1. Berikut
ini yang tidak termasuk orang-orang yang sangat berarti bagi anak pada masa
pertumbuhannya
adalah ....
a. ayah b. Tetangga c.
Ibu d. Kakak e. Pengasuh
2. Berikut ini yang tidak termasuk media sosialisasi adalah
....
a. teman sepermainan b. Keluarga c. Pasar d. Sekolah e. Media massa
3. Untuk
pembentukan kepribadian yang sejalan dengan tata nilai dan norma yang menjadi
pedomannya, merupakan arah sosialisasi bagi ....
a. anak-anak dan remaja b. Orang dewasa c. Orang yang sudah bekerja
d. ibu-ibu rumah tangga e. Bapak-bapak yang bekerja di
bidang jasa
4. Sosialisasi
yang berperan aktif dalam mengenalkan nilai dan norma melalui ayah, ibu dan
saudara, merupakan bentuk sosialisasi ....
a. aktif b. Pasif c.
Represif d. Primer e. Sekunder
5. Proses sosial berlangsung ....
a. ketika anak masih bayi b.
Ketika anak belum memasuki masa remaja
c. setelah anak memasuki remaja d. Ketika seseorang telah dewasa
e. seumur hidup
6. Sosiaisasi
represif adalah sosialisasi yang menekankan pada ....
a. keikutsertaan seseorang b. Pengawasan dan pemberian hukuman
c. anak-anak dan remaja d. Orang dewasa
e. masyarakat luas
7. Proses
sosialisasi di mana seorang anak dapat melakukan peniruan yang belum sempurna
terjadi pada usia ....
a. balita b. 5-12 tahun c. 12-15 tahun d. 16-30 tahun e. 31-60 tahun
8. Banyak remaja yang bersikap dan bergaya seperti artis idolanya. Hal hasil sosialisasi ....
a. primer b.
Sekunder
c. Represif d.
Preventif e. Subkebudayaan
menyimpang
9. Dalam
kehidupan bermasyarakat sekarang ini, media sosialisasi yang paling dominan dan
menarik dan masyarakat luas adalah ....
a. majalah b. Radio c. Play station d. Televisi e. Bahasa lisan
10. Norma kesopanan adalah peraturan sosial yang menyangkut
pada ....
a. sesuatu yang dianggap baik dan
buruk
b. sesuatu aturan yang mutlak
c. aturan tentang perilaku yang
diulang-ulang
d. bagaimana seseorang bertingkah
laku yang wajar
e. peraturan yang memaksa
seseorang berperilaku sesuai dengan keinginan pembuat aturan
11. Cara yang paling efektif dan efisien dalam
menolong orang yang kecanduan narkoba
dengan cara ....
a. operasi osis buntu b. Operasi
plastik c. Memakai obat
tertentu
d. pendekatan psikososial e. Pendekatan individual
12. Hal yang terpenting dalam upaya menegakkan disiplin dan
mencegah perilaku menyimpang adalah ....
a. memberi hukuman yang berat b. Mengekang pergaulan remaja
c. melakukan pengendalian sosial d. Memberi teguran kepada setiap
orang
e. membatasi tingkah laku orang
lain
13. Memakai
obat atau narkotika tanpa dasar atau tanpa adanya pembenaran medis dan
dilakukan dengan tidak bertanggung jawab disebut ....
a. memaksimalkan fungsi narkoba b. Pemakaian narkoba
c. penyalahgunaan narkoba d.
Pemanfaatan narkoba
e. pesta narkoba
14. Supaya
masyarakat tertib dan disiplin maka diperlukan alat pengendalian sosial yang
paling efektif, tegas, dan nyata sanksinya yaitu ....
a. teguran b. Gosip c.
Hukuman d. Cemohan e. Sapaan
15. Ajakan
kepada pengemudi untuk mematuhi dan taat peraturan lalu lintas merupakan cara
pengendalian sosial secara ....
a. preventif b. Persuasif c. Represif d.
Coercive e. Kuratif
16. Seseorang
yang berperilaku menyimpang karena tidak disiplin dan melanggar norma-norma
umum yang berlaku dalam masyarakat disebut ....
a. pembangkang b. Pembandel c.
Penjahat d. Pelanggar e. Pengecut
17. Pengedalian
sosial yang bersifat pencegahan dan antisipatif terhadap terjadinya
penyimpangan merupakan cara yang bersifat ....
a. persuasif b. Represif c. Preventif d.
Relatif e. Kondusif
18. Maksud dan tujuan pengendalian sosial adalah ....
a. mengawasi perilaku menyimpang b. Agar di dalam masyakakat tercipta
ketertiban dan keteraturan
c. menghukum bagi yang melanggar d. Memberi peringatan terhadap perilaku
yang menyimpang
e. memberi teguran terhadap
perilaku menyimpang
19. Perilaku
menyimpang yang sering dilakukan oleh sebagian besar remaja hanya karena rasa
solidaritas kelompok dan kurang bisa melakukan pengendalian diri adalah ....
a. pelecehan seksual b. Perjudian
c. Korupsi d.
Tawuran antar pelajar
e. Pencurian
20. Di dalam
masyarakat tradisional ada warga yang dikucilkan atau diusir dari lingkungan
masyarakatnya. Lembaga pengendalian sosial tersebut adalah ....
a. pemerintah b. Adat istiadat c. Polisi d. Pengadilan e.
