Pembelajaran Permainan renang
Dari permainan ini, siswa dapat mengenal air tanpa disengaja. Kemudian, permainan lainya, yaitu mengenalkan air dengan sengaja. Salah satunya dengan menugaskan siswa berpasangan dan saling berpegangan tangan, berbaris satu deret dari ujung \kolam sampai tengah atau ujung kolam. Kemudian, pasangan yang berada di ujung masuk ke dalam air untuk melewati terowongan yang telah dibuat oleh siswa lain dengan berpegangan tangan tadi.
Dengan permainan ini siswa dapat merasakan dan mengenal air.Ada juga permainan, yaitu dengan cara siswa berbaris 1 baris kemudian guru melemparkan kelereng ke dalam kolam, selanjutnya siswa ditugaskan untuk menyelam mencari kelereng tersebut. Pengenalan air dapat menggunakan permainan sebagai media penyampaian materi. Untuk itu, permainan dibagi menjadi 2, yaitu permainan tanpa alat dan menggunakan alat. Agar tidak bosan dalam pelajaran renang, diperkenankan menggunakan cara mengajar dengan permainan. Cara ini lebih efektif dalam pencapaian hasil didik.
1. Pertama, permainan tanpa alat, misalnya empat atau lima anak saling berpegangan tangan. Salah satu siswa memberikan tebakan dengan memainkan jarinya di dalam air dan teman yang disuruh untuk menebak harus menyelam kolam untuk melihat tangannya.
2. Kedua, permainan dengan alat, yaitu salah satu permainan yang cara bermainnya dengan alat, misalnya bola, pertama siswa dibagi menjadi dua kelompok sama rata, kemudian setiap kelompok harus berusaha memasukkan bola, dengan cara menempelkan bola ke tepi kolam yang sudah ditentukan.
Saat mengumpan kepada temannya tersebut tidak boleh berjalan hanya, tetapi diam di tempat dan langsung melemparkan ke teman sekelompoknya. Kelompok yang paling banyak memasukkan bola atau menempelkan bola ke dindingkolam dinyatakan sebagai pemenang. Permainan ini dapat diistilahkan seperti olahraga polo air. Bedanya, apabila polo air menggunakan gawang dan cara bermainnya berenang, tetapi pada permainan ini boleh jalan karena kondisi kolam juga yang dangkal.
Aktivitas Pembelajaran 1
Nama permainan: Loncat Tegak ke dalam Air
Deskripsi pembelajaran: Setelah melakukan pembelajaran ini diharapkan siswa dapat melakukan pembelajaran dengan mengenali air dan bisa melakukan luncuran dengan baik dan mendasar. Selain pengembangan tersebut, diharapkan siswa berkembang dalam hal pengetahuan, sikap dan keterampilannya.
Ketika melakukan gerakan, harus dengan sportivitas, tanggung jawab, dsb.
Kamu harus bisa mengamati teman dan lawan bermain kamu di lapangan. Mengajukan pertanyaan kepada guru atau teman ketika kamu sulit dalam memahami atau melakukan tugas belajar gerak yang diberikan oleh guru.
Menghubungkan semua informasi yang didapat ke dalam satu pengertian tertentu.
Setelah semua kegiatan dilakukukan langkah selanjutnya diharapkan kamu bisa melakukan diskusi kelompok beberapa saat, terutama manakala kamu melakukan gerak atau permainan yang bisa dikatakan sangat kompleks dan perlu pemahaman yang lebih mendalam. Komunikasikan hasil diskusi pada sesama teman bila perlu diskusikan juga dengan guru kamu supaya mendapatkan masukan atau saran yang sifatnya membangun.
Capaian belajar siswa: Mampu memahami bagaimana melakukan tindakan yang baik, mengenali lingkungan, respek terhadap teman dan terampil dalam melakukan loncatan ke air.
Alat dan bahan pembelajaran: kolam renang, papan tolakan.
Aturan dan peraturan permainan:
1. Buatlah kelas menjadi beberapa kelompok sesuai dengan perintah guru.
2. Langkah selanjutnya, lakukan gerakan meluncur dari papantolakan.
3. Lakukan dengan cara seperti memasukkan paku ke dalamkolam.
Gambaran permainan:
Cara mempermudah dan mempersukar gerakan rangkaian:
Cara mempermudah:
1. Loncatan dilakukan dari berbagai arah.
2. Pemilihan ketinggian bebas.
Cara mempersukar:
1. Harus menciptakan gerakan yang indah.
2. Loncatan harus sambil berputar ketika di udara.
Nama permainan: Penyelamatan Teman
Deskripsi pembelajaran: Setelah siswa melakukan pembelajaran ini, diharapkan bisa berkembang dalam hal kognitif afektif dan psikomotornya, terutama dalam melakukan pembelajaran renang, dalam hal melakukan latihan menggunakan ban bekas dan melakukan penyelamatan terhadap teman. Lakukan ini dengan tanggung jawab, sportivitas.
