Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1.
Ayat
di bawah ini adalah menjadi dalil atas hukum ….
ولاتقلواالنفس التى حرم الله إلابالحق
A.
Larangan menyamun
B.
Larangan berbuat riba
C.
Larangan membunuh
D.
Larangan bunuh diri
E.
Larangan mencuri
2.
Berikut ini adalah
syarat-syarat Qishash
1.
orang terbunuh terpelihara
darahnya
2.
pembunuh sudah tamyiz
3.
pembunuh sudah berakal
4.
pembunuh sudah baligh
5.
pembunuh bukan bapak dari
terbunuh
6.
pembunuh bukan anak dari
terbunuh
Manakah
syarat-syarat pembunuhan yang tepat?
A.
1, 2, 3, dan 4
B.
1, 2, 4, dan 5
C.
1, 3, 4, dan 5
D.
1, 3, 4, dan 6
E.
2, 3, 4, dan 6
3.
Di antara hikmah
disyariatkannya Qishash adalah ….
A.
Terpeliharanya harta manusia
B.
Mencegah terjadinya
pertentangan dan permusuhan
C.
Menciptakan keamanan dan
ketentraman
D.
Mencegah orang melakukan
pembunuhan
E.
Semua benar kecuali a
4.
وان احكم بما انزل الله.........
Potongan ayat di atas mengandung perintah untuk ….
A.
Membentuk peradilan
B.
Menegakkan keadilan hukum
C.
Memberantas kezaliman
D.
Menegakkan hak-hak rakyat
E.
Membela kepentingan rakyat
5.
Diantara
Syarat-syarat saksi diantaranya adalah harus dhabit, yang dimaksud dhabit
adalah....
A. Bukan musuhnya
B. Bukan orang buta
C. Merdeka
D. Adel
E. Kuat ingatan
6.
Yang
bukan merupakan syarat-syarat hakim adalah....
B. Menetapkan sangsi
C. Berlaku adali
D. Memahami Ijma’
E. Memahami hukum-hukum Al-Qur’an
F. Sehat jasmani dan rohani.
7.
Pernikahan adalah merupakan ….
A.
Bertemunya
laki-laki dengan perempuan.
B.
Perjanjian
antara seorang laki-laki dengan perempuan.
C.
Akad
yang menghalalkan antara laki-laki dan perempuan.
D.
Keinginan
laki-laki dan perempuan dalam berumah tangga.
E.
Perjanjian
luhur laki-laki dan perempuan untuk hidup bersama.
8.
Apabila
seorang ditinjau dalam segi pisik dah psikis sudah matang , tetapi belum
mempunyai kesanggupan membiayayi istri dan anak maka hukum perkawinan bagi
orang tersebut adalah….
A. Wajib
B.
Sunat
C.
Makruh
D.
Haram
E.
Makruh
9.
Petunjuk tentang larangan
pernikahan berbeda agama terdapat pada penjelasan undang-undang perkawinan….
A.
Nomor
I tahun 1974
B.
Nomor
II tahun 1974
C.
Nomor
I Tahun 1975
D.
Nomor
III Tahun 1974
E.
Nomor
III tahun 1975
10.
Salah
satu tujuan dari masa iddah adalah….
A.
Memberi kepastian hukum
B.
Memberikan kesempatan suami
istri untuk rujuk kembali
C.
Menghilangkan keraguan tentang
kosongnya rahim bekas istri
D.
Memelihara nasab
E.
Memberikan kesempatan kepada
keluarga untuk berundung
11. Maksud dari hadits berikut ini adalah وهو اول شئ ينزع من
امتي
A. Faraidh adalah kebijakan yang akan dihisab pertama
kali dari ummatku.
B.
Faraidh adalah sesuatu yang
akan dicabut dari ummat yang melupakan
C.
Faraidz adalah keutamaan yang
akan dihisab dari umatku diakherat.
D.
Faraidz adalah sesuatu yang akan
dilupakan banyak banyak orang dari umatku
E.
Faraidz adalah sesuatu yang
akan dicabut pertama kali dari umatku
12. Maksud dari potongan ayat berikut adalah : الا ان يأ تين بفا
حشة مبينة
A.
Kecuali apabila mereka telah
melupakan akan kebaikan yang nyata.
