usek fiqih kls xii

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !

1.      Ayat di bawah ini adalah menjadi dalil atas hukum ….
ولاتقلواالنفس التى حرم الله إلابالحق
A.    Larangan menyamun
B.     Larangan berbuat riba
C.     Larangan membunuh
D.    Larangan bunuh diri
E.     Larangan mencuri

2.      Berikut ini adalah syarat-syarat Qishash
1.      orang terbunuh terpelihara darahnya
2.      pembunuh sudah tamyiz
3.      pembunuh sudah berakal
4.      pembunuh sudah baligh
5.      pembunuh bukan bapak dari terbunuh
6.      pembunuh bukan anak dari terbunuh
Manakah syarat-syarat pembunuhan yang tepat?
A.    1, 2, 3, dan 4
B.     1, 2, 4, dan 5
C.     1, 3, 4, dan 5
D.    1, 3, 4, dan 6
E.     2, 3, 4, dan 6

3.      Di antara hikmah disyariatkannya Qishash adalah ….
A.    Terpeliharanya harta manusia
B.     Mencegah terjadinya pertentangan dan permusuhan
C.     Menciptakan keamanan dan ketentraman
D.    Mencegah orang melakukan pembunuhan
E.     Semua benar kecuali a

4.      وان احكم بما انزل الله.........
Potongan ayat di atas mengandung perintah untuk  ….
A.    Membentuk peradilan
B.     Menegakkan keadilan hukum
C.     Memberantas kezaliman
D.    Menegakkan hak-hak rakyat
E.     Membela kepentingan rakyat

5.      Diantara Syarat-syarat saksi diantaranya adalah harus dhabit, yang dimaksud dhabit adalah....
A.    Bukan musuhnya 
B.     Bukan orang buta 
C.     Merdeka   
D.    Adel
E.     Kuat ingatan

6.      Yang bukan merupakan syarat-syarat hakim adalah....
B.     Menetapkan sangsi                       
C.     Berlaku adali        
D.    Memahami Ijma’
E.     Memahami hukum-hukum Al-Qur’an      
F.      Sehat jasmani dan rohani.

7.      Pernikahan adalah merupakan ….
A.    Bertemunya laki-laki dengan perempuan.
B.     Perjanjian antara seorang laki-laki dengan perempuan.
C.     Akad yang menghalalkan antara laki-laki dan perempuan.
D.    Keinginan laki-laki dan perempuan dalam berumah tangga.
E.     Perjanjian luhur laki-laki dan perempuan untuk hidup bersama.

8.      Apabila seorang ditinjau dalam segi pisik dah psikis sudah matang , tetapi belum mempunyai kesanggupan membiayayi istri dan anak maka hukum perkawinan bagi orang tersebut adalah….
A.  Wajib        
B.     Sunat        
C.     Makruh     
D.    Haram      
E.     Makruh


9.      Petunjuk tentang larangan pernikahan berbeda agama terdapat pada penjelasan undang-undang perkawinan….
A.    Nomor I tahun 1974        
B.     Nomor II tahun 1974       
C.     Nomor I Tahun 1975       
D.    Nomor III Tahun 1974    
E.     Nomor III tahun 1975

10.  Salah satu tujuan dari masa iddah adalah….
A.    Memberi kepastian hukum
B.     Memberikan kesempatan suami istri untuk rujuk kembali
C.     Menghilangkan keraguan tentang kosongnya rahim bekas istri
D.    Memelihara nasab
E.     Memberikan kesempatan kepada keluarga untuk berundung

11.  Maksud dari hadits berikut ini adalah وهو اول شئ ينزع من امتي
A.    Faraidh adalah kebijakan yang akan dihisab pertama kali dari ummatku.
B.     Faraidh adalah sesuatu yang akan dicabut dari ummat yang melupakan
C.     Faraidz adalah keutamaan yang akan dihisab dari umatku diakherat.
D.    Faraidz adalah sesuatu yang akan dilupakan banyak banyak orang dari umatku
E.     Faraidz adalah sesuatu yang akan dicabut pertama kali dari umatku
     
12.  Maksud dari potongan ayat berikut adalah : الا ان يأ تين بفا حشة مبينة    
A.    Kecuali apabila mereka telah melupakan akan kebaikan yang nyata.
B.     Kecuali apabila mereka telah melupakan perbuatan keji dan munkar
C.     Kecuali apabila mereka telah melupakan perbuatan keji yang nyata
D.    Kecuali apabila mereka telah melupakan perbuatan yang tidak berguna
E.     Kecuali apabila mereka telah melalaikan kebaikan nyata yang berguna.

