Pilihlah jawaban berikut
dengan benar !
1.
Rama : “Gus, apakah Kau merasa bahagia
sekarang?”
Bagus : “Haruskah
saya terus menipu diri sendiri dengan mengatakan tidak? Kalau saja saat seperti
ini terjadi dua puluh tahun yang lalu…”
Rama : “Yang
lalu biarlah berlalu karena kita masih punya masa depan.”
Bagus : “Ram, saya ingin membantu orang-orang tak
mampu, yang tak menentu masa depannya…. Maukah kau mempunyai panti asuhan bagi
anak-anak tak mampu yang memerlukan cinta kasih?”
Watak Bagus dalam
dialog drama di atas adalah … .
a.
pencemburu
b.
pelupa
c.
pasrah
d.
pemaaf
e.
penyantun
2.
Nilai karya sastra
yang terbangun dalam dialog di atas adalah … .
a.
pendidikan
b.
estetika
c.
religius
d.
budaya
e.
moral
3.
Pertanyaan yang dapat diajukan untuk
mengetahui watak tokoh cerita adalah … .
a.
Mengapa tokoh melakukan hal itu?
b.
Apa yang dilakukan tokoh?
c.
Bagaimana tokoh melakukan itu?
d.
Siapa teman tokoh itu?
e.
Kapan tokoh melakukan itu?
4.
1. Ira
: “Dan sekarang gitar itu dipecahkan
hingga remuk. Kami marah kepada yang berdosa itu.
Engkau
tidak?”
2.
Widi
: (Menggeleng)
3.
Rina
: “Tidak?”
4.
Doni : ”Engkau tidak marah?”
5.
Ira : “Tidak marahkah Engkau?”
6.
Widi : “Tidak.”
Berdasarkan dialog tokoh-tokohnya,
tampak bahwa tokoh-tokohnya mengungkapkan … .
a.
sikap mau menang
sendiri
b.
pendapat secara demokratis
c.
pendapat yang berbeda
d.
pertengkaran karena
perbedaan pendapat
e.
perasaan yang terlalu dominan dalam pendapat
masing-masing
5.
Bahasa yang digunakan dalam menulis
notula adalah … .
a.
baku
b.
nonbaku
c.
pergaulan
d.
tidak resmi
e.
komunikatif
6.
Orang yang bertugas mencatat pokok-pokok
pembicaraan selama diskusi adalah … .
a.
moderator
b.
peserta
c.
notulis
d.
penyaji
e.
pengamat
7.
Aku lari sekuat napasku
mengejar pintu gerbang yang beberapa detik lagi akan ditutup petugas. Kulihat
wajah-wajah merona merah padam ketakutan karena harus dikumpulkan di bawah
terik matahari bersama belasan atau tepatnya puluhan siswa yang terlambat entah
apa sebabnya. Bagiku, hari itu tak ubahnya seperti hari-hari sebelumnya yang
selalu begitu, tapi mengapa aku mesti begitu dan terus begitu? Masih kurasakan
kerasnya betis kiriku sisa hukuman lari mengitari lapangan kemarin. Bel telah
berbunyi pertanda dimulainya proses belajar di kelas oleh bapak dan ibu guru
yang selalu kuhormati dan kusebut mahaguru itu karena nasihat dan kisah
ceritanya yang selalu menarik yang menjadikan pola hidupku dapat berubah tidak
kusam lagi. Untung pagi itu aku sempat melewati pintu gerbang
dan selamat.
Unsur dominan yang tampak dalam penggalan cerpen di atas
adalah … .
a.
tema
b.
alur
c.
penokohan
d.
latar
e.
amanat
8.
Latar tempat yang
digunakan dalam cerita di atas adalah … .
a.
kelas
b.
ruang UKS
c.
jalan raya
d.
ruang guru
e.
halaman sekolah
9.
Berikut ini yang bukan cirri-ciri cerpen
adalah … .
a.
cerita ditampilkan
secara mendalam
b.
memiliki satu alur
c.
konflik lebih
sederhana
d.
panjang cerita
maksimal 10.000 kata
e.
bisa habis dibaca
hanya sekali duduk
10.
Berikut ini perlu
ditulis dalam notula rapat, kecuali … .
a.
nama pemimpin rapat
b.
jumlah peserta
rapat
c.
hari dan tanggal rapat
d.
alasan diadakannya
rapat
e.
tempat rapat
11.
