A.
PILIHLAH
JAWABAN YANG DIANGGAP PALING BENAR.
1.
Menurut Sir
Thomas Arnold bahwa Islam masuk di Indonesia adalah…………..
a.
Abad pertama Hijriyah d. Abad ke tujuh Hijriyah
b.
Abad ke tiga Hijriyah e. Abad ke lima Hijriyah
c.
Abad ke 13 Hijriyah
2.
Hadits ini بَــلِّـغُــوُا عَـنِّـىْ
وَلَــوْ أيَــتاٍ sebagai bukti walau pedagangpun selalu……….
a.
Jujur d. Taat kepada Allah
b.
Menyampaikan ayat Allah e.
Meniru Rosulullah
c.
Berdakwah walauppun salah
3.
Didaratan Indonesia yang pertama dimasuki Islam
adalah……………….
a. Samudra
Persia d. Samudra pasai
b. Pulau Jawa e. Pulau Kalimantan
c. Gresik
4. Pada
Awal Islam masuk ketanah Jawa ditemukan makam seorang wanita Islam bernama….
a. Hasanah binti Maimun d.
Hudzaifah binti Hajron
b. Fathiman binti Maimun e. Fathimah binti Muhammad
c. Hafshoh binti Hamzah
4. Para
Wali Songo mudah dalam menyebarkan agama
Islam karena memakai prinsip.Musawwa maksudnya adalah……..
a. Bebas penghambaan terhadap makhluk d.
Manusia mempunyai kedudukan yang sama
b. Berdakwah secara bertahap e. Mempersempit perbedaan
c. Menyedikitkan beban
5. Sedangkan
berdakwa berprinsip Qillatut Taklif berarti yang dilakukan adaalah………
a. Bebas
penghambaan terhadap makhluk d. Manusia mempunyai kedudukan yang sama
b. Berdakwah secara bertahap e. Mempersempit perbedaan
c. Menyedikitkan beban
6. Bila
berdakwa secara Tadrij berarti dalam berdakwa harus …………….
a. Bebas
penghambaan terhadap makhluk d. Manusia mempunyai kedudukan yang sama
b. Berdakwah secara bertahap e. Mempersempit perbedaan
c. Menyedikitkan beban
7. Kalau
ada budaya daerah yang bertentang dengan syari’at Islam, maka sikap dalam
berdakwa…
a. Dibiarkan dan diwarnai syari’at islam d.
Tidak ada ajarannya Islam bid’ah dan ditolak
b.
Ditolak dengan dasar yang kuat e. Lakum diinukum waliyadiin
c. Lanaa a’maaluna walakum
8. Kalau
ada budaya daerah yang bertentangan syari’at islam maka sikap dalam
berdakwa………….
a. Dibiarkan
dan diwarnai syari’at islam d. Tidak ada ajarannya Islam bid’ah dan ditolak
b.
Ditolak dengan dasar yang kuat e. Lakum
diinukum waliyadiin
c. Lanaa a’maaluna walakum
9. Kitab
fikih adalah mendalami ajaran islam bidang ………………
a. Hubungan dengan Allah d.
Hubungan dengan sesama manusia
b. Cara beribadah yang baik e. Akhlak
c. Cara menafsirkan Al qur an dan al Hadits.
10. Dibawah
ini yang tidak menjadi acuan dasar dalam
mengambil keputusan adalam………….
a. As sunnah d. Al Qiyas
b. Al Hadits e. Al Fur qon
c. At Tasawwuf.
11. Yang
tidak ada terkait dengan saluran
Islamisasi di Indoseian adalah ………………..
a. Perdagangan d. Budaya
b. Pendidikan e. Politik danPemerintahan
c. Peperangan
12. Pada
awal masuknya Islam di Indoanesia adalah…………….
a. Bermadzhab Syafi’I d. Bewrmadzhab Hambali
b. Bermadzhab Maliki e. Tampa bermadzhab
c. Bermadzhab
Hanafi
13. Pernyataan
dibawah ini yang benar adalah……………….
a. Islam masuk di Indonesia dari Gujarat abad ke 7
M
b. Islam masuk di Indoneisa dari Gujarat pada
abad pertama Hjriyah
c.
