Membuat Header Footer, nomor dan daftar isi pada Ms WOrd

Membuat Header Footer di Word

Seringkali kita dalam membuat dokument resmi membutuhkan header ataupun footerdidalamnya, maksud dari header disini adalah tulisan teks yang akan tampil di setiap halaman di bagian atas, sedangkan footer merupakan catatan /tulisan yang ada di bagian bawah setiap halamannya. disini rekan bisa menambahkan footer maupun header di microsoft word.

Untuk membuat Header di Ms Word
1. Silahkan buka program ms word dan document yang ingin di beri header
2. Klik menu Insert >> Header, dan pilih salah satu mode header yang rekan sukai
3. Ganti teks defaultnya, kemudian ketikkan kalimat yang ingin di jadikan header

4. Jika sudah selesai rekan bisa keluar dari mode Header ke mode normal, dengan cara doble click (klik kiri dua kali) untuk pindah ke mode normal.


Untuk membuat Footer di Ms Word
1. Pada prinsipnya hampir sama dengan cara menambahkan header, pertama buka program ms word dan document yang ingin di beri header
2. Klik menu Insert >> Footer, dan pilih salah satu mode footer yang rekan sukai

3. Ganti teks defaultnya, kemudian ketikkan kalimat yang ingin di jadikan footer
4. Jika sudah selesai rekan bisa keluar dari mode footer ke mode normal, dengan cara doble click (klik kiri dua kali) untuk pindah ke mode normal.

Adapun untuk menghapus header dan footer di ms word yang sudah pernah dibuat, caranya cukup simple yakni :
Cara 1 : Double click pada footer "jika ingin menghilangkan footer" atau double click header "jika ingin menghilangkan header" kemudiah hapus manual kalimat yang ada dengan tombol backspace atau delete.
Cara 2 : 
Untuk menghapus header berarti klik menu Insert >> Header dan pilih tanda panah yang ada di bawah menu Header pilih Remove Header.
Untuk menghapus header berarti klik menu Insert >> Footer dan pilih tanda panah yang ada di bawah menu Footer pilih Remove Footer.




Cara Membuat Header Footer Berbeda antara Halaman Ganjil Genap di Ms Word

Fungsi Microsoft word yang sangat kompleks membuat banyak orang tetap setia menggunakan Microsoft Word untuk menyelesaikan berbagai keperluan, termasuk jika rekan ingin tahu cara membuat header footer berbeda antara halaman ganjil dan genap dengan ms word. dengan cara ini rekan bisa menuliskan Header Footer ataupun lokasi nomor halaman yang berbeda di setiap halaman ganjil dan genap.

Sebenarnya cara membuat header footer berbeda pada halaman genap dan ganjil di Ms word itu cukup simple yakni dengan mengaktifkan Different Odd & Even Pages yang ada pada menu Design ketika Header Footer di aktifkan.

Cara Membuat Header Footer Berbeda antara Halaman Ganjil Genap di Ms Word
Pada contoh kali ini penulis akan membuat footer "Halaman ganjil" pada hal ganjil (1,3,5,dst) dan footer "Halaman genap" pada hal (2,4,6,dst)
1. Pada halaman ganjil (pertama), pilih menu Insert Header atau Footer (klik doble klik), lalu pilih model header ataupun footer sesuai keinginan rekan, lalu klik/centang pada pilihan Different Odd & Even Pages


2. Pada halaman genap (hal ke-2) silahkan ganti desain dan teks kalimat yang berbeda sesuai keinginan, misal seperti ini

3. Untuk memastikan apakah cara membuat header footer berbeda di setiap halaman ganjil dan genap, anda bisa mengeceknya dengan menambahkan halaman baru (3,4,5dst) dan pastikan penanda header/footer pada halaman ganjil = Odd Page Header/Footer, sedangkan untuk halaman genap = Even Page Header/Footer



Cara Membuat Halaman Berbeda di Ms Word Terbaru

Untuk membuat halaman yang berbedadalam satu lembar kerja atau dalam satu file di microsoft word bisa menggunakan menu pagebreak yang tersedia di ms word terbaru baik itu versi word 2007, 2010 ataupun versi terbaru ms word 2013.  Bila anda ingin membuat model halaman portrait (berdiri) dan landscape (kesamping) dalam satu file ms word tanpa harus memisahkan ke file lain dan tanpa merusak penomeran /page number yang sudah ada anda bisa memanfaatkan fasilitas ms word dengan membuat page brake di ms word. dengan microsoft word sepertinya kita bisa mengerjakan banyak hal yang berkaitan dengan dokument ataupun pekerjaan kantor/office lainnya, termasuk salah satunya yakni membuat halaman berbeda dengan memanfaatkan fasilitas page break yang ada di ms word. Fasilitas ini biasanya sering digunakan dalam pengerjaan; laporan, proposal, dan keperluan kantor lainnya yang memang mengharuskan untuk membuat dokumen dengan model halaman yang berbeda-beda.

