bhs indonesia uas genap kls xi



Pilihlah jawaban berikut dengan benar !

1.         Rama    : “Gus, apakah Kau merasa bahagia sekarang?”
Bagus   : “Haruskah saya terus menipu diri sendiri dengan mengatakan tidak? Kalau saja saat seperti ini terjadi dua puluh tahun yang lalu…”
Rama    : “Yang lalu biarlah berlalu karena kita masih punya masa depan.”
Bagus  : “Ram, saya ingin membantu orang-orang tak mampu, yang tak menentu masa depannya…. Maukah kau mempunyai panti asuhan bagi anak-anak tak mampu yang memerlukan cinta kasih?”
Watak Bagus dalam dialog drama di atas adalah … .

a.         pencemburu
b.        pelupa
c.         pasrah
d.        pemaaf
e.         penyantun

2.         Nilai karya sastra yang terbangun dalam dialog di atas adalah … .

a.         pendidikan 
b.        estetika
c.         religius
d.        budaya
e.         moral

3.         Pertanyaan yang dapat diajukan untuk mengetahui watak tokoh cerita adalah … .

a.         Mengapa tokoh melakukan hal itu?
b.        Apa yang dilakukan tokoh?
c.         Bagaimana tokoh melakukan itu?
d.        Siapa teman tokoh itu?
e.         Kapan tokoh melakukan itu?

4.         1. Ira       : “Dan sekarang gitar itu dipecahkan hingga remuk. Kami marah kepada yang berdosa itu.
                     Engkau tidak?”
2. Widi     : (Menggeleng)
3. Rina     : “Tidak?”
4. Doni     : ”Engkau tidak marah?”
5. Ira        : “Tidak marahkah Engkau?”
6. Widi     : “Tidak.”
          Berdasarkan dialog tokoh-tokohnya, tampak bahwa tokoh-tokohnya mengungkapkan … .

a.         sikap mau menang sendiri
b.        pendapat secara demokratis
c.         pendapat yang berbeda
d.        pertengkaran karena perbedaan pendapat
e.         perasaan yang terlalu dominan dalam pendapat masing-masing

5.         Bahasa yang digunakan dalam menulis notula adalah … .

a.         baku
b.        nonbaku
c.         pergaulan
d.        tidak resmi
e.         komunikatif

6.         Orang yang bertugas mencatat pokok-pokok pembicaraan selama diskusi adalah … .

a.         moderator
b.        peserta
c.         notulis
d.        penyaji
e.         pengamat

7.         Aku lari sekuat napasku mengejar pintu gerbang yang beberapa detik lagi akan ditutup petugas. Kulihat wajah-wajah merona merah padam ketakutan karena harus dikumpulkan di bawah terik matahari bersama belasan atau tepatnya puluhan siswa yang terlambat entah apa sebabnya. Bagiku, hari itu tak ubahnya seperti hari-hari sebelumnya yang selalu begitu, tapi mengapa aku mesti begitu dan terus begitu? Masih kurasakan kerasnya betis kiriku sisa hukuman lari mengitari lapangan kemarin. Bel telah berbunyi pertanda dimulainya proses belajar di kelas oleh bapak dan ibu guru yang selalu kuhormati dan kusebut mahaguru itu karena nasihat dan kisah ceritanya yang selalu menarik yang menjadikan pola hidupku dapat berubah tidak kusam lagi. Untung pagi itu aku sempat melewati pintu gerbang dan selamat. 
Unsur dominan yang tampak dalam penggalan cerpen di atas adalah … .

a.         tema
b.        alur
c.         penokohan
d.        latar
e.         amanat

8.         Latar tempat yang digunakan dalam cerita di atas adalah … .

a.         kelas
b.        ruang UKS
c.         jalan raya
d.        ruang guru
e.         halaman sekolah

9.         Berikut ini yang bukan cirri-ciri cerpen adalah … .

a.         cerita ditampilkan secara mendalam
b.        memiliki satu alur
c.         konflik lebih sederhana
d.        panjang cerita maksimal 10.000 kata
e.         bisa habis dibaca hanya sekali duduk

