PERUBAHAN KUR-13 SMK MENJADI KURIKULUM 13 SMK (PERBAIKAN 2017) Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

PERUBAHAN KUR-13 SMK MENJADI KURIKULUM 13 SMK (PERBAIKAN 2017)

Mata Pelajaran    : Bahasa Inggris
Aspek
Kurikulum 2013
Kurikulum 2013 (Perbaikan 2017)
Alasan
Jml Jam/Mg/Smt
Total Jam
Jml Jam/Mg/Smt
Total jam
A.     Waktu





1.    Jumlah Jam
2JP/Mg x 6 Smt
212
Program 3 tahun
3JP/Mg x 4 Smt
4JP/Mg x 2 Smt

Program 4 tahun
3JP/Mg x 4 Smt
4JP/Mg x 4 Smt
352

488
Mengalami perubahan
terutama adanya tambahan bahasa asing lainnya pada kelas XII (3 tahun) dan XIII (4 tahun)
Mata pelajaran bahasa Inggris sangat mendukung pengembangan penguasaan kompetensi kejuruan yang berwawasan global
2.    Durasi (berapa semester di semester berapa)
6 Smt (1,2,3,4,5,6)
Program 3 tahun
4 semester (1, 2, 3, 4)
2 semester (5, 6)

Program 4 tahun
4 semester (1, 2, 3, 4)
4 semester (5, 6, 7, 8)
Mengalami perubahan
adanya tambahan KD untuk kelas XIII (4 tahun)  untuk mengakomodir kebutuhan SMK dengan program 4 tahun dan kebutuhan siswa menghadapi dunia kerja dan era MEA
B.   KompetensiDasar (KD)



1.    Jumlah KD
KD 3
Kelas X  = 11
Kelas XI = 12
Kelas XII= 12

Total      = 35
KD 4
Kelas X   = 16
Kelas XI  = 16
Kelas XII = 16

Total       = 48
KD 3 = 39
KD 4 = 39
Mengalami perubahan
KD3 dan KD4 memiliki jumlah yang sama dan tidak dibedakan per level (i.e. kelas x, xi, xii, xiii)
2.    Materi KD
3.1  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.1   Menangkap makna pemaparan jati diri lisan dan tulis.
4.2   Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

3.1   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.(Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)
4.1 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks penggunaannya di dunia kerja.
-      KD3 dan KD4 harus sepasang (apple to apple)
-      Redaksional ditambahkan untuk memperjelas bentuk teks dan fungsinya agar lebih mudah dipahami oleh guru
-      Untuk mengakomodir kebutuhan bahasa inggris siswa SMK di dunia kerja nanti, ditambahkan redaksi “sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.”
3.2   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memuji bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.3   Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

3.2   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan      memberikan ucapan selamat bersayap (extended), dan responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2  Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan  memberikan ucapan selamat bersayap (extended), dan responnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
-      KD 3.2 dihilangkan dan KD 3.5 naik menjadi KD 3.2 dengan sedikit perubahan redaksional karena KD 3.2  tersebut sudah ada di kelas VIII dan tidak diperlukan pendalaman materi lagi untuk KD ini pada kelas X
-      KD 3.5 sudah ada di kelas IX dalam bentuk yang masih sangat sederhana (e.g. Happy Birthday) dan lebih mendalam lagi di kelas X

3.3     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.4.  Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

3.3   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan      memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be going to, would like to)

4.3  Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
-      KD 3.3 dihilangkan karena KD ini sudah ada di kelas VIII dan tidak perlu pendalaman KD ini di kelas X
-      KD 3.4 di kelas X naik menjadi KD 3.3

3.4     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.5.       Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi pendek dan sederhana terkait orang, benda dan tempat sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4    Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait orang, benda dan tempat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
Mengalami perubahan
-      Berubah menjadi KD 3.3 karena ada satu KD yang dihilangkan
-      KD 3.7 (Descriptive text) naik menjadi KD 3.4 karena teks yang menggunakan present simple tense sebaiknya diajarkan sebelum past simple tense (KD 3.6)
3.5     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.6  Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.5   Menyusun teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), lisan dan tulis, pendek dan sederhana,
-      KD 3.5 di kelas X naik menjadi KD 3.2 sebagai pendalaman materi yang sudah diperoleh di kelas IX, sehingga ditempatkan lebih awal

