RPP KOMPETENSI DASAR : 3.7 Menerapkan pomosi dalam bisnis ritel






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)





Video Pembelajaran:

Discovery Learning

pada

Promosi dalam Bisnis Ritel





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KOMPETENSI KEAHLIAN
:
BISNIS DARING DAN PEMASARAN
MATA PELAJARAN
:
PENGELOLAAN BISNIS RITEL
SEMESTER
:
5 (GASAL)
KELAS
:
XII
KOMPETENSI DASAR
:
3.7 Menerapkan pomosi dalam bisnis ritel
4.7 Melakukan promosi dalam bisnis ritel
MATERI POKOK
:
Promosi dalam bisnis ritel
ALOKASI WAKTU
:
2 X 3 JP (@45MENIT)
PERTEMUAN KE
:
1

A.      Kompetensi Inti (KI)

KI.3
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI.4
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

B.      Kompetensi Dasar (KD)
3.7 Menerapkan prmosi dalam bisnis ritel
4.7 Membuat desain promosi dalam bisnis ritel

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.7.1   Menjelaskan konsep promosi dari 2 pendapat para ahli.
3.7.2   Menjabarkan 6 macam tujuan promosi
3.7.3   Menjabarkan 6 bentuk promosi
3.7.4   Menentukan 2 dari 6 bentuk strategi bauran promosi yang tepat untuk sebuah usaha  
4.7.1   Membuat konsep bauran promosi yang tepat untuk sebuah usaha   

D.      Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan kegiatan observasi, diskusi, dan tanya jawab, diharapkan peserta didik dapat:
1.       Menjelaskan konsep promosi dari 2 pendapat para ahli.
2.       Menjabarkan 6 macam tujuan promosi
3.       Menjabarkan 6 bentuk promosi
4.       Menentukan 2 dari 6 bentuk strategi bauran promosi yang tepat untuk sebuah usaha
5.       Membuat konsep bauran promosi yang tepat untuk sebuah usaha

E.       Materi Pembelajaran
1.       Konsep promosi dari berbgari pendapat para ahli.
2.       Tujuan prmosi
3.       Bentuk-bentuk promosi
4.       Strategi Bauran promosi
 (Materi pelajaran terlampir)

F.         Pendekatan, Model, dan Metode
1.       Pendekatan berfikir                      : Sientific
2.       Model Pembelajaran                    : Discovery learning
3.       Metode Pembelajaran                                 : Observasi, diskusi dan tanya jawab.

G.     Kegiatan Pembelajaran
1.       Pertemuan ke 1
Langkah-Langkah Pembelajaran
Waktu
1.       Pendahuluan
1.       Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
2.       Melakukan pengkondisian peserta didik
3.       Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4.       Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
5.       Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
6.       Melakukan Pre test.
10
Menit
2.       Kegiatan Inti
A.      Pemberian rangsangan (Stimulation);

Peserta didik melihat tayangan video tentang dua buah usaha salon kecantikan dengan kondisi yang berbeda.
·         Video 1 : Usaha salon kecantikan yang ramai dikunjungi customer.
·         Video 2 : Usaha salon kecantikan yang sepi pengunjung.

Peserta didik duduk berkelompok (satu kelompok terdiri dari 4 orang)

65 menit
B.       Pernyataan/identifikasi masalah (problem statement)





