kompetensi keahlian tata niaga smk, soal dan pembahasan


26. Peralatan yang biasanya digunakan untuk menyimpan produk yang sedang dipromosikan atau diskon adalah…
A. wagon
B. single hook
C. showcase
D. shelving
E. gondola

27. alat yang  membantu  proses  komunikasi  yang  berupa  suara  seperti  radio  dan  telepon disebut…
A. audio
B. visual
C. audio visuald.
D. slide
E. internet

28. Penyampaian  pesan  oleh  komunikator  kepada  komunikan sebagai titik sasaran.komunikan linier ini berlangsung dalam komunikasi secara tatap muka maupun melalui media adalah…
A. Komunikasi primer
B. Komunikasisekunder
C. Komunikasi linier
D. Komunikasi sirkuler
E. Komunikator

29. Proses komunikasi yang menggunakan  lambing / symbol sebagai  media  pertama disebut…
A. Komunikasi sekunder
B. Komunikasi primer
C. Komunikasi linier
D. Komunikator
E. Komunikasi langsung

30. Komunikasi yang menggunakan bahasa isyarat disebut…
A. Komunikasi verbal
B. Komunikasi non verbal
C. Komunikasi linier
D. Komunikasi sirkuler
E. Komunikasi sekunder

31. Proses komunikasi antara penjual  dan  calon  pembeli baik  perorangan maupun  kelompok untuk mencapai kesepakatan disebut…
A. Nepotisme
B. Negosiator
C. Negosiasi
D. Otoritas
E. Eksplorasi

32. Perbedaaan antara SOP untuk menangani administrasi Penjualan Tunai dengan SOP untuk menangani Penjualan Kredit , terutama terletak pada...
A. Bukti permintaan pelanggan
B. Bukti negosiasi
C. Bukti transaksi
D. Surat perjanjian
E. Pengiriman barang

33. Para penjual langsung hanya akan memberikan  janji-janji  lisan  mengenai  produk sebatas yang diperbolehkan secara tertulis oleh perusahaan. Pernyataan tersebut adalah salah satu ketentuan dari kode etik APLI, termasuk pada bagian...
A. Umum
B. Perilaku terhadap konsumen
C. Perilaku terhadap penjual langsung
D. Perilaku antar perusahaan
E. Penegak kode etik

34. Kelompok  departemen  makanan  dalam  minimarket disebut…
A. Food
B. Soft drink
C. Departemen
D. Makanan
E. Non food






35. Tempat  penyimpanan bahan baku, barang setengah jadi dan barang  jadi  adalah pengertian dari …
A. Gudang
B. Perusahaan Manufactur
C. Perusahaan perseroan
D. Perusahaan Terbatas
E. Perusahaan Komanditer

36. Menata produk dengan cross merchandising yang ada dilorong antar gondola blok adalah….
A. Gondola end
B. Wing stage
C. Dancing up
D. Floor display
E. Clip strip

37. Barang yang dikembalikan kepada penjual karena rusak atau permohonan pengurangan harga faktur yang disetujui pihak penjual disebut …
A. Faktur
B. Bilyet giro
C. Nota kredit
D. Retur pembelian
E. Nota kontan

38. Promosi penjualan yang dilakukan secara langsung, dilakukan melalui...
A. Televisi dan internet
B. Radio dan slide
C. Brosur dan leaftlet
D. Spanduk dan selebaran
E. Obral, pasar malam dan pameran

39. Menangani  keluhan, komplain, dan berusaha  memecahkan problem yang muncul dari pelanggan merupakan upaya untuk mewujudkan kebutuhan...
A produsen
B. Karyawan
C. Publik
D. Relasi
E. \Pers

40. Pelanggan yang komplain adalah pelanggan...
a. Suka memojokkan penjual
b. Loyal terhadap pihak penjual
c. Akan memutuskan penjual
d. Tidak puas
e. Rewel jika tidak membeli

SOAL URAIAN :
1. Sebutkanazas – azastataruanggudang ?
2. Apafungsidaribrosur?
3. Sebutkanprinsip-prinsippelayananpenjualan !
4. Sebutkanprinsip-prinsippelayananpenjualan !
5. Pengemasan(packaging) merupakan proses yang berkaitandenganperancangandanpembuatanwadah(container) ataupembungkus(wrapper) untuksuatuproduk. SebutkanTujuanpenggunaankemasan ?





kunci jawaban

26 A 36 C
27 A 37 C
28 C 38 E
29 B 39 C
30 B 40 A



KUNCI SOAL URAIAN
1. Sebutkanazas – azas tata ruangg udang ?
- Azas jarak terpendek
- Azas megalirnya kegiatan
- Azas memudahkan pengawasan
- Penyusunan pengiriman
- Simpan barang

2. Apa fungsi dari brosur?
Fungsi dari brosur adalah memberikan penjelasan dan pemahaman tentang suatu produk, layanan, program yang ditawarkan produsen kekonsumen
3. Sebutkan prinsip-prinsip pelayanan penjualan !
- Etitut
- Attention
- Action
- Anticipation

4. Sebutkan karakteristik konsumen Indnesia
- Berpikirjangkapendek
- Tidakterencana
- Sukaberkumpul
- Gagapteknologi
- Sukamerkluarnegeri

5. Pengemasan(packaging) merupakan proses yang berkaitandenganperancangandanpembuatanwadah(container) ataupembungkus(wrapper) untuksuatuproduk. SebutkanTujuanpenggunaankemasan ?
a. Sebagaipelindungisi(protection), misalnyadarikerusakan, kehilangan, berkurangnyakadar/isi, dansebagainya.
b. Untukmemberikankemudahandalampenggunaan(operating), misalnyasupayatidaktumpah, sebagaialatpemegang, mudahmenyemprotkannya (sepertiobatnyamuk, parfum), dan lain-lain.
c. Bermanfaatdalampemakaianulang(reusable), misalnyauntukdiisikembali(refill) atauuntukwadah lain.
d. Memberikandayatarik(promotion), yaituaspekartistik, warna, bentuk, maupundesainnya.