B.
Kecuali apabila mereka telah
melupakan perbuatan keji dan munkar
C.
Kecuali apabila mereka telah
melupakan perbuatan keji yang nyata
D.
Kecuali apabila mereka telah
melupakan perbuatan yang tidak berguna
E.
Kecuali apabila mereka telah
melalaikan kebaikan nyata yang berguna.
13. Ahli waris yang bagiannya dari harta pusaka yang ditinggalkan
simayit telah ditentukan, dalam ilmu faroid disebut dengan….
A.
Hijab hirman
B.
Hijab Nuqshon
C.
Ashobah
D.
Al-aqrobun
E.
Dzawil Furudz.
14. Penghapusan seluruh bagian dari hak waris seseorang terhadap harta
pusaka, dalam ilmu faraid disebut….
A. Hijab hirman
B. Hijab nuqshon
C. Hijab
D. al-aqrobun
E. Dzawil Furudz.
15. Lembaga khilafah pertama dalam islam adalah
A.
Salaf al-Salih
B.
Negara Madinah
C.
Daulah Umayah
D. khulafaur Rosyidin
E. Dinasti Abbasiyyah.
16. Kewajiban majelis syura adalah….
A.
Melaksanakan Undang Undang
B.
Mengubah Undang undang
C. Melaksanakan garis besar haluan Negara
D.
Memngangkat dan memberhentikan
khilafah
E.
melaksanakan keputusan
khalifah.
17. ا
منوا اطيعوا الله واطيعوا الرسول واولى الأمر منكم يا
أيها الذين
Ayat di atas menunjukkan kewajiban rakyat kepada
pimpinan berupa….
A.
Menjaga persatuan dan kesatuan
B.
tidak berbuat kerusakan
C. taat dan patuh kepada kholifah
D.
Menaati undang-undang
E.
bersikap selektif dalam
menentukan pimpinan
18. Baik al-qur’an maupun hadits tidak memberikan cara pengangkatan
khalifah (pemimpin). Dalam sejarahnya, bagaimana cara pengangkatan pemimpin
yang paling sesuai dengan prinsip-prinsip al-Qur’an?
A.
Penunjukan oleh pemimpin terdahulu
B.
Berdasarkan keturunan pemimpin
terdahulu
C.
Berdasarkan Ijma’ Ahlul Halli
Walaqdi
D.
Berdasarkan kedekatan hubungan
darah dengan pemimpin terdahulu
E.
Berdasarkan pemilihan secara
langsung.
19. طلب
الفعل من الأدنى الى الأعلى
Lafal diatas merupakan pengertian dari ….
A.
nahi
B.
amr
C.
do’a
D.
qarinah
E.
tarjih
20. كلوا
واشربوا من رزق الله
Amr pada ayat diatas menunjukkan hukum ….
A.
wajib
B.
Sunnah
C. Makruh
D. Boleh
E. Mandub
21. Tuntutan untuk meninggalkan perbuatan dari yang atas kepada yang
bawah disebut…
A.
amr
B.
mutlaq
C.
nahi
D.
muqayyad
E.
do’a
22. واحل
الله البيع وحرم الرباء .Dalam ayat tersebut mengandung nahi ……….
A.
للكراحة
B.
للمباح
C.
للوجوب.
D.
للتحريم
E.
للاباحة
23. هو
الذي خلق لكم ما فى الأرض جميعا Lafdz yang bergaris bawah
termasuk bentuk lafadz ………..
A.
Khos
B. Am
C. Takhsis
D. Istisna’
E. Khowas
24. Mujmal adalah…..
A.
Lafadz yamg memiliki makna umum
B.
Lafadz yang memiliki jelas
makna yang dimaksud
C.
Lafadz yang udah jelas maknanya
D.
Lafadz yang memiliki dua
pengertian
E.
Lafadz yang memiliki makna
kiasan
25. فتحرير
رقبة kata
roqobah pada potongan ayat diatas menunjukkan....
A.
‘amm
B.
Khass
C.
Mansukh
D.
Mutlaq
E.
Mafhum
26.
Secara
bahasa, kata ijtihad berarti….
A.
berperang dijalan Allah
B.
kememapuan terpendam
C.
berusaha secara maksimal
D.
berperang dengan
sungguh-sungguh
E.
bertempur dengan baik.
