soal ilmu hadizt



Pilih salah satu jawaban yang paling tepat

1).         Yang dimaksud dengan Ilmu Hadits Riwayah adalah :
A.         Ilmu yang mempelajari apa yang bersumber dr sanad matan dan cara menerima dan menyampaikan hadis.
B.         Ilmu yang mempelajari hadis dirayah dan sanad
C.         Ilmu yang mempelajari apa yang bersumber dr sanad
D.         Ilmu yang mempelajari apa yang bersumber dr Nabi saw. baik perkataan,perbuatan,taqrir maupun sifatnya.
E.          Ilmu yang mempelajari Hadits Dirayah dan Mustalah

2).         Ilmu Hadits Dirayah berbeda dengan Riwayah, karena Ilmu Hadits Dirayah mengandung arti bahwa :………
A.         Ilmu yang mempelajari apa yang bersumber dari sanad
B.         Ilmu yang mempelajari apa yang bersumber dari Nabi saw. baik perkataan,perbuatan,taqrir maupun sifatnya.
C.         Ilmu yang mempelajari Hadits Riwayah dan Mustalah
D.         Ilmu yang mempelajari hadis Riwayah dan sanad
E.          Ilmu yang mempelajari sanad, matan dan cara menerima dan menyampaikan hadis,sifat2 Perawi dan lainnya.

3).         Betul atau tidaknya, bahwa ucapan, perbuatan, keadaan atau lain-lainnya yang orang hanya tahu bahwa ini bersumber dari Nabi saw. Hal ini dipelajari oleh suatu ilmu, yaitu:……                
A.         Ushulul Hadits                    
B.         Ilmu Hadits                                                                       
C.         Mustalah Sanad
D.         Ilmu Dirayah            
E.          Ilmu Riwayah

4).         Para Muhadditsin mulai menulis Ilmu Hadits Dirayah, pemulanya adalah…..
A.         Muhammad bin Abdurrahman Az Zuhry.
B.         Imam Anas bin Malik dalam al Muwattha’
C.         Syekh Muhammad bin Ismail An-Naisabury.
D.         Muhammad bin Syihab az Zuhry
E.          Abu Muhammad alhasan bin Abd.Rahman Arramaharmuzy


5).         IIlmu Hadits Riwayah ditulis Pemulanya  adalah : …..
A.         Muhammad bin Idris as Syafi’ dalam kitab al Um-nya.
B.         Muhammad Anas bin Malik dalam kitab al Muwattha’nya.
C.         Syekh Imam Muhammad bin Ismail ar Ramaharmuzy
D.         Ubaidillah Muhammad bin Syihab az Zuhry
E.          Muhammad Husain bin Abd.Rahman al Kirmany

6).         Al-Qur’an dan hadits tidak ada bedanya,karena sama-sama wahyu dari Allah SWT, dan sama-sama menggunakan bahasa Arab, sehingga  Nabi tidak menyuruh dan tidak mengijinkan sahabat menulis hadis,…
A.         Ada kekhawatiran Nabi kalau-kalau al-qur’an bercampur dengan hadits
B.         Hidupnya Islam baru saja di Mekah atau Madinah, belum tersebar keluar.
C.         Umat Islam yang baru itu menjadi sesat dengan bercampur antara ayat dan hadits
D.         Nabi saw tidak membatasi para sahabat untuk menghafalkan al-qur’an dan hadits
E.          Sahabat menyamakan kedudukan antara al-Qur’an dan Hadits.


7).         Kapankah  resminya awal Pembukuan Hadits  ?
A.         Sekitar antara th 99-101 H,masa Khalifah Umar bin Abd.Aziz bin Umar bin Khattab  ra.
B.         Di kala Kekhalifahan Umar bin Khattab  ra.sekitar antara thn  13-25 H.
C.         Saat  Kekhalifahan Abu Bakar as Shiddiq ra. antara thn 11-13 H.
D.         Pada waktu Kekhaalifahan Mu’awiyah bin Abi Shofyan ra. antara thn 40-50 H.
E.          Pada waktu Kekhaalifahan  Harun Ar Rasyid ra.antara tahun 150-158 H

8).         Khalifah memrintahkan kepada Gubernur  untuk membukukan Hadits  secara resmi, yaitu kepada:……  ?                  
A.         Yazid bin Mu’awiyah bin Abi Shofyan Gubernur Syam.
B.         Kepada Abu Bakar bin Muhammad bin Amir bin Hazm
C.         Abdullah bin Amru bin Ash selaku Gubernur Mesir.
D.         Umar bin Abdul Aziz bin Umar bin Khatthab ra.selaku Gub.Syria
E.          Gubernur Mekkah, Abu Umar bin As’ary.