Seorang notulis
hendaknya memiliki kecakapan di bawah ini, kecuali … .
a.
Cepat merespon gagasan, pendapat atau
suatu gejala yang terjadi.
b.
Memiliki kedudukan atau jabatan sosial
tertentu agar lebih terhormat.
c.
Memiliki kemampuan membuat sinopsis atau
ringkasan sebuah kasus.
d.
Memiliki pendengaran yang baik agar
tepat dalam penerimaan informasi.
e.
Tanggap terhadap masalah yang sedang
dibicarakan atau didiskusikan.
12.
Dalam sebuah diskusi, kita dapat mengemukakan pendapat
atau gagasan setelah … .
a.
terasa puas dan senang karena pendapat
orang lain sama dengan pendapat kita.
b.
merasa yakin kalau
pendapat kita pasti akan diterima oleh forum.
c.
merasa hanya
pendapat kita yang benar dan disetujui oleh semua pihak.
d.
dipersilakan oleh moderator untuk
mengeluarkan pendapat.
e.
ide atau gagasan
kita keluar atau muncul di tengah pembicaraan.
13.
Ucapan terima kasih
kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan karya ilmiah terdapat
pada bagian … .
a.
kata pengantar
b.
penutup
c.
motto
d.
halaman pengesahan
e.
pendahuluan
14.
Penulisan judul karangan yang sesuai
dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) … .
a.
Pengaruh internet
terhadap Prestasi belajar siswa.
b.
Pengaruh Internet
Terhadap Prestasi Belajar siswa.
c.
Pengaruh Internet
terhadap Prestasi Belajar Siswa
d.
PENGARUH INTERNET terhadap PRESTASI BELAJAR SISWA
e.
Pengaruh Internet
terhadap prestasi belajar Siswa
15.
Rumah-rumah
penduduk hancur terkena luncuran abu vulkanik dari lereng Merapi.
Kata ulang yang bercetak miring pada
kalimat di atas menyatakan makna …
a.
kualitas
b.
kuantitas
c.
agak/sangat
d.
seperti/menyerupai
e.
resiprok/berbalasan
16.
Kata ulang bermakna frekuentatif
terdapat dalam kalimat … .
a.
Karena kesal, ia memukul-mukul meja itu
b.
Kedua orang tak mengenal itu
pandang-memandang
c.
Barang-barang
penumpang berserakan di antara pepohonan
d.
Gaya berpaikaiannya
masih kekanak-kanakan
e.
Beliau memborong buah-buahan dan
sayur-mayur
17.
Menyampaikan hasil penelitian hendaknya
memerhatikan hal-hal berikut ini, kecuali … .
a.
menggunakan bahasa yang jelas
b.
menggunakan kalimat efektif
c.
menuliskan hasil secara subyektif
d.
menggunakan tatabahasa baku
e.
menuliskan hasil secara obyektif
18.
Lemparkan bola itu setinggi-tingginya biar kutangkap!
Kata ulang pada kalimat di atas bermakna … .
a.
kualitatif
b.
kuantitatif
c.
resiprok
d.
agak
e.
menyerupai
19.
Kata ulang bermakna resiprok terdapat
pada kalimat … .
a.
Tumbuh-tumbuhan
segar di taman dipelihara dengan baik.
b.
Mereka berpandang-pandangan setelah lama
berpisah.
c.
Adik bermain
mobil-mobilan di halaman belakang rumah.
d.
Sambil memandangi sungai itu, ia
melempar-lemparkan batu.
e.
Buaya yang ganas itu pun mencabik-cabik
mangsanya hingga tak tersisa.
20.
Disamping filateli, gadis yang ramah itu juga memiliki
hobi surat-menyurat sejak lama.
Kata ulang yang memiliki makna sama dengan kalimat di atas, terdapat pada
kalimat … .
a.
Para mahasiswa
membagi-bagikan setangakai bunga kepada para pengendara.
b.
Mereka suka
membuka-buka buku ilmiah di ruang perpustakaan sekolah.
c.
Para siswa dibekali
ilmu tulis-menulis selama mengikuti diklat jurnalistik.
d.
Setiap minggu pagi
banyak remaja berlari-lari menyusuri bahu jalan ke kota.
e.
