ujian sekolah Seni Budaya

 

SOAL ANCHOR UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

KURIKULUM 2006 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

Mata Pelajaran            : Seni Budaya

 

IPK

No.

Ujian Utama

menyimpulkan perkembangan seni budaya nusantara

1.                   

Dilihat dari sejarah perkembangan budaya nusantara sangatlah kompleks. Ditinjau dari keanekaragaman corak budaya yang mempengaruhi perkembangan budaya dengan bangsa lain dapat disimpulkan bahwa ....

a.    Budaya nusantara sangat kecil dipengaruhi oleh bangsa lain

b.    Tidak ada budaya murni dari nusantara

c.    Sebagian besar budaya nusantara tetap dipengaruhi oleh bangsa lain walaupun dengan banyak kreasi

d.   Budaya Nusantara tumbuh murni tanpa pengaruh bangsa lain

e.    Di dunia ini tidak ada budaya murni, karena budaya selalau berkembang dengan adanya interaksi berbagai bangsa

 

menjelaskan pengertian seni

2.                   

Dibawah ini pengertian seni menurut Akhdiat Kartamiharja, yaitu ....

a.    seni adalah hasil tiruan alam

b.   seni adalah kegiatan psikis manusia yang merefleksi kenyataan

c.    seni adalah buatan manusia untuk menimbulkan efek – efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya

d.   seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaannya  yang bersifat indah, hingga dapat menggerakkan jiwa dan perasaan manusia

e.    seni merupakan segala sesuatu yang dilakukan orang bukan atas dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan semata mata karena kehendak akan kemewahan, kenikmatan ataupun karena kebutuhan spiritual

 

 

mengklasifikasikan konsep seni

3.                   

Menurut R.S. Stites, karya seni memiliki tiga nilai,antara lain nilai kisah. Berikut ini merupakan kegiatan seni yang menggambarkan konsep seni dari aspek nilai kisah, yaitu ....

a.    pentas lagu lagu religi

b.    lomba melukis

c.    latihan menyanyi

d.   pameran lukisan dengan nilai jual tertentu

e.    latihan menari

 

mengklasifikasikan konsep sifat keindahan

4.                   

Pada awalnya seseorang tidak suka dengan alunan irama dandut. Tetapi karena dia serinng mendengarkan, akhirnya lama lama menjadi suka dan bahkan bisa menikmati sekali. Peristiwa tersebut bisa diklasifikasikan dalam konsep sifat keindahan yaitu ....

a.    keindahan itu wajar

b.    keindahan itu kebenaran

c.    keindahan itu kebiasaan

d.   keindahan itu universal

e.    keindahan itu punya daya tarik

 

membandingkan keindahan seni alami dan seni buatan

5.                   

Ada seorang pelukis yang begitu mahir dalam mengekspresikan keindahan alam, bahkan hampir sama persis dengan obyek yang di lukis. Pernyataan berikut ini yang tepat untuk perbandingan antara keindahan seni buatan dengan seni alami adalah ....

a.    Manusia hanya bisa meniru keindahan ciptaan Tuhan, seindah apapun tiruan itu , tidak seindah ciptaan Tuhan

b.    Tidak bisa di bandingkan antara keindahan alami dengan buatan manusia

c.    Karya manusia yang begitu indah tetap kita syukuri dengan selalu menghargai karya orang lain

d.   Alam raya ini begitu harmonis, indah dan teratur karena alam ini karya Tuhan Yang Maha Mencipta

e.    Kemampuan seorang pelukis dalam memadu warna akan bisa mendekati obyek aslinya

 

mengklasifikasikan bentuk bentuk apresiasi

6.                   

Dalam apresiasi estetis karya seni, aspek yang di nilai adalah ....

a.    pengamatan dan tangkapan indrawi

b.   pengamatan dan penghayatan yang mendalam

c.    penghayatan dan tangkapan indrawi

d.   pengamatan dan analsis

e.    analisis dan tangkapan indrawi

 

menyeleksi aspek aspek penilaian dalam apresiasi

7.                   

Seorang apresiator melakukan kegiatan dengan cara mengklarifikasi dan dilanjutkan dengan mendiskripsikan, menjelaskan, menganalisis serta menyimpulkan hasil pengamatannya. Proses yang dilakukan itu termasuk dalam apresiasi bentuk ....

a.    empatik

b.    estetis

c.    kritik

d.   empatik dan estetis

e.    estetis dan kritik

 

mengklasifikasikan struktur cabang-cabang seni

8.                   

Dibawah ini tiga unsur pokok dalam seni musik, yaitu ....

a.    melodi, ritme dan tempo

b.    ritme, tempo dah harmoni

c.    harmoni, dinamik dan melodi

d.   melodi, harmoni dan ritme

e.    ritme, melodi dan ekspresi

 

mengklasifikasikan struktur cabang-cabang seni

9.                   

Pernyataan dibawah ini yang salah  tentang struktur cabang cabang seni adalah ....

a.    Baca puisi merupakan cabang dari seni sastra, seni sastra adalah cabang dari seni audio dan seni audio adalah cabang dari seni

b.    Ansambel merupakan cabang dari seni musik, seni musik adalah cabang dari seni audio dan seni audio adalah cabang dari seni

c.    Gambar merupakan cabang dari seni rupa, seni rupa adalah cabang dari seni rupa dua dimensi dan seni dua dimensi adalah cabang dari seni

d.   Patung merupakan cabang dari seni rupa, seni rupa adalah cabang dari seni rupa tiga dimensi dan seni dua dimensi adalah cabang dari seni

e.    Opera merupakan cabang dari seni tari, seni tari merupakan cabangdari seni audio visual dan seni audio visual merupakan cabang dari seni

 

menentukan nama aliran dalam seni lukis

10.               

Dilihat dari bentuk dan gayanya lukisan  berikut ini termasuk lukisan yang beraliran ....

Contoh aliran seni lukis Kubisme

A.  Suarelisme

B.  Kubisme

C.  Romantisme

D.  Ekspresionisme

E.   Naturalisme