Langkah awal yang harus kamu lakukan, yakni harus mengamati tugas belajar gerak yang dilakukan oleh teman atau guru kamu. Ketika kamu mengamati tugas belajar gerak yang dilakukan sampai dengan kamu melakukan atau mencoba tugas belajar gerak, dalam melakukannya kamu harus mengumpulkan informasi terkait dengan tugas belajar gerak yang dilakukan. Ketika kamu mengalami kesulitan dalam melakukan tugas belajar yang diberikan oleh guru kamu, alangkah baiknya kamu menanyakan kepada teman atau ke guru kamu.
Capaian belajar siswa: Peningkatan dalam keterampilanmpenyelamatan, respek terhadap teman, mengetahui tata cara penyelamatan dengan baik.
Alat dan bahan pembelajaran: ban dalam bekas yang diisi angin, kolam renang.
Aturan dan peraturan permainan:
1. Pembelajaran sama dengan sebelumnya.
2. Perbedaannya, siswa harus berusaha mengayuh ban dalam yang telah disediakan.
3. Siswa harus mengayuhnya sampai ke tengah.
4. Setelah di tengah, berperan seperti orang tenggelam, setelah siswa tersebut tenggelam, lakukan penyelamatan.
Gambaran permainan:
Cara mempermudah dan mempersukar gerakan rangkaian:
Cara mempermudah:
1. Dekatkan dengan pinggir kolam yang mau diselamatkan
2. Ditambah siswa yang akan menyelamatkan
Cara mempersukar:
1. Jarak penyelamat dan yang diselamatkan diperpanjang
2. Jumlah yang diselamatkan diperbanyak
Nama permainan: Terowongan Hulahoop
Deskripsi pembelajaran: Setelah siswa melakukan pembelajaran ini, diharapkan bisa berkembang dalam hal kognitif afektif dan psikomotornya, terutama dalam melakukan pembelajaran renang dalam hal melakukan latihan perahu dan penyelamatan.
Kamu harus mengamati teman kamu, ketika teman kamu melakukan cobalah ajukan pertanyaan terkait dengan pembelajaran yang sedang dilakukan. Setelah kamu mengamati dan bertanya cobalah kamu lakukan tugas belajar gerak tersebut, ketika kamu melakukan, cobalah kamu tentukan gerakan mana yang paling efektif. Cobalah komunikasikan dengan teman kamu ketika kamu telah selesai melakukan pembelajaran supaya pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Capaian belajar siswa: Mampu memosisikan diri ketika melewati terowongan, kapan harus mengambil napas, respek terhadap teman dan terampil dalam hal menyelam.
Alat dan bahan pembelajaran: hulahoop, kolam renang.
Aturan dan peraturan permainan:
1. Pembelajaran yang harus siswa lakukan tidak berbeda jauh dengan sebelumnya
2. Pada pembelajaran kali ini, siswa harus melakukan penyelaman dengan melewati hulahoop yang telah disediakan.
3. Kamu harus berusaha melewati semua hulahoop.
4. Jika semua hulahoop tidak bisa dilewati, harus mengulanginyadari awal.
Gambaran permainan:
Cara mempermudah dan mempersukar gerakan rangkaian:
Cara mempermudah:
1. Mengurangi jumlah hulahoop.
2. Jarak hulahoop diperpendek.
Cara mempersukar:
1. Jarak hulahoop diperpanjang.
2. Tidak boleh mengambil napas ke atas.
Nama permainan: Lempar Bola ke Keranjang
Deskripsi pembelajaran: Siswa harus melakukannya di kolam renang yang dangkal atau sesuai dengan keinginan guru.
Pembelajaran kali ini menekankan pada bagaimana bergerak di air dan menyelesaikan tugas gerak yang akhirnya adalah memasukkan bola ke dalam keranjang atau ring yang tersedia. Siswa harus melakukannya dengan penuh tanggung jawab, sportif dan kembangkan aspek yang dimiliki berkaitan dengan pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Pada dasarnya, pembelajaran yang dilakukan harus mengembangkan kemampuan mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan apa yang terjadi dalam belajar. Ketika kamu melakukan pembelajaran, kamu harus mengamati apa yang dilakukan oleh guru atau teman kamu.
