Pilih salah satu jawaban yang paling
tepat
1).
Yang
dimaksud dengan Ilmu Hadits Riwayah adalah :
A.
Ilmu
yang mempelajari apa yang bersumber dr sanad matan dan cara menerima dan
menyampaikan hadis.
B.
Ilmu
yang mempelajari hadis dirayah dan sanad
C.
Ilmu
yang mempelajari apa yang bersumber dr sanad
D.
Ilmu
yang mempelajari apa yang bersumber dr Nabi saw. baik perkataan,perbuatan,taqrir
maupun sifatnya.
E.
Ilmu
yang mempelajari Hadits Dirayah dan Mustalah
2).
Ilmu
Hadits Dirayah berbeda dengan Riwayah, karena Ilmu Hadits Dirayah mengandung
arti bahwa :………
A.
Ilmu
yang mempelajari apa yang bersumber dari sanad
B.
Ilmu
yang mempelajari apa yang bersumber dari Nabi saw. baik
perkataan,perbuatan,taqrir maupun sifatnya.
C.
Ilmu
yang mempelajari Hadits Riwayah dan Mustalah
D.
Ilmu
yang mempelajari hadis Riwayah dan sanad
E.
Ilmu
yang mempelajari sanad, matan dan cara menerima dan menyampaikan hadis,sifat2
Perawi dan lainnya.
3).
Betul atau tidaknya, bahwa
ucapan, perbuatan, keadaan atau lain-lainnya yang orang hanya tahu bahwa ini
bersumber dari Nabi saw. Hal ini dipelajari oleh suatu ilmu, yaitu:……
A.
Ushulul
Hadits
B.
Ilmu
Hadits
C.
Mustalah Sanad
D.
Ilmu
Dirayah
E.
Ilmu Riwayah
4).
Para
Muhadditsin mulai menulis Ilmu Hadits Dirayah, pemulanya adalah…..
A.
Muhammad
bin Abdurrahman Az Zuhry.
B.
Imam
Anas bin Malik dalam al Muwattha’
C.
Syekh
Muhammad bin Ismail An-Naisabury.
D.
Muhammad bin Syihab az Zuhry
E.
Abu
Muhammad alhasan bin Abd.Rahman Arramaharmuzy
5).
IIlmu
Hadits Riwayah ditulis Pemulanya adalah
: …..
A.
Muhammad
bin Idris as Syafi’ dalam kitab al Um-nya.
B.
Muhammad
Anas bin Malik dalam kitab al Muwattha’nya.
C.
Syekh
Imam Muhammad bin Ismail ar Ramaharmuzy
D.
Ubaidillah
Muhammad bin Syihab az Zuhry
E.
Muhammad
Husain bin Abd.Rahman al Kirmany
6).
Al-Qur’an
dan hadits tidak ada bedanya,karena sama-sama wahyu dari Allah SWT, dan
sama-sama menggunakan bahasa Arab, sehingga
Nabi tidak menyuruh dan tidak mengijinkan sahabat menulis hadis,…
A.
Ada kekhawatiran Nabi kalau-kalau al-qur’an
bercampur dengan hadits
B.
Hidupnya
Islam baru saja di Mekah atau Madinah, belum tersebar keluar.
C.
Umat
Islam yang baru itu menjadi sesat dengan bercampur antara ayat dan hadits
D.
Nabi
saw tidak membatasi para sahabat untuk menghafalkan al-qur’an dan hadits
E.
Sahabat
menyamakan kedudukan antara al-Qur’an dan Hadits.
7).
Kapankah resminya awal Pembukuan Hadits ?
A.
Sekitar antara th 99-101 H,masa
Khalifah Umar bin Abd.Aziz bin Umar bin Khattab
ra.
B.
Di kala Kekhalifahan Umar bin
Khattab ra.sekitar antara thn 13-25 H.
C.
Saat Kekhalifahan Abu Bakar as Shiddiq ra. antara
thn 11-13 H.
D.
Pada waktu Kekhaalifahan
Mu’awiyah bin Abi Shofyan ra. antara thn 40-50 H.
E.
