Cara mengatur halaman pada Ms Word

MEMPER BESAR DAN MEMPERKECIL HURUF

Untuk artikel kali ini saya akan coba share cara simple dan sederhana untuk memperbesar maupun memperkecil huruf /kalimat dengan menggunakan shurtcut di microsoft word, tujuan utamanya adalah agar mempercepat dalam pengerjaannya. sebenarnya rekan juga bisa melakukannya melalui standart menu bar dari font size yang ada, namun disini saya tidak membahasnya "karena saya yakin sudah banyak yang tahu".

Perintah shortcut untuk memperbesar atau memperkecil huruf "font" dalam microsoft office word adalah kombinasi antara tombol CTRL dengan [ dan ] yang di tekan secara bersamaan.

Untuk detail fungsi dari shurtcutnya, rekan bisa menyimak penjelasan berikut ini :
  • Jika rekan ingin memperbesar kalimat /huruf yang ada dalam lembar kerja ms word, block pada kata atau kalimat yang akan diperbesar, lalu tekan tombol Ctrl dan ] secara bersamaan. 

  • Begitupun sebaliknya untuk memperkecil huruf,seleksi/block kalimat atau kata yang akan diperkecil, lalu tekan Ctrl dan [ secara bersamaan. 
Tips tambahan jika rekan ingin mengubah huruf kapital "huruf besar" menjadi huruf kecil, mapun sebaliknya dari huruf kecil menjadi huruf besar tanpa harus menhapus atau mengetikkan dari awal, maka rekan bisa memanfaatkan dari menu Change Case, untuk detail caranya rekan bisa menyeleksi kalimat yang ingin di rubah, kemudian pilih menu change case seperti contoh gambar berikut ini

Fungsi masing-masing perintah :
Sentence case : mengubah menjadi huruf besar hanya di awal kalimat yang dipilih, misal : Integrasi top-down
lower case : mengubah menjadi semua huruf kecil, misal : integrasi top-down
UPPERCASE : mengubah menjadi semua huruf besar "capital", misal : INTEGRASI TOP-DOWN
Capitalize Each Word : di setiap awal suku kalimat akan menjadi huruf besar "capital" misal : Integrasi Top-Down
tOGGLE cASE : kebalikan dari Capitalize Each Word yakni di tiap awal suku kata akan menjadi huruf kecil. misal : iNTEGRASI tOP-dOWN

MENGATUR TATA LETAK

Ketika rekan bekerja menggunakan microsoft office word maupun ms excel dalam mengerjakan tugas, kadangkala di perlukan perngaturan khusus mulai dari halaman yang digunakan, jarak kanan-kiri-atas-bawah halaman, ukuran kertas, model halaman, dan hal lain yang berkaitan dengan pengaturan halaman. Maka dari itu pengaturan halaman sebelum mencetak lembar kerja penting di lakukan, terlebih dokument yang akan rekan cetak mempunyai ukuran yang lebih besar atau lebih kecil dari ukuran standart yang biasa ada (A4).

Mengatur Model Orientasi Halaman
Disini rekan bisa mengatur model orientasi halaman apakah ingin model vertikal "berdiri" atau model horizontal "rebahan/lonjong kesamping".
Untuk memulainya pilih tab menu Page Layout >> Orientation dan click Potrait, jika ingin membuat halaman yang standart vertikal keatas "model berdiri".

Page Layout >> Orientation dan click Landscape, jika ingin membuat halaman yang horizontal "model menyamping".

Mengatur Margin Halaman
Rekan bisa mengatur margin /batas atas-bawah-kiri-kanan halaman dengan memilih menu Page Layout >> Margins, dan pilih salah satu batas margin yang rekan ingin digunakan. atau jika tidak ada yang cocok rekan bisa memilih Custom Margins, selanjutnya rekan tentukan sendiri dimana mempunyai beberapa fungsi seperti
Top, digunakan untuk menentukan ruang ukuran kosong pada bagian atas
Bottom, digunakan untuk menentukan ruang ukuran kosong pada bagian bawah
Left, digunakan untuk menentukan ruang ukuran kosong pada bagian samping kiri
Right, digunakan untuk menentukan ruang ukuran kosong pada bagian samping kanan
Header, digunakan untuk menentukan ruang ukuran kosong pada bagian judul kepala "header/atas"
Footer, digunakan untuk menentukan ruang ukuran kosong pada bagian judul kaki "bawah"

Menentukan ukuran kertas
Untuk ukuran kertas yang ingin rekan gunakan dalam mencetak /print rekan bisa menentukannya dari menu Page Layout >> Size, naah disini rekan bisa memilih ukuran kertas sesuai dengan yang di inginkan.

MENGATUR HALAMAN

Untuk mengatur halaman /page pada microsoft word sebenarnya sangatlah simple dan mudah, namun saya yakin ada rekan kita yang baru mengenal /belajar microsoft office belum begitu tahu caranya. mengatur halaman lembar kerja /page perlu di lakukan apabila rekan nantinya ingin mencetak hasil kerjaan. Naah biasanya microsoft office sudah mensetting otomatis /default ke ukuran kertas A4, jika rekan mau mencetak dengan ukuran kertas lain (misal legal, letter atau F4) disinilah fungsi dari pengaturan page pada ms word itu sendiri.

Untuk detail cara pengaturannya, silahkan simak penjelasan berikut ini :

  • Silahkan buka microsoft office word rekan, kemudian pilih tab menu Page Layout >> Size, untuk mengganti ukuran kertas (settingan default biasanya A4) rekan pilih satu ukuran yang di inginkan, dan jika misal ukurannya ndak ada di pilihan rekan bisa memilih More paper size.

  • Selanjutnya untuk menentukan batas kanan, kiri, atas dan bawah suatu halaman dalam ms word. rekan bisa memilih tab menu Page Layout >> Margin, dan silahkan rekan tentuin sendiri batas-batasnya Left=batas kiri, Right= batas kanan, Top=batas atas, dan buttom=batas bawah.

  • Selain itu rekan juga bisa mengganti model page/halaman ntah itu yang potrait (berdiri) ataupun landscape (menyamping) di tab menu Page Layout >> Orientation.