Kelas
VIII
Tujuan
kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2)
sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut
dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau
ekstrakurikuler.
Rumusan
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar |
Kompetensi Inti 4
(Keterampilan) |
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata. |
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
Kompetensi Dasar |
Kompetensi Dasar |
Jaringan Komputer/Internet |
|
3.1.1 Mengenal Internet dan jaringan lokal, serta
komunikasi data via HP (teknologi komunikasi). 3.1.2 Mengenal konektifitas internet melalui jaringan
kabel dan nirkabel (bluetooth,
wifi, broadband). 3.1.3 Mengenal enkripsi sebagai salah satu cara untuk
memproteksi data, merahasiakan, dan membatasi akses terhadap yang tak berhak. |
4.1 Melakukan koneksi perangkat ke jaringan
lokal maupun internet. |
Algoritma dan
Pemrograman |
|
3.2 Memahami bahwa bagaimana manusia
berinteraksi dengan komputer melalui algoritma, dan bahwa algoritma dirancang
untuk mengeneralisasi solusi berbagai situasi. |
4.2.1 Membuat robot yang mampu menggambar atau menulis
dengan program sederhana. 4.2.2 Mendefinisikan variabel, menyimpan data dan
mengubahnya. 4.2.3 Memakai instruksi kondisional |
Dampak Sosial
Informatika |
|
3.3.1 Mengenal lebih dalam perkembangan komputer dan
teknologi yang mengubah kehidupan sehari-hari. 3.3.2 Mengenal media sosial dan dampaknya. |
4.3 Memakai media sosial dengan baik dan berguna, dengan
memperhatikan privasi dan hak orang lain. |
Berpikir
Komputasional (Tematis) |
|
3.4 Computational
Thinking untuk persoalan komputasi yang lebih kompleks dari sebelumnya |
4.4 Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi yang
mengandung jejaring, pola, dan algoritmik. |
Praktik
Lintas Bidang (Tematis) |
|
3.5 (*) |
4.5.1 Menumbuhkan budaya informatika dan TIK lewat
berpikir komputasional (Fostering computing culture). 4.5.2 Kolaborasi lewat tematik. 4.5.3 Recognizing
and defining computational problems (mengenali dan
mendefinisikan problema- problema yang dapat diselesaikan dengan model komputasi. 4.5.4
Developing and using abstractions (mengembangkan dan menggunakan abstraksi 4.5.5 Creating
computational artefacts: Mengembangkan atau bahkan jika mampu menciptakan artefak/produk TIK atau model komputasi
misalnya program komputer. 4.5.6
Testing and refining
computational artefacts : menguji dan
memperbaiki/menyempurnakan |
|
artefak/produk TIK atau model komputasi. 4.5.7 Communicating about computing Mengkomunikasikan
tentang informatika lewat pengungkapan secara lisan pengalaman berpikir komputasional dan penggunaan TIK. |
Keterangan:
(*) tidak ada Kompetensi Dasar