·         Guru mempersilahkan siswa untuk melakukan idetifikasi terhadap 2 buah tayangan video mengenai dua kondisi usaha salon kecantikan yang berbeda disertai alasannya.
·         Peserta didik melakukan identifikasi terhadap kondisi kedua salon yang berbeda tersebut, disertai alasannya.
·         Guru mempersilahkan siswa secara berkelompok melakukan identifikasi alasan mengapa Salon 1 lebiha banyak dikunjungi customer, sedangkan salon 2 sangat sepi pengunjung.
·         Peserta didik melakukan proses identifikasi melalui diskusi kelompok dan menulisakan hasil identifikasinya dalam lembar notulensi.
·         Guru mempersilahkan siswa secara berkelompok untuk membuat hipotesa mengenai bentuk promosi yang seharusny dilakukan oleh salon 2 agar ramai dikunjungi oleh customer.
·         Siswa secara berkelompok berdiskusi untuk membuat hipotesa mengenai bentuk promosi yang teat dilakukan oleh salan 2.
C.       Pengumpulan data (Data Collection)
·         Guru mengajak siswa untuk melakukan observasi terhadap sebuah usah salon kecantikan yang dekat dengan lingkungan sekolah, untuk proses pengumpulan data dan informasi yang diperlukan mengenai promosi yang dilakukan.
·         Siswa melakukan observasi ke sebuah usaha salon kecantikan.
·         Guru mempersilahkan siswa untuk mencari informasi dan data0data tambahan dari buku sumber serta internet.
·         Siswa melakukan proses pengumpulan data dan informasi dari buku sumber dan internet, lalu mencatatkannya pada lembar notulensi.
D.      Pembuktian (verification)
·         Guru mempersilahkan siswa secara berkelompok untuk membandingkan hasil pencarian data dan informasi dari observasi, buku sumber dan internet dengan hasil hipotesa di awal mengenai bentuk promosi yang tepat dilakukan oleh sebuah usaha salon agar ramai dikunjungi customer.
·         Siswa secara berkelompok berdiskusi membuat perbandingan dan verifikasi terhadap data dan informasi yang diperoleh.dan mencatatkan hasil verifikasinya dalam lembar notulensi.
E.       Menarik kesimpulan (generalization)
·         Guru mempersilahkan siswa secara berkelompok untuk membuat kesimpulan mengenai materi yang dikaji.
·         Siswa secara berkelompok membuat kesimpulan terhadap materi yang dikaji dan menuliskannya dalam lembar notulensi.
·         Siswa (perwakilan kelompok) mempresentasikan hasil kesimpulannya di depan kelas secarabergiliran mengenai materi yang dikaji dan menampilkan desain promosi yang telah kelompoknya buat.
·         Siswa dari kelompok lain menanggapi presentasi dan produk promosi yang di tampilkan.
·         Siswa antar kelompok berdiskusi untuk menghasilkan kesimpulan yang paling tepat.

3.       Penutup (15 menit)

1.   Secara bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang konsep promosi, tujuan promosi, bentuk promosi, serta bauran promosi.
2.   Guru memberikan konfirmasi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran.
3.   Guru memberikan evaluasi (post test) dan menyuruh siswa secara individu untuk mengerjakannya.
4.   Siswa diberi tugas untuk melakukan observasi tentang bentuk promosi yang telah dilakukan oleh perusahaan akan produknya.
5.   Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
6.   Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.



H.     Penilaian Hasil Belajar (PHB)
a.     Teknik   : Non Test dan Test
b.    Bentuk :
·        Penilaian pengetahuan        : Tes tertulis uraian
·        Penilaian keterampilan        : Pembuatan produk (desain promosi)


PENILAIAN PENGETAHUAN
v  TES TERTULIS : ESSAY
Kisi-kisi soal
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tujuan Pembelajaran
Indikator Soal
THB
Jenis Soal
Soal
3.7 Menerapkan prmosi dalam bisnis ritel
4.7 Melakukan promosi dalam bisnis ritel

3.7.1 Menjelaskan konsep promosi dari 2 pendapat para ahli.
3.7.2       Menjabarkan 6 macam tujuan promosi
3.7.3       Menjabarkan 6 bentuk promosi
3.7.4       Menentukan 2 dari 6 bentuk strategi bauran promosi yang tepat untuk sebuah usaha 
Setelah melakukan kegiatan observasi,  diskusi, dan tanya jawab, diharapkan peserta didik dapat :
1. Menjelaskan konsep promosi dari 2 pendapat para ahli.
2. Menjabarkan 6 macam tujuan promosi
3. Menjabarkan 6 bentuk promosi
4.       Menentukan 2 dari 6 bentuk strategi bauran promosi yang tepat untuk sebuah usaha