Ketika semua itu telah dilakukan, cobalah untuk menanyakan kepada teman atau guru kamu dalam melakukan tugas belajar gerak. Setelah kamu mengamati dan menanyakan, cobalah kamu lakukan aktivitas pembelajaran yang diperintahkan oleh guru kamu. Ketika kamu melakukan, cobalah kamu bandingkan dan pilih mana gerakan yang paling mudah dilakukan dan bermanfaat.
Setelah hal tersebut dilakukan, cobalah komunikasikan dengan teman kamu dan guru kamu.
Capaian belajar siswa: Mampu menentukan keputusan ketika memasukkan bola ke dalam keranjang, menghargai teman, dan terampil dalam hal memasukkan bola ke keranjang.
Alat dan bahan pembelajaran: Bola (bisa bola tangan, bolavoli,
Aturan dan peraturan permainan:
1. Siswa harus membagi kelas ke dalam kelompok-kelompok, setiap kelompok beranggota 4-6 orang.
2. Tugas yang harus dilakukan adalah memasukkan bola ke dalam keranjang lawan kamu tanpa kemasukan oleh lawan.
3. Ketika siswa melakukan kegiatan, lakukan dengan kerja sama supaya dengan mudah dapat memasukkan bola ke keranjang lawan.
4. Hindari permainan curang yang bisa membahayakan lawan.
5. Lakukan koordinasi antara menyerang dan bertahan supaya bisa mempertahankan kerajang sehingga tidak kemasukan.
Gambaran permainan:
Cara mempermudah dan mempersukar gerakan rangkaian:
Cara mempermudah:
1. Menambah jumlah anggota setiap kelompok.
2. Menambah jumlah bola.
3. Ketinggian keranjang dikurangi.
Cara mempersukar:
1. Ketinggian keranjang ditambah.
2. Jumlah bola dikurangi.
Nama permainan: Menyentuh/menendang target yang digantung.
Deskripsi pembelajaran: Pembelajaran ini merupakan hal mendasar yang harus siswa kuasai ketika akan melanjutkan ke pelatihan, di mana siswa melakukan pelatihan di luar kegiatan belajar mengajar (di klub). Siswa melakukan hal ini sambil telentang dengan tangan memegang besi yang terdapat di pinggir kolam. Lakukan hal ini dengan penuh tanggung jawab, sportif, dsb.
Kamu harus mengamati tugas belajar gerak yang dilakukan oleh teman atau guru kamu. Setelah kamu mengamati, cobalah untuk menanyakan cara melakukan tugas belajar yang dicontohkan tadi. Ketika proses menanya telah kamu lakukan, langkah selanjutnya cobalah kamu lakukan/mencoba tugas belajar gerak yang dilakukan oleh teman kamu. Ketika kamu melakukan, kamu harus bisa membandingkan gerakan mana yang paling efektif dalam tugas belajar gerak. Ketika kamu selesai membandingkan, diharapkan kamu bisa memberikan saran kepada teman kamu tentang tugas belajar gerak yang efektif
Capaian belajar siswa: Mampu mengambil keputusan yang tepat ketika mau menendang, sportif, terampil dalam mengombinasikan gerakan tungkai kiri dan kanan.
Alat dan bahan pembelajaran: rapia, tiang, bola plastik.
Aturan dan peraturan permainan:
1. Kenalilah kolam yang menjadi tempat pembelajaran.
2. Siswa harus melakukannya sambil tidur terlentang dengan posisi tangan memegang besi yang terdapat di pinggir kolam.
3. Setelah semuanya siswa lakukan, coba lakukan gerakan tendangan kecil menyerupai teknik dasar dalam renang gaya punggung.
4. Setelah memahami dan mudah dalam melakukan, cobalah lakukan dengan lebih cepat lagi.
5. Kemudian, langkah akhirnya setelah melakukan kegiatan secara bertahap, cobalah berupaya menendang bola yeng telah digantungkan sampai bergerak dan lakukan secara berulangulang.