10.     Berikut ini perlu ditulis dalam notula rapat, kecuali … .

a.         nama pemimpin rapat
b.        jumlah peserta rapat
c.         hari dan tanggal rapat
d.        alasan diadakannya rapat
e.         tempat rapat

11.     Seorang notulis hendaknya memiliki kecakapan di bawah ini, kecuali … .
a.         Cepat merespon gagasan, pendapat atau suatu gejala yang terjadi.
b.        Memiliki kedudukan atau jabatan sosial tertentu agar lebih terhormat.
c.         Memiliki kemampuan membuat sinopsis atau ringkasan sebuah kasus.
d.        Memiliki pendengaran yang baik agar tepat dalam penerimaan informasi.
e.         Tanggap terhadap masalah yang sedang dibicarakan atau didiskusikan. 
12.     Dalam sebuah diskusi, kita dapat mengemukakan pendapat atau gagasan setelah … .
a.         terasa puas dan senang karena pendapat orang lain sama dengan pendapat kita.
b.        merasa yakin kalau pendapat kita pasti akan diterima oleh forum.
c.         merasa hanya pendapat kita yang benar dan disetujui oleh semua pihak.
d.        dipersilakan oleh moderator untuk mengeluarkan pendapat.
e.         ide atau gagasan kita keluar atau muncul di tengah pembicaraan.
13.     Ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan karya ilmiah terdapat pada bagian … .

a.         kata pengantar
b.        penutup
c.         motto
d.        halaman pengesahan
e.         pendahuluan

14.     Penulisan judul karangan yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) … .
a.         Pengaruh internet terhadap Prestasi belajar siswa.
b.        Pengaruh Internet Terhadap Prestasi Belajar siswa.
c.         Pengaruh Internet terhadap Prestasi Belajar Siswa
d.        PENGARUH INTERNET  terhadap PRESTASI BELAJAR SISWA
e.         Pengaruh Internet terhadap prestasi belajar Siswa
15.     Rumah-rumah penduduk hancur terkena luncuran abu vulkanik dari lereng Merapi.
    Kata ulang yang bercetak miring pada kalimat di atas menyatakan makna …

a.         kualitas
b.        kuantitas
c.         agak/sangat
d.        seperti/menyerupai
e.         resiprok/berbalasan

16.     Kata ulang bermakna frekuentatif terdapat dalam kalimat … .
a.         Karena kesal, ia memukul-mukul meja itu
b.        Kedua orang tak mengenal itu pandang-memandang
c.         Barang-barang penumpang berserakan di antara pepohonan
d.        Gaya berpaikaiannya masih kekanak-kanakan
e.         Beliau memborong buah-buahan dan sayur-mayur
17.     Menyampaikan hasil penelitian hendaknya memerhatikan hal-hal berikut ini, kecuali … .

a.         menggunakan bahasa yang jelas    
b.        menggunakan kalimat efektif
c.         menuliskan hasil secara subyektif
d.        menggunakan tatabahasa baku
e.         menuliskan hasil secara obyektif

18.     Lemparkan bola itu setinggi-tingginya biar kutangkap!
          Kata ulang pada kalimat di atas bermakna … .

a.         kualitatif
b.        kuantitatif  
c.         resiprok
d.        agak
e.         menyerupai

19.     Kata ulang bermakna resiprok terdapat pada kalimat … .
a.         Tumbuh-tumbuhan segar di taman dipelihara dengan baik.
b.        Mereka berpandang-pandangan setelah lama berpisah.
c.         Adik bermain mobil-mobilan di halaman belakang rumah.
d.        Sambil memandangi sungai itu, ia melempar-lemparkan batu.
e.         Buaya yang ganas itu pun mencabik-cabik mangsanya hingga tak tersisa.
20.     Disamping filateli, gadis yang ramah itu juga memiliki hobi surat-menyurat sejak lama.
Kata ulang yang memiliki makna sama dengan kalimat di atas, terdapat pada kalimat … .
a.         Para mahasiswa membagi-bagikan setangakai bunga kepada para pengendara.
b.        Mereka suka membuka-buka buku ilmiah di ruang perpustakaan sekolah.
c.         Para siswa dibekali ilmu tulis-menulis selama mengikuti diklat jurnalistik.
d.        Setiap minggu pagi banyak remaja berlari-lari menyusuri bahu jalan ke kota.
e.         “Dilarang mencorat-coret bangku, meja, dan dinding sekolah,” kata pak Har.
21.     Sebuah laporan hasil penelitian harus ditulis berdasarkan data yang masuk akal, dan merupakan data terbaru yang masih hangat yang ditemukan di lapangan. Hal ini berarti hasil penelitian ditulis secara …

a.         informatif dan fleksibel
b.        subyektif dan lengkap
c.         sistematik dan akurat
d.        obyektif dan factual
e.         logis dan aktual