27. Mujtahid fi asy-syar’iy disebut juga mujtahid …
A.
Muqayyad
B.
Mustaqil
C.
Mazhab
D.
Muqayyad
E.
mustanbit
28. Ijmak sebagai sumber hukum ditegaskan dalam al-Qur’an surah…..
A.
al-Baqaroh 2: 59
B.
Al-Maidah 6: 59
C.
An-Nisa’ 4: 59
D.
Ali Imran 3: 59
E.
Ali Imran 3: 4
29. secara bahasa qiyas berarti….
A.
Mengukur sesuatu
B. menimbang sesuatu
C. menjelaskan sesuat
D.
mengangkat sesuatu
E.
Memukul Sesuatu
30. Menguatkan salah satu dalil yang secara lahiriyah tampak
bertentangan disebut….
A.
Taklid
B.
talfiq
C.
tarjih
D.
tadrij
E.
ijtihad
31. Beramal dalam urusan agama dengan berpedoman kepada petunjuk
beberapa madzhab disebut….
A.
taklid
B.
ittiba’
C. talfiq
D. tarjih
E. tahsin
32. يريد
الله بكم اليسر ولا يريد بكم العسر
Ayat diatas adalah dalil diperbolehkannya…
A.
talqin
B.
tarjih
C.
talfiq
D.
ijtihad
E.
taklid
33. قبول
قول القائل وانت تعلم من اين قاله
Ungkapan diatas merupakan pengertian dari …….
A.
Tajlid
B.
ijtihad
C. ittiba’
D. talfiq
E. tarjih
34.
Berikut
yang termasuk sumber hukum Islam yang muttafaqun alaih adalah
A.
Qiyas
B.
Istihsan
C.
Istishab
D.
Syar’u Man Qoblana
E.
Syadzudz Dzari’ah
35. Ulama’ yang menggunakan maslahah mursalah sebagai hujjah hukum
adalah….
A.
Syafiiyah
B.
Hanafiyyah
C.
Hanabillah
D.
Malikiyyah
E.
Zahiriyyah
36. Suatu kewajiban tidak sempurna kecuali dengan sesuatu yang lain,
maka sesuatu yang lain itu hukumnya wajib. Ini merupakan qaidah
A.
istihsan
B.
istishab
C.
maslahah mursalah
D.
syadud dzari’ah
E.
sunah
37. قل
اطيعوا الله والرسول فان تولوا فان الله لايحب الكافرين
Dalil al-Qur’an diatas adalah menjelaskan tentang…
A.
Hadits adalah sumber hukum
islam yang kedua.
B.
Nilai –nilai alqur’an yang
harus dipegang
C.
Hadits adalah Sumber peradaban
yang harus dilestarikan
D.
Hadits sebagai sumber hukum
islam yang ketiga setelah hadits qudsi
E.
Alqur;an dan hadits merupakan
sumber hukum Islam
38. Apabila kesepakatan dan kesamaan pendapat itu dilakukan dengan tidak
memberikan tanggapan, disebut…
A.
Ijma’ Tufsih
B.
Ijma’ bayani
C.
Ijma; sukuti
D.
Ijma’ Qouli
E.
Ijma; Tafhami.
39. Apakah obyek kajian ilmu Ushul Fiqh ?
A.
Dalil-dalil syara’ yang
bersifat terperinci
B.
Dalil-dalil syara’ yang
bersifat global/umum
C.
Al-Qur’an
D.
As-Sunnah
E.
Semua benar
40. Ushul Fiqh adalah .....
A.
Ilmu tentang hukum-hukum syara’
yang berupa perbuatan manusia yang diambil dari dalil-dalil terinci.
B.
Ilmu tentang kaidah-kaidah dan
pembahasan-pembahasannya yang digunakan untuk menetapkan hukum-hukum syara’
yang berhubungan dengan perbuatan manusia dari dalil-dalil yang
tafshili/terinci
C.
Ilmu tentang perbuatan manusia
D.
Ilmu tentang kumpulan-kumpulan
hukum syara’
E.
Ilmu tentang perbuatan orang
mukallaf ditinjau dari ketetapannya terhadap hukum syara’
41. Tujuan mempelajari Ilmu Ushul Fiqh adalah ....
A.