Pada waktu Kekhaalifahan Harun Ar Rasyid ra.antara tahun 150-158 H
8).
Khalifah memrintahkan kepada
Gubernur untuk membukukan Hadits secara resmi, yaitu kepada:…… ?
A.
Yazid bin Mu’awiyah bin Abi
Shofyan Gubernur Syam.
B.
Kepada Abu Bakar bin Muhammad
bin Amir bin Hazm
C.
Abdullah bin Amru bin Ash
selaku Gubernur Mesir.
D.
Umar bin Abdul Aziz bin Umar
bin Khatthab ra.selaku Gub.Syria
E.
Gubernur Mekkah, Abu Umar bin
As’ary.
9).
Perbedaan antara “Menerima
riwayat hadits dengan cara Munawalah dan Cara Wijadah” ?
A.
Wijadah
memperoleh kitab hadits langsung dari gurunya
B.
Munawalah,
perawi hadits hanya menemukan tulisan saja.
C.
Munawalah,
Murid menemukan tulisan hadits,tahu pemiliknya
D.
Pada
Wijadah, murid mendapatkan tulisan dan dia tahu penulisnya tanpa sima’i dan
qira’ah.
E.
Munawalah,
guru mengijinkan murid meriwayatkan hadis.
10).
Dimana Perbedaan Antara
menerima Riwayat hadits dengan cara”Ijazah”
dan Mukatabah ?
A.
Murid
datang kpd guru dg membawa tulisan,itu mukatabah
B.
Murid
harus membawa catatan,guru yg menulis,itu mukatabah
C.
Pada
Ijazah,akhir pembelajarannya,siswa menerima STTB.
D.
Pada
Mukatabah,Gura harus tahu Kitab sumbernya.
E.
Murid
yg diijazahi oleh Guru itu, Syaratnya bahwa murid cepat paham dan dlobith.
11).
Sistem Penerimaan Riwatyat
hadits dengan cara”Samai” adalah:…
A.
Murid
itu mendekte Hadist, Guru mendengarkan bacaan murid itu.
B.
Mendengarkan
lafadz yang didiktekan kepadanya atau oleh orang lain yg mendektenya atas
perintah guru.
C.
Guru
dan murid silih berganti membacakan Hadist.
D.
Murid
hanya mendengarkan saja bacaan Guru tidak boleh diwakilkan.
E.
Guru
tidak boleh membacakan Hadist,tetapi menyuruh org lain membacakan Hadist dan Guru yg mendengarkanya.
12).
Cara dalam penerimaan riwayat
hadits itu banyak cara, misalnya:…..
A.
Al
Washiyah wal I’lam.
B.
Riwayah
wal Irsal
C.
Assyahadatu wal Ijazah
D.
Mukatabah
was sirriyah
E.
Qira’ah Sab’iyah wa Munawalatul
luqotho
13).
Sighat menyampaikan riwayat
hadits yg tepat itu banyak,misalnya:…..
A.
Dalam
al qira’ah menggunakan lafadz:
و اسمع
من غيره ات سمعت عن
الشيخ و قر
B.
Dlm
Mukatabah, menggunakan lafadz:
كتب الشيخ
الحديث و
اسمع من غيره
C.
Dalam
al Washiyah,menggunakan lafadz:
المسلم من سلم المسلمون
من لسانه و يده
D.
Dlm
al Munawalah,menggunakan lafadz:
هذه روايتي فارو
الحديث
E.
Dlm
Sama’i, menggunakan lafadz:
اعلمنئ فلان و الشيخ
14). Lafadz
dalam meriwayatkan hadits, tidak sesuai misalnya :….
A.
( المكاتبة )
كتب الشيخ و يروئ
الحديث
B.
(الوجادة ) وجدت بخط فلان
C.
( فئ الاعلام ) اعلمنئ فلان و
الشيخ
D.
( القراءة ) قراء الشيخ
و اسمع
من غيره
E.
( المناولة ) هذه روايتي فارو
الحديث
15). Setiap generasi Perawi hadits sejak masa
Sahabat sampai Perawi terakhir, hadis diriwayatkan oleh lebih dari 10 orang,
tidak mungkin mereka sepakat utk berdusta, Riwayat hadits seperti ini
dinamakan:
A.