“Dilarang mencorat-coret bangku, meja,
dan dinding sekolah,” kata pak Har.
21.
Sebuah laporan hasil penelitian harus ditulis berdasarkan
data yang masuk akal, dan merupakan data terbaru yang masih hangat yang
ditemukan di lapangan. Hal ini berarti hasil penelitian ditulis
secara …
a.
informatif dan fleksibel
b.
subyektif dan lengkap
c.
sistematik dan akurat
d.
obyektif dan factual
e.
logis dan aktual
22.
Karya tulis ini dibuat untuk memenuhi persyaratan tugas
akhir siswa kelas XII sebelum meninggalkan bangku sekolah.
Dalam karya tulis pernyataan di atas terdapat pada bagian … .
a.
kata pengantar
b.
daftar isi
c.
pendahuluan
d.
latar belakang
e.
tujuan
23.
Topik seminar : Membentengi Remaja Islam
dari Kekejaman Narkoba
Penulisan latar
belakang yang tepat sesuai dengan topik di atas adalah … .
a.
Akhir-akhir ini narkoba makin marak
dikonsumsi oleh anak-anak muda Islam
b.
Narkoba akan membawa pemakainya
khususnya remaja Islam ke jurang kesesatan
c.
Ancaman kematian bagi pengguna narkoba
karena kandungan zat adiktif berbahaya
d.
Seluruh dunia harus memerangi narkoba
dengan menangkap gembong pengedarnya
e.
Tahun 2011 lalu tercatat sebanyak 2.215
remaja Islam telah mengongumsi narkoba
24.
Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari
kesempurnaan. Oleh karena itu penulis masih berharap adanya kritik dan saran
membangun dari semua pihak guna perbaikan karya tulis kami di waktu-waktu
mendatang.
Dalam karya tulis, pernyataan di atas dimuat pada bagian … .
a.
kata pengantar
b.
daftar isi
c.
latar belakang
d.
identifikasi masalah
e.
penutup
25.
Berikut ini
merupakan cirri-ciri Hikayat, kecuali bersifat … .
a.
statis
b.
anonim
c.
aktual
d.
stana sentris
e.
komunal
26.
Pernyataan di bawah ini menerangkan kebenaran hikayat, kecuali
… .
a.
Peristiwa yang dibangun identik dengan kejadian nyata masyarakat
zaman sekarang
b.
Peristiwa yang diceritakan didominasi oleh kisah-kisah
fantastis yg tidak masuk akal
c.
Tidak pernah kita ketahui nama pengarang hikayat yang
sebenarnya
d.
Pengaruh sastra Arab sangat besar
terhadap penyajian cerita dalam hikayat
e.
Hikayat menceritakan kisah kejayaan
raja-raja beserta kerajaannya
27.
Ternyata itu suara lelaki tua
bertubuh tinggi besar dan berbaju lurik agak gelap dengan rambut panjangnya terurai ke belakang,
berdiri di sebuah tempat mirip panggung di antara deretan pohon sakura
besar-besar menjulang. Dia sangat ramah. Wajahnya terlihat berwibawa ditambah
merah pipinya karena pantulan cahaya lampu taman pada bunga sakura
Pendeskripsian
watak tokoh dalam cerita di atas … .
a.
melalui pikiran
tokoh
b.
melalui dialog
dengan tokoh lain
c.
melalui penjelasan langsung
d.
melalui gambaran di
sekitar tokoh
e.
melalui tatabusana
yang dikenakan tokoh
28.
Nilai yang terkandung dalam cuplikan
cerita di atas adalah … .
a.
moral
b.
budaya
c.
religious
d.
pendidikan
e.
sosial
29.
Sumber-sumber bacaan sebagai penunjang dalam penyusunan
karya tulis dihimpun secara alfabetis (sesuai urutan abjad) dalam … .
a.
kamus
b.
natuka
c.
daftar isi
d.
daftar pustaka
e.
lampiran
30.
Di bawah ini
termasuk jenis karya sastra melayu klasik, kecuali … .
a.
puisi
b.
balada
c.
karmina
d.
mantra
e.
hikayat
31.
1. Manfaat Penelitian
2. Rumusan
Masalah
3. Latar
Belakang Masalah
4. Identifikasi
Masalah
5. Batasan
Masalah
Sistematika yang
tepat untuk bagian pendahuluan sebuah karya tulis adalah … .
a.
