Al Qur’an surat An Nisa ayat 233 :
وعلى المولودله رزقهن وكسوتهن بالمعروف
Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang ma’ruf.
Al Qur’an surat Ath Thalaq ayat 7 :
لينفق ذو سعة من سعته ومن قدر عليه رزقه فلينفق مما أتاه الله لا يكلف الله نفسا إلا ما أتاها سيجعل الله بعد عسر يسرا
Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rizkinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekedar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.
Kitab Syarqowi alat tahrir juz II halaman 308 :
وتسقط النفقة بمضى الزمان إلا نفقة الزوجة بل تصير دينا في ذمته
Semua nafkah menjadi gugur sebab kedaluwarsa, kecuali nafkah isteri, bahkan menjadi hutang yang harus ditanggung suami.
Kitab Al Muhadzdzab juz II halaman 178 :
إذا وجدت التمكين الموجب للنفقة ولم ينفق حتى مضت مدة زمان صارت
النفقة دينا في ذمته ولا تسقط بمضى الزمان
Tatkala telah ada tamkin (penyerahan) dari seorang isteri terhadap suaminya yang mewajibkan nafakah, dan sisuami tidak membayar nafkah itu sampai lewat batas waktunya, nafkah itu menjadi hutang yang harus ditanggung suami dan tidak gugur dengan lewatnya waktu.
Kitab Subul al Salam Juz III halaman 221
عن حكيم بن معاوية القشيري عن أبيه قال قلت : يا رسول الله ما حقّ زوجة أحدنا عليه ؟ قال : أن تطعمها إذا أطعمت وتكسوها إذا كسيت (رواه أحمد)
Dari Hakim Ibnh Mu’awiyah al Qusyairi dari ayahnya, ia berkata : “Ya Rasul Allah, kewajiban apakah yang dibebankan kepada kami terhadap isteri ?” Beliau bersabda : “hendaklah engkau memberinya makan apabila engkau makan, dan memberinya pakaian apabila engkau berpakaian”.
Kitab Al Bajuri Juz II halaman 189 :
ونفقة الزوجة الممكنة من نفسها واجبة على الزوج …… وهي مقدرة
Nafkah isteri yang tamkin menjadi kewajiban atas suami menurut kadar kemampuannya.
Kitab I’anatut thalibin juz IV halaman 84 :
وتجب المؤن من حين التسليم
Nafkah itu wajib atas suami sejak isteri menyerahkan dirinya.
Kitab Al Anwar juz II halaman 226 :
فإن النفقة لا تجب بالعقد بل بالتمكين
Nafkah itu tidak wajib karena aqad, tetapi adalah karena tamkin/penyerahan.
Kitab Mizanul Kubra juz II halaman 139 :
إنها لا تسقط لخروجها عن النشوز بإذنه لها
Sesungguhnya kewajiban memberi nafkah itu tidak gugur karena keluarnya isteri dengan seizin suami.
Kitab Al Iqna’ juz II halaman 77 :
إن ما كان تمليك كالنفقة والكسوة والأواني رعي فيه حال الزوج
Sesungguhnya sesuatu yang menjadi milik isteri, seperti nafkah kiswah dan bejana (barang-barang pecah belah) disesuaikan dengan kemampuan suami.
Kitab Bughyatul mustarsyidin halaman 228 :
ولهن عليكم رزقهن وكسوتهن بالمعروف
Dan bagi mereka mempunyai hak nafkah dan pakaian dengan jalan yang baik.
Kitab Al Muhadzdzab juz II halaman 175 :
وإذا اختلف الزوجان في قبض النفقة فادعى الزوج أنها فبضت وانكرت الزوجة فالقول قولها مع يمينها
Jika suami isteri berselisih tentang penerimaan nafkah, suami mendakwa bahwa nafkah telah diterima oleh isteri, sedang si isteri mengingkarinya, maka yang benar adalah perkataan isteri, disertai sumpahnya. (Ini kalau tidak ada saksi-saksi).
Kitab I’anatut thalibin juz IV halaman 61 :
وتصدق هي فيما لواتفقا على التمكين وادعى هونشوزها بعده أو ادعى هو الإنفاق عليها وادعت عدمه
Isteri dibenarkan belum (diberi nafkah) jika mereka berdua sepakat sudah tamkin, dan suami menuduh isteri nusyuz (sedang isteri dengan sumpah menolak tuduhan nusyuz itu).
Maksudnya : Jika isteri berkata sudah tamkin, dan suami mendakwa belum tamkin dan nusyuz pula, maka tidak wajib nafkah, karena laki-laki dibenarkan katanya belum tamkin.
Kitab I’anatut thalibin juz IV halaman 85 :
فالنفقة أو الكسوة لجميع ما مضى من تلك المدة دين لها عليه لأنها استحق ذلك فى ذمته
Nafkah dan pakaian yang telah lewat dari batas waktunya menjadi hutang suami kepada isterinya yang harus ditanggung/dilunasi.
Kitab I’anatut thalibin juz IV halaman 81 :
ولو امتنعت من النقلة معه لم تجب النفقة
Apabila isteri menolak untuk pindah tempat bersama suami, maka tidak wajib atas suami untuk memberi nafkah.