3.6          
4.7    
3.6   
4.6    
SAMA

3.7     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.8Menangkap makna dalam teks deskriptif, lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.
4.9 Menyunting teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

3.7  Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait peristiwa/pengalaman di tempat kerja sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7   Menyusun teks recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait peristiwa/pengalaman di tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
-      KD 3.7 naik menjadi KD 3.4 karena teks yang menggunakan present simple tense sebaiknya diajarkan sebelum past simple tense (KD 3.6)
-      Recount text ada pada KD 3.7 karena untuk memahami recount text, siswa perlu memahami simple past tense terlebih dahulu (KD 3.6)
-      Ada perubahan redaksional karena KD 3.7 tidak sepasang

3.8  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.11  Menangkap makna pemberitahuan (announcement).
4.12  Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

3.8 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.8  Menyajikan teks naratif  pendek dan sederhana terkait legenda rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks
-      KD 3.8 naik menjadi KD 3.5 karena masih menggunakan present simple yang juga digunakan pada KD 3.4 (descriptive text)
-      Perubahan redaksional agar memenuhi syarat pasangan KD3-KD4

3.9     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount tentang pengalaman, kejadian, dan peristiwa, sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.13      Menangkap makna teks recount lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman, kegiatan, kejadian, dan peristiwa.
4.14      Menyusun teks recount lisan dan tulis, sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

3.9 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk memo, menu, jadwal dan tanda-tanda (signs) dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah atau tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
4.9  Menyusun teks khusus dalam bentuk memo, menu, jadwal dan tanda-tanda (signs) lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks.
-      KD 3.9 naik menjadi KD 3.7 dan ada perubahan redaksional karena KD 3.9 tidak berpasangan dengan KD 4.9
-      KD 3.9 (baru) ditambahkan untuk mengakomodir kebutuhan TOEIC dan materi berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan dunia kerja.

3.10  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.15  Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis berbentuk cerita pendek sederhana.

3.10      Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat  sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya.
4.10      Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan member dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
-      KD 3.10 naik menjadi KD 3.8 setelah siswa mempelajari simple past tense (KD 3.6)
-      KD 4.10 (Baru) ditambahkan untuk mengakomodir kebutuhan TOEIC dan materi berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan dunia kerja.
3.11  Menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu sederhana.
4.16 Menangkap makna lagu sederhana.
3.11      Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi tentang petunjuk arah (direction) sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
4.11      Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi tentang petunjuk arah (direction) dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks di dunia kerja.
-      KD 3.11 (makna lagu) dihilangkan karena interpretasi lagu tidak perlu ditetapkan sebagai KD khusus. Materi tersebut bisa disisipkan oleh guru pada materi apapun sebagai materi penyegaran dan pengayaan untuk siswa.
-      KD 3.11 (baru) ditambahkan untuk mengakomodir kebutuhan TOEIC dan materi berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan dunia kerja.


Tidak ada
Tidak ada
3.12      Menerapkan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple routine tasks) sesuai dengan konteks penggunaan di dunia kerja.
4.12  Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis, pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple routine tasks) dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks dunia kerja.
-      KD 3.12 (baru) ditambahkan untuk mengakomodir kebutuhan TOEIC dan materi berkaitan dengan dunia kerja.


Tidak ada
Tidak ada
3.13      Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan      memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should, can)
4.13  Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
-      Perubahan penomoran KD, KD 3.1 (lama) diperuntukkan untuk kelas XI, pada revisi 2017 nomor KD dilanjutkan tanpa label kelas.