13.  Ahli waris yang bagiannya dari harta pusaka yang ditinggalkan simayit telah ditentukan, dalam ilmu faroid disebut dengan….
A.    Hijab hirman        
B.     Hijab Nuqshon     
C.     Ashobah   
D.    Al-aqrobun
E.     Dzawil Furudz.

14.  Penghapusan seluruh bagian dari hak waris seseorang terhadap harta pusaka, dalam ilmu faraid disebut….
A. Hijab hirman         
B. Hijab nuqshon       
C. Hijab          
D. al-aqrobun
E. Dzawil Furudz.

15.  Lembaga khilafah pertama dalam islam adalah
A.    Salaf al-Salih        
B.     Negara Madinah  
C.     Daulah Umayah   
D.    khulafaur Rosyidin          
E.     Dinasti Abbasiyyah.

16.  Kewajiban majelis syura adalah….
A.    Melaksanakan Undang Undang  
B.     Mengubah Undang undang         
C.     Melaksanakan garis besar haluan Negara 
D.    Memngangkat dan memberhentikan khilafah      
E.     melaksanakan keputusan khalifah.

17.  ا منوا اطيعوا الله واطيعوا الرسول واولى الأمر منكم    يا أيها الذين
Ayat di atas menunjukkan kewajiban rakyat kepada pimpinan berupa….
A.    Menjaga persatuan dan kesatuan 
B.     tidak berbuat kerusakan   
C.     taat dan patuh kepada kholifah               
D.    Menaati undang-undang  
E.     bersikap selektif dalam menentukan pimpinan

18.  Baik al-qur’an maupun hadits tidak memberikan cara pengangkatan khalifah (pemimpin). Dalam sejarahnya, bagaimana cara pengangkatan pemimpin yang paling sesuai dengan prinsip-prinsip al-Qur’an?
A.    Penunjukan oleh pemimpin terdahulu      
B.     Berdasarkan keturunan pemimpin terdahulu       
C.     Berdasarkan Ijma’ Ahlul Halli Walaqdi  
D.    Berdasarkan kedekatan hubungan darah dengan pemimpin terdahulu   
E.     Berdasarkan pemilihan secara langsung.

19.    طلب الفعل من الأدنى الى الأعلى
Lafal diatas merupakan pengertian dari ….
A.    nahi          
B.     amr                       
C.     do’a                      
D.    qarinah     
E.     tarjih

20.  كلوا واشربوا من رزق الله
Amr pada ayat diatas menunjukkan hukum ….
A.    wajib        
B.     Sunnah     
C.     Makruh     
D.    Boleh        
E.     Mandub

21.  Tuntutan untuk meninggalkan perbuatan dari yang atas kepada yang bawah disebut…
A.    amr           
B.     mutlaq      
C.     nahi                      
D.    muqayyad
E.     do’a

22.  واحل الله البيع وحرم الرباء  .Dalam ayat tersebut mengandung nahi ……….
A.    للكراحة      
B.     للمباح                    
C.     للوجوب.
D.    للتحريم         
E.     للاباحة

23.  هو الذي خلق لكم ما فى الأرض جميعا  Lafdz yang bergaris bawah termasuk bentuk lafadz ………..
A.    Khos         
B.     Am                       
C.     Takhsis                 
D.    Istisna’     
E.     Khowas

24.  Mujmal adalah…..
A.    Lafadz yamg memiliki makna umum
B.     Lafadz yang memiliki jelas makna yang dimaksud
C.     Lafadz yang udah jelas maknanya
D.    Lafadz yang memiliki dua pengertian
E.     Lafadz yang memiliki makna kiasan

