Langkah-langkah Mencapai Pola Hidup Sehat

Tetap dalam keadaan sehat merupakan dambaan semua orang, agar dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari untuk bekerja menghidupi diri, keluarga, masyarakat dan bangsa. Pada Deklarasi Vientiane tentang gaya hidup sehat Asean, diartikan sebagai praktek perilaku dan praktek sosial yang mendukung kesehatan dan merupakan cerminan dari nilainilai dan jati diri dari kelompok dan masyarakat dimana penduduk hidup dan menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk memenuhi kehidupan ekonomi, sosial dan lingkungan fisik.
Kesehatan dipengaruhi banyak faktor, ada faktor bawaan, faktor yang didapat sejak lahir dan faktor lingkungan. Ada yang bisa disikapi atau disiasati tapi ada yang harus diterima apa adanya, kalau orang yang tinggal di kota harus bersiap untuk menghirup udara yang tercemar polusi, bekerja malam harus mengorbankan tidur malam dan sebagainya.
Hidup sehat dan benar itu hanya dengan empat kalimat, yaitu: makan yang pantas, berolahraga dengan teratur, stop rokok dan alkohol, serta mental dan bathin tenang dan seimbang. Dengan empat kalimat tersebut menurut sebuah penelitian, penyakit tekanan darah tinggi berkurang 55%, stroke dan jantung koroner berkurang 75%, diabetes berkurang 50%, tumor berkurang 35%, dan usia rata-rata dapat diperpanjang 10 tahun ke atas dari rata-rata usia harapan hidup manusia.
Oleh karena itu, untuk mewujudkan semua hal tersebut, maka ada enam tips mengenai cara menghargai hidup agar berjalan dengan teratur dan sesuai dengan yang diharapkan. Tips tersebut antara lain :

a. Udara Bersih
Udara bersih dan segar merupakan hal pokok untuk hidup sehat. Sepanjang hari dan saat tidur malam hari, ventilasi yang cukup dalam rumah dan tempat kerja menjamin bahwa darah kita akan selalu mendistribusikan cukup oksigen pada setiap jaringan tubuh. Menghirup udara pagi juga merupakan salah satu cara yang baik untuk melancarkan kelangsungan oksigen didalam tubuh.

b. Sinar Matahari
Sinar matahari bermanfaat bagi tubuh apabila tidak berlebihan dan diperoleh pagi hari. Cahaya matahari banyak memberikan keuntungan, di antaranya adalah sebagai berikut.
1) 15–30 menit di bawah sinar matahari tiap harinya baik pagi maupun sore membantu tubuh untuk mensintesa vitamin. Contohnya vitamin D yang berguna untuk menghasilkan Ca dan F yang berfungsi dalam membangun dan memperbaiki tulang.
2) Cahaya matahari bisa membunuh bakteri.
3) Cahaya matahari menolong seseorang untuk beradaptasi dengan dunia malam atau depresi terhadap musin dingin.


c. Istirahat
Tubuh harus dapat istirahat untuk memperbaiki dirinya sendiri. Kita harus menyediakan waktu berekreasi dan beristirahat untuk menghilangkan ketegangan dalam pekerjaan. Tanpa istirahat yang cukup orang sering kali gugup tiap kali berbicara, depresi dan mudah tersinggung, maka istirahat yang cukup itu perlu.

d. Gerak Badan
Gerak badan atau olahraga penting bagi kesehatan kita, karena :
1) Gerakan badan membantu untuk menormalkan tekanan darah.
2) Gerakan badan membiarkan lebih banyak darah mencapai setiap jaringan tubuh untuk mempertahakan kehangatan.
3) Gerakan badan memberikan energi listrik ke otak dan sel-sel saraf, hal ini memberikan kesehatan dengan merangsang sistem kekebalan tubuh.
4) Gerakan badan menjaga badan agar tampak segar dan bugar.

e. Air
Air sangat dibutuhkan setiap sel dalam tubuh kita. Oleh karena itu, kita harus banyak minum air. Hal itu perlu dilakukan karena hal berikut.
1) Dalam ukuran berat, tubuh berisi kurang lebih 70 % air.
2) Tubuh membutuhkan kira-kira dua liter air setiap harinya untuk menjalankan setiap fungsinya, sebagian dari fungsi itu termasuk sirkulasi darah, pembuangan, penyaluran gizi, dan pencernaan.
3) Kadar air di dalam sel kira-kira 70-85 % sehinga kita menjaga keseimbangannya dengan minum air secukupnya. Selain minum air, mandi dengan air dingin atau hangat pun juga mempergaruhi hidup sehat. Karena hal tersebut dapat meningkatkan sirkulasi dan menambah energi bagi tubuh dan pikiran juga dapat mengendurkan saraf yang terganggu.

f. Gizi yang Benar
Saat penciptaan, Allah mengintruksikan Adam dan Hawa untuk makan-makanan berupa kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, hal itu karena daging hewan yang mengandung lemak, jenuh kolesterol dapat meningkatakan resiko tekanan darah tinggi, stroke, sakit gula, dan lain-lain.
Menurut penelitian, orang yang sering mengkonsumsi sayur-sayuran atau vegetarian lebih sehat dan hidup lebih lama. Untuk itu cobalah untuk kembali mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, kacangkacangan, dan sebagainya. Agar hidup bisa lebih sehat maka pilihlah menu makanan sebagai berikut.
1) Meningkatkan jumlah lemak tidak jenuh ganda dalam makanan.
2) Memilih makanan yang berserat tinggi.
3) Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang berserat.

Selain enam prinsip rahasia hidup sehat di atas, kita juga harus tahu sepuluh prinsip hidup seimbang. Karena hidup seimbang mengarahkan kita untuk hidup lebih sehat lagi. Sepuluh prinsip tersebut adalah sebagai berikut.
1) Jangan merasa tidak mempunyai waktu untuk semua yang berkaitan dengan diri sendiri.
2) Berlibur
3) Belajar untuk menghadapi semua perubahan hidup.
4) Berpikir positif dalam menghadapi berbagai masalah.
5) Usahakan realistis terhadap kondisi yang ada.
6) Berusaha berdamai dengan kondisi yang tidak disukai.
7) Mengatur waktu seefektif mungkin.
8) Menyadari bahwa tidak semua hal bisa kita capai.
9) Mencoba menerima kondisi yang ada, karena sesulit apapun masalah pasti ada jalan keluarnya.
10) Ketika kita tidak menyukai sesuatu kita harus berfikir positif bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna.