KI KD Informatika kelas 8

 

Kelas VIII

 

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

 

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

 

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

 

Kompetensi Dasar

Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)

3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar

Jaringan Komputer/Internet

3.1.1   Mengenal Internet dan jaringan lokal, serta komunikasi data via HP (teknologi komunikasi).

3.1.2   Mengenal konektifitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, broadband).

3.1.3   Mengenal enkripsi sebagai salah satu cara untuk memproteksi data, merahasiakan, dan membatasi akses terhadap yang tak berhak.

4.1 Melakukan koneksi perangkat ke jaringan lokal maupun internet.


Algoritma dan Pemrograman

3.2 Memahami bahwa bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer melalui algoritma, dan bahwa algoritma dirancang untuk mengeneralisasi solusi berbagai situasi.

4.2.1   Membuat robot yang mampu menggambar atau menulis dengan program sederhana.

4.2.2   Mendefinisikan variabel, menyimpan data dan mengubahnya.

4.2.3   Memakai instruksi kondisional

Dampak Sosial Informatika

3.3.1   Mengenal lebih dalam perkembangan komputer dan teknologi yang mengubah kehidupan sehari-hari.

3.3.2   Mengenal media sosial dan dampaknya.

4.3 Memakai media sosial dengan baik dan berguna, dengan memperhatikan privasi dan hak orang lain.

Berpikir Komputasional (Tematis)

3.4 Computational Thinking untuk persoalan komputasi yang lebih kompleks dari sebelumnya

4.4 Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik.

Praktik Lintas Bidang (Tematis)

3.5 (*)

4.5.1   Menumbuhkan budaya informatika dan TIK lewat berpikir komputasional (Fostering computing culture).

4.5.2   Kolaborasi lewat tematik.

 

4.5.3   Recognizing and defining computational problems (mengenali dan mendefinisikan problema- problema yang dapat diselesaikan dengan model komputasi.

4.5.4   Developing and using

abstractions (mengembangkan dan menggunakan abstraksi

4.5.5   Creating computational artefacts: Mengembangkan atau

bahkan jika mampu menciptakan artefak/produk TIK atau model komputasi misalnya program komputer.

4.5.6   Testing and refining computational artefacts : menguji dan memperbaiki/menyempurnakan


 

artefak/produk TIK atau model komputasi.

4.5.7  Communicating about computing Mengkomunikasikan tentang informatika lewat pengungkapan secara lisan pengalaman berpikir

komputasional dan penggunaan TIK.

 

 

Keterangan:

(*) tidak ada Kompetensi Dasar