Tes Potensi Akademik (TPA) - tips mengerjakan tes kuantitatif TPA

Banyak orang berpendapat bahwa kemampuan menghitung angka‐angka dan komputasi sangat berkaitan erat dengan tingkat inteligensi seseorang. Hal ini ada benarnya karena seseorang yang mempunyai kecerdasan tinggi dapat menyelesaikan perhitungan angka‐angka dengan cepat. Namun bagaimanapun juga, faktor latihan sangat berpengaruh terhadap tes ini.

Tes kuantitatif mempunyai banyak variasi, di antaranya: tes kecerdasan, tes seri angka dan huruf, tes kemampuan numerik (numerical test), serta tes aritmatik (arithmetical test).

Pada bagian tes ini, kemampuan kalian dalam “bermain” angka dan mengatasi masalah yang berhubungan dengan soal aritmatika akan diuji. Perhatikan bahwa pada bagian ini, kalian tidak hanya dituntut BISA, tapi juga harus CEPAT dan EFEKTIF. Apa maksudnya? Dalam tes sesungguhnya, waktu yang diberikan bisa lebih sedikit dibandingkan dengan banyaknya soal yang diberikan, jadi kalian jelas harus CEPAT dalam mengerjakan soal. Jika mustahil bagi kalian untuk mengerjakan semua soal yang diberikan, maka bertindaklah EFEKTIF, baca dan kerjakan soal yang mudah bagi kalian, tinggalkan soal yang hanya untuk membacanya saja kalian sudah “ngos‐ngosan”.

Untuk lebih memahami soal mana saja yang mudah atau sulit bagi kalian, banyaklah berlatih mengerjakan soal jenis ini, maka kalian akan lebih bisa “meraba” soal yang mudah dan sebaiknya dikerjakan sehingga tidak membuangbuang waktu.

Contoh Soal :
Jika x = 2y, y = 3z, dan xyz = 3888 maka ....
A. x < y C. y < z
B. y < z D. y < x
Jawaban: D

Diketahui:
x = 2y
y = 3z ⇒ 2y = 6z
Diperoleh x = 2y = 6z
Diketahui xyz = 3888, jadi ketiganya positif.
Karena x = 2y = 6z maka pastilah x > y > z
Atau berlaku juga y < x.

Catatan:
Hati‐hati. Jika kalian berpikir harus mencari bilangan x, y dan z, di mana jika dikalikan hasilnya 3888, maka kalian memerlukan waktu yang sangat lama untuk dapat mengerjakannya. Dengan teknik logika maka soal tersebut dapat diselesaikan dengan sangat mudah. Sekali lagi kecerdikan dan kemampuan logika sangat menentukan dalam kecepatan mengerjakan soal.


Contoh Soal :
8 [16] 4
6 [ 3 ] 12
A [27] 3
Berapakah nilai A?
A. 5 B. 7 C. 9 D. 11
Jawaban: C

8 [16] 4
6 [ 3 ] 12
Mempunyai pola a[b]c = a2 = b.c
Maka, A [27] 3 ⇒ A2 = 27.3 = 81 ⇒ A = 9


Inti dari kesuksesan mengerjakan soal tipe ini adalah kemampuan membaca dan menerjemahkan soal serta kecerdikan kalian mengolah hal‐hal yang diketahui dalam soal untuk menemukan jawaban yang tepat. Sering sekali, sebenarnya soalnya sangat mudah, namun karena kalian kurang cerdik mengolah data yang diketahui menjadikan soal tersebut terkesan mustahil untuk dikerjakan dan kalaupun dapat dikerjakan memerlukan waktu yang lama.


Sumber : buku Trik Rahasia Menyelesaikan Soal-soal Asli TPA
Tes Potensi Akademik – Forum Tentor