SOSIOLOGI GENAP X




1.      Berikut ini yang tidak termasuk orang-orang yang sangat berarti bagi anak pada masa pertumbuhannya
adalah ....
a. ayah                   b. Tetangga                 c. Ibu               d. Kakak         e. Pengasuh
2. Berikut ini yang tidak termasuk media sosialisasi adalah ....
a. teman sepermainan                    b. Keluarga                  c. Pasar            d. Sekolah       e. Media massa
3. Untuk pembentukan kepribadian yang sejalan dengan tata nilai dan norma yang menjadi pedomannya, merupakan arah sosialisasi bagi ....
a. anak-anak dan remaja                b. Orang dewasa                                 c. Orang yang sudah bekerja
d. ibu-ibu rumah tangga                e. Bapak-bapak yang bekerja di bidang jasa
4. Sosialisasi yang berperan aktif dalam mengenalkan nilai dan norma melalui ayah, ibu dan saudara, merupakan bentuk sosialisasi ....
a. aktif                   b. Pasif            c. Represif       d. Primer         e. Sekunder
5. Proses sosial berlangsung ....
a. ketika anak masih bayi                          b. Ketika anak belum memasuki masa remaja
c.  setelah anak memasuki remaja             d. Ketika seseorang telah dewasa
e. seumur hidup
 6. Sosiaisasi represif adalah sosialisasi yang menekankan pada ....
a. keikutsertaan seseorang             b. Pengawasan dan pemberian hukuman
c. anak-anak dan remaja                d. Orang dewasa
e. masyarakat luas
7. Proses sosialisasi di mana seorang anak dapat melakukan peniruan yang belum sempurna terjadi pada usia ....
a. balita                  b. 5-12 tahun               c. 12-15 tahun             d. 16-30 tahun             e. 31-60 tahun

8. Banyak remaja yang bersikap dan bergaya seperti artis idolanya. Hal hasil sosialisasi ....
a. primer                                                    b. Sekunder
c. Represif                                                 d. Preventif                 e. Subkebudayaan menyimpang
9. Dalam kehidupan bermasyarakat sekarang ini, media sosialisasi yang paling dominan dan menarik  dan masyarakat luas adalah ....
a. majalah              b. Radio                      c. Play station              d. Televisi                    e. Bahasa lisan
10. Norma kesopanan adalah peraturan sosial yang menyangkut pada ....
a. sesuatu yang dianggap baik dan buruk
b. sesuatu aturan yang mutlak
c. aturan tentang perilaku yang diulang-ulang
d. bagaimana seseorang bertingkah laku yang wajar
e. peraturan yang memaksa seseorang berperilaku sesuai dengan keinginan pembuat aturan
 11.  Cara yang paling efektif dan efisien dalam menolong orang yang kecanduan  narkoba dengan cara ....
a. operasi osis buntu                                  b. Operasi plastik                    c. Memakai obat tertentu
d. pendekatan psikososial                         e. Pendekatan individual
12. Hal yang terpenting dalam upaya menegakkan disiplin dan mencegah perilaku menyimpang adalah ....
a. memberi hukuman yang berat               b. Mengekang pergaulan remaja
c. melakukan pengendalian sosial             d. Memberi teguran kepada setiap orang
e. membatasi tingkah laku orang lain
13. Memakai obat atau narkotika tanpa dasar atau tanpa adanya pembenaran medis dan dilakukan dengan tidak bertanggung jawab disebut ....
a. memaksimalkan fungsi narkoba                        b. Pemakaian narkoba
c. penyalahgunaan narkoba                                   d. Pemanfaatan narkoba
e. pesta narkoba
14. Supaya masyarakat tertib dan disiplin maka diperlukan alat pengendalian sosial yang paling efektif, tegas, dan nyata sanksinya yaitu ....
a. teguran              b. Gosip                       c. Hukuman                 d. Cemohan                 e. Sapaan
15. Ajakan kepada pengemudi untuk mematuhi dan taat peraturan lalu lintas merupakan cara pengendalian sosial secara ....
a. preventif            b. Persuasif                  c. Represif                   d. Coercive                  e. Kuratif
16. Seseorang yang berperilaku menyimpang karena tidak disiplin dan melanggar norma-norma umum yang berlaku dalam masyarakat disebut ....
a. pembangkang    b. Pembandel              c. Penjahat                   d. Pelanggar                e. Pengecut
17. Pengedalian sosial yang bersifat pencegahan dan antisipatif terhadap terjadinya penyimpangan merupakan cara yang bersifat ....
a. persuasif            b. Represif                   c. Preventif                  d. Relatif                     e. Kondusif