1. Peserta didik dapat menjelaskan konsep promosi menurut pendapat Tjiptono!

2. Peserta didik dapat menjelaskan konsep promosi menurut pendapat Sistaningrum.

3. Peserta didik dapat menjabarkan 6 macam tujuan promosi.

4. Peserta didik dapat menjabarkan 6 bentuk promosi.

5. Peserta didik dapat menjabarkan konsep strategi bauran promosi.

6. Peserta didik dapat menentukan strategi bauran promosi yang tepat untuk sebuah usaha.




1. Jelaskan pengertian promosi menurut Tjiptono!

2. Jelaskan pengertian promosi menurut Sistaningrum!

3. Jabarkan 6 macam tujuan dari sebuah promosi!

4. Jabarkanlah 6 bentuk promosi yang dapat diterapkan untuk sebuah usaha!

5. Apakah yang dimaksud dengan strategi bauran promosi?

6. jika anda mempunyai sebuah usaha yang bergerak dalam bidang kuliner tradisonal “Colenak”, bentuk bauran promosi apa sajakah yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan Omzet usaha anda?


Kunci Jawaban :
1. Pengertian promosi menurut Tjiptono adalah Promosi pada hakekatnya adalah suatu komunikasi pemasaran, artinya aktifitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/ membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan,

2.    Pengertian promosi menurut Sistianingrum adalah suatu upaya atau kegiatan perusahaan dalam mempengaruhi ”konsumen aktual” maupun ”konsumen potensial” agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan, saat ini atau dimasa yang akan datang.

3.    6 tujuan promosi diantaranya adalah :
1)      Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2)      Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit
3)      Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
4)      Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
5)      Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6)      Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

4. 6 bentuk promosi, diantaranya:
1)      Iklan seperti iklan koran, majalah, radio, katalog, poster, dll.
2)      Publisitas positif maksimal dari pihak-pihak luar.
3)      Promosi dari mulut ke mulut dengan memaksimalkan hal-hal positif.
4)      Promosi penjualan dengan ikut pameran, membagikan sampel, dll.
5)      Public relation / PR yang mengupayakan produk diterima masyarakat.
6)      Personal selling / penjualan personil yang dilakukan tatap muka langsung.

5.  Strategi bauran promosi adalah Gabugan dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kegiatan promo yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal.

6.  Untuk meningkatkan omzet prusahaan Kuliner tradisional Colenak, bentuk bauran promosi yang dapat dilakukan diantaranya :
1)      membuat brosur yang menarik untuk dibagikan kepada clon konsumen target pasar.
2)      mengiklankan di media sosial, seperti Fb, Twitter, Ig, dll agar produk mudah dikenal.
3)      ikut serta dalam event bazar atau event-event lain.

        Kriteria Penskoran :
No. Soal
Skor
1
10
2
10
3
20
4
20
5
20
6
20

Jadi skor ideal = 100




PENILAIAN KETERAMPILAN
v  PRODUK

Indikator penilaian keterampilan :
4.7.1      Membuat konsep bauran promosi yang tepat untuk sebuah usaha         

Instrumen :
Text Box: 1. Buatlah desain bauran promosi yang paling tepat dilakukan untuk sebuah usaha Salon kecantikan agar omzet usahanya dapat meningkat.

 










v  KRITERIA PENILAIAN PRODUK DESAIN PROMOSI
No.
Nama/Kelompok
Aspek yang dinilai
Skor
Tampilan
ketatabahasaan
Ketepatan sasaran
Ketepatan
waktu
Perolehan
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4






































































































































Keterangan :
Point
Keterangan Aspek Yang Dinilai
Tampilan
Ketatabahasaan
Ketepatan sasaran
Ketepatan waktu
1
Kurang menarik
Kurang sistematis
Kurang tepat
Kurang tepat
2
Cukup menarik
Cukup sistematis
Cukup tepat
Cukup tepat
3
Menarik
Sistematis
Tepat
Tepat
4
Sangat menarik
Sangat sistematis
Sangat tepat
Sangat tepat

I.        Media, Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.       Alat dan media pembelajaran         : LCD, Laptop, whiteboard, bahan tayang (PPT)
2.       Sumber belajar                                      :
-          Buku pelajaran (Pengelolaan Bisnis Ritel, Paket Keahlian Pemasaran, Pengarang Drs. Tikno Subandi, Penerbit : CV Rizeva Utama)
-          Internet

Bandung,  Agustus 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah,                                                                                                                Guru Mata Pelajaran,



Dra. EUIS PURNAMA, M.M.Pd                                                                   Dewi Triana, S.Pd., MM.

NIP. 196108161988003 2 003                                                                        NIP. 198107122009022001