LEMBAR KERJA SISWA
ANALISIS KERUANGAN CANDI BOROBUDUR
Mata pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/1
Standar
Kompetensi : Memahami
konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi.
Kompetensi
Dasar :
Menjelaskan pendekatan geografi.
Topik :
Analisis keruangan objek wisata Candi Borobudur.
Tujuan
Pengamatan : Siswa mampu menganalisis keruangan objek wisata Candi Borobudur.
Alat
dan Bahan
1.
LKS
2.
Alat
tulis
3.
Kamera
4.
Perekam
suara/vidio (Smart phone)
Langkah
kerja
1.
Lakukan
pengamatan di lokasi Candi Borobudur mengenai tata ruang yang ada di dalam
objek observasi.
2.
Catat
pada LKS kondisi berbagai objek di dalam Candi Borobudur.
3.
Kumpulkan
data melalui wawancara dari berbagai sumber mengenai kondisi dan peran
Candiborobudur dalam bidang kebudayaan.
4.
Berdasarkan
hasil pengamatan, analisislah dengan menggunakan ke tiga Pendekatan
Geografi.
LEMBAR
HASIL PENGAMATAN
Observasi
Kondisi Objek Wisata
Lokasi
pengamatan : ..............................................................................................................
Tanggal
Pengamatan :
............................................................................................................
No
|
Kondisi
Objek
|
Penilaian
|
Ket
|
||||
SB
|
B
|
C
|
KB
|
SBr
|
|||
A
|
Objek Biotik
|
|
|
|
|
|
|
1
|
·
Keadaan Flora
|
|
|
|
|
|
|
2
|
·
Keadaan Fauna
|
|
|
|
|
|
|
B
|
Nilai
dan Norma
|
|
|
|
|
|
|
1
|
·
Nilai prilaku
masyarakat sekitar
|
|
|
|
|
|
|
2
|
·
Nilai prilaku
para wisatawan
|
|
|
|
|
|
|
3
|
·
Norma prilaku
yang ada di objek observasi
|
|
|
|
|
|
|
4
|
·
Pelayanan
yang di dapat
|
|
|
|
|
|
|
C
|
Objek
Abiotik
|
|
|
|
|
|
|
1
|
·
kondisi tanah
|
|
|
|
|
|
|
2
|
·
Kondisi air
|
|
|
|
|
|
|
3
|
·
Kondisi udara
|
|
|
|
|
|
|
4
a
b
c
d
e
f
g
h
i
j
|
·
Kondisi
fasilitas wisata
-
Kondisi objek
wisata
-
WC
-
Tempat ibadah
-
Warung/kantin
-
Tempat duduk
-
Tempat sampah
-
-
-
-
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Penilaian :
SB : Sangat
Baik; B : Baik; C : Cukup; KB : Kurang Baik; SBr : Sangat Buruk.
PEDOMAN
WAWANCARA
Peran
Candi Borobudur dalam bidang Kebudayaan
Buatlah beberapa pertanyaan wawancara mengenai:
1.
Peran
candi borobudur dalam melestarikan kebudayaan.
2.
Kebudayaan
yang ada di Candi Borobudur.
3.
Peningkatan
kawasan pariwisata di Borobudur.
4.
Daya
tarik Candi Borobudur.
PEDOMAN WAWANCARA
Lokasi : .......................................................................................................
Tanggal :
.......................................................................................................
Nama Narasumber : ..........................................................................................
Posisi/Jabatan :
..........................................................................................
No
|
Pertanyaan
|
1
2
3
dst
|
Bagaimana
cara melestarikan kebudayaan yang ada di dalam Candi Borobudur kepada
masyarakat?
...
...
|
Pertanyaan
setelah Observasi dan wawancara!
1.
Berdasarkan
hasil observasi/wawancara, analisislah keadaan objek wisata Candi Borobudur
dengan menggunakan Pendekatan Keruangan!
2.
Berdasarkan
hasil observasi/wawancara, analisislah keadaan interaksi aktivitas alam dengan
aktivitas manusia di dalam objek wisata Candi Borobudur dengan menggunakan
Pendekatan Kelingkungan!
3. Berdasarkan hasil observasi/wawancara, analisislah keadaan peranan Candi Borobudur dengan wilayah lain sebagai objek wisata dengan menggunakan Pendekatan Kompleks Kewilayahan!
diambil dari : http://aldisentrisme.blogspot.co.id/2015/10/lembar-kerja-siswa-study-tour.html