9).         Perbedaan antara “Menerima riwayat hadits dengan cara Munawalah dan Cara Wijadah” ?
A.         Wijadah memperoleh kitab hadits langsung dari gurunya
B.         Munawalah, perawi hadits hanya menemukan tulisan saja.
C.         Munawalah, Murid menemukan tulisan hadits,tahu pemiliknya
D.         Pada Wijadah, murid mendapatkan tulisan dan dia tahu penulisnya tanpa sima’i dan qira’ah.
E.          Munawalah, guru mengijinkan murid meriwayatkan hadis.

10).     Dimana Perbedaan Antara menerima Riwayat  hadits dengan cara”Ijazah” dan Mukatabah ?
A.         Murid datang kpd guru dg membawa tulisan,itu mukatabah
B.         Murid harus membawa catatan,guru yg menulis,itu mukatabah
C.         Pada Ijazah,akhir pembelajarannya,siswa menerima STTB.
D.         Pada Mukatabah,Gura harus tahu Kitab sumbernya.
E.          Murid yg diijazahi oleh Guru itu, Syaratnya bahwa murid cepat paham dan dlobith.

11).     Sistem Penerimaan Riwatyat hadits dengan cara”Samai” adalah:…
A.         Murid itu mendekte Hadist, Guru mendengarkan bacaan murid itu.
B.         Mendengarkan lafadz yang didiktekan kepadanya atau oleh orang lain yg mendektenya atas perintah guru.
C.         Guru dan murid silih berganti membacakan Hadist.   
D.         Murid hanya mendengarkan saja bacaan Guru tidak boleh diwakilkan.
E.          Guru tidak boleh membacakan Hadist,tetapi menyuruh org lain membacakan Hadist  dan Guru yg mendengarkanya.

12).     Cara dalam penerimaan riwayat hadits itu banyak cara, misalnya:…..
A.         Al Washiyah wal I’lam.
B.         Riwayah wal Irsal
C.         Assyahadatu  wal Ijazah
D.         Mukatabah was sirriyah
E.          Qira’ah Sab’iyah wa Munawalatul luqotho

13).     Sighat menyampaikan riwayat hadits yg tepat itu banyak,misalnya:…..
A.         Dalam al qira’ah menggunakan lafadz:
و  اسمع  من  غيره  ات سمعت عن الشيخ  و قر                     
B.         Dlm Mukatabah, menggunakan lafadz:
كتب  الشيخ  الحديث  و  اسمع  من  غيره                  
C.         Dalam al Washiyah,menggunakan lafadz:
المسلم  من سلم  المسلمون  من لسانه و يده                      
D.         Dlm al Munawalah,menggunakan lafadz:
هذه روايتي  فارو  الحديث
E.          Dlm Sama’i, menggunakan lafadz:
اعلمنئ فلان   و  الشيخ              
14).     Lafadz  dalam meriwayatkan hadits, tidak sesuai misalnya :….
A.         (  المكاتبة  )          كتب  الشيخ  و يروئ  الحديث                
B.         (الوجادة )     وجدت بخط  فلان                                            
C.         (  فئ الاعلام  )  اعلمنئ فلان   و  الشيخ                               
D.         ( القراءة )   قراء الشيخ و  اسمع  من  غيره                       
E.          (  المناولة   )    هذه روايتي  فارو  الحديث                      

15).     Setiap generasi Perawi hadits sejak masa Sahabat sampai Perawi terakhir, hadis diriwayatkan oleh lebih dari 10 orang, tidak mungkin mereka sepakat utk berdusta, Riwayat hadits seperti ini dinamakan:
A.         Mutawatir                       
B.         Shohih                            
C.         Masyhur
D.         Mustafidz
E.          Ahad

16).     رفع  رسول الله  ص م  يدين  فى  كل دعاء             
Lafadz Hadits diatas termasuk kategori hadits:..........
A.         Mutawatir Lafdzy
B.         Mustafidl                              
C.         Ahad wal Azis
D.         Mutawatir Ma’nawy
E.          Mutawatir ‘Amaly.