22.     Karya tulis ini dibuat untuk memenuhi persyaratan tugas akhir siswa kelas XII sebelum meninggalkan bangku sekolah.
Dalam karya tulis pernyataan di atas terdapat pada bagian … .

a.         kata pengantar
b.        daftar isi
c.         pendahuluan
d.        latar belakang
e.         tujuan

23.     Topik seminar : Membentengi Remaja Islam dari Kekejaman Narkoba
Penulisan latar belakang yang tepat sesuai dengan topik di atas adalah … .
a.         Akhir-akhir ini narkoba makin marak dikonsumsi oleh anak-anak muda Islam
b.        Narkoba akan membawa pemakainya khususnya remaja Islam ke jurang kesesatan
c.         Ancaman kematian bagi pengguna narkoba karena kandungan zat adiktif berbahaya
d.        Seluruh dunia harus memerangi narkoba dengan menangkap gembong pengedarnya
e.         Tahun 2011 lalu tercatat sebanyak 2.215 remaja Islam telah mengongumsi narkoba
24.     Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis masih berharap adanya kritik dan saran membangun dari semua pihak guna perbaikan karya tulis kami di waktu-waktu mendatang.
Dalam karya tulis, pernyataan di atas dimuat pada bagian … .

a.         kata pengantar
b.        daftar isi
c.         latar belakang
d.        identifikasi masalah
e.         penutup

25.     Berikut ini merupakan cirri-ciri Hikayat, kecuali bersifat … .

a.         statis
b.        anonim
c.         aktual
d.        stana sentris
e.         komunal

26.     Pernyataan di bawah ini menerangkan kebenaran hikayat, kecuali … .
a.         Peristiwa yang dibangun identik dengan kejadian nyata masyarakat zaman sekarang
b.        Peristiwa yang diceritakan didominasi oleh kisah-kisah fantastis yg tidak masuk akal
c.         Tidak pernah kita ketahui nama pengarang hikayat yang sebenarnya
d.        Pengaruh sastra Arab sangat besar terhadap penyajian cerita dalam hikayat
e.         Hikayat menceritakan kisah kejayaan raja-raja beserta kerajaannya
27.     Ternyata itu suara lelaki tua bertubuh tinggi besar dan berbaju lurik agak gelap  dengan rambut panjangnya terurai ke belakang, berdiri di sebuah tempat mirip panggung di antara deretan pohon sakura besar-besar menjulang. Dia sangat ramah. Wajahnya terlihat berwibawa ditambah merah pipinya karena pantulan cahaya lampu taman pada bunga sakura
Pendeskripsian watak tokoh dalam cerita di atas … .

a.         melalui pikiran tokoh                                 
b.        melalui dialog dengan tokoh lain  
c.         melalui penjelasan langsung
d.        melalui gambaran di sekitar tokoh
e.         melalui tatabusana yang dikenakan tokoh

28.     Nilai yang terkandung dalam cuplikan cerita di atas adalah … .

a.         moral
b.        budaya
c.         religious
d.        pendidikan
e.         sosial

29.     Sumber-sumber bacaan sebagai penunjang dalam penyusunan karya tulis dihimpun secara alfabetis (sesuai urutan abjad) dalam … .

a.         kamus
b.        natuka
c.         daftar isi
d.        daftar pustaka
e.         lampiran

30.     Di bawah ini termasuk jenis karya sastra melayu klasik, kecuali … .

a.         puisi
b.        balada
c.         karmina
d.        mantra
e.         hikayat

31.     1. Manfaat Penelitian
2. Rumusan Masalah
3. Latar Belakang Masalah
4. Identifikasi Masalah
5. Batasan Masalah

