mengenal bullet and numbering, tanggal dan jam serta kolom pada Ms Word

MENAMBAH BULLET DAN NUMBER

Bullet and numbering merupakan salah satu fasilitas yang di miliki ms word dalam memudahkan penggunanya, bullet merupakan salah satu symbol atau bentuk unik tertentu yang di gunakan untuk mempercantik tampilan teks. adapun numbering itu sendiri merupakan fasilitas penomoran otomatis yang bisa digunakan untuk memberikan nomor urut di setiap barisnya, ntah itu berupa 1,2,3 atau a,b,c ataupun penomoran huruf romawi. Bullet and numbering itu sendiri sangat umum di gunakan dalam program yang berkaitan dengan teks, ntah itu office, open office, termasuk blog.

Untuk menambahkan bullets and numbering rekan bisa menyimak penjelasan singkat berikut ini:

Bullet
Silahkan buka microsoft word rekan, kemudian di tab menu Home, pilih icon Bullet. atau bisa menggunakan cara lain yakni taruh kursor di awal baris kemudian klik kanan pada mouse dan pilih Bullet. detailnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Numbering
Silahkan buka microsoft word rekan, kemudian di tab menu Home, pilih icon Numbering. atau bisa menggunakan cara lain yakni taruh kursor di awal baris kemudian klik kanan pada mouse dan pilih numbering. detailnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Selain itu rekan juga bisa memilih model bentuk bullet /number yang lain dengan cara memilih Define New Number /Bullet Format di pilihan paling bawah.
Begitupun sebaliknya jika ingin menhilangkan bullet atau numberingnya rekan pilih yang None atau klik sekali pada icon bullet atau numberingnya.


MENAMBAH TANGGAL DAN JAM

Kadangkalanya kita perlu menambahkan tanggal sekarang dalam sebuah dokument yang ada di microsoft word, meskipun sebenarnya rekan bisa menulis /mengetik tanggalnya langsung namun disini tidak seperti itu. Jadi hitung-hitung sebagai penambah wawasan aja, kalau miscrosoft word juga bisa menambahkan jam ke dalam lembar document.
Untuk menambahkan tanggal dan jam sekarang di microsoft word, silahkan simak penjelasan singkat berikut ini :
  • Siapkan lembar kerja /document yang ingin di tambahkan tanggal, kemudian letakkan kursor yang ingin di sisipi tanggal.
  • Pilih tab menu Insert >> Date & Time, maka akan muncul pilihan mode tanggal dan jam yang ada. rekan pilih salah satu mode tanggal yang di inginkan, disini juga rekan bisa mengatur formatnya dan tanggalnya sesuai sekarang (auto update) maka centang "cecklist" pada pilihan Update automatically kemudian pilih OK

  • Jangan lupa Save untuk menyimpannya

MENGATUR KOLOM

Kolom dalam lembar kerja ms word kadang juga di butuhkan untuk berbagai keperluan, dan yang pasti jika ingin menambahkan /membuat kolom dalam microsoft word rekan harus tau beberapa hal untuk membuat dan mengatur kolom itu sendiri, biasanya secara default ms word memberikan pilihan 2kolom ataupun 3 kolom (sering digunakan) namun tidak menutup kemungkin rekan bisa mengaturnya menjadi 4kolom atau lebih.
Columns atau biasa disebut kolom "bahasa indonesia" biasa kita temui dalam koran ataupun majalah dan media cetak lainnya.

Untuk membuat/menambahkan kolom dalam ms word, silahkan simak penjelasan singkat berikut ini :
1. Silahkan buka microsoft word, kemudian seleksi /blok semua teks yang sudah di ketik "yang ingin di jadikan kolom".

2. Kemudian klik menu Page Layout >> Columns, disini rekan bisa memilih langsung model kolomnya, mulai dari pilihan 2kolom, 3kolom, 2kolom dengan dominan dikiri, 2kolom dengan dominan dikanan, atau juga bisa memilih More Columns yang artinya rekan bisa mengatur sendiri kolom sesuai dengan keinginan

3. Maka akan muncul kotak dialog kolom, pada bagian Presets = model kolom yang di inginkan, number of kolom = jumlah kolom yang di inginkan, Width and Spacing = mengatur lebar dan jarak kolom

4. Jika sudah tinggal klik tombol OK, maka hasilnya seperti contoh ini