17).     Dalam memberikan pemahaman kedudukan hadits Mutawatir
A.         Bersifat Dhorury(Pasti)      
B.         Wahn (Lemah)                   
C.         Wahm (Prasangka)
D.         Bersifat Aqliyah (Rasional)
E.          Nadloriyah(Relatif)

18).     Definisi dari Hadits Ahad adalah:….
A.         Hadits yg diriwayatkan oleh  2 org  pada setiap generasi
B.         Hadits ini memang benar-benar populer seutuhnya
C.         Hadits yang sudah populer dalam beramal dengannya
D.         Jumlah Perawi setiap generasi kurang dari 9 orang
E.          Jumlah perawinya banyak, tetapi hanya 1 generasi saja.

19).     Hadits Masyhur  artinya adalah …
A.         Hadits yg diriwayatkan olh sejumlah rawi lebih dr 2 orang hingga kurang dari 10 orang hanya satu generasi
B.         Hadits yg diriwayatkan olh sejumlah rawi banyak kurang dari jumlah 9 orang,dan sepakat untuk tidak berbohong
C.         Hadits yg diriwayatkan olh sejumlah rawi lebih dr 2 orang  hingga lebih dari 10 orang tiap generasi
D.         Hadits yg diriwayatkan olh sejumlah rawi lebih dr 10 orang  
E.          Hadits yg diriwayatkan olh sejumlah rawi yg terkenal tdk palsu

20).     Salah satu contoh hadits yang masyhur adalah …
A.         الايمان بضع وسبعون شعبة                                       
B.         المسلم من سلم المسلمون من لسانه ويده
C.         الاضرر ولا ضرارا
D.         من كذب علي متعمدا فليتبوأمنقعده من النار  
E.          انت ومالك لابويك

21).     “ Hadits Shohih” menurut arti dalam Kamus yang tepat adalah …
A.         berita yang sah-sah saja
B.         pembicaraan yang benar
C.         omongan yang sehat
D.         berita yang sah
E.          informasi yang pas

22).     Rowi yang adil, menjadi salah satu syarat dari …
A.         Shohihnya sebuah hadits
B.         Dapat dijadikan hujjah sebuah hadits
C.         Mendapat murid yang banyak
D.         Mendapatkan guru /Shekh yang banyak
E.          Tidak putusnya sanad hadits
23).     Jika sebuah hadits itu jelas-jelas shohih, maka artinya ….
A.         Kita boleh saja beramal dengan hadits shohih
B.         Kita wajib beramal dengan hadits shohih
C.         Disunnahkan mengamalkan hadits shohih
D.         Hadits bisa saja kita terima
E.          Hadits shohoh dijadikan sebagai alternatif

24).     من كذب علي متعمدا فليتبوأمنقعده من النار      

A.         Salah satu contoh hadits shohih lidzatihi
B.         Salah satu contoh hadits shohih lighoirihi
C.         Salah satu contoh hadits hasan lighoirihi
D.         Salah satu contoh hadits hasan lidzatihi
E.          Salah satu contoh hadits hasan shohih

25).     Jika dilihat dari sisi pengertiannya, maka hadits hasan itu …
A.         Hadits yang diriwayatkan oleh sanad yang bersambung, perawi yang adil, dhobit, tidak syadz, tidak dzillah.
B.         Hadits yg diriwayatkan oleh sanad yg bersambung, perawi adil, dhobit, tidah syadz, hanya sanadnya kadang terputus
C.         Hadits yg diriwayatkan oleh sanad yg bersambung,perawi  yg adil, dhobit, tidah syadz,hanya saja perawinya ada dzillahnya
D.         Hadits yang diriwayatkan oleh sanad yang bersambung, perawi yang adil, tidah syadz, tidak dzillah, hanya saja perawinya agak rendah kedhobitannya
E.          Hadits yang diriwayatkan oleh sanad yang bersambung, perawi yang adil, dhobit, tidah syadz, tidak dzillah, hanya saja perawinya kurang dhobit, ada syadz, dan ada dzillah.

