1. Menurut bahasa pengertian ilmu kalam adalah ....
a. perkataan dan perbuatan
b. perbuatan-perbuatan
c. perkataan-perkataan
d. pengetahuan-pengetahuan
e. pengetahuan tentang keyakinan
2. Orang-orang yang ahli di dalam ilmu tauhid dan selalu membicarakan soal-soal ketuhanan baik sifat dan dzatnya disebut....
a. mutakallimin
b. mu’allimin
c. muslimin
d. mukminin
e. sholikhin
3. Ilmu yang membahas tentang keesaan Allah baik dzat, sifat maupun Af’Al-nya, disebut....
a. ilmu tauhid
b. ilmu akoid
c. ilmu kalam
d. ilmu ushuluddin
e. fiqih akbar
4. Termasuk fungsi ilmu kalam adalah ....
a. menolak akidah sesat
b. memperkuat akidah islam
c. membela akidah Islam
d. menjelaskan akidah Islam
e. melemahkan akidah Islam
5. Dalil-dalil yang dinukil atau diambil dari Al-Qur’an dan hadits, disebut dalil…..
a. aqli
b. naqli
c. qothi
d. dhonni
e. syar’i
6. Dalil-dalil yang mengedepankan akal pikiran dalam membahas Ilmu kalam disebut....
a. aqli
b. naqli
c. qothi
d. dhonni
e. syar’i
7. Menurut Hasan Al Banna ruang lingkup pembahasan ilmu kalam mencakup beberapa hal berikut ini, kecuali....
a. sam’iyyat
b. ruhaniyyat
c. jasadiyyat
d. ilahiyyat
e. nubuwwat
8. Bentuk Konkret penggunaan pemikiran Islam sebagai sumber ilmu kalam adalah ....
a. istihsan
b. istihsab
c. al mursalah
d. al ijtihad
e. al ro’yu
9. Aliran ilmu kalam yang disebut sebagai sekelompok orang yang keluar dari barisan Ali bin Abi Thalib adalah aliran....
a. jabariyah
b. khawarij
c. murji’ah
d. syi’ah
e. qodariyah
10. Menurut bahasa, Syi’ah adalah....
a. menunda
b. pembela atau pengikut
c. memaksa
d. kekuatan
e. memisahkan diri
11. Aliran Qadariyah adalah golongan yang....
a. fanatik kepada Ali dan keturunannya
b. berfaham bahwa hidup manusia ini ditentukan oleh Allah ta’ala
c. berpaham bahwa usaha dan gerak perbuatan manusia ditimbulkan sendiri, bukan dari Allah
d. berpendirian, bahwa maksiat tidaklah berpengaruh terhadap keimanan
e. berpaham bahwa yang diwajibkan kepada setiap mukallaf atas kebenaran rasul hanyalah pengakuan lisan saja
12. Ahli Sunah Wal jama’ah berpendapat bahwa orang yang berbuat dosa ….
a. besar, sampai mati belum bertaubat dihukumi kafir
b. kecil, sampai mati belum bertaubat dihukumi kafir
c. besar, sampai mati belum bertaubat tidak dihukumi kafir, tapi fasik
d. besar, sampai mati belum bertaubat dihukumi mukmin
e. kecil, sampai mati belum bertaubat dihukumi musyrik
13. Tokoh Mu’tazilah aliran Basyrah antara lain….
a. Biys bin Al-Mutamar
b. Al-Khayyath
c. Al-Qadhi
d. Al- Jubba’i
e. Az-Zamakhsyari
14. Dalam hal sifat Tuhan dan perbuatan manusia, Aliran Asy’ariyah berpaham antara....
a. Mu’tazilah dengan Mujassimah
b. Jabariyah dengan Mu’tazilah
c. Mu’tazilah dengan Syi’ah
d. Mu’tazilah dengan Murji’ah
e. Ahlussunnah dan Syi’ah
15. Menurut mu’tazilah, dalam perbuatan-Nya Allah mempunyai kewajiban berbuat ....
a. baik dan yang terbaik bagi manusia
b. sesuai kehendak Allah
c. sesuai dengan ikhtiar yang dilakukan manusia
d. baik bagi yang baik dan jelek bagi yang jelek
e. yang dampaknya positif bagi manusia
a. perkataan dan perbuatan
b. perbuatan-perbuatan
c. perkataan-perkataan
d. pengetahuan-pengetahuan
e. pengetahuan tentang keyakinan
2. Orang-orang yang ahli di dalam ilmu tauhid dan selalu membicarakan soal-soal ketuhanan baik sifat dan dzatnya disebut....