Gambaran permainan:
Cara mempermudah dan mempersukar gerakan rangkaian:
Cara mempermudah:
1. Menambah jumlah target.
2. Ketinggian target ke kolam diperdekat.
Cara mempersukar:
1. Ketinggian target di tambah.
2. Berpindah ke kolam yang lebih dalam.
Sumber : buku Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas IX
Dari permainan ini, siswa dapat mengenal air tanpa disengaja. Kemudian, permainan lainya, yaitu mengenalkan air dengan sengaja. Salah satunya dengan menugaskan siswa berpasangan dan saling berpegangan tangan, berbaris satu deret dari ujung \kolam sampai tengah atau ujung kolam. Kemudian, pasangan yang berada di ujung masuk ke dalam air untuk melewati terowongan yang telah dibuat oleh siswa lain dengan berpegangan tangan tadi.
Dengan permainan ini siswa dapat merasakan dan mengenal air.Ada juga permainan, yaitu dengan cara siswa berbaris 1 baris kemudian guru melemparkan kelereng ke dalam kolam, selanjutnya siswa ditugaskan untuk menyelam mencari kelereng tersebut. Pengenalan air dapat menggunakan permainan sebagai media penyampaian materi. Untuk itu, permainan dibagi menjadi 2, yaitu permainan tanpa alat dan menggunakan alat. Agar tidak bosan dalam pelajaran renang, diperkenankan menggunakan cara mengajar dengan permainan. Cara ini lebih efektif dalam pencapaian hasil didik.
1. Pertama, permainan tanpa alat, misalnya empat atau lima anak saling berpegangan tangan. Salah satu siswa memberikan tebakan dengan memainkan jarinya di dalam air dan teman yang disuruh untuk menebak harus menyelam kolam untuk melihat tangannya.
2. Kedua, permainan dengan alat, yaitu salah satu permainan yang cara bermainnya dengan alat, misalnya bola, pertama siswa dibagi menjadi dua kelompok sama rata, kemudian setiap kelompok harus berusaha memasukkan bola, dengan cara menempelkan bola ke tepi kolam yang sudah ditentukan.
Saat mengumpan kepada temannya tersebut tidak boleh berjalan hanya, tetapi diam di tempat dan langsung melemparkan ke teman sekelompoknya. Kelompok yang paling banyak memasukkan bola atau menempelkan bola ke dindingkolam dinyatakan sebagai pemenang. Permainan ini dapat diistilahkan seperti olahraga polo air. Bedanya, apabila polo air menggunakan gawang dan cara bermainnya berenang, tetapi pada permainan ini boleh jalan karena kondisi kolam juga yang dangkal.
Aktivitas Pembelajaran 1
Nama permainan: Loncat Tegak ke dalam Air
Deskripsi pembelajaran: Setelah melakukan pembelajaran ini diharapkan siswa dapat melakukan pembelajaran dengan mengenali air dan bisa melakukan luncuran dengan baik dan mendasar. Selain pengembangan tersebut, diharapkan siswa berkembang dalam hal pengetahuan, sikap dan keterampilannya.
Ketika melakukan gerakan, harus dengan sportivitas, tanggung jawab, dsb.
Kamu harus bisa mengamati teman dan lawan bermain kamu di lapangan. Mengajukan pertanyaan kepada guru atau teman ketika kamu sulit dalam memahami atau melakukan tugas belajar gerak yang diberikan oleh guru.
Menghubungkan semua informasi yang didapat ke dalam satu pengertian tertentu.
Setelah semua kegiatan dilakukukan langkah selanjutnya diharapkan kamu bisa melakukan diskusi kelompok beberapa saat, terutama manakala kamu melakukan gerak atau permainan yang bisa dikatakan sangat kompleks dan perlu pemahaman yang lebih mendalam. Komunikasikan hasil diskusi pada sesama teman bila perlu diskusikan juga dengan guru kamu supaya mendapatkan masukan atau saran yang sifatnya membangun.
Capaian belajar siswa: Mampu memahami bagaimana melakukan tindakan yang baik, mengenali lingkungan, respek terhadap teman dan terampil dalam melakukan loncatan ke air.
Alat dan bahan pembelajaran: kolam renang, papan tolakan.
Aturan dan peraturan permainan:
1. Buatlah kelas menjadi beberapa kelompok sesuai dengan perintah guru.
2. Langkah selanjutnya, lakukan gerakan meluncur dari papantolakan.
3. Lakukan dengan cara seperti memasukkan paku ke dalamkolam.
Gambaran permainan:
Cara mempermudah dan mempersukar gerakan rangkaian:
Cara mempermudah:
1. Loncatan dilakukan dari berbagai arah.
2. Pemilihan ketinggian bebas.
Cara mempersukar:
1. Harus menciptakan gerakan yang indah.
2. Loncatan harus sambil berputar ketika di udara.
Nama permainan: Penyelamatan Teman
Deskripsi pembelajaran: Setelah siswa melakukan pembelajaran ini, diharapkan bisa berkembang dalam hal kognitif afektif dan psikomotornya, terutama dalam melakukan pembelajaran renang, dalam hal melakukan latihan menggunakan ban bekas dan melakukan penyelamatan terhadap teman. Lakukan ini dengan tanggung jawab, sportivitas.