26).     لولا ان اشف علي امتي لا مرتهم بالسواك عند كل صلاة
Hadit diatas sebenarnya shohih, hanya kategori …
A.         Shohih li dzatihi
B.         Hasan li ghairihi dan Hasan bi nafsihi
C.         Hasan bi nafsihi dan Hasan bi ghairi  nafsihi
D.         Hasan li ghairihi
E.          Dloif Hasan  dan Shohih Hasan


27).     Dalam kedudukan dalan syari’ah, maka hadits hasan itu…
A.         Jangan menggunakan hadits hasan
B.         Makruh menggunakan hadits hasan
C.         Sunnah saja menggunakan hadits hasan
D.         Dianjurkan  menggunakan hadits hasan
E.          Dalam hujjah boleh mengambil hadits hasan

28).     Hadits itu dloif karena ada beberapa faktor,sebabnya adalah …
A.         jarang digunakan orang dalam berhujjah
B.         tidak memiliki ciri hadits hasan dan ciri hadits shohih
C.         perawinya orang-orang yang lemah ingatan
D.         memiliki ciri hasan, tetapi tidak ada ciri shohih
E.          tidak populer untuk digunakan hujjah.

29).     Dlm kedudukannya sebagai sumber syari’ah,maka Hadits Dloif…
A.         Tidak boleh dijadikan sumber hukum dan berhujjah
B.         Tidak layak dijadikan patokan dlm mengamalkan agama
C.         Mutlak tidak perlu diabaikan untuk diamalkan
D.         Mubah saja dijadikan sumber syari’ah dan berhujjah
E.          Wajib dipakai untuk fadloilul a’mal wa lil ‘ibadah

30).     Diantara Ulama ada yang berpendapat bahwa hadits dloif itu boleh dijadikan hujjah, dengan catatan bahwa hadits dloif tersebut:…
A.         Banyak orang senang dengan hal-hal yang dloif.
B.         Masalah kemaslahatan umat tidak diprioritaskan pada hadits
C.         Keamanan dan kenyamanan umat yang menjadi tujuan utama
D.         Jiwa hadits ini  dalam cakupan dasar syari’ah yang berlaku
E.          Hadits dloif itu banyak mencegah untuk berbuat kebajikan


31).     Ada pengertian bahwa Hadits Qudsyi memiliki  makna bahwa : ….
A.         Nabi meriwayatkan wahyu dari Allah SWT, dengan lafadz Nabi.
B.         Nabi saw menerima berita dari Jinril as. dan diucapkan olh Nabi
C.         Nabi saw menerima berita dari Usrofil as, dan dilafadzkan Nabi
D.         Rasul yang menjadi  sumbernya, Rasul sendiri yg melafadzkan
E.          Rasulullah saw.selaku sumber alqur’an dan sumber hadits .

32).     Jika al-Qur’an tidak sama dengan Hadits, maka Hadits qudsyi adalah:…
A.         Al-Qur’an dibaca di awal sholat,sedang Hds Qudsyi tidak diawal
B.         Al-Qur’an sbg mu’jizat,sedang Hadis Qudsyi bukan mu’jizat
C.         Al-Qur’an mutlak shohih, Hadits Qudsyi  hanya setingkat Hasan
D.         Hadits Qudsyi lafadnya dari Rasulullah sendiri maknanya dari Allah , sedangkan  al-Qur’an makna dan lafadnya dari Allah swt.
E.          Qur’an diriwayatkan dg makna sedang Hadis Qudsyi tidak .