25.  فتحرير رقبة kata roqobah pada potongan ayat diatas menunjukkan....
A.    ‘amm        
B.     Khass       
C.     Mansukh  
D.    Mutlaq      
E.     Mafhum

26.  Secara bahasa, kata ijtihad berarti….
A.    berperang dijalan Allah    
B.     kememapuan terpendam  
C.     berusaha secara maksimal
D.    berperang dengan sungguh-sungguh       
E.     bertempur dengan baik.
27.  Mujtahid fi asy-syar’iy disebut juga mujtahid …
A.    Muqayyad
B.     Mustaqil   
C.     Mazhab    
D.    Muqayyad
E.     mustanbit

28.  Ijmak sebagai sumber hukum ditegaskan dalam al-Qur’an surah…..
A.    al-Baqaroh 2: 59
B.     Al-Maidah 6: 59
C.     An-Nisa’ 4: 59
D.    Ali Imran 3: 59
E.     Ali Imran 3: 4

29.  secara bahasa qiyas berarti….
A.    Mengukur sesuatu
B.     menimbang sesuatu                      
C.     menjelaskan sesuat
D.    mengangkat sesuatu         
E.     Memukul Sesuatu

30.  Menguatkan salah satu dalil yang secara lahiriyah tampak bertentangan disebut….
A.    Taklid       
B.     talfiq         
C.     tarjih         
D.    tadrij         
E.     ijtihad

31.  Beramal dalam urusan agama dengan berpedoman kepada petunjuk beberapa madzhab disebut….
A.    taklid        
B.     ittiba’        
C.     talfiq         
D.    tarjih         
E.     tahsin

32.  يريد الله بكم اليسر ولا يريد بكم العسر
Ayat diatas adalah dalil diperbolehkannya…
A.    talqin        
B.     tarjih         
C.     talfiq         
D.    ijtihad       
E.     taklid

33.  قبول قول القائل وانت تعلم من اين قاله
Ungkapan diatas merupakan pengertian dari …….
A.    Tajlid        
B.     ijtihad       
C.     ittiba’        
D.    talfiq         
E.     tarjih

34.  Berikut yang termasuk sumber hukum Islam yang muttafaqun alaih adalah
A.    Qiyas        
B.     Istihsan     
C.     Istishab     
D.    Syar’u Man Qoblana        
E.     Syadzudz Dzari’ah

35.  Ulama’ yang menggunakan maslahah mursalah sebagai hujjah hukum adalah….
A.    Syafiiyah  
B.     Hanafiyyah          
C.     Hanabillah
D.    Malikiyyah           
E.     Zahiriyyah

36.  Suatu kewajiban tidak sempurna kecuali dengan sesuatu yang lain, maka sesuatu yang lain itu hukumnya wajib. Ini merupakan qaidah
A.    istihsan     
B.     istishab     
C.     maslahah mursalah           
D.    syadud dzari’ah
E.     sunah

37.  قل اطيعوا الله والرسول فان تولوا فان الله لايحب الكافرين
Dalil al-Qur’an diatas adalah menjelaskan tentang…
A.    Hadits adalah sumber hukum islam yang kedua.
B.     Nilai –nilai alqur’an yang harus dipegang
C.     Hadits adalah Sumber peradaban yang harus dilestarikan
D.    Hadits sebagai sumber hukum islam yang ketiga setelah hadits qudsi
E.     Alqur;an dan hadits merupakan sumber hukum Islam

38.  Apabila kesepakatan dan kesamaan pendapat itu dilakukan dengan tidak memberikan tanggapan, disebut…
A.    Ijma’ Tufsih                     
B.     Ijma’ bayani         
C.     Ijma; sukuti                      
D.    Ijma’ Qouli
E.     Ijma; Tafhami.