Sistematika yang tepat untuk bagian pendahuluan sebuah karya tulis adalah … .

a.         1,2,3,4,5
b.        3,4,5,2,1
c.         4,5,3,2,1
d.        2,1,3,4,5
e.         1,3,5,2,4

32.     Hal-hal berikut ini yang bukan cirri-ciri karya tulis adalah … .

a.         bersifat subyektif   
b.        bersifat faktual
c.         bermakna denotatif
d.        tidak mengandung imajinasi
e.         disusun secara sistematis

33.     Tak ada yang tahu, siapa sebenarnya pengarang Hikayat Hang Tuah. Tahun persis kapan pertama kali kisah ini muncul pun hingga kini tak bisa dipastikan. Tak ubahnya karya-karya sastra kuno umumnya, kisah Hang Tuah ini pun diduga pertama kali dikenal berupa cerita lisan kemudian dalam bentuk naskah tertulis. Hikayat Hang Tuah diduga pertama kali ditulis pada abad ke – 18.
Pernyataan di atas menonjolkan salah satu ciri hikayat yaitu … .

a.         statis
b.        istana sentris
c.         pralogis
d.        anonim
e.         komunal

34.     Persiapan yang dilakukan oleh seorang sutradara sebelum drama dipentaskan adalah casting yang berarti … .

a.         teknik mengatur pementasan
b.        pemilihan pemain   
c.         menyusun scenario
d.        teknik mengatur cahaya
e.         melakukan latihan

35.     Kalimat berupa tanggapan berisi dukungan dalam diskusi yang tepat adalah … .
a.         Saya tidak setuju dengan pendapat Saudara karena bertentangan dengan topik diskusi
b.        Sebaiknya Anda keluar dari forum ini karena hanya bikin kacau dari tadi
c.         Sekali lagi Saudara bicara, seluruh peserta akan mengancam keluar dari forum ini
d.        Maaf, sebaiknya Anda menyetujui gagasan itu meskipun bertentangan dengan kita
e.         Menurut saya, hendaknya kita menyetujui pendapat yang diterima semua pihak

II. Uraikan !

1.         Sebuah karya ilmiah harus bersifat Obyektif dan Sistematis.
Jelaskan maksud kedua istilah bercetak tebal  dalam pernyataan di atas!
2.         Sebutkan cirri-ciri karya  ilmiah!
3.         Tuliskan teknik-teknik mengumpulkan data-data penelitian!
4.         Sebutkan makna kata ulang pada kalimat di bawah ini!
a.         Dibelinya lauk-pauk itu sebagai bekal perjalanannya ke luar kota.
b.        Wartawan berlari-lari mengejar seorang artis untuk mendapatkan berita.
5.         Ada beberapa cara mengetahui watak tokoh drama, sebutkan 4 cara!





KUNCI JAWABAN :
 
A. 1. E      11. B        21. E           31. B
2. E      12. D        22. E           32. A
3. E      13. A        23. A          33. D
4. E      14. C        24. A          34. B
5. E      15. B        25. C          35. E
6. C      16. A        26. A
7. B      17. C        27. C
8. E      18. A        28. A
            9. A     19. B        29. D
          10. D     20. C        30. A




B.     1. Obyektif : Karya ilmiah harus ditulis berdasarkan data dan kenyataan yang ada
           di lapangan.
     Sistematis : Karya ilmiah harus disusun secara berurutan sebagaimana     ketentuan
                      yang   ada yakni bagian pembuka, isi, dan penutup.
2. Obyektif, logis, sistematis, aktual, faktual, akurat, cermat, dan terbuka (dapat diuji kebenarannya, sekaligus dapat berubah jika muncul pembuktian baru yang lebih kuat) 
3. Melalui angket, wawancara, audensi/dengar pendapat, portofolio, diskusi
4. a. Menyatakan kuantitatif atau banyak dan bermacam-macam
    b. Menyatakan frekuentatif atau melakukan pekerjaan terus-menerus
5. Dengan cara:
    a. Melaui dialog tokohnya
    b. Melalui penjelasan langsung oleh pengarang
    c. Melalui pikiran tokohnya
    d. Melalui dialog tokoh lain
    e. Melalui gambaran di sekitar tokohnya
    f. Melalui fisik tokohnya