Pilihlah jawaban berikut
dengan benar !
1.
Menurut bahasa kata “hadits” artinya ... .
a.
baru
b.
lama
c.
dekat
d.
bekas
e.
berita
2.
“أقواله صلى الله عليه وسلم وأفعاله
وأحواله “ adalah pengertian hadits menurut … .
a.
muhadditsin
b.
usuliyin
c.
mutakallimin
d.
fuqaha’
e.
mufassirin
3.
Tinjauan ulama
mauidzhoh kebalikan kata “sunnah” adalah … .
a.
wajib
b.
bid’ah
c.
makruh
d.
tindakan
e.
kebiasaan
4.
“الرشدين المهد يين بعدي
عليكم
بسنتي سنة
خلفاء “ Hadits tersebut
berisi tentang perintah … .
a.
menerima sunnah
b.
berhati-hati dengan sunnah
c.
berpegang teguh kepada sunnah
d.
memperhatikan sunnah
e.
koreksi terhadap sunnah
5.
Amaliyah nabi Muhammad SAW yang berkaitan dengan syari’at Islam
seperti tata cara sholat, haji dan ibadah yang lainnya disebut … .
a.
sunnah qauliyah
b.
sunnah fi’liyah
c.
sunnah taqririyah
d.
sunnah hammiyah
e.
sunnah fadhilah
6.
Sahabat nabi SAW yang menambah lafadl adzan sholat subuh “ ألصلاة
خير من النوم “ adalah … .
a.
Abu Bakar Siddiq
b.
Umar bin Khottob
c.
Usman bin Affan
d.
Zaid bin Tsabit
e.
Bilal bin Rabah
7.
قال الله عز وجل أنا عند ظن عبدي بي و
انا معه حيث يد كرني { رواه البخاري عن
أبي هريرة } ungkapan lafadz tersebut
merupakan contoh … .
a.
hadits nabawi
b.
hadits qudsi
c.
hadits ilahi
d.
hadits robbani
e.
jawaban b, c dan d yang benar
8.
Dalam ilmu hadits; suatu hadits yang sanadnya disandarkan
kepada sahabat disebut … .
a.
hadits marfu’
b.
hadits mauquf
c.
hadits maqtu’
d.
hadits ahad
e.
hadits hasan
9.
عليه وسلم قال كلوا واشربوا وتصدقوا
وألبسوا في غير مخيلة عن عمرو بن شعيب عن
أبيه عن جده أن رسول الله صلى الله
ولاسرف {اخرجه أبو داود وأحمد}
Perawi dari
hadits di atas adalah … .
a.
عن عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده
b.
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال
c.
كلوا واشربوا وتصدقوا وألبسوا في غير
مخيلة
d.
اخرجه
e.
أبو داود وأحمد
10.
Matan dari hadits di atas (soal no.9) adalah … .
a.
عن عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده
b.
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال
c.
كلوا واشربوا وتصدقوا وألبسوا في غير
مخيلة
d.
اخرجه
e.
أبو داود وأحمد
11. Sanad dari
hadits di atas (soal no.9) adalah … .
a.
عن عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده
b.
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال
c.
كلوا واشربوا وتصدقوا وألبسوا في غير
مخيلة
d.
اخرجه
e.
أبو داود وأحمد
12. Dalam ilmu
hadits, seseorang yang menerangkan sanad suatu hadits disebut … .
a.
sanad
b.
isnad
c.
musnid
d.
musnad
e.
masnud
13. Ilmu yang
membahas tentang rawi hadits baik dari kalangan sahabat, tabi’in dan
orang-orang sesudah mereka dinamakan ilmu … .
a.
mustalakhul hadits
b.
ruwatul hadits
c.
mustolah ahli atsar
d.
rijalul hadits
e.
hadits
14.
Salah seorang sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits
dibawah ini adalah … .
a.
Anas bin Malik
b.
Aisyah Ummul Mukminin
c.
Abdullah bin Abbas
d.
Jabir bin Abdullah
e.
Abu Sa’id Al-Khudri
15. Hadits yang
diriwayatkan oleh imam Bukhari dan imam Muslim lazim menggunakan istilah
dibawah ini, kecuali … .
a.
متفق عليه
b.
رواه الشيخان
c.
أخرجه الشيخان
d.
رواه أصحاب الصحيح
e.
أخرجه البخاري ومسلم
16.
Mata rantai para periwayatan hadits yang menghubungkan
sampai ke matan hadits disebut
… .
a.
sanad
b.
matan
c.
riwayat
d.
sandaran
e.
rawi
17.
Orang yang kuat dan luas hafalannya serta kuat daya
ingatannya artinya tidak pelupa disebut … .
a.
adil
b.
dhabit sadran
c.
cerdas
d.
aqil
e.
dhabit kitaban
18.
Kedudukan hadits dalam Islam merupakan sumber pengambilan
hukum … .
a.
yang berdiri sendiri
b.
yang bersifat mutlak pasti benar
c.
yang dapat berubah sesuai dengan sikonnya
d.
setelah Al-Qur’an
e.
setelah ijmak dan qiyas
19.
Berikut ini yang bukan merupakan dasar/dalil dari Al-Qur’an yang menunjukkan bahwa hadits sebagai sumber hukum Islam adalah … .
a.
فأ منوا بالله ورسله
وان تؤ منوا وتتقوا فلكم أجر عظبم
b.
يأيها الذين أمنوا أمنوا بالله ورسوله
c.
قل أطيعوا الله والرسول
فاء ن تولوا فاء ن الله لا يحب الكا فرين
d.
يأيها الذين أمنوا أطيعوا الله و أطيعوا الرسول وأولي الأمر منكم
e.