Langkah awal yang harus kamu lakukan, yakni harus mengamati tugas belajar gerak yang dilakukan oleh teman atau guru kamu. Ketika kamu mengamati tugas belajar gerak yang dilakukan sampai dengan kamu melakukan atau mencoba tugas belajar gerak, dalam melakukannya kamu harus mengumpulkan informasi terkait dengan tugas belajar gerak yang dilakukan. Ketika kamu mengalami kesulitan dalam melakukan tugas belajar yang diberikan oleh guru kamu, alangkah baiknya kamu menanyakan kepada teman atau ke guru kamu.
Capaian belajar siswa: Peningkatan dalam keterampilanmpenyelamatan, respek terhadap teman, mengetahui tata cara penyelamatan dengan baik.
Alat dan bahan pembelajaran: ban dalam bekas yang diisi angin, kolam renang.
Aturan dan peraturan permainan:
1. Pembelajaran sama dengan sebelumnya.
2. Perbedaannya, siswa harus berusaha mengayuh ban dalam yang telah disediakan.
3. Siswa harus mengayuhnya sampai ke tengah.
4. Setelah di tengah, berperan seperti orang tenggelam, setelah siswa tersebut tenggelam, lakukan penyelamatan.
Gambaran permainan:
Cara mempermudah dan mempersukar gerakan rangkaian:
Cara mempermudah:
1. Dekatkan dengan pinggir kolam yang mau diselamatkan
2. Ditambah siswa yang akan menyelamatkan
Cara mempersukar:
1. Jarak penyelamat dan yang diselamatkan diperpanjang
2. Jumlah yang diselamatkan diperbanyak
Nama permainan: Terowongan Hulahoop
Deskripsi pembelajaran: Setelah siswa melakukan pembelajaran ini, diharapkan bisa berkembang dalam hal kognitif afektif dan psikomotornya, terutama dalam melakukan pembelajaran renang dalam hal melakukan latihan perahu dan penyelamatan.
Kamu harus mengamati teman kamu, ketika teman kamu melakukan cobalah ajukan pertanyaan terkait dengan pembelajaran yang sedang dilakukan. Setelah kamu mengamati dan bertanya cobalah kamu lakukan tugas belajar gerak tersebut, ketika kamu melakukan, cobalah kamu tentukan gerakan mana yang paling efektif. Cobalah komunikasikan dengan teman kamu ketika kamu telah selesai melakukan pembelajaran supaya pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Capaian belajar siswa: Mampu memosisikan diri ketika melewati terowongan, kapan harus mengambil napas, respek terhadap teman dan terampil dalam hal menyelam.
Alat dan bahan pembelajaran: hulahoop, kolam renang.
Aturan dan peraturan permainan:
1. Pembelajaran yang harus siswa lakukan tidak berbeda jauh dengan sebelumnya
2. Pada pembelajaran kali ini, siswa harus melakukan penyelaman dengan melewati hulahoop yang telah disediakan.
3. Kamu harus berusaha melewati semua hulahoop.
4. Jika semua hulahoop tidak bisa dilewati, harus mengulanginyadari awal.
Gambaran permainan:
Cara mempermudah dan mempersukar gerakan rangkaian:
Cara mempermudah:
1. Mengurangi jumlah hulahoop.
2. Jarak hulahoop diperpendek.
Cara mempersukar:
1. Jarak hulahoop diperpanjang.
2. Tidak boleh mengambil napas ke atas.
Nama permainan: Lempar Bola ke Keranjang
Deskripsi pembelajaran: Siswa harus melakukannya di kolam renang yang dangkal atau sesuai dengan keinginan guru.
Pembelajaran kali ini menekankan pada bagaimana bergerak di air dan menyelesaikan tugas gerak yang akhirnya adalah memasukkan bola ke dalam keranjang atau ring yang tersedia. Siswa harus melakukannya dengan penuh tanggung jawab, sportif dan kembangkan aspek yang dimiliki berkaitan dengan pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Pada dasarnya, pembelajaran yang dilakukan harus mengembangkan kemampuan mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan apa yang terjadi dalam belajar. Ketika kamu melakukan pembelajaran, kamu harus mengamati apa yang dilakukan oleh guru atau teman kamu.