Menerapkan hukum syara’ pada
semua perbuatan dan ucapan manusia
B.
Menerapkan kaidah dan
pembahasannya pada dalil-dalil yang detail/terinci untuk diambil hukum
syara’nya
C.
Mengenalkan pada mukallaf
tentang hal-hal yang wajib dan haram baginya
D.
Menerapkan materi dan hukumnya
terhadap semua perbuatan dan ucapan manusia
E.
Menerapkan hukum yang sudah
terperinci
42. Pada abad berapakah Ilmu Ushul Fiqh mulai tumbuh berkembang?
A.
Abad ke satu hijriyah
B.
Abad ke dua hijriyah
C.
Abad ke tiga hijriyah
D.
Abad ke empat hijriyah
E.
Abad ke lima hijriyah
43. Perbuatan mukallaf yang berhubungan dengan hukum syara’ disebut ...
A.
Mahkum
B.
Mahkum ‘alaih
C.
Mahkum fiih
D.
Muhkam
E.
Hakim
44. Hukum Allah untuk manusia berupa akidah , ibadah, akhlak dan
muamalah disebut hukum .....
A.
positif
B.
wad’i
C.
taklifi
D.
syariat
E.
pidana
45. Hukum yang menghendaki pelaksanaan suatu perbuatan oleh mukallaf
atau melarang pengerjaannya atau menyuruh memilih antara melakukan atau
meninggalkannya disebut hukum ....
A.
ilahi
B.
wad’i
C.
taklifi
D.
syar’i
E.
daruri
46. Mukallaf yang mendapatkan khitab dari Allah dimana perbuatannya
berhubungan dengan hukum syari’at disebut .....
A.
Mahkum
B.
Mahkum ‘alaih
C.
Mahkum fiih
D.
Muhkam
E.
Hakim
47. siapakah orang yang pertama kali membukukan kaidah-kaidah ilmu ushul
fiqh secara sistematis dalam satu kitab?
A.
Imam Abu Yusuf
B.
Imam Malik
C.
Imam Syafi’i
D.
Imam Abu Hanifah
E.
Imam Ibn Hambal
48. Hukum yang menuntut sesuatu dari mukallaf disebut hukum ...
A.
Wajib
B.
Taklifi
C.
Wad’i
D.
Idhafi
E.
Syar’i
49.
Kelayakan
seseorang untuk ada padanya hak dan kewajiban disebut ...
A.
Ahliyatul qulub
B.
Ahliyatul wujud
C.
Ahiyatul ada’
D.
Ahliyatul wujub
E.
Ahliyatul mal
50. Penghalang-penghalang kepada keahlian seseorang, baik ahliyatul
wujubnya maupun ahliyatul ada’-nya disebut dengan…
A.
Awarid ahliyah
B.
Mani’ul ahliyah
C.
Huququl ahliyah
D.
Ahliyatul qulub
E.
Ahliyatul mal
KUNCI
JAWABAN TRY OUT PAKET-1
FIQIH
PROG. AGAMA
TAHUN
2009/2010
No.
|
Kunci
|
No.
|
Kunci
|
No.
|
Kunci
|
No.
|
Kunci
|
No.
|
Kunci
|
1
|
C
|
11
|
D
|
21
|
C
|
31
|
C
|
41
|
B
|
2
|
C
|
12
|
C
|
22
|
D
|
32
|
C
|
42
|
B
|
3
|
E
|
13
|
E
|
23
|
B
|
33
|
C
|
43
|
C
|
4
|
A
|
14
|
C
|
24
|
A
|
34
|
A
|
44
|
D
|
5
|
E
|
15
|
D
|
25
|
D
|
35
|
D
|
45
|
C
|
6
|
A
|
16
|
D
|
26
|
C
|
36
|
D
|
46
|
B
|
7
|
C
|
17
|
C
|
27
|
B
|
37
|
E
|
47
|
C
|
8
|
B
|
18
|
C
|
28
|
C
|
38
|
C
|
48
|
A
|
9
|
A
|
19
|
B
|
29
|
B
|
39
|
B
|
49
|
D
|
10
|
C
|
20
|
D
|
30
|
C
|
40
|
B
|
50
|
A
|