A.
Mekanisme Pengembangan KTSP
1. Pengembangan
Pengembangan KTSP merupakan bagian dari kegiatan
perencanaan sekolah. Kegiatan ini
dapat berbentuk rapat kerja sekolah dan/atau kelompok divisi sekolah yang diselenggarakan sebelum tahun
ajaran baru.
Tahap kegiatan pengembangan KTSP secara garis besar meliputi:
(1) penyusunan draf
berdasarkan analisis konteks; (2)
review, revisi, dan finalisasi; serta (3) pengesahan oleh pejabat yang berwenang. Langkah
yang lebih rinci dari
masing-masing kegiatan diatur dan diselenggarakan oleh tim pengembang kurikulum sekolah.
2. Pelaksanaan
Pelaksanaan KTSP merupakan
tanggung jawab bersama
seluruh unsur sekolah
yakni kepala sekolah/madrasah, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
3. Daya Dukung
Daya dukung pengembangan dan pelaksanaan KTSP meliputi:
a. Kebijakan Sekolah
Pengembangan dan
pelaksanaan KTSP merupakan kewenangan dan tanggung jawab
penuh dari sekolah. Oleh karena itu untuk dapat me- ngembangkan dan melaksanakan KTSP diperlukan kebijakan sekolah yang ditetapkan dalam rapat sekolah
dengan melibatkan komite
sekolah/ madrasah baik langsung maupun tidak
langsung.
b. Ketersediaan Tenaga
Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
Pengembangan dan pelaksanaan KTSP merupakan proses
perwujudan kurikulum yang
sesungguhnya. Oleh karena itu tenaga pendidik merupa kan unsur yang mutlak diperlukan dalam kuantitas dan kualitas yang
c. Ketersediaan Sarana
dan Prasarana Sekolah
Pengembangan dan pelaksanaan KTSP memerlukan dukungan
berupa ketersediaan sarana dan prasarana
sekolah. Sarana sekolah
adalah segala kebutuhan fisik, sosial, dan kultural serta
prasarana seperti lahan,
gedung, serta sangat diperlukan sebagai
unsur penunjang yang pelaksanaan KTSP pada sekolah.
d. Pelibatan Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA) dan Instansi Terkait.
Pengembangan dan pelaksanaan KTSP memerlukan dukungan
dari DUDIKA dan instansi
terkait, sebagai pihak yang ikut terlibat didalam kolaborasi dan sinergi Kegiatan Belajar Mengajar serta merupakan
pihak yang akan menggunakan
lulusan yang dihasilkan oleh SMK.
B.
Sistematika Dokumen 1 KTSP
Sistematika dokumen I KTSP terdiri dari tiga (3) bagian yaitu bagian awal,
bagian inti dan bagian akhir. Sistematika selengkapnya adalah sebagai berikut:
Bagian awal
1.
Halaman Sampul
2.
Lembar Pengesahan
3.
Kata Pengantar
4.
Daftar Isi
Bagian
isi
Bab I. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
1.2. Dasar Hukum
1.3. Tujuan
1.4. Pengembangan Kurikulum
2.2
Misi Satuan Pendidikan
2.3
Tujuan Satuan
Pendidikan
Bab III. Struktur dan muatan Kurikulum
SMK.
3.1
Kerangka Dasar Kurikulum SMK
3.2
Standar Kompetensi lulusan SMK
3.3
Profil lulusan
SMK
3.4
Beban belajar di SMK
3.5
Penguatan pendidikan karakter
3.6
Gerakan literasi
sekolah
3.7
Program muatan local
3.8
Program penguatan kompetensi
3.9
Kegiatan pengembangan diri (ekstrakurikuler)
3.10
Pelaksanaan bombingan konseling
3.11
Mekanisme penilaian
3.12
Kriteria ketuntasan belajar
3.13
Praktek kerja
lapangan (PKL)
3.14
Kenaikan kelas
3.15
Kelulusan
3.16
Mutasi peserta
didik
Bab IV. Kalender pendidikan Bab
V. Supervisi pembelajaran Bab VI. Penutup
Bagian Akhir