Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1. Nama-nama lain kalam
adalah ...
A.
Ushuluddin,
Tafsir, dan Asbabun Nuzul
B.
Ushuluddin,
Tauhid, dan Akidah
C.
Ushul Fiqih,
Ushuluddin, Tauhid
D.
Akidah,
Qawaid Fiqih, dan Ilmu Asbabun Nuzul
E.
Kaidah,
Fiqih, Tauhid, dan Akidah
2. Ilmu kalam dinamakan
ilmu Ushuluddin karena ...
A.
menjelaskan
dasar-dasar aqidah Islam
B.
menjelaskan
dasar-dasar ushul fiqh
C.
menjelaskan
dasar-dasar bahasa Arab
D.
menjelaskan
dasar-dasar ilmu filsafat
E.
menjelaskan
dasar-dasar perbuatan mukallaf
3. Ilmu kalam adalah ilmu
yang ...
A.
membahas
tentang sejarah akidah
B.
membahas
tentang akidah Islamiyah
C.
membahas
tentang sejarah turunnya Al-Qur’an
D.
menerangkan
kaidah-kaidah ilmu tashawwuf
E.
menghubungkan
antara teolog
4. Ilmu kalam menurut
Imam al-Ghazali yaitu ilmu yang ...
A.
membahas
tentang akhlak dalam al-Qur’an dan Sunnah
B.
menjaga
keyakinan Ahl al-sunnah wal jama’ah dari gangguan ahli bid’ah
C.
menjelaskan
akidah secara filsafi
D.
ilmu yang
mamaparkan gagasan para teolog
E.
mendahulukan
logika dalam menjaga keyakinan Ahl al-sunnah wal jama’ah
5. Berikut ini adalah
hal-hal yang dibahas dalam ilmu kalam, kecuali
...
A.
ilmu
pengetahuan dan teknologi
B.
pelaku dosa
besar
C.
kekuatan
Tuhan dan kekuasaan manusia
D.
perbuatan
Allah dan manusia
E.
Irodah,
Qudrah, sifat, wahyu, dan akal
6. Ilmu kalam mempunyai
peranan utama dalam menjaga akidah, kecuali
...
A.
meletakkan
dasar-dasar ilmu tashawwuf
B.
membangun
ketauhidan
C.
memberikan
argumentasi atau dalil-dalil akidah yang lurus
D.
menjelaskan
kedudukan wahyu dan akal
E.
menjelaskan
aliran-aliran akidahl
7. Ilmu kalam mempunyai peranan utama dalam Kajian
ilmu kalam yang bersifat internal (ke
dalam) adalah ...
A.
memperkuat
keyakinan umat Islam terhadap agama Islam
B.
membersihkan
Islam dari orang-orang Yunani
C.
mensosialisasikan
ilmu kalam kepada non Islam
D.
memperbanyak
debat agama sebagai solusi
E.
mempelajari
berbagai aliran agama
8. Dalil-dalil yang bersumber pada Al-Qur’an dan
hadits-hadits yang shahih disebut ...
A.
Dalil naqli
B.
Dalil aqli
C.
Wajib
D.
Mustahil
E.
Jaiz
9. Dalil-dalil yang bersumber dari akal pikiran
disebut ...
A.
Dalil naqli
B.
Dalil aqli
C.
Wajib
D.
Mustahil
E.
Jaiz
10. Akidah pada zaman Nabi SAW tidak diwarnai
banyak perdebatan dan perbedaan antara sahabat. Hal itu karena ...
A.
menyatunya
akidah di bawah bimbingan Nabi
B.
agama tidak
boleh ditafsirkan berbeda
C.
mereka
mengharamkan beda pendapat
D.
masyarakat
masih awam
E.
tidak paham
dengan ajaran baru
11. Ajaran aqidah (tauhid) tidak terbatas pada
umat Nabi tertentu, sebagaimana terdapat dalam ...
A.
Surat
an-Nahl: 63
B.
Surat
an-Nahl: 36
C.
Surat
Ali-Imran: 63
D.
Surat
Ali-Imran: 36
E.
Surat
an-Nahl: 65
12. Keadaan akidah pada
masa al-Khulafa al-Rasyidin adalah ...
A.
terkontaminasi
agama Yahudi
B.
bebas dari
bid’ah dan khurafat
C.
bercampur
dengan paham Yunani
D.
terpecah
menjadi tujuh puluh tiga Golongan
E.
bercampurnya
akidah dengan filsafat
13. Faktor yang menyebabkan lahirnya ilmu kalam
adalah ...
A.
perdebatan
seputar kalamullah
B.
lahirnya para
ilmuwan
C.
gejolak
ekonomi
D.
pendidikan
dan kebudayaan yang tidak baik
E.
umat Islam
terpecah belah karena serangan non muslim
14. Berikut ini adalah faktor yang menyebabkan
lahirnya aliran-aliran dalam ilmu kalam, kecuali ...