Tokoh masyarakat
21. Gosip yang tersebar di masyarakat merupakan contoh dari
sifat pengendalian sosial ....
a. kotraversi b. Koersif c. Persuasif d. Represif e. Preventif
22. Pengendalian sosial adalah .....
a. penertiban perilaku warga
masyarakat yang menyimpang dari nilai dan norma sosial
b. mengarahkan masyarakat pada
perilaku tertentu yang dikehendaki
c. melarang masyarakat berperilaku
tertentu yang dikehendaki
d. mengontrol semua perilaku
masyarakat
e. memberi contoh kepada masyarakat
kearah perilaku yang terpuji
23. Sekolah dapat berperan sebagai lembaga pengendali sosial
karena ....
a. bersifat mengikat b. Bersifat mempengaruhi c. Bersifat mendidik
d. bersifat mengatur e. Memeliki aturan
24. Tokoh masyarakat dapat berperan sebagai lembaga
pengendali sosial karena mempunyai ....
a. kekuatan b. Kekuasan c.
Kekayaan d. Pengaruh e. Teladan
25. Hukuman pidana bagi perilaku tindak kejahatan termasuk
contoh pengedalian sosial dengan cara ....
a. koersif b. Preventif c.
Persuasif d. Regulatif e. Represif
26. Untuk
mengatasi berbagai masalah sosial dan disorganisasi di masyarakat maka
diperlukan adanya semangat untuk saling toleran dan menjaga ....
a. perubahan sosial b. Perencanaan sosial c. Ketertiban sosial
d. dinamika sosial e.
Tindakan sosial
27. Tujuan dari pembagunan yang ideal yaitu menciptakan
masyarakat yag tertib, dinamis dan ....
a. mandiri b.
Tergantung pada modal asing c.
Tergantung pada pemerintah
d. berani mengambil resiko e.
Tergantung pada negara maju
28. Suatu peran
dan status yang dicapai atau diperjuangkan dengan bekerja keras, tekun, dan
ulet serta gigih disebut ....
a. status otomatis b. Ascribed role c.
Achieved role
d. Status grati e. status yang dibeli
29. Supaya pembangunan dapat berjalan lancar adil, tertib
dan berhasil, maka perlu memperhatikan ....
a. kehendak golongan yang kuat b. Kepentingan golongan mayoritas
c. harapan penguasa d.
Kepentingan pemimpin
e. aspek-aspek sosiologis
30. Ilmu yang
mempelajari pola-pola hubungan dalam masyarakat serta mencari
pengertian-pengertian umum secara analitis, kritis, rasional dan empiris yaitu
....
a. sejarah b. Geografi c.
Sosiologi d. Kimia e. Fisika
31. Situasi yang tertib dalam suatu masyarakat tergantung
pada ....
a. sistem kepercayaan dalam masyarakat
b. Tingkat kemajuan kebudayaan
c. sistem hukum yang berlaku
d. Jaringan peran ketika orang
lain menjalankan kewajiban dengan semestinya
e. peran dan kemampuan pemimpin
masyarakat
32. Di sekolah, guru menerapkan pengetahuan sosiologis dalam
bentuk ....
a. mengajarkan sosiologi di kelas
b. Menangani siswa dengan
memperhatikan latar belakang sosial
c. tidak membeda-bedakan perlakuan
terhadap siswa
d. Mengharuskan siswa membeli
seragam di sekolah
e. membebaskan siswa miskin dari
uang sekolah
33. Bentuk penerapan pengetahuan sosiologi dalam mengatasi
masalah sosial adalah ....
a. penyediaan informasi yang
mendalam b. Turut melakukan
penelitian sosial
c. menunjukkan langkah-langkah
pemecahan d. Sebagai pihak yang
mampu mengatasi persoalan
e. menentukan apakah suatu masalah
perlu ditangani
34. Berikut ini cara-cara secara sosiologis dalam usaha
mengatasi masalah kemiskinan yaitu ....
a. pendataan penduduk miskin b.
Pembagian sembako
c. pengkajian langkah-langkah
penanganan kemiskinan d. Penyediaan
lapangan kerja
e. rapat membahas kemiskinan
35. Saran
paling tepat yang dapat diberikan sosiologi dalam mengatasi berbagai persoalan
konflik yang ada di masyarakat adalah dengan pendekatan ....
a. sosial budaya b. Militer c. Agama d. Ekonomi e. Politik
SOAL URAIAN X GENAP 2011/2012
- Jelaskan pengertian sosialisasi menurut Peter L Berger !
- Sebutkan beberapa tahapan sosialisasi !
- Sebutkan bentuk-bentuk penyimpangan yang terjadi di masyarakat !
- Jelaskan pengertian pengendalian sosial menurut Horton !
- Mengapa kita harus selalu menjaga ketertiban dan keamanan dalam masyarakat ?
KUNCI
SOSIOLOGI X GENAP 2011/2012
PILIHAN GANDA
URAIAN
- Adalah proses seorang anak belajar menjadi seorang anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat
- a. Preparatory stage ( persiapan )
b.
Play Stage ( meniru )
c.
Game Stage ( siap bertindak )
d.
Penerimaan norma kolektif
3. a.
Penyimpangan individual
b. penyimpangan kelompok
c. penyimpangan primer
d. penyimpangan sekunder
4. Segenap
cara dan proses yang ditempuh oleh sekolompok orang atau masyarakat, sehingga
para anggotanya dapat bertindak sesuai harapan kelompok atau masyarakat
5. Kebijaksaaan korektor
5. Kebijaksaaan korektor