39.  Apakah obyek kajian ilmu Ushul Fiqh ?
A.    Dalil-dalil syara’ yang bersifat terperinci
B.     Dalil-dalil syara’ yang bersifat global/umum
C.     Al-Qur’an
D.    As-Sunnah
E.     Semua benar

40.  Ushul Fiqh adalah .....
A.    Ilmu tentang hukum-hukum syara’ yang berupa perbuatan manusia yang diambil dari dalil-dalil terinci.
B.     Ilmu tentang kaidah-kaidah dan pembahasan-pembahasannya yang digunakan untuk menetapkan hukum-hukum syara’ yang berhubungan dengan perbuatan manusia dari dalil-dalil yang tafshili/terinci
C.     Ilmu tentang perbuatan manusia
D.    Ilmu tentang kumpulan-kumpulan hukum syara’
E.     Ilmu tentang perbuatan orang mukallaf ditinjau dari ketetapannya terhadap hukum syara’

41.  Tujuan mempelajari Ilmu Ushul Fiqh adalah ....
A.    Menerapkan hukum syara’ pada semua perbuatan dan ucapan manusia
B.     Menerapkan kaidah dan pembahasannya pada dalil-dalil yang detail/terinci untuk diambil hukum syara’nya
C.     Mengenalkan pada mukallaf tentang hal-hal yang wajib dan haram baginya
D.    Menerapkan materi dan hukumnya terhadap semua perbuatan dan ucapan manusia
E.     Menerapkan hukum yang sudah terperinci

42.  Pada abad berapakah Ilmu Ushul Fiqh mulai tumbuh berkembang?
A.    Abad ke satu hijriyah
B.     Abad ke dua hijriyah
C.     Abad ke tiga hijriyah
D.    Abad ke empat hijriyah
E.     Abad ke lima hijriyah

43.  Perbuatan mukallaf yang berhubungan dengan hukum syara’ disebut ...
A.    Mahkum
B.     Mahkum ‘alaih
C.     Mahkum fiih
D.    Muhkam
E.     Hakim

44.  Hukum Allah untuk manusia berupa akidah , ibadah, akhlak dan muamalah disebut hukum .....
A.    positif
B.     wad’i
C.     taklifi
D.    syariat
E.     pidana

45.  Hukum yang menghendaki pelaksanaan suatu perbuatan oleh mukallaf atau melarang pengerjaannya atau menyuruh memilih antara melakukan atau meninggalkannya disebut hukum ....
A.    ilahi
B.     wad’i
C.     taklifi
D.    syar’i
E.     daruri

46.  Mukallaf yang mendapatkan khitab dari Allah dimana perbuatannya berhubungan dengan hukum syari’at disebut .....
A.    Mahkum
B.     Mahkum ‘alaih
C.     Mahkum fiih
D.    Muhkam
E.     Hakim

47.  siapakah orang yang pertama kali membukukan kaidah-kaidah ilmu ushul fiqh secara sistematis dalam satu kitab?
A.    Imam Abu Yusuf
B.     Imam Malik
C.     Imam Syafi’i
D.    Imam Abu Hanifah
E.     Imam Ibn Hambal

48.  Hukum yang menuntut sesuatu dari mukallaf disebut hukum ...
A.    Wajib
B.     Taklifi
C.     Wad’i
D.    Idhafi
E.     Syar’i
49.  Kelayakan seseorang untuk ada padanya hak dan kewajiban disebut ...
A.    Ahliyatul qulub
B.     Ahliyatul wujud
C.     Ahiyatul ada’
D.    Ahliyatul wujub
E.     Ahliyatul mal

50.  Penghalang-penghalang kepada keahlian seseorang, baik ahliyatul wujubnya maupun ahliyatul ada’-nya disebut dengan…
A.    Awarid ahliyah
B.     Mani’ul ahliyah
C.     Huququl ahliyah
D.    Ahliyatul qulub
E.     Ahliyatul mal






KUNCI JAWABAN TRY OUT  PAKET-1
FIQIH PROG. AGAMA
TAHUN 2009/2010

No.
 Kunci
No.
Kunci
No.
Kunci
No.
Kunci
No.
Kunci
1
C
11
D
21
C
31
C
41
B
2
C
12
C
22
D
32
C
42
B
3
E
13
E
23
B
33
C
43
C
4
A
14
C
24
A
34
A
44
D
5
E
15
D
25
D
35
D
45
C
6
A
16
D
26
C
36
D
46
B
7
C
17
C
27
B
37
E
47
C
8
B
18
C
28
C
38
C
48
A
9
A
19
B
29
B
39
B
49
D
10
C
20
D
30
C
40
B
50
A