11. Pernyataan yang paling benar tentang konflik dan masalah adalah . . . .
a. Masalah adalah konflik
b. Konflik itu bukan masalah
c. Masalah selalu berujung pada konflik
d. Konflik adalah masalah
e. Semua jawaban benar
12. Situasi dimana 2 orang atau lebih menginginkan satu sasaran yang menurut mereka bisa dicapai dan diwujudkan oleh salah satu dari mereka dan tidak mungkin keduanya mewujudkan bersama-sama adalah pengertian dari . . . .
a. egoisme
b. persaingan
c. kompetisi
d. dominasi
e. konflik
13. Berikut ini adalah masalah-masalah yang dapat memicu terjadinya konflik :
1) Kompensasi dan imbalan kerja
2) Keselamatan dan kesehatan kerja
3) Lemahnya motivasi pegawai
4) Rendahnya produktivitas pegawai
Masalah-masalah tersebut merupakan penyebab timbulnya konflik yang terjadi antara . . . .
a. seorang pegawai dengan pegawai lain
b. investor dengan wirausaha
c. pemberi kerja dengan pekerja
d. bawahan dengan atasan
e. pegawai perusahaan dengan pelanggan
14. Pengendalian melalui lembaga-lembaga tertentu yang memungkinkan tumbuhnya pola diskusi dan pengambilan keputusan-keputusan diantara pihak-pihak yang berlawanan mengenai persoalan-persoalan yang mereka pertentangkan adalah pengertian dari . . . .
a. konsiliasi
b. kompromi
c. mediasi
d. arbitasi
e. negosiasi
15. Jika satuan kerja di dalam organisasi terlalu lambat, maka pemimpin organisasi perlu merangsang timbulnya persaingan dan konflik yang ditimbulkan mempunyai dampak terhadap peningkatan kerja anggota organisasi. penjabaran tersebut merupakan salah satu metode pengelolaan konflik yang disebut dengan . . . .
a. penyelesaian konflik
b. pengurangan konflik
c. stimulasi konflik
d. pemecahan konflik
e. hindari sumber konflik
16. Berikut ini contoh konflik disfungsional adalah . . . .
a. penggantian manajer yg lebih cakap
b. kerjasama antar manajer dapat rusak
c. bersemangat dan punya gagasan baru
d. lebih mempersatukan para anggota organisasi
e. manajer mungkin menemukan cara perbaikan prestasi organisasi
17. Metode penyelesaian konflik ini sangat tidak dianjurkan untuk digunakan karena tidak menuntaskan masalah dan seringkali menimbulkan konflik berkepanjangan adalah . . . .
a. Konsensus
b. Superordinate goals
c. Win - lose strategy
d. Lose-lose strategy
e. Win-win strategy
18. Berikut ini cara mengubah konflik yang bersifat negatif adalah . . . .
a. menciptakan persaingan ketat
b. menerangkan bila masing-masing tujuan itu bersifat negatif
c. melakukan negosiasi
d. membiarkan konflik terjadi
e. mengubah tujuan yang berbeda untuk kepentingan masing-masing
19. Berikut ini yang merupakan salah satu cara dari metode stimulasi konflik adalah . . . .
a. reorganisasi
b. arbitrasi
c. forcing
d. separation
e. konfrontasi
20. Cara penanganan yang dilakukan dalam tahap awal proses terjadinya konflik menurut Peg Pickering adalah ....
a. negosiasi
b. menghindar
c. berunding
d. arbitrasi
e. mediasi
11 D 18 C
12 E 19 A
13 C 20 B
a. Masalah adalah konflik
b. Konflik itu bukan masalah
c. Masalah selalu berujung pada konflik
d. Konflik adalah masalah
e. Semua jawaban benar
12. Situasi dimana 2 orang atau lebih menginginkan satu sasaran yang menurut mereka bisa dicapai dan diwujudkan oleh salah satu dari mereka dan tidak mungkin keduanya mewujudkan bersama-sama adalah pengertian dari . . . .
a. egoisme
b. persaingan
c. kompetisi
d. dominasi
e. konflik
13. Berikut ini adalah masalah-masalah yang dapat memicu terjadinya konflik :
1) Kompensasi dan imbalan kerja
2) Keselamatan dan kesehatan kerja
3) Lemahnya motivasi pegawai
4) Rendahnya produktivitas pegawai
Masalah-masalah tersebut merupakan penyebab timbulnya konflik yang terjadi antara . . . .
a. seorang pegawai dengan pegawai lain
b. investor dengan wirausaha
c. pemberi kerja dengan pekerja
d. bawahan dengan atasan
e. pegawai perusahaan dengan pelanggan
14. Pengendalian melalui lembaga-lembaga tertentu yang memungkinkan tumbuhnya pola diskusi dan pengambilan keputusan-keputusan diantara pihak-pihak yang berlawanan mengenai persoalan-persoalan yang mereka pertentangkan adalah pengertian dari . . . .
a. konsiliasi
b. kompromi
c. mediasi
d. arbitasi
e. negosiasi
15. Jika satuan kerja di dalam organisasi terlalu lambat, maka pemimpin organisasi perlu merangsang timbulnya persaingan dan konflik yang ditimbulkan mempunyai dampak terhadap peningkatan kerja anggota organisasi. penjabaran tersebut merupakan salah satu metode pengelolaan konflik yang disebut dengan . . . .
a. penyelesaian konflik
b. pengurangan konflik
c. stimulasi konflik
d. pemecahan konflik
e. hindari sumber konflik
16. Berikut ini contoh konflik disfungsional adalah . . . .
a. penggantian manajer yg lebih cakap
b. kerjasama antar manajer dapat rusak
c. bersemangat dan punya gagasan baru
d. lebih mempersatukan para anggota organisasi
e. manajer mungkin menemukan cara perbaikan prestasi organisasi
17. Metode penyelesaian konflik ini sangat tidak dianjurkan untuk digunakan karena tidak menuntaskan masalah dan seringkali menimbulkan konflik berkepanjangan adalah . . . .
a. Konsensus
b. Superordinate goals
c. Win - lose strategy
d. Lose-lose strategy
e. Win-win strategy
18. Berikut ini cara mengubah konflik yang bersifat negatif adalah . . . .
a. menciptakan persaingan ketat
b. menerangkan bila masing-masing tujuan itu bersifat negatif
c. melakukan negosiasi
d. membiarkan konflik terjadi
e. mengubah tujuan yang berbeda untuk kepentingan masing-masing
19. Berikut ini yang merupakan salah satu cara dari metode stimulasi konflik adalah . . . .
a. reorganisasi
b. arbitrasi
c. forcing
d. separation
e. konfrontasi
20. Cara penanganan yang dilakukan dalam tahap awal proses terjadinya konflik menurut Peg Pickering adalah ....
a. negosiasi
b. menghindar
c. berunding
d. arbitrasi
e. mediasi
11 D 18 C
12 E 19 A
13 C 20 B