soal arsip mapel dasar perhotelan smk


13.  Ruang lingkup sanitasi  hygiene dan keselamatan kerja adalah .....
A.    Menjamin lingkungan serta tempat kerja yang baik ,bersih dan Aman
B.     Mengendalikan terjadinya bahaya atau komplikasi
C.     Memahami jenis-jenis bahaya yang ada di tempat kerja
D.    Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja
E.     Melakukan pekerjaan sesuai aturan kesehatan
14.  Alat pelindung diri saat bekerja adalah sebagai berikut kecuali
A.    Gogless/ Safety goggles/Kacamata debu/pelindung mata
            B.    Pelindung pernapasan/Masker
C.        Sarung tangan/Hand Glove
D.         Pakaian pelindung/jas,celemek/Coat
E.          Sikat jamban /toilet bowl brush
28.  Salah satu syarat petugas dalam memberikan layanan kepada tamu adalah good communication yang berarti petugas harus ...
A.    Menguasai bahasa lain dari satu bahasa
B.     Pintar memberi solusi atau menciptakan inovasi
C.     Bekerja dengan detail dan teliti
D.    Menjalin hubungan dengan rekan kerja
E.     Sanggup berkomunikasi dengan baik
29.  Faktor – faktor yang menyebabkan komunikasi dapat terhambat, kecuali ...
A.    Kecakapan yang kurang baik
B.     Sikap kurang tepat
C.     Kesalahan bahasa
D.    Jarak komunikator dan penerima
E.     Teknologi komunikasi sudah brkembang pesat
30.  Pendengar tidak diberi kesempatan untuk menanyakan atau menyampaikan saran – saran, sehingga apa yang ia terima tidak jelas. Hal ini alan menimbulkan penafsiran yang tidak tepat. Penjelasan di atas merupakan pengertian hambatan komunikasi ....
A.    Komunikasi yang berlebihan
B.     Komunikasi satu arah
C.     Jarak komunikator dan penerima
D.    Kurang memahami sistem sosial
E.     Kecakapan yang kurang baik
31.  Kurang cakap berbicara, kurang cakap mendengarkan merupakan hambatan atau rintangan dalam komunikasi. Umumnya kegiatan–kegiatan tersebut telah dapat kita laksanakan, tetapi belum dapat melakukannya dengan baik dan efektif. Untuk mengatasi hal ini tidak ada jalan lain kecuali belajar dan berlatih. Penjelasan diatas merupakan pengertian hambatan komunikasi ...
A.    Komunikasi yang berlebihan
B.     Komunikasi satu arah
C.     Jarak komunikator dan penerima
D.    Kurang memahami sistem sosial
E.     Kurang cakapnya dalam proses komunikasi
32.  Penjualan kamar, makanan, minuman, kolam renang dll merupakan produk yang ditawarkan hotel yang dapat dikategorikan kedalam produk ..
A.     Intangible product
B.     Perishable product
C.     Non perishable product
D.    Tangible product
E.     Main goods
33.  Dalam teknik menjual petugas perlu melakukan pendekatan kepada tamu dengan cara ...
A.    Menawarkan produk terlaris
B.     Memberi salam disertai senyum
C.     Menciptakan hubungan yang menyenangkan
D.    Menjual produk unggulan
E.     Memberikan beberapa pilihan
34.  Cara mengatatasi pelanggan yang mengeluh dan bersifat agresif adalah ...
A.    Melakukan debat dengan pelanggan
B.     Meninggalkan pelanggan begitu saja
C.     Usahakan agar pelanggan lebih tenang dengan menawarkan tempat yang nyaman untuk bicara
D.    Jenuh dengan ocehan / komplain tamu
E.     Akui kekurangan dan ucapkan terima kasih atas sarannya
35.  Menjual dengan metoda kuantitatif sekali terjadi pada situasi jumlah penyediaan (supply) melebihi jauh di atas jumlah kebutuhan (demand). Periode seperti ini disebut dengan valley season. Penjualan mengandalkan volume pembelian sehingga harga jual bisa diatur lebih fleksibel, misalnya pada city hotel pada saat periode menjelang dan sesudah lebaran, grup untuk acara pertemuan.
A.     Selling by quantity
B.     Selling by quality
C.     Selling by quality n quantity
D.    Inconsistency
E.     Perisabelity
36.  Personal sales adalah ..
A.    Mengumpulkan data sebanyak mungkin dengan waktu sesingkat mungkin
B.     Alat yang paling efektif dalam menjual properti hotel dan pelayananya
C.     Membuat janji temu
D.    Kunjungan yang bertujuan untuk mempresentasikan produk properti dan menutup penjualan  sesegera mungkin.
E.     Bertujuan memberikan perhatian khusus kepada klien.
37.  Konflik yang dikelolah dengan baik dapat menghasilkan dan mendatangkan manfaat, diantaranya adalah ...
A.    Mengetahui kepribadian seseorang
B.     Mengetahui mana yang salah dan benar
C.     Mengetahui mana yang berkepribadian baik
D.    Mondorong seseorang untuk bersaing
E.     Menyesuaikan diri dengan kenyataan
38.  Konflik yang tidak dikelolah dengan baik berakibat ...
A.    Motivasi meningkat
B.     Iikatan kelompok lebih erat
C.     Mendorong pertumbuhan
D.    Membantu untuk mencapai tujuan
E.     Kepercayaan merosot
39.  Konflik yang terjadi sudah mengarah kepada pertentangan, sulit bagi keduannya untuk bekerja sama, penjelasan di atas merupakan pengertian dari ...
A.    Menghambat kerja sama
B.     Subyektif dan emosional
C.     Apriori
D.    Saling menjatuhkan
E.     Frustasi
40.  Apabila kebencian sudah memuncak dapat mendorong seseorang untuk melakukan tindakan yang kurang terpuji untuk menjatuhkan lawannya, penjelasan di atas merupakan pengertian dari ...
A.    Menghambat kerja sama
B.     Subyektif dan emosional
C.     Apriori
D.    Saling menjatuhkan
E.     Frustasi


II.  Jawablah dengan benar dan singkat

1.    Jelaskan 4 karakteristik industri perhotelan !
2.    Jelaskan pencegahan terjadinya kebakaran dalam penggunaan peralatan ?
3.    Sebutkan dan jelaskan 5 fungsi  dari jenis alat pelindung kerja ?
4.        Sebutkan 5 aspek ruang lingkup kegiatan sanitasi di hotel!
5.        Apakah  tujuan dari pemberian seragam yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) pada bidang pariwisata



-          Selamat Mengerjakan     -