33).                          عن  ابى هريرة  عن النبى ص م  قال قال تعالى         
انا  فى عون العبد  ما كان العبد في عون اخيه    االخ                  
Hadits diatas adalah termasuk hadits yang berkategori:
A.         Sunnah Qouliyah
B.         Sunnah Hammiyah            
C.         Shohih li ghairihi
D.         Hadits Nabawi.
E.          Hadits  Qudsyi

34).     Apabila ditinjau dari sisi sumber informasi untuk dasar syari’ah, maka ada  3 macam informasi tersebut, yaitu Al-Qur’an, Hadits Qudsyi dan…
A.         Hadits Mutawatir    
B.         Hadits Nabawi
C.         Haits Shohih
D.         Hadis Rabbaniya
E.          Hadits Ilahiyat

35).     Yang dimaksudkan dengan hadits Maqbul adalah hadits yang: ..
A.         Perawi tidak  menunjukkan kejujurannya dalam setiap haditsnya
B.         Dari sisi sanadnya, hadits menunjukkan sangat meyakinkan
C.         Kedlobithan Rawi sangat ditampilkan dalam penilaian hadits.
D.         Tidak menonjol kejujuran Rawinya dalam semua periwayatnnya
E.          Tampak menonjol kejujuran Rawi dlm semua riwayat haditsnya.

36).         عن عمر ابن الخطاب قال  قال رسول الله ص م
والله والنساء  لولا النساء  لعبد الله  حقا   الخ               
Hadits yang tertulis diatas nampak sekali, bahwa ia adalah:
A.         Maqbul
B.         Marfu’
C.         Musnadatan
D.         Muttasil
E.          Mardud

37).     Hadits itu dikategorikan mardud  karena ada beberapa faktor :…
A.         Sebab hadits itu tidak syadz syadidah
B.         Tidak terdapat ciri Shohih dan ciri Hasan
C.         Karena tidak dzillah qobihah
D.         Karena sanadnya yang muttasil marfu’
E.          Sebab keshohihannya bukan lidzatihi

38).     Ilmul  Jarhi  adalah bagian dari ilmujjarhi wat ta’dil, Ilmuj Jarhi :…
A.         Ilmu yg membahas keadaan riwayat hadis yg diterima/tidak
B.         Ilmu yang membahas tentang pencelaan riwayat hadits
C.         Ilmu yang membahas keadaan perawi hadis dari segi diterima atau ditolaknya suatu riwayat
D.         Ilmu yang membahas penolakan riwayat ahli hadits
E.          Ilmu yang membahas tentang penerimaan riwayat ahli hds

39).     Dimana  dan kapankah  lahirnya Imam An Nasa’y   ?
A.         di Madinah al Munawaroh pada awal abad ke 2 H.
B.         di Sijistan pada akhir abad ke 3 H
C.         di Iraq  pada abad I H.
D.         di Khurasan pada akhir abad ke 2 H
E.          di Mekkah al Mukarromah pada akhir abad ke 3 H.

40).     Ada kelebihan dari Kitab Shohih Bukhory jika dibandingkan dengan  kitab shohih Muslim, sebabnya adalah :………
A.         Shohih Bukhori terdapat semua jenis hadits yang terinci
B.         Shohih Bukhori bersambung sanad-sanadnya, Muslim tidak.
C.         Shohih Bukhori telah terbukukan denagn rapi
D.         Sistimatika dari kitab Shohih Bukhori lebih praktis, kitab shohih Muslim.tidak/kurang sistimatis.
E.          Ada di dalam kitab Shohih Bukhori istimbath fiqih, sedangkan kitab Shohih Muslim tidak ada.





KUNCI  JAWABAN ILMU HADIST ( PAKET -2 )

1.   D                     11. B                           21. B                           31. A  
2.   E                      12. A                           22. A                           32. D
3.   B                     13. D                           23. B                           33. E
4.   A                     14. D                           24. A                           34. B
5.   D                     15. A                           25. D                           35. E
6.   A                     16. D                           26. D                           36. E   
7.   A                     17. D                           27. E                            37. B
8.   B                     18. D                           28. B                           38. C
9.   D                     19. B                           29. A                           39. D
     10. E                       20. A                           30. D                           40. E