18. Maksud dan tujuan pengendalian sosial adalah ....
a. mengawasi perilaku menyimpang         b. Agar di dalam masyakakat tercipta ketertiban dan keteraturan
c. menghukum bagi yang melanggar         d. Memberi peringatan terhadap perilaku yang menyimpang
e. memberi teguran terhadap perilaku menyimpang
19. Perilaku menyimpang yang sering dilakukan oleh sebagian besar remaja hanya karena rasa solidaritas kelompok dan kurang bisa melakukan pengendalian diri adalah ....
a. pelecehan seksual                                  b. Perjudian                
c. Korupsi                                                  d. Tawuran antar pelajar
e. Pencurian
20. Di dalam masyarakat tradisional ada warga yang dikucilkan atau diusir dari lingkungan masyarakatnya. Lembaga pengendalian sosial tersebut adalah ....
a. pemerintah                     b. Adat istiadat           c. Polisi            d. Pengadilan  e. Tokoh masyarakat
21. Gosip yang tersebar di masyarakat merupakan contoh dari sifat pengendalian sosial ....
a. kotraversi                                   b. Koersif                    c. Persuasif      d. Represif      e. Preventif
22. Pengendalian sosial adalah .....
a. penertiban perilaku warga masyarakat yang menyimpang dari nilai dan norma sosial
b. mengarahkan masyarakat pada perilaku tertentu yang dikehendaki
c. melarang masyarakat berperilaku tertentu yang dikehendaki
d. mengontrol semua perilaku masyarakat
e. memberi contoh kepada masyarakat kearah perilaku yang terpuji
23. Sekolah dapat berperan sebagai lembaga pengendali sosial karena ....
a. bersifat mengikat                       b. Bersifat mempengaruhi       c. Bersifat mendidik  
d. bersifat mengatur                      e. Memeliki aturan
24. Tokoh masyarakat dapat berperan sebagai lembaga pengendali sosial karena mempunyai ....
a. kekuatan                        b. Kekuasan                c. Kekayaan                d. Pengaruh     e. Teladan
25. Hukuman pidana bagi perilaku tindak kejahatan termasuk contoh pengedalian sosial dengan cara ....
a. koersif               b. Preventif                 c. Persuasif                  d. Regulatif     e. Represif
26. Untuk mengatasi berbagai masalah sosial dan disorganisasi di masyarakat maka diperlukan adanya semangat untuk saling toleran dan menjaga ....
a. perubahan sosial                        b. Perencanaan sosial              c. Ketertiban sosial
d. dinamika sosial                         e. Tindakan sosial
27. Tujuan dari pembagunan yang ideal yaitu menciptakan masyarakat yag tertib, dinamis dan ....
a. mandiri                                      b. Tergantung pada modal asing         c. Tergantung pada pemerintah
d. berani mengambil resiko           e. Tergantung pada negara maju
28. Suatu peran dan status yang dicapai atau diperjuangkan dengan bekerja keras, tekun, dan ulet serta gigih disebut ....
a. status otomatis              b. Ascribed role                       c. Achieved role         
d. Status grati                    e. status yang dibeli
29. Supaya pembangunan dapat berjalan lancar adil, tertib dan berhasil, maka perlu memperhatikan ....
a. kehendak golongan yang kuat                          b. Kepentingan golongan mayoritas
c. harapan penguasa                                              d. Kepentingan pemimpin
e. aspek-aspek sosiologis
30. Ilmu yang mempelajari pola-pola hubungan dalam masyarakat serta mencari pengertian-pengertian umum secara analitis, kritis, rasional dan empiris yaitu ....
a. sejarah               b. Geografi                  c. Sosiologi      d. Kimia          e. Fisika
31. Situasi yang tertib dalam suatu masyarakat tergantung pada ....
a. sistem kepercayaan dalam masyarakat
b. Tingkat kemajuan kebudayaan
c. sistem hukum yang berlaku      
d. Jaringan peran ketika orang lain menjalankan kewajiban dengan semestinya
e. peran dan kemampuan pemimpin masyarakat
32. Di sekolah, guru menerapkan pengetahuan sosiologis dalam bentuk ....
a. mengajarkan sosiologi di kelas
b. Menangani siswa dengan memperhatikan latar belakang sosial
c. tidak membeda-bedakan perlakuan terhadap siswa     
d. Mengharuskan siswa membeli seragam di sekolah
e. membebaskan siswa miskin dari uang sekolah
33. Bentuk penerapan pengetahuan sosiologi dalam mengatasi masalah sosial adalah ....
a. penyediaan informasi yang mendalam              b. Turut melakukan penelitian sosial
c. menunjukkan langkah-langkah pemecahan       d. Sebagai pihak yang mampu mengatasi persoalan
e. menentukan apakah suatu masalah perlu ditangani




34. Berikut ini cara-cara secara sosiologis dalam usaha mengatasi masalah kemiskinan yaitu ....
a. pendataan penduduk miskin                                         b. Pembagian sembako
c. pengkajian langkah-langkah penanganan kemiskinan   d. Penyediaan lapangan kerja
e. rapat membahas kemiskinan
35. Saran paling tepat yang dapat diberikan sosiologi dalam mengatasi berbagai persoalan konflik yang ada di masyarakat adalah dengan pendekatan ....
a. sosial budaya                 b. Militer                     c. Agama         d. Ekonomi     e. Politik



SOAL URAIAN X GENAP 2011/2012

  1. Jelaskan pengertian  sosialisasi menurut Peter L Berger !
  2. Sebutkan beberapa tahapan sosialisasi !
  3. Sebutkan bentuk-bentuk penyimpangan yang terjadi di masyarakat !
  4. Jelaskan pengertian pengendalian sosial  menurut Horton !
  5. Mengapa kita harus selalu menjaga ketertiban dan keamanan dalam masyarakat ?


KUNCI SOSIOLOGI X GENAP 2011/2012


PILIHAN GANDA



URAIAN

  1. Adalah proses seorang anak belajar menjadi seorang anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat
  2. a. Preparatory stage ( persiapan )
b. Play Stage ( meniru )
c. Game Stage ( siap bertindak )
d. Penerimaan norma kolektif   
3. a. Penyimpangan individual
          b. penyimpangan kelompok
          c. penyimpangan primer
          d. penyimpangan sekunder
4. Segenap cara dan proses yang ditempuh oleh sekolompok orang atau masyarakat, sehingga para anggotanya dapat bertindak sesuai harapan kelompok atau masyarakat
5. Kebijaksaaan korektor