3.1     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.1   Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.14      Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan      memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya.  (Perhatikan unsur kebahasaan I think, I suppose, in my opinion)
4.14  Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
KD 3.1 (lama) naik menjadi KD 3.13 untuk mengakomodir penambahan jam mata pelajaran Bahasa Inggris dari 2 jam/mg menjadi 3jam/mg

3.2     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.2 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.15 Menerapkan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pesan sederhana lewat telephone (taking simple phone message) sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
4.15    Menuliskan kembali teks pesan sederhana lewat telephone terkait tempat kerja dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks dunia kerja.
-      KD 3.2 (lama) naik menjadi KD 3.14 untuk mengakomodir penambahan jam mata pelajaran Bahasa Inggris dari 2 jam/mg menjadi 3jam/mg
-      KD 3.15 (baru) ditambahkan untuk mengakomodir kebutuhan TOEIC dan materi berkaitan dengan dunia kerja

3.3     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan harapan dan doa bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.3   Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan harapan dan doa bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.16   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk undangan resmi dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja sesuai dengan konteks penggunaannya
4.16    Menyusun teks khusus dalam bentuk undangan resmi lisan dan tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi unsur, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
-      KD 3.3 (lama) dihilangkan karena materi tersebut sudah tercakup pada KD 3.8 (lama) tentang kalimat pengandaian


3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks undangan resmi, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.4 Menangkap makna teks undangan resmi.
4.5 Menyunting undangan resmi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6 Menyusun teks tulis undangan resmi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.17   Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat pribadi dengan memberi dan menerima informasi terkait kegiatan  diri sendiri dan orang sekitarnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.17    Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
-      Perubahan penomoran KD 3.4 naik keatas menjadi KD 3.16


3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks surat pribadi, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7 Menangkap makna teks surat pribadi.
4.8 Menyusun teks surat pribadi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.18 Menganalisis struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya
3.18  Menyusun teks prosedur, lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

-      KD 3.5 berubah penomoran dan urutan menjadi KD 3.16 menyesuaikan penambahan atau pengurangan KD

3.6 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips), sesuai dengan konteks penggunaannya
3.9 Menangkap makna teks prosedur, lisan dan tulis, berbentuk manual dan kiat-kiat (tips).
3.10      Menyunting teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

3.19      Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan      memberi dan meminta informasi terkait keadaan /tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan passive voice)
4.19 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
KD 4.9-4.10 dirangkum menjadi KD 4.17 agar memenuhi syarat berpasangan KD3 dan KD 4 (apple to apple)

3.7     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11 Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.20      Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.20 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
KD 3.7 berubah penomoran menjadi KD 3.18
KD 3.8 berubah menjadi KD 4.19

3.8     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.12 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.21      Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks factual report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XI.
4.21 Menyusun teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI.

Berubah penomoran menjadi KD 3.19

3.9     Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks factual report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XI.
4.13  Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI.

3.22   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.22  Menyusun teks eksposisi analitis tulis, terkait isu aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
Berubah penomoran menjadi KD 3.20

3.10  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.14  Menangkap makna dalam teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum.

3.23      Membedakan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.23  Menyusun teks biografi tokoh lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks   
KD 3.10 berubah menjadi 3.21 dan naik ke atas

3.11  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.15  Menangkap makna teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal.

3.24      Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan      memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan because of ..., due to ..., thanks to ...)
4.24  Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan  sesuai konteks
-      KD 3.11 berubah penomoran menjadi 3.22 dan naik ke atas
-      Penambahan KD 3.23 untuk mengakomodir kebutuhan siswa dalam mengikuti test TOEIC dan dunia kerja.

3.12  Menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
4.16    Menangkap pesan dalam lagu.
3.25    Menerapkan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait penulisan laporan sederhana.
4.25  Menyusun teks interaksi transaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait penulisan laporan sederhana dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
-    KD 3.11 (makna lagu) dihilangkan karena interpretasi lagu tidak perlu ditetapkan sebagai KD khusus. Materi tersebut bisa disisipkan oleh guru pada materi apapun sebagai materi penyegaran dan pengayaan untuk siswa.
-    KD 3.24 ditambahkan karena materi ini diperlukan siswa untuk menulis laporan baik itu di sekolah maupun nanti di dunia kerja

Tidak ada
Tidak ada
3.26  Menerapkan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait penyajian laporan secara lisan (report presentation)
4.26  Menyusun teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait penyajian laporan dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
-    KD 3.25 ditambahkan karena materi ini diperlukan siswa untuk menyajikan laporan secara lisan cbaik itu di sekolah maupun nanti di dunia kerja


3.1     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1   Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan menawarkan jasa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.27
4.27
KD 3.1 pada kelas XII menjadi KD 3.27. Materi diurutkan sesuai dengan tingkat kesulitan dan keterkaitan dengan materi sebelumnya.