Islam masuk di Indonesia dari Arab abad
ke 7 Hijriyah
d.
Islam masuk di Indonesia dari Arab abad
pertama Hijriyah
e. Islam masuk di Indonesia dari Cina abad ke 7 H
14. Kitab
tasawwuf yang terkenal dan dikarang oleh Imam Ghozali adalah………….
a. Ihya ‘uluumuddin d. Al Bidayah
b. An Nihayah e. Minhajut Tholibiin
c. Ad Dibaa’i
15. Inti
dari pelajaran kitab Tasawwuf adalah tentang……………….
a. Penyucian diri d. Cara mendekatkan diri kepada Allah
b. Tata cara bersuci e. Tata cara berhubungan dengan sesame
c. a + d
= benar
16. Tempat
pendidikan tertian di Indonesia adalah………………
a. Pondok pesantren d. Madrasah Aliyah
b. Madrasah e. Sekolah Menengah
c. Pengajian sorogan
17. Dakwah
Islam di Jawa secara intensif sekitar abad XIV Hijriyah yang dimotori oleh…….
a. KH.
Hasyim ‘Asy ari d. Syekh Maulana Ishak
b. Hamzah Fansyuri e. Wali songo
c. Muhammad bin Abdul Wahhab
18. Pengertian
tafaqquh fiddin adlah…….
a. Mendalami ilmu agama d. Ilmu agama Islam
b.
Faham terhadap ilmu agama e. Mengamalkan ilmu agama
c.
Bertentangan dengan ilmu agama islam
19. Dalam
mengamalkan syaria’at Islam boleh mengambil acuan dari ksepekatan sahabat Nabi
yang biasa disebut dengan ………
a. Al Qiyas d. Al Qoyyis
b. Al Ijma’ e. Kebiasan-kebiasan Rosul
c. Prilaku-prilaku Tabi’in
20. Menyamakan
sesuatu yang belum ada dalilnya dalam Nash dngan sesatu yang ada dalilnya
karena ada kesamaan sifat. Halini biasa disebut ………………………
a. Al Qiyas d. Al Qoyyis
b. Al Ijma’ e. Kebiasan-kebiasan Rosul
c. Prilaku-prilaku Tabi’in
B. JAWABLAH PERTANYAAN DENGAN SINGKAT DAN BENAR
1.
Benarkah Muballigh Islam yang pertama di Indonesia
berasal dari Gijarat( India )?
Jelaskan alasannya ?
2.
Apa yang anda ketahui tengtang faham Ahlus Sunnah wal
jama’ah ?
3.
Mengapa Warga Ahlus sunnah wal jama’ah menyandarkan
diri ke 4 madzhab ?
4.
Bagaimana prinsip dasar dalam bersikap para Muballigh
terhadap budaya-budaya lama ( Hindu ) agar bisa masuk Islam ?
5.
Sebutkan ( 3 ) pelajaran yang wajib diajarkan kepada
santri ?
6.
Buktikan bahwa Faham Islam yang datang ke Indonesia
adalah bermadzhab Syafi’i ?
7.
Dalam bermusyawarah warga Nahdhiyyin Berprinsip
Tawassuth! Apa maksudnya ?
8.
Warga Nahdhiyyin dalam bermadzab………….
Bidang Aqidah Bermadzhab a.
…………………………………...…………..
b.
…………………..…………………………..
Bidang Tasawwuf Bermadzhaz a. ………………….……………………………
b.
………………………………………………
9.
Warga Nahdhiyyin dalam bermadzba ………….
Bidang FiqihBermadzhab
a. …………………………………..…………..
b.
………………………………….……….…..
c.
………………………………………………
d.
………………………………………………
10. Zaman
Rosulullah apakah ada faham Ahlus Sunnah wal Jama’ah ? Jelaskan ?