وعلى المولودله رزقهن وكسوتهن بالمعروف
Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang ma’ruf.
Al Qur’an surat Ath Thalaq ayat 7 :
لينفق ذو سعة من سعته ومن قدر عليه رزقه فلينفق مما أتاه الله لا يكلف الله نفسا إلا ما أتاها سيجعل الله بعد عسر يسرا
Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rizkinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekedar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.
Kitab Syarqowi alat tahrir juz II halaman 308 :
وتسقط النفقة بمضى الزمان إلا نفقة الزوجة بل تصير دينا في ذمته
Semua nafkah menjadi gugur sebab kedaluwarsa, kecuali nafkah isteri, bahkan menjadi hutang yang harus ditanggung suami.
Kitab Al Muhadzdzab juz II halaman 178 :
إذا وجدت التمكين الموجب للنفقة ولم ينفق حتى مضت مدة زمان صارت
النفقة دينا في ذمته ولا تسقط بمضى الزمان
Tatkala telah ada tamkin (penyerahan) dari seorang isteri terhadap suaminya yang mewajibkan nafakah, dan sisuami tidak membayar nafkah itu sampai lewat batas waktunya, nafkah itu menjadi hutang yang harus ditanggung suami dan tidak gugur dengan lewatnya waktu.
Kitab Subul al Salam Juz III halaman 221
عن حكيم بن معاوية القشيري عن أبيه قال قلت : يا رسول الله ما حقّ زوجة أحدنا عليه ؟ قال : أن تطعمها إذا أطعمت وتكسوها إذا كسيت (رواه أحمد)
Dari Hakim Ibnh Mu’awiyah al Qusyairi dari ayahnya, ia berkata : “Ya Rasul Allah, kewajiban apakah yang dibebankan kepada kami terhadap isteri ?” Beliau bersabda : “hendaklah engkau memberinya makan apabila engkau makan, dan memberinya pakaian apabila engkau berpakaian”.
Kitab Al Bajuri Juz II halaman 189 :
ونفقة الزوجة الممكنة من نفسها واجبة على الزوج …… وهي مقدرة
Nafkah isteri yang tamkin menjadi kewajiban atas suami menurut kadar kemampuannya.
Kitab I’anatut thalibin juz IV halaman 84 :
وتجب المؤن من حين التسليم
Nafkah itu wajib atas suami sejak isteri menyerahkan dirinya.
Kitab Al Anwar juz II halaman 226 :
فإن النفقة لا تجب بالعقد بل بالتمكين
Nafkah itu tidak wajib karena aqad, tetapi adalah karena tamkin/penyerahan.
Kitab Mizanul Kubra juz II halaman 139 :
إنها لا تسقط لخروجها عن النشوز بإذنه لها
Sesungguhnya kewajiban memberi nafkah itu tidak gugur karena keluarnya isteri dengan seizin suami.
Kitab Al Iqna’ juz II halaman 77 :
إن ما كان تمليك كالنفقة والكسوة والأواني رعي فيه حال الزوج
Sesungguhnya sesuatu yang menjadi milik isteri, seperti nafkah kiswah dan bejana (barang-barang pecah belah) disesuaikan dengan kemampuan suami.
Kitab Bughyatul mustarsyidin halaman 228 :
ولهن عليكم رزقهن وكسوتهن بالمعروف
Dan bagi mereka mempunyai hak nafkah dan pakaian dengan jalan yang baik.
Kitab Al Muhadzdzab juz II halaman 175 :
وإذا اختلف الزوجان في قبض النفقة فادعى الزوج أنها فبضت وانكرت الزوجة فالقول قولها مع يمينها
Jika suami isteri berselisih tentang penerimaan nafkah, suami mendakwa bahwa nafkah telah diterima oleh isteri, sedang si isteri mengingkarinya, maka yang benar adalah perkataan isteri, disertai sumpahnya. (Ini kalau tidak ada saksi-saksi).
Kitab I’anatut thalibin juz IV halaman 61 :
وتصدق هي فيما لواتفقا على التمكين وادعى هونشوزها بعده أو ادعى هو الإنفاق عليها وادعت عدمه
Isteri dibenarkan belum (diberi nafkah) jika mereka berdua sepakat sudah tamkin, dan suami menuduh isteri nusyuz (sedang isteri dengan sumpah menolak tuduhan nusyuz itu).
Maksudnya : Jika isteri berkata sudah tamkin, dan suami mendakwa belum tamkin dan nusyuz pula, maka tidak wajib nafkah, karena laki-laki dibenarkan katanya belum tamkin.
Kitab I’anatut thalibin juz IV halaman 85 :
فالنفقة أو الكسوة لجميع ما مضى من تلك المدة دين لها عليه لأنها استحق ذلك فى ذمته
Nafkah dan pakaian yang telah lewat dari batas waktunya menjadi hutang suami kepada isterinya yang harus ditanggung/dilunasi.
Kitab I’anatut thalibin juz IV halaman 81 :
ولو امتنعت من النقلة معه لم تجب النفقة
Apabila isteri menolak untuk pindah tempat bersama suami, maka tidak wajib atas suami untuk memberi nafkah.