3.2     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2   Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan yang mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


KD ini dihilangkan karena materi ini kurang sesuai untuk kebutuhan SMK

3.3     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya, sesuaidengan konteks penggunaannya.
4.3   Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.



KD ini dihilangkan karena sudah terdapat di kelas IX

3.4     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari surat lamaran kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4   Menangkap makna surat lamaran kerja.
4.5   Menyunting surat lamaran kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6   Menyusun surat lamaran kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

3.28
4.28  Menyusun surat lamaran kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

-    KD 3.4 menjadi KD 3.28
-    KD 4.4-4.6 dirangkum menjadi satu KD yaitu 4.28 sehingga KD3 dan KD4 berpasangan

Tidak ada
Tidak ada
3.29 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dalam konteks pekerjaan (wawancara pekerjaan)
4.29   Menyusun teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dalam konteks pekerjaan (wawancara pekerjaan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks penggunaannya di dunia kerja.
-    KD 3.29 ditambahkan karena keterkaitan dengan KD sebelumnya
-    Mengakomodir kebutuhan bahasa inggris siswa SMK di dunia kerja

3.5     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks penyerta gambar (caption), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1   Menangkap makna teks penyerta gambar (caption).
4.2   Menyusun teks penyerta gambar (caption), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


-    KD ini dihilangkan karena sudah di sampaikan di kelas VII dan VIII

3.6     Menganalisis struktur teks, unsur kebahasaan, dan fungsi sosial dari teks factual report berbentuk teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XII.
4.3   Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa alam, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XII.
4.4   Menyusun teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XII, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


KD ini dihapus karena merupakan pengulangan materi yang sudah disampaikan di kelas XI

3.7     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.5   Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.30
4.30
KD 3.7 Kelas XII menjadi KD 3.30

3.8     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks yang menyatakan fakta dan pendapat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.6   Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan fakta dan pendapat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.



KD ini dihapuskan karena sudah tercakup pada KD 3.2 Kelas XI

3.9     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks news item berbentuk berita sederhana dari koran/radio/TV, sesuai dengan konteks penggunaannya..
4.7   Menangkap makna dalam teks berita sederhana dari koran/radio/TV.

3.31
4.31
KD 3.9 Kelas XII menjadi KD 3.31

3.10  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.8   Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian diikuti perintah/saran, dengan memperhatikan fungsisosial, struktu rteks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

3.32
3.32
KD 3.10 Kelas XII menjadi KD 3.32

3.11  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur berbentuk resep, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.9   Menangkap makna dalam teks prosedur lisan dan tulis berbentuk resep dan manual.



KD 3.11 Kelas XII dihapuskan karena sudah terdapat pada KD 3.6 Kelas XI

3.12  Menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu
4.16 Menangkap makna lagu.


KD ini dihilangkan karena KD ini bisa dimasukkan ke dalam KD lainnya sebagai materi pengayaan atau penyegaran untuk siswa


Tidak ada
Tidak ada
3.33 Menganalisis fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks khusus berbentuk dokumen teknis (technical manual) sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing.
4.33  Menyajikan teks khusus berbentuk dokumen teknis (technical manual) dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing.




3.34 Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait penyajian laporan secara lisan dan tulis yang sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing.
4.34  Menyusun teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait penyajian laporan secara lisan dan tulis sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.




3.35 Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait masalah-masalah yang dihadapi ditempat kerja (explanation of work problems) sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing.
4.35  2Menjelaskan masalah yang dihadapi di tempat kerja dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks.




3.36 Menganalisis fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks khusus berbentuk proposal yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing.
4.36  Menyusun teks khusus berbentuk proposal yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi sesuai dengan kompetensi kealhian masing-masing.




3.37 Memahami fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi dalam diskusi rapat di tempat kerja sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing.
4.37  Mendemonstrasikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi dalam diskusi rapat di tempat kerja sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing.