26. Peralatan yang biasanya digunakan untuk menyimpan produk yang sedang dipromosikan atau diskon adalah…
A. wagon
B. single hook
C. showcase
D. shelving
E. gondola
27. alat yang membantu proses komunikasi yang berupa suara seperti radio dan telepon disebut…
A. audio
B. visual
C. audio visuald.
D. slide
E. internet
28. Penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan sebagai titik sasaran.komunikan linier ini berlangsung dalam komunikasi secara tatap muka maupun melalui media adalah…
A. Komunikasi primer
B. Komunikasisekunder
C. Komunikasi linier
D. Komunikasi sirkuler
E. Komunikator
29. Proses komunikasi yang menggunakan lambing / symbol sebagai media pertama disebut…
A. Komunikasi sekunder
B. Komunikasi primer
C. Komunikasi linier
D. Komunikator
E. Komunikasi langsung
30. Komunikasi yang menggunakan bahasa isyarat disebut…
A. Komunikasi verbal
B. Komunikasi non verbal
C. Komunikasi linier
D. Komunikasi sirkuler
E. Komunikasi sekunder
31. Proses komunikasi antara penjual dan calon pembeli baik perorangan maupun kelompok untuk mencapai kesepakatan disebut…
A. Nepotisme
B. Negosiator
C. Negosiasi
D. Otoritas
E. Eksplorasi
32. Perbedaaan antara SOP untuk menangani administrasi Penjualan Tunai dengan SOP untuk menangani Penjualan Kredit , terutama terletak pada...
A. Bukti permintaan pelanggan
B. Bukti negosiasi
C. Bukti transaksi
D. Surat perjanjian
E. Pengiriman barang
33. Para penjual langsung hanya akan memberikan janji-janji lisan mengenai produk sebatas yang diperbolehkan secara tertulis oleh perusahaan. Pernyataan tersebut adalah salah satu ketentuan dari kode etik APLI, termasuk pada bagian...
A. Umum
B. Perilaku terhadap konsumen
C. Perilaku terhadap penjual langsung
D. Perilaku antar perusahaan
E. Penegak kode etik
34. Kelompok departemen makanan dalam minimarket disebut…
A. Food
B. Soft drink
C. Departemen
D. Makanan
E. Non food
35. Tempat penyimpanan bahan baku, barang setengah jadi dan barang jadi adalah pengertian dari …
A. Gudang
B. Perusahaan Manufactur
C. Perusahaan perseroan
D. Perusahaan Terbatas
E. Perusahaan Komanditer
36. Menata produk dengan cross merchandising yang ada dilorong antar gondola blok adalah….
A. Gondola end
B. Wing stage
C. Dancing up
D. Floor display
E. Clip strip
37. Barang yang dikembalikan kepada penjual karena rusak atau permohonan pengurangan harga faktur yang disetujui pihak penjual disebut …
A. Faktur
B. Bilyet giro
C. Nota kredit
D. Retur pembelian
E. Nota kontan
38. Promosi penjualan yang dilakukan secara langsung, dilakukan melalui...
A. Televisi dan internet
B. Radio dan slide
C. Brosur dan leaftlet
D. Spanduk dan selebaran
E. Obral, pasar malam dan pameran
39. Menangani keluhan, komplain, dan berusaha memecahkan problem yang muncul dari pelanggan merupakan upaya untuk mewujudkan kebutuhan...
A produsen
B. Karyawan
C. Publik
D. Relasi
E. \Pers
40. Pelanggan yang komplain adalah pelanggan...
a. Suka memojokkan penjual
b. Loyal terhadap pihak penjual
c. Akan memutuskan penjual
d. Tidak puas
e. Rewel jika tidak membeli
SOAL URAIAN :
1. Sebutkanazas – azastataruanggudang ?
2. Apafungsidaribrosur?
3. Sebutkanprinsip-prinsippelayananpenjualan !
4. Sebutkanprinsip-prinsippelayananpenjualan !
5. Pengemasan(packaging) merupakan proses yang berkaitandenganperancangandanpembuatanwadah(container) ataupembungkus(wrapper) untuksuatuproduk. SebutkanTujuanpenggunaankemasan ?
kunci jawaban
26 A 36 C
27 A 37 C
28 C 38 E
29 B 39 C
30 B 40 A
KUNCI SOAL URAIAN
1. Sebutkanazas – azas tata ruangg udang ?
- Azas jarak terpendek
- Azas megalirnya kegiatan
- Azas memudahkan pengawasan
- Penyusunan pengiriman
- Simpan barang
2. Apa fungsi dari brosur?
Fungsi dari brosur adalah memberikan penjelasan dan pemahaman tentang suatu produk, layanan, program yang ditawarkan produsen kekonsumen
3. Sebutkan prinsip-prinsip pelayanan penjualan !
- Etitut
- Attention
- Action
- Anticipation
4. Sebutkan karakteristik konsumen Indnesia
- Berpikirjangkapendek
- Tidakterencana
- Sukaberkumpul
- Gagapteknologi
- Sukamerkluarnegeri
5. Pengemasan(packaging) merupakan proses yang berkaitandenganperancangandanpembuatanwadah(container) ataupembungkus(wrapper) untuksuatuproduk. SebutkanTujuanpenggunaankemasan ?
a. Sebagaipelindungisi(protection), misalnyadarikerusakan, kehilangan, berkurangnyakadar/isi, dansebagainya.
b. Untukmemberikankemudahandalampenggunaan(operating), misalnyasupayatidaktumpah, sebagaialatpemegang, mudahmenyemprotkannya (sepertiobatnyamuk, parfum), dan lain-lain.
c. Bermanfaatdalampemakaianulang(reusable), misalnyauntukdiisikembali(refill) atauuntukwadah lain.
d. Memberikandayatarik(promotion), yaituaspekartistik, warna, bentuk, maupundesainnya.