a. mutakallimin
b. mu’allimin
c. muslimin
d. mukminin
e. sholikhin
3. Ilmu yang membahas tentang keesaan Allah baik dzat, sifat maupun Af’Al-nya, disebut....
a. ilmu tauhid
b. ilmu akoid
c. ilmu kalam
d. ilmu ushuluddin
e. fiqih akbar
4. Termasuk fungsi ilmu kalam adalah ....
a. menolak akidah sesat
b. memperkuat akidah islam
c. membela akidah Islam
d. menjelaskan akidah Islam
e. melemahkan akidah Islam
5. Dalil-dalil yang dinukil atau diambil dari Al-Qur’an dan hadits, disebut dalil…..
a. aqli
b. naqli
c. qothi
d. dhonni
e. syar’i
6. Dalil-dalil yang mengedepankan akal pikiran dalam membahas Ilmu kalam disebut....
a. aqli
b. naqli
c. qothi
d. dhonni
e. syar’i
7. Menurut Hasan Al Banna ruang lingkup pembahasan ilmu kalam mencakup beberapa hal berikut ini, kecuali....
a. sam’iyyat
b. ruhaniyyat
c. jasadiyyat
d. ilahiyyat
e. nubuwwat
8. Bentuk Konkret penggunaan pemikiran Islam sebagai sumber ilmu kalam adalah ....
a. istihsan
b. istihsab
c. al mursalah
d. al ijtihad
e. al ro’yu
9. Aliran ilmu kalam yang disebut sebagai sekelompok orang yang keluar dari barisan Ali bin Abi Thalib adalah aliran....
a. jabariyah
b. khawarij
c. murji’ah
d. syi’ah
e. qodariyah
10. Menurut bahasa, Syi’ah adalah....
a. menunda
b. pembela atau pengikut
c. memaksa
d. kekuatan
e. memisahkan diri
11. Aliran Qadariyah adalah golongan yang....
a. fanatik kepada Ali dan keturunannya
b. berfaham bahwa hidup manusia ini ditentukan oleh Allah ta’ala
c. berpaham bahwa usaha dan gerak perbuatan manusia ditimbulkan sendiri, bukan dari Allah
d. berpendirian, bahwa maksiat tidaklah berpengaruh terhadap keimanan
e. berpaham bahwa yang diwajibkan kepada setiap mukallaf atas kebenaran rasul hanyalah pengakuan lisan saja
12. Ahli Sunah Wal jama’ah berpendapat bahwa orang yang berbuat dosa ….
a. besar, sampai mati belum bertaubat dihukumi kafir
b. kecil, sampai mati belum bertaubat dihukumi kafir
c. besar, sampai mati belum bertaubat tidak dihukumi kafir, tapi fasik
d. besar, sampai mati belum bertaubat dihukumi mukmin
e. kecil, sampai mati belum bertaubat dihukumi musyrik
13. Tokoh Mu’tazilah aliran Basyrah antara lain….
a. Biys bin Al-Mutamar
b. Al-Khayyath
c. Al-Qadhi
d. Al- Jubba’i
e. Az-Zamakhsyari
14. Dalam hal sifat Tuhan dan perbuatan manusia, Aliran Asy’ariyah berpaham antara....
a. Mu’tazilah dengan Mujassimah
b. Jabariyah dengan Mu’tazilah
c. Mu’tazilah dengan Syi’ah
d. Mu’tazilah dengan Murji’ah
e. Ahlussunnah dan Syi’ah
15. Menurut mu’tazilah, dalam perbuatan-Nya Allah mempunyai kewajiban berbuat ....
a. baik dan yang terbaik bagi manusia
b. sesuai kehendak Allah
c. sesuai dengan ikhtiar yang dilakukan manusia
d. baik bagi yang baik dan jelek bagi yang jelek
e. yang dampaknya positif bagi manusia