Hal ini memang perlu anda lakukan dalam situasi-situasi tertentu yang mengharuskan anda membuat model halaman yang berbeda yang masih dalam satu file word, misal pada halaman pertama masih menggunakan model kertas portrait (berdiri) namun pada halaman selanjutnya /halm 2 anda ingin mengganti model halaman menjadi landscape (memanjang kesamping) tanpa merusak page number yang sudah ada. 

Sebenarnya untuk mengatur pagebreak dalam microsoft wordcukup simple dan mudah untuk dipraktekkan, karena kita hanya perlu memahami maksud dari masing-masing perintah yang ada serta untuk langkah-langkahnya juga tidak banyak. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat contoh berikut ini
Cara Membuat Halaman Berbeda /pagebreak di Ms Word

Dari gambar diatas, kira-kira sudah punya gambaran kan ? apa yang saya maksud disini. Oke Untuk selanjutnya kita bisa mempraktekkan cara membuat halaman berbeda di ms word terbaru (2007, 2010, 2013)

Cara Membuat Halaman Berbeda di Ms Word Terbaru

1. Pertama silahkan buat halaman di ms word, selanjutnya semisal anda ingin pada halaman 2 potrait sedang pada halam berikutnya 3 seterusnya landscape/menyamping, maka posisikan kursor pada halaman ke-2.

2. Selanjutnya klik menu Page Layout >> Breaks dan pilih Next Page, untuk detailnya seperti ini

3. Posisikan kursor pada halaman baru, dalam contoh ini halaman ke-3 pilih menu Page Layout >> Orientation, pilih Landscapeagar pada halaman ke-3 dan seterusnya berbentuk landscape/menyamping.

4. Selesai


Menyisipkan Nomor Halaman /Page Number di Ms Word

Agar kelihatan lebih rapi dan enak di lihat kadangkalanya kita perlu menyisipkan nomor halaman /page number ke dalam lembar kerja di microsoft word, dengan begitu rekan bisa memberikan nomor di setiap lebar kerja ms word secara berurutan sesuai dengan yang di harapkan.

Dengan menyisipkan atau menambahkan page number di ms word document akan kelihatan profesional, terlebih jika di tambahkan daftar isi. penomoran halaman /page number ini biasanya di pakai untuk document - document resmi seperti dalam buku, proposal, makalah, data - data lain yang memang membutuhkan penomoran halaman di dalamnya.

Menyisipkan Nomor Halaman di Ms Word
- Silahkan buka document yang ingin di berikan page number
- Kemudian klik tab menu Insert >> Page Number, naah disini akan muncul beberapa opsi untuk menambahkan page number.
Top of Page, jika rekan ingin menambahkan penomoran halaman di atas halaman
Bottom of Page, jika rekan ingin menambahkan penomoran halaman di bawah halaman
Page Margin, jika rekan ingin menambahkan penomoran halaman di dalam margin halaman


Menyisipkan Page Number di Halaman Tertentu

- Silahkan buka document yang ingin di berikan page number
- Gunakan pilihan Page Break pada tab menu Page Layout >> Break, pilih Next Break seperti garmar berikut

- Jika sudah di berikan nomor halaman, masuk ke tab menu Design pada bagian Different First Page di centang, dan Link to Previous di hilangkan, seperti yang terlihat pada gambar berikut.

- Kemudian klik tab menu Insert >> Page Number, naah disini akan muncul beberapa opsi untuk menambahkan page number.
Top of Page, jika rekan ingin menambahkan penomoran halaman di atas halaman
Bottom of Page, jika rekan ingin menambahkan penomoran halaman di bawah halaman
- Pilih salah satu model penomoran, dan lihat hasil perbedannya, dan jika masih ngelanjutin dari page sebelumnya berarti belum berhasil, untuk mengyelesaikannya rekan pilih Page Number >> Format Page Number, pada bagian Start at di ganti 1 atau awal huruf




Menghapus Nomor Halaman di Ms Word
- Silahkan buka document yang ingin di hapus page numbernya
- Kemudian klik tab menu Insert >> Page Number, naah disini akan muncul beberapa opsi pilihan, rekan pilih yang Remove Page Numbers.


Cara Membuat Nomor Halaman di Setiap Awal Bab Berbeda pada Ms Word


Fungsi penggunaan penomoran halaman atau biasa di sebut page number pada microsoft word berbeda-beda tergantung fungsi dan prosedur penulisannya, bila anda sedang menyusun laporan tugas akhir ataupun sedang menyusun laporan kerja praktek "KP" ataupun menyusun laporan lainnya yang bersifat formal "karya ilmiah" biasanya akan dihadapkan dengan penyusunan laporan mulai dari pengaturan spasi paragraf, jenis huruf yang digunakan hingga format penomoran halaman yang berbeda di setiap awal bab pada ms word yang harus anda gunakan dalam menyusun laporan tersebut.