Ketika semua itu telah dilakukan, cobalah untuk menanyakan kepada teman atau guru kamu dalam melakukan tugas belajar gerak. Setelah kamu mengamati dan menanyakan, cobalah kamu lakukan aktivitas pembelajaran yang diperintahkan oleh guru kamu. Ketika kamu melakukan, cobalah kamu bandingkan dan pilih mana gerakan yang paling mudah dilakukan dan bermanfaat.
Setelah hal tersebut dilakukan, cobalah komunikasikan dengan teman kamu dan guru kamu.
Capaian belajar siswa: Mampu menentukan keputusan ketika memasukkan bola ke dalam keranjang, menghargai teman, dan terampil dalam hal memasukkan bola ke keranjang.
Alat dan bahan pembelajaran: Bola (bisa bola tangan, bolavoli,
Aturan dan peraturan permainan:
1. Siswa harus membagi kelas ke dalam kelompok-kelompok, setiap kelompok beranggota 4-6 orang.
2. Tugas yang harus dilakukan adalah memasukkan bola ke dalam keranjang lawan kamu tanpa kemasukan oleh lawan.
3. Ketika siswa melakukan kegiatan, lakukan dengan kerja sama supaya dengan mudah dapat memasukkan bola ke keranjang lawan.
4. Hindari permainan curang yang bisa membahayakan lawan.
5. Lakukan koordinasi antara menyerang dan bertahan supaya bisa mempertahankan kerajang sehingga tidak kemasukan.
Gambaran permainan:
Cara mempermudah dan mempersukar gerakan rangkaian:
Cara mempermudah:
1. Menambah jumlah anggota setiap kelompok.
2. Menambah jumlah bola.
3. Ketinggian keranjang dikurangi.
Cara mempersukar:
1. Ketinggian keranjang ditambah.
2. Jumlah bola dikurangi.
Nama permainan: Menyentuh/menendang target yang digantung.
Deskripsi pembelajaran: Pembelajaran ini merupakan hal mendasar yang harus siswa kuasai ketika akan melanjutkan ke pelatihan, di mana siswa melakukan pelatihan di luar kegiatan belajar mengajar (di klub). Siswa melakukan hal ini sambil telentang dengan tangan memegang besi yang terdapat di pinggir kolam. Lakukan hal ini dengan penuh tanggung jawab, sportif, dsb.
Kamu harus mengamati tugas belajar gerak yang dilakukan oleh teman atau guru kamu. Setelah kamu mengamati, cobalah untuk menanyakan cara melakukan tugas belajar yang dicontohkan tadi. Ketika proses menanya telah kamu lakukan, langkah selanjutnya cobalah kamu lakukan/mencoba tugas belajar gerak yang dilakukan oleh teman kamu. Ketika kamu melakukan, kamu harus bisa membandingkan gerakan mana yang paling efektif dalam tugas belajar gerak. Ketika kamu selesai membandingkan, diharapkan kamu bisa memberikan saran kepada teman kamu tentang tugas belajar gerak yang efektif
Capaian belajar siswa: Mampu mengambil keputusan yang tepat ketika mau menendang, sportif, terampil dalam mengombinasikan gerakan tungkai kiri dan kanan.
Alat dan bahan pembelajaran: rapia, tiang, bola plastik.
Aturan dan peraturan permainan:
1. Kenalilah kolam yang menjadi tempat pembelajaran.
2. Siswa harus melakukannya sambil tidur terlentang dengan posisi tangan memegang besi yang terdapat di pinggir kolam.
3. Setelah semuanya siswa lakukan, coba lakukan gerakan tendangan kecil menyerupai teknik dasar dalam renang gaya punggung.
4. Setelah memahami dan mudah dalam melakukan, cobalah lakukan dengan lebih cepat lagi.
5. Kemudian, langkah akhirnya setelah melakukan kegiatan secara bertahap, cobalah berupaya menendang bola yeng telah digantungkan sampai bergerak dan lakukan secara berulangulang.
Gambaran permainan:
Cara mempermudah dan mempersukar gerakan rangkaian:
Cara mempermudah:
1. Menambah jumlah target.
2. Ketinggian target ke kolam diperdekat.
Cara mempersukar:
1. Ketinggian target di tambah.
2. Berpindah ke kolam yang lebih dalam.
Sumber : buku Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas IX