A.
gerakan
penerjemahan
B.
ayat-ayat
mutasyabihat
C.
gejolak
ekonomi
D.
wafatnya
Rasulullah
E.
ekpansi Islam
keluar wilayah
15. Masalah pokok yang menyebabkan perpecahan umat
Islam setelah wafatnya Rasulullah SAW adalah ...
A.
Khilafah
B.
Keadilan
C.
baitul Mal
D.
ekonomi
E.
harbu
16. Ayat-ayat yang
maksudnya hanya ada dalam ilmu Allah SWT adalah disebut ...
A.
Ayat Muhkamat
B.
Ayat
Mutasyabihat
C.
Ayat Kuniyat
D.
Ayatul Ahkam
E.
Ayat
Ghaibiyat
17. Sedangkan ayat-ayat yang dapat diketahui
maksudnya baik dengan penjelasan atau dengan ta’wil disebut ...
A.
Ayat Muhkamat
B.
Ayat
Mutasyabihat
C.
Ayat Kuniyat
D.
Ayatul Ahkam
E.
Ayat Ghaibiyat
18. Aliran Khawarij
muncul pada zaman Ali bin Abi Thalib, dilatarbelakangi oleh ...
A.
Ali yang
menerima Tahkim
B.
Perlawanan
terhadap Khalifah Ali
C.
Hebatnya
kelompok Muawiyah dalam berpolitik
D.
Menuntut
pembunuhan Usman
E.
Mendirikan
Imamah baru
19. Di antara tokoh
Khawarij adalah ...
A.
Muawiyah bin
Abi Sufyan
B.
Hasan
Al-Basri
C.
Abdullah bin
Abi Wahab al Rasidy
D.
Abdullah bin
Abbas
E.
Abu Musa
al-Asy’ari
20. Aliran Murji’ah
berpendapat bahwa ...
A.
iman tidak
wajib diamalkan
B.
mendahulukan
perbuatan dari iman
C.
perbuatan
dosa tidak terampuni
D.
memberi
harapan kepada pelaku dosa besar bertaubat
E.
keputusan
mudah berubah
21. Yang merupakan aliran
Murji’ah adalah ...
A.
Murji’ah
Salafi
B.
Murji’ah
Klasik
C.
Murji’ah
Mu’tazili
D.
Murji’ah
Ghulat
E.
Murji’ah
Sunny
22. Aliran yang mengatakan bahwa orang yang
berbuat dosa besar tidak dihukumi kafir, mereka masih tetap dianggap sebagai
orang mukmin. Sedang mengenai dosanya diserahkan kepada Allah adalah ...
A.
Syi’ah
B.
Khowarij
C.
Mu’tazilah
D.
Murji’ah
E.
Qodariyah
23. Dua tokoh dari aliran
Qodariyah yaitu ...
A.
Ma’bad Al-Juhani
dan Ghailan al-Dimasyqi
B.
Sufyan Yazid
dan Malik bin Marwan
C.
Syamsudin
Al-Ala dan Ahmad Ghulam
D.
Ibrohim
as-Samarqandi dan Ibnu Ataillah
E.
Abdurrahman
dan Abdullah
24. Latar belakang
penamaan aliran Qodariyah adalah ...
A.
Allah tidak
memberikan kekuasaan kepada manusia
B.
Manusia tidak
punya kekuatan terhadap Irodah Allah
C.
Manusia
memiliki kekuasaan untuk mewujudkan perbuatannya
D.
Kekuatan
manusia diwujudkan oleh Allah
E.
Kekuasaan
Tuhan terhadap manusia sangat kuat
25. Inti ajaran Jabariyah
adalah ...
A.
menusia tidak
mampu untuk mewujudkan perbuatannya
B.
kekuatan
Allah tidak mutlak terhadap perbuatan manusia
C.
membebaskan
manusia dalam memilih
D.
manusia
mempunyai hak menolak atau menerima
E.
Tuhan tidak
berhak menuntut perbuatan manusia
26. Sesungguhnya
Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang
ada pada diri mereka sendiri. (Ar-Ra’ad: 17) Ayat ini sejalan dengan aliran
...
A.
Jabariyah
B.
Murji’ah
C.
Mu’tazilah
D.
Qodariyah
E.
Syi’ah
27. Yang melatarbelakangi
lahirnya aliran Mu’tazilah adalah ...
A.
posisi orang
yang murtad
B.
posisi orang
yang baru masuk masuk Islam
C.
posisi orang
yang melakukan dosa besar
D.
posisi orang
yang lari dari perang
E.
posisi orang
yang melakukan makar
28. Di bawah ini adalah
pokok-pokok ajaran Mu’tazilah, kecuali
...
A.
Al-Akhlakul-Karimah
B.
At-Tauhid
C.
Al-‘Adlu
D.
Al-Wa’du Wal
Wa’ied
E.
Al-Manzilatu
Bainal Manzilatain
29. Tokoh Asy’ariyah
adalah Abu Hasan bin Ismail Al Asy’ari. Beliau adalah murid ...
A.
Wasil bin
Atho’
B.
Imam Ghozali
C.
Abu Ali
Al-Jubba’i
D.
Al-Mu’tashim
E.