Mutawatir
B.
Shohih
C.
Masyhur
D.
Mustafidz
E.
Ahad
16).
رفع رسول الله
ص م يدين فى كل
دعاء
Lafadz Hadits diatas termasuk kategori hadits:..........
A.
Mutawatir Lafdzy
B.
Mustafidl
C.
Ahad wal Azis
D.
Mutawatir Ma’nawy
E.
Mutawatir ‘Amaly.
17). Dalam memberikan pemahaman kedudukan
hadits Mutawatir
A.
Bersifat
Dhorury(Pasti)
B.
Wahn
(Lemah)
C.
Wahm (Prasangka)
D.
Bersifat Aqliyah (Rasional)
E.
Nadloriyah(Relatif)
18). Definisi dari Hadits Ahad adalah:….
A.
Hadits
yg diriwayatkan oleh 2 org pada setiap generasi
B.
Hadits
ini memang benar-benar populer seutuhnya
C.
Hadits
yang sudah populer dalam beramal dengannya
D.
Jumlah
Perawi setiap generasi kurang dari 9 orang
E.
Jumlah perawinya banyak, tetapi
hanya 1 generasi saja.
19). Hadits Masyhur artinya adalah …
A.
Hadits
yg diriwayatkan olh sejumlah rawi lebih dr 2 orang hingga kurang dari 10 orang
hanya satu generasi
B.
Hadits
yg diriwayatkan olh sejumlah rawi banyak kurang dari jumlah 9 orang,dan sepakat
untuk tidak berbohong
C.
Hadits
yg diriwayatkan olh sejumlah rawi lebih dr 2 orang hingga lebih dari 10 orang tiap generasi
D.
Hadits
yg diriwayatkan olh sejumlah rawi lebih dr 10 orang
E.
Hadits yg diriwayatkan olh
sejumlah rawi yg terkenal tdk palsu
20). Salah satu contoh hadits yang masyhur
adalah …
A.
الايمان
بضع وسبعون شعبة
B.
المسلم
من سلم المسلمون من لسانه ويده
C.
الاضرر
ولا ضرارا
D.
من
كذب علي متعمدا فليتبوأمنقعده من النار
E.
انت
ومالك لابويك
21). “ Hadits Shohih” menurut arti dalam Kamus
yang tepat adalah …
A.
berita
yang sah-sah saja
B.
pembicaraan
yang benar
C.
omongan
yang sehat
D.
berita
yang sah
E.
informasi
yang pas
22). Rowi yang adil, menjadi salah satu syarat
dari …
A.
Shohihnya
sebuah hadits
B.
Dapat
dijadikan hujjah sebuah hadits
C.
Mendapat
murid yang banyak
D.
Mendapatkan
guru /Shekh yang banyak
E.
Tidak
putusnya sanad hadits
23). Jika sebuah hadits itu jelas-jelas
shohih, maka artinya ….
A.
Kita
boleh saja beramal dengan hadits shohih
B.
Kita
wajib beramal dengan hadits shohih
C.
Disunnahkan
mengamalkan hadits shohih
D.
Hadits
bisa saja kita terima
E.
Hadits
shohoh dijadikan sebagai alternatif
24). من كذب علي
متعمدا فليتبوأمنقعده من النار
A.
Salah satu
contoh hadits shohih lidzatihi
B.
Salah satu
contoh hadits shohih lighoirihi
C.
Salah satu
contoh hadits hasan lighoirihi
D.
Salah satu
contoh hadits hasan lidzatihi
E.
Salah satu
contoh hadits hasan shohih
25). Jika dilihat dari sisi pengertiannya,
maka hadits hasan itu …
A.
Hadits
yang diriwayatkan oleh sanad yang bersambung, perawi yang adil, dhobit, tidak
syadz, tidak dzillah.
B.
Hadits
yg diriwayatkan oleh sanad yg bersambung, perawi adil, dhobit, tidah syadz,
hanya sanadnya kadang terputus
C.
