البخاري)
Jika tanaman itu diairi dengan air hujan atau air sungai, maka zakatnya sepuluh persen. Dan jika mempergunakan alat, maka zakatnya sebesar lima persen. (HR Al Bukhari).

    Hadits Nabi saw dari Abu Hurairah, beliau bersabda :

ما من صاحب كنـز لا يؤدي زكاته إلا أحمي عليه في نار جهنم فيجعل صفائح فيكوى بها جنباه وجبينه حتى يحكم الله بين عباده في يوم كان مقداره خمسين ألف سنة ثم يرى سبيله إما إلى الجنة وإما إلى النار (رواه مسلم )
Tidaklah seseorang yang memiliki harta simpanan (emas dan perak) dan tidak mengeluarkan zakatnya, kecuali harta tersebut akan dipanaskan kelak di neraka jahanam lalu dijadikan lempengan-lempengan dan diseterikakan pada punggung dan jidatnya, sampai Allah swt menetapkan keputusan di antara para hamba-Nya, pada suatu hari yang ukuran waktunya lima puluh ribu tahun. Kemudian diperlihatkan jalannya, mungkin ke surga atau ke neraka. (HR Muslim).

    Hadits Nabi dari Samrah bin Jundab, ia menyatakan :

أما بعد : فإن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يأمرنا أن نخرج الصدقة من
الذي نعد للبيع (رواه أبو داود)
Amma ba’du, sesungguhnya Rasulullah saw telah menyuruh kita semua untuk mengeluarkan sedekah (zakat) pada setiap komoditas yang kita persiapkan untuk diperdagangkan. (HR Abu Daud).

    Hadits Nabi saw, beliau bersabda :

في الإبل صدقتها وفي البقر صدقتها وفي الغنم صدقتها وفي البز صدقتها (رواه إبن ماجه)
Di dalam unta terdapat sedekahnya (zakatnya), di dalam ternak sapi terdapat sedekahnya (zakatnya), di dalam ternak kambing terdapat sedekahnya (zakatnya), dan dalam baz terdapat sedekahnya (zakatnya). (HR Ibnu Majah).