1,2,3,4,5
b.
3,4,5,2,1
c.
4,5,3,2,1
d.
2,1,3,4,5
e.
1,3,5,2,4
32.
Hal-hal berikut ini yang bukan
cirri-ciri karya tulis adalah … .
a.
bersifat subyektif
b.
bersifat faktual
c.
bermakna denotatif
d.
tidak mengandung imajinasi
e.
disusun secara
sistematis
33.
Tak ada yang tahu, siapa sebenarnya pengarang Hikayat
Hang Tuah. Tahun persis kapan pertama kali kisah ini muncul pun
hingga kini tak bisa dipastikan. Tak ubahnya karya-karya sastra kuno umumnya,
kisah Hang Tuah ini pun diduga pertama kali dikenal berupa cerita lisan
kemudian dalam bentuk naskah tertulis. Hikayat Hang Tuah diduga pertama kali
ditulis pada abad ke – 18.
Pernyataan di atas menonjolkan salah satu ciri hikayat yaitu … .
a.
statis
b.
istana sentris
c.
pralogis
d.
anonim
e.
komunal
34.
Persiapan yang dilakukan oleh seorang
sutradara sebelum drama dipentaskan adalah casting yang berarti … .
a.
teknik mengatur pementasan
b.
pemilihan pemain
c.
menyusun scenario
d.
teknik mengatur cahaya
e.
melakukan latihan
35.
Kalimat berupa tanggapan berisi dukungan
dalam diskusi yang tepat adalah … .
a.
Saya tidak setuju dengan pendapat
Saudara karena bertentangan dengan topik diskusi
b.
Sebaiknya Anda
keluar dari forum ini karena hanya bikin kacau dari tadi
c.
Sekali lagi Saudara
bicara, seluruh peserta akan mengancam keluar dari forum ini
d.
Maaf, sebaiknya
Anda menyetujui gagasan itu meskipun bertentangan dengan kita
e.
Menurut saya,
hendaknya kita menyetujui pendapat yang diterima semua pihak
II. Uraikan !
1.
Sebuah karya ilmiah harus bersifat Obyektif dan Sistematis.
Jelaskan
maksud kedua istilah bercetak tebal
dalam pernyataan di atas!
2.
Sebutkan cirri-ciri
karya ilmiah!
3.
Tuliskan teknik-teknik mengumpulkan
data-data penelitian!
4.
Sebutkan makna kata
ulang pada kalimat di bawah ini!
a.
Dibelinya lauk-pauk
itu sebagai bekal perjalanannya ke luar kota.
b.
Wartawan
berlari-lari mengejar seorang artis untuk mendapatkan berita.
5.
Ada beberapa cara
mengetahui watak tokoh drama, sebutkan 4 cara!
KUNCI
JAWABAN :
A.
1. E 11. B 21. E 31. B
2. E 12. D 22.
E 32. A
3. E 13. A 23.
A 33. D
4. E 14. C 24.
A 34. B
5. E 15. B 25.
C 35. E
6. C 16. A 26.
A
7. B 17. C 27.
C
8. E 18. A 28.
A
9.
A 19. B 29. D
10. D 20.
C
30. A
B. 1.
Obyektif : Karya ilmiah harus ditulis berdasarkan data dan kenyataan yang ada
di
lapangan.
Sistematis : Karya ilmiah harus disusun
secara berurutan sebagaimana ketentuan
yang ada yakni bagian pembuka, isi, dan penutup.
2.
Obyektif, logis, sistematis, aktual, faktual, akurat, cermat, dan terbuka
(dapat diuji kebenarannya, sekaligus dapat berubah jika muncul pembuktian baru
yang lebih kuat)
3.
Melalui angket, wawancara, audensi/dengar pendapat, portofolio, diskusi
4. a. Menyatakan
kuantitatif atau banyak dan bermacam-macam
b. Menyatakan frekuentatif atau melakukan
pekerjaan terus-menerus
5.
Dengan cara:
a. Melaui dialog tokohnya
b. Melalui penjelasan langsung oleh
pengarang
c. Melalui pikiran tokohnya
d. Melalui dialog tokoh lain
e. Melalui gambaran di sekitar tokohnya
f. Melalui fisik
tokohnya