Berdasarkan pengamatan penulis dari banyak teman yang yang temui (maklum penulis juga lagi ngerjain laporan TA), banyak yang masih menggunakan cara manual dalam penyusunan nomor halaman pada laporan KP ataupun TA yang mereka buat, sehingga disetiap bab pasti akan dipisah-pisah dalam penyusunannya. Sebenarnya cara ini menurut saya tidak seratus persen salah, namun alangkah baiknya menggunakan cara yang lebih mudah dan gampang untuk mengatur penomoran halaman di setiap awal babnya, sehingga file laporan yang dibuat cukup terdiri dari 1 file word "bukan di pisah-pisah, berdasarkan bab". Untuk lebih jelasnya mengenai penjelasan saya, gambar berikut mungkin bisa di jadikan perkiraan
Contoh Format posisi penomoran halaman yang berbeda di setiap awal bab

Cara Membuat Nomor Halaman di Setiap Awal Bab Berbeda pada Ms Word
Sebelumnya penulis juga pernah membahas cara membuat tipe halaman berbeda pada ms word yang sebenarnya mempunyai cara tidak jauh berbeda, Dalam menyusun laporan biasanya penomoran halaman pada awal bab letaknya di bawah tengah, sedangkan selain awal bab penomeran halaman di sisi atas kanan, untuk membuatnya silahkan simak penjelasan berikut;
1. Pertama, anda buka halaman yang ingin dibuat page number, kemudian posisikan kursos di sisi paling bawah pada awal bab, lalu pilih menu Page Layout pilih menu Breaks >> Next Page

2. Maka kursor akan pindah ke halaman berikutnya, Selanjutnya anda bisa menyisipkan nomor halaman pada halaman selain bab pertama dengan memilih menu Insert, pilih Page Number dan posisikan pada kanan atas seperti gambar ini

3. Lalu anda arahkan/tempatkan kursor pada Awal Bab, pada bagian Format kasih tanda centang/checklist pada opsi Different First Page seperti ini

4. dan pilih posisi penomeran halaman dengan memilih Page Number dan posisikan di sisi tengah bawah

5. dan jika sukses, maka hasil akhirnya kurang lebih seperti ini

Itulah cara mudah untuk membuat penomeran halaman yang berbeda di setiap awal bab pada ms word, yakni dengan posisi di bawah tengah untuk awal bab sedangkan posisi kanan atas untuk halaman selain awal bab. Semoga bermanfaat.


Membuat Daftar Isi di Word

Daftar isi sering digunakan dalam microsoft word, terlebih buat rekan yang memang sedang membuat semisal ; makalah, skripsi, jurnal, buku, novel, proposal, dan tugas lainnya yang memang harus mencantumkan daftar isi di dalamnya. Untuk cara membuat daftar isi di microsoft word sebenarnya bisa di lakukan dengan cara manual, namun dengan cara manual perataan teks kurang rata sehingga hasilnya pun jauh dari kata sempurna. Maka dari itu untuk artikel kali ini saya akan mencoba share cara membuat daftar isi di ms word dengan cara yang lebih simple tetapi hasilnya cukup baik.

Membuat Daftar Isi di Word
1) Silahkan ketikkan kalimat daftar isi seperti biasanya "sesuai kebutuhan" misal seperti ini

DAFTAR ISI


LEMBARAN JUDUL
LEMBARAN PENGESAHAN SKRIPSI   
LEMBARAN PERSETUJUAN UJIAN   
ABSTRAK       
KATA PENGANTAR   
DAFTAR ISI   
DAFTAR GAMBAR

BAB I   : PENDAHULUAN
  Latar Belakang Masalah 
  Identifikasi dan Batasan Masalah 
  Perumusan Masalah
  Tujuan dan Manfaat Penelitian   
  
BAB II : URAIAN TEORITIS
  Defenisi Laporan Keuangan
  Tujuan dan Manfaat Laporan Keuangan

2) Pilih semua teks kecuali judul "Daftar Isi", kemudian pada tab menu  Home,  klik icon menu  Paragraph,  pada kotak dialog yang mucul klik tombol Tabs.

3) Pada kotak dialog tabs, isikan  tab  stop posisition  :  2 cm, Aligment : Left, Leader : None, kemudian klik tombol Set

4) Untuk membuat tabs/perataan yang ke 2,  isikan Tab stop posisition : 15 cm, Aligment : Right, Leader : pilih yang no 2, kemudian klik tombol Set. Kemudian klik tombol OK, perhatikan perbedaanya


5) Kemudian letakkan kursor di  awal baris di bawah “BAB I PENDAHULUAN”  tekan tombol  Tab  sekali  pada keyboard kemudian setelah teks juga klik tombol Tab sekali untuk memunculkan tanda (....) Lakukan cara yang sama untuk meratakan teks lainnya. Detailnya bisa di lihat pada gamabar berikut

6) Jika sudah semuanya rekan tinggal Save document.