Hadits
yg diriwayatkan oleh sanad yg bersambung,perawi yg adil, dhobit, tidah syadz,hanya saja
perawinya ada dzillahnya
D.
Hadits
yang diriwayatkan oleh sanad yang bersambung, perawi yang adil, tidah syadz,
tidak dzillah, hanya saja perawinya agak rendah kedhobitannya
E.
Hadits
yang diriwayatkan oleh sanad yang bersambung, perawi yang adil, dhobit, tidah
syadz, tidak dzillah, hanya saja perawinya kurang dhobit, ada syadz, dan ada
dzillah.
26). لولا ان اشف علي امتي لا مرتهم
بالسواك عند كل صلاة
Hadit diatas sebenarnya shohih, hanya
kategori …
A.
Shohih
li dzatihi
B.
Hasan
li ghairihi dan Hasan bi nafsihi
C.
Hasan
bi nafsihi dan Hasan bi ghairi nafsihi
D.
Hasan
li ghairihi
E.
Dloif Hasan dan Shohih Hasan
27). Dalam kedudukan dalan syari’ah, maka
hadits hasan itu…
A.
Jangan
menggunakan hadits hasan
B.
Makruh
menggunakan hadits hasan
C.
Sunnah
saja menggunakan hadits hasan
D.
Dianjurkan menggunakan hadits hasan
E.
Dalam hujjah boleh mengambil
hadits hasan
28). Hadits itu dloif karena ada beberapa
faktor,sebabnya adalah …
A.
jarang
digunakan orang dalam berhujjah
B.
tidak
memiliki ciri hadits hasan dan ciri hadits shohih
C.
perawinya
orang-orang yang lemah ingatan
D.
memiliki
ciri hasan, tetapi tidak ada ciri shohih
E.
tidak
populer untuk digunakan hujjah.
29). Dlm kedudukannya sebagai sumber
syari’ah,maka Hadits Dloif…
A.
Tidak
boleh dijadikan sumber hukum dan berhujjah
B.
Tidak
layak dijadikan patokan dlm mengamalkan agama
C.
Mutlak
tidak perlu diabaikan untuk diamalkan
D.
Mubah
saja dijadikan sumber syari’ah dan berhujjah
E.
Wajib dipakai untuk fadloilul
a’mal wa lil ‘ibadah
30). Diantara Ulama ada yang berpendapat bahwa
hadits dloif itu boleh dijadikan hujjah, dengan catatan bahwa hadits dloif
tersebut:…
A.
Banyak
orang senang dengan hal-hal yang dloif.
B.
Masalah
kemaslahatan umat tidak diprioritaskan pada hadits
C.
Keamanan
dan kenyamanan umat yang menjadi tujuan utama
D.
Jiwa
hadits ini dalam cakupan dasar syari’ah
yang berlaku
E.
Hadits
dloif itu banyak mencegah untuk berbuat kebajikan
31). Ada pengertian bahwa Hadits Qudsyi
memiliki makna bahwa : ….
A.
Nabi
meriwayatkan wahyu dari Allah SWT, dengan lafadz Nabi.
B.
Nabi
saw menerima berita dari Jinril as. dan diucapkan olh Nabi
C.
Nabi
saw menerima berita dari Usrofil as, dan dilafadzkan Nabi
D.
Rasul
yang menjadi sumbernya, Rasul sendiri yg
melafadzkan
E.
Rasulullah
saw.selaku sumber alqur’an dan sumber hadits .
32). Jika al-Qur’an tidak sama dengan Hadits,
maka Hadits qudsyi adalah:…
A.
Al-Qur’an
dibaca di awal sholat,sedang Hds Qudsyi tidak diawal
B.
Al-Qur’an
sbg mu’jizat,sedang Hadis Qudsyi bukan mu’jizat
C.
Al-Qur’an
mutlak shohih, Hadits Qudsyi hanya
setingkat Hasan
D.
Hadits
Qudsyi lafadnya dari Rasulullah sendiri maknanya dari Allah , sedangkan al-Qur’an makna dan lafadnya dari Allah swt.
E.
Qur’an
diriwayatkan dg makna sedang Hadis Qudsyi tidak .
