SOAL ANCHOR UJIAN SEKOLAH
BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
KURIKULUM
2006 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata
Pelajaran : Seni Budaya
IPK |
No. |
Ujian
Utama |
menyimpulkan perkembangan seni budaya nusantara |
1.
|
Dilihat dari sejarah perkembangan
budaya nusantara sangatlah kompleks. Ditinjau dari keanekaragaman corak
budaya yang mempengaruhi perkembangan budaya dengan bangsa lain dapat
disimpulkan bahwa .... a.
Budaya
nusantara sangat kecil dipengaruhi oleh bangsa lain b.
Tidak
ada budaya murni dari nusantara c.
Sebagian besar budaya nusantara tetap
dipengaruhi oleh bangsa lain walaupun dengan banyak kreasi d.
Budaya
Nusantara tumbuh murni tanpa pengaruh bangsa lain e.
Di
dunia ini tidak ada budaya murni, karena budaya selalau berkembang dengan adanya
interaksi berbagai bangsa |
menjelaskan
pengertian seni |
2.
|
Dibawah ini pengertian seni menurut
Akhdiat Kartamiharja, yaitu .... a.
seni
adalah hasil tiruan alam b.
seni adalah kegiatan psikis manusia yang
merefleksi kenyataan c.
seni
adalah buatan manusia untuk menimbulkan efek – efek psikologis atas manusia
lain yang melihatnya d.
seni
adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaannya yang bersifat indah, hingga dapat
menggerakkan jiwa dan perasaan manusia e.
seni
merupakan segala sesuatu yang dilakukan orang bukan atas dorongan kebutuhan
pokoknya, melainkan semata mata karena kehendak akan kemewahan, kenikmatan
ataupun karena kebutuhan spiritual |
mengklasifikasikan konsep seni |
3.
|
Menurut R.S. Stites, karya seni
memiliki tiga nilai,antara lain nilai kisah. Berikut ini merupakan kegiatan
seni yang menggambarkan konsep seni dari aspek nilai kisah, yaitu .... a.
pentas lagu lagu religi b.
lomba
melukis c.
latihan
menyanyi d.
pameran
lukisan dengan nilai jual tertentu e.
latihan
menari |
mengklasifikasikan konsep sifat keindahan |
4.
|
Pada awalnya seseorang tidak suka
dengan alunan irama dandut. Tetapi karena dia serinng mendengarkan, akhirnya
lama lama menjadi suka dan bahkan bisa menikmati sekali. Peristiwa tersebut
bisa diklasifikasikan dalam konsep sifat keindahan yaitu .... a.
keindahan
itu wajar b.
keindahan
itu kebenaran c.
keindahan itu kebiasaan d.
keindahan
itu universal e.
keindahan
itu punya daya tarik |
membandingkan keindahan seni alami dan seni buatan |
5.
|
Ada seorang pelukis yang begitu mahir
dalam mengekspresikan keindahan alam, bahkan hampir sama persis dengan obyek
yang di lukis. Pernyataan berikut ini yang tepat untuk perbandingan antara
keindahan seni buatan dengan seni alami adalah .... a.
Manusia hanya bisa meniru keindahan ciptaan
Tuhan, seindah apapun tiruan itu , tidak seindah ciptaan Tuhan b.
Tidak
bisa di bandingkan antara keindahan alami dengan buatan manusia c.
Karya
manusia yang begitu indah tetap kita syukuri dengan selalu menghargai
karya orang lain d.
Alam
raya ini begitu harmonis, indah dan teratur karena alam ini karya Tuhan Yang
Maha Mencipta e.
Kemampuan
seorang pelukis dalam memadu warna akan bisa mendekati
obyek aslinya |
mengklasifikasikan bentuk bentuk apresiasi |
6.
|
Dalam apresiasi estetis karya seni,
aspek yang di nilai adalah .... a.
pengamatan
dan tangkapan indrawi b.
pengamatan dan penghayatan yang mendalam c.
penghayatan
dan tangkapan indrawi d.
pengamatan
dan analsis e.
analisis
dan tangkapan indrawi |
menyeleksi aspek aspek penilaian dalam apresiasi |
7.
|
Seorang apresiator melakukan kegiatan
dengan cara mengklarifikasi dan dilanjutkan dengan mendiskripsikan,
menjelaskan, menganalisis serta menyimpulkan hasil pengamatannya. Proses yang
dilakukan itu termasuk dalam apresiasi bentuk .... a.
empatik b.
estetis c.
kritik d.
empatik
dan estetis e.
estetis
dan kritik |
mengklasifikasikan struktur cabang-cabang seni |
8.
|
Dibawah ini tiga unsur pokok dalam
seni musik, yaitu .... a.
melodi,
ritme dan tempo b.
ritme,
tempo dah harmoni c.
harmoni,
dinamik dan melodi d.
melodi, harmoni dan ritme e.
ritme,
melodi dan ekspresi |
mengklasifikasikan struktur cabang-cabang seni |
9.
|
Pernyataan dibawah ini yang salah tentang struktur cabang cabang seni adalah
.... a.
Baca
puisi merupakan cabang dari seni sastra, seni sastra adalah cabang dari
seni audio dan seni audio adalah cabang dari seni b.
Ansambel
merupakan cabang dari seni musik, seni musik adalah cabang dari seni audio
dan seni audio adalah cabang dari seni c.
Gambar
merupakan cabang dari seni rupa, seni rupa adalah cabang dari seni rupa dua
dimensi dan seni dua dimensi adalah cabang dari seni d.
Patung
merupakan cabang dari seni rupa, seni rupa adalah cabang dari seni rupa tiga
dimensi dan seni dua dimensi adalah cabang dari seni e.
Opera merupakan cabang dari seni tari, seni
tari merupakan cabangdari seni audio visual dan seni audio visual merupakan
cabang dari seni |
menentukan
nama aliran dalam seni lukis |
10.
|
Dilihat dari bentuk dan gayanya
lukisan berikut ini termasuk lukisan
yang beraliran .... A.
Suarelisme B.
Kubisme C.
Romantisme D.
Ekspresionisme E.
Naturalisme |