Abbas
Al-Makmun
30. Pokok permasalahan dalam perdebatan antara
Washil bin Atha dengan Hasan Al-Basri adalah bahwa dosa besar disebut ...
A.
munafik
B.
kafir
C.
tetap beriman
D.
antara mukmin
dan kafir
E.
tetap masuk
surga selama mengakui Allah
31. Dua tokoh
al-Maturidyah dari Al-Samarkand dan Bukhara yaitu ...
A.
Muhammad
Al-Kasim dan Mahmud As-Sholin
B.
Abu Mansur
dan Abu Yasir Al-Badzawi
C.
Muhammad bin
Abdul Karim dan Abi Yasir
D.
Abu Mansur
dan Abu Musa al-Asy’ari
E.
Abu Hanifah
dan Muhammad bin Zakariyah
32. Kalau Imam Asy’ari lebih mendahulukan
penggunaan dalil naqly dalam beristidlal, maka Al-Maturidi lebih menggunakan
dalil aqly. Hal ini karena Al-Maturidi adalah pengikut ...
A.
Madzhab
Syafi’i
B.
Madzhab
Hambali
C.
Madzhab
Hanafi
D.
Madzhab Ahli
Dzahir
E.
Madzhab
Salafy
33. Kalau kita sudah mengenal Tuhan dan Rasul-Nya
maka itu sudah cukup, sudah menjadi mukmin, sedang perbuatan hanya merupakan
soal kedua, adalah menurut pendapat ...
A.
Asy’ariyah
B.
Syi’ah
C.
Mu’tazilah
D.
Murji’ah
E.
Khowarij
34. Iman itu bukan hanya pengakuan dalam hati dan
ucapan dengan lisan, tetapi amal ibadah menjadi rukun iman juga. Pendapat ini
adalah dari golongan ...
A.
Asy’ariyah
B.
Syi’ah
C.
Mu’tazilah
D.
Murji’ah
E.
Khowarij
35. Segala kewajiban manusia hanya dapat diketahui
dengan wahyu, akal tak dapat membuat sesuatu menjadi wajib, adalah pendapat ...
A.
Asy’ariyah
B.
Syi’ah
C.
Mu’tazilah
D.
Murji’ah
E.
Khowarij
36. Pendapat Mu’tazilah
tentang kehendak, kekuasaan dan perbuatan Tuhan adalah ...
A.
Allah tidak
wajib berbuat baik untuk hamba-Nya
B.
Allah bebas
berbuat baik/buruk terhadap hamba-Nya
C.
Kehendak
Allah mutlak, sehingga tidak ada sesuatu yang wajib baginya
D.
Allah tidak
berbuat dan berkehendak kecuali yang baik bagi hamba-Nya
E.
Allah berbuat
tehadap hamba-Nya sesuai dengan usaha hamba-Nya
37. Mu’tazilah berpendapat bahwa Allah tidak akan
membebani manusia dengan sesuatu yang ia tidak mampu melakukannya, dengan
alasan ...
A.
karena hal
itu bertentangan dengan adilnya Allah
B.
karena hal
itu tidak menunjukkan bijaknya Allah
C.
karena
manusia tidak akan melakukannya
D.
karena hal
itu bertentangan dengan Sunnatullah
E.
karena
manusia akan terpaksa
38. Manusia memiliki kehendak tetapi kehendak itu
tunduk pada kehendak Allah dalam segala kondisi. Perbuatan manusia adalah
ciptaan Allah dan usaha manusia. Pernyataan ini adalah pendapat ...
A.
Mu’tazilah
B.
Asy’ariyah
C.
Khowarij
D.
Syi’ah
E.
Salafiyah
39. Al-Qur’an merupakan firman Allah dan wahyu-Nya
bukan makhluk, bagi yang mengatakan bahwa Al-Qur’an itu makhluk, ia telah
kafir. Ini merupakan pendapat ...
A.
Ahlu Sunnah
B.
Asy’ariyah
C.
Maturidiyah
D.
Khowarij
E.
Salafiyah
40. Pendapat Mu’tazilah sebagaimana yang
dikemukakan al-Juba’i tentang sifat dan zat (esensi) Tuhan adalah ...
A.
Tuhan
mempunyai sifat-sifat yang sesuai dengan zat-zat-Nya
B.
Sifat-sifat
Tuhan bukanlah zat-Nya
C.
Tuhan
mengetahui dengan zat-Nya
D.
Tuhan
mengetahui dengan pengetahuan
E.
Tuhan
mempunyai sifat-sifat dan sifat-sifat bukan zat-Nya
KUNCI JAWABAN ILMU KALAM ( PAKET -1 )
1. B 11. B 21.
A 31. B
2. A 12. B 22. D 32. C
3. C 13. A 23. A 33. D
4. E 14. B 24. C 34. D
5. A 15. A 25. A 35. A
6. A 16. B 26. D 36. D
7. A 17. A 27. C 37. A
8. A 18. A 28. A 38. B
9. B 19. C 29. C 39. A
10.
A 20. D 30. D 40. A