33). عن ابى
هريرة عن النبى ص م قال قال تعالى
انا فى عون
العبد ما كان العبد في عون اخيه االخ
Hadits diatas adalah termasuk hadits yang berkategori:
A.
Sunnah
Qouliyah
B.
Sunnah
Hammiyah
C.
Shohih
li ghairihi
D.
Hadits
Nabawi.
E.
Hadits Qudsyi
34). Apabila ditinjau dari sisi sumber
informasi untuk dasar syari’ah, maka ada
3 macam informasi tersebut, yaitu Al-Qur’an, Hadits Qudsyi dan…
A.
Hadits
Mutawatir
B.
Hadits
Nabawi
C.
Haits
Shohih
D.
Hadis
Rabbaniya
E.
Hadits
Ilahiyat
35). Yang dimaksudkan dengan hadits Maqbul
adalah hadits yang: ..
A.
Perawi
tidak menunjukkan kejujurannya dalam
setiap haditsnya
B.
Dari
sisi sanadnya, hadits menunjukkan sangat meyakinkan
C.
Kedlobithan
Rawi sangat ditampilkan dalam penilaian hadits.
D.
Tidak
menonjol kejujuran Rawinya dalam semua periwayatnnya
E.
Tampak
menonjol kejujuran Rawi dlm semua riwayat haditsnya.
36).
عن عمر ابن
الخطاب قال قال رسول الله ص م
والله والنساء لولا النساء
لعبد الله حقا الخ
Hadits yang tertulis diatas nampak
sekali, bahwa ia adalah:
A.
Maqbul
B.
Marfu’
C.
Musnadatan
D.
Muttasil
E.
Mardud
37). Hadits itu dikategorikan mardud karena ada beberapa faktor :…
A.
Sebab
hadits itu tidak syadz syadidah
B.
Tidak
terdapat ciri Shohih dan ciri Hasan
C.
Karena
tidak dzillah qobihah
D.
Karena
sanadnya yang muttasil marfu’
E.
Sebab
keshohihannya bukan lidzatihi
38). Ilmul
Jarhi adalah bagian dari
ilmujjarhi wat ta’dil, Ilmuj Jarhi :…
A.
Ilmu
yg membahas keadaan riwayat hadis yg diterima/tidak
B.
Ilmu
yang membahas tentang pencelaan riwayat hadits
C.
Ilmu
yang membahas keadaan perawi hadis dari segi diterima atau ditolaknya suatu
riwayat
D.
Ilmu
yang membahas penolakan riwayat ahli hadits
E.
Ilmu
yang membahas tentang penerimaan riwayat ahli hds
39). Dimana
dan kapankah lahirnya Imam An
Nasa’y ?
A.
di
Madinah al Munawaroh pada awal abad ke 2 H.
B.
di
Sijistan pada akhir abad ke 3 H
C.
di
Iraq pada abad I H.
D.
di
Khurasan pada akhir abad ke 2 H
E.
di
Mekkah al Mukarromah pada akhir abad ke 3 H.
40). Ada kelebihan dari Kitab Shohih Bukhory jika
dibandingkan dengan kitab shohih Muslim,
sebabnya adalah :………
A.
Shohih
Bukhori terdapat semua jenis hadits yang terinci
B.
Shohih
Bukhori bersambung sanad-sanadnya, Muslim tidak.
C.
Shohih
Bukhori telah terbukukan denagn rapi
D.
Sistimatika
dari kitab Shohih Bukhori lebih praktis, kitab shohih Muslim.tidak/kurang
sistimatis.
E.
Ada di dalam kitab Shohih Bukhori istimbath
fiqih, sedangkan kitab Shohih Muslim tidak ada.
KUNCI JAWABAN ILMU HADIST ( PAKET -2 )
1. D 11. B 21.
B 31. A
2. E 12. A 22. A 32. D
3. B 13. D 23. B 33. E
4. A 14. D 24. A 34. B
5. D 15. A 25. D 35. E
6. A 16. D 26. D 36. E
7. A 17. D 27. E 37. B
8. B 18. D 28. B 38. C
9. D 19. B 29. A 39. D
10. E 20. A 30. D 40. E