انا نحن نزلنا الذكر وانا له لحا فظون
20. Ketika berada
di depan hajar aswad ia berkata : “saya tahu bahwa engkau adalah batu,
seandainya saya sendiri tidak melihat rasulullah SAW menciummu, maka saya tidak
akan menciummu”. Ungkapan tersebut diucapkan oleh … .
a.
Abu Bakar Siddiq
b.
Umar bin Khattab
c.
Usman bin Affan
d.
Ali bin Abi Thalib
e.
Sa’id bin Musayyab
21.
Salah satu fungsi hadits terhadap Al-Qur’an adalah sebagai
bayan tafsir. Artinya … .
a.
memperkuat hukum yang telah ada dalam Al-Qur’an
b.
menetapkan hukum yang belum ditetapkan Al-Qur’an
c.
menasah ayat
Al-Qur’an yang berbeda dengan hadits
d.
meluruskan ayat Al-Qur’an yang sudah tidak relevan
e.
memberikan rincian dan penjelasan terhadap ayat-ayat
Al-Qur’an yang masih mujmal
22. Istilah bayan
taqrir disebut pula dengan … .
a.
bayan ta’kid
b.
bayam tasyri’
c.
bayan isbat
d.
bayan ta’yin
e.
bayan takhyir
23.
Salah satu fungsi hadits terhadap Al-Qur’an ialah menetapkan
dan membentuk suatu hukum yang tidak ada ketentuan nasnya didalam Al-Qur’an.
Fungsi ini lazim disebut … .
a.
bayan tafsir
b.
bayam tasyri’
c.
bayan isbat
d.
bayan ta’yin
e.
bayan ta’kid
24.
Fungsi hadits yang berbunyi
“ صلوا كما رأيتموني
أصلي {رواه البخاري}
terhadap QS.Al-Baqarah : 43 yang berbunyi :
وأقيموا
الصلاة وأتوا الزكا ة واركعوا مع الركعين
termasuk bayan ... .
a.
tafsir
b.
tasyri’
c.
isbat
d.
ta’yin
e.
ta’kid
25.
Hadits ditinjau dari segi kwantitasnya dibagi menjadi hadits ...
.
a.
shahih dan hadits dha’if
b.
hasan dan hadits masyhur
c.
mutawatir dan hadits ahad
d.
ahad dan hadits aziz
e.
aziz dan hadits gharib
26. Hadits yang
disampaikan oleh beberapa orang di mana
orang-orang tersebut bersepakat untuk tidak berbuat dusta disebut hadits ...
.
a.
sahih
b.
hasan
c.
dha’if
d.
mutawatir
e.
hasan
27.
Hadits yang tidak memenuhi syarat-syaratnya hadits shahih dan hadits hasan disebut hadits ...
.
a.
sahih
b.
hasan
c.
dho’if
d.
mutawatir
e.
hasan
28. Menurut ulama
ahli hadits perbedaan antara hadits shohih dan hadits hasan itu sangat tipis,
yaitu terletak pada ... .
a.
jumlahnya rawi
b.
tingkat keadilan rawi
c.
pangkatnya rawi
d.
kuat dan lemahnya hafalan rawi
e.
kemampuan ilmunya rawi
29.
Maksud hadits ditinjau dari sisi kwalitasnya adalah hadits
yang dilihat berdasarkan ... .
a.
sanad dan matannya hadits
b.
makbul dan mardudnya hadits
c.
kandungannya hadits
d.
banyak dan sedikitnya
rawi
e.
marfu’ dan maqtu’nya hadits
30. Mayoritas ulama
membolehkan mengambil hadits dha’if sebagai hujjah, tetapi terbatas untuk fadlailul
a’mal. Artinya untuk ... .
a.
kewajiban amal
b.
kemurnian amal
c.
keutamaan amal
d.
ketinggian nilai amal
e.
kesunahan amal
31. Dari kandungan
QS.Al-Bayyinah : 5 bahwa seseorang akan diterima amal ibadahnya apabila
didasari dengan hati yang ... .
a.
sabar dan tawakkal
b.
khusyu’ dan khudu’
c.
kontinuitas atau istiqamah
d.
tulus dan ikhlas
e.
sungguh-sungguh dan tidak putus asa
32.
Makna yang luas dari lafadl QS. Al-An’am : 162-163 yang
digaris bawahi berikut ini adalah ... .
قل
ان صلاتي ونسكي ومحياي ومماتي لله رب العا لمين لا شريك له وبذالك أمرت وأنا أول المسلمين
a.
dan pengorbananku
b.
dan ibadahku
c.
dan shalatku
d.
dan pengabdianku
e.
dan keikhlasanku
33.
Hadits berikut ini menjelaskan tentang : … . أحب الأعمال الى الله
تعالى أدوامها
a.
ibadah
b.
kurban
c.
ikhlas
d.
istiqamah
e.
kehidupan
34. Kitab berisi
rumusan bilangan yang menunjukkan banyak-sedikitnya rawi hadits ciptaan Ibnu
Ismail As-son’ani adalah … .
a.
Sahih Bukhari
b.
Sahih Muslim
c.
Bulughul Maram
d.
Subulus Salam
e.
An-Nihayah
35. Kitab Bulughul
Maram banyak digunakan sebagai pegangan diperguruan Islam di Indonesia, bahkan
sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Kitab tersebut hasil karya paling
popular seorang ulama yang bernama … .
a.
Ibnu Hajar
b.
Imam Bukhori
c.
Imam Muslim
d.
Imam Izzuddin
e.
Imam As-Suyuti
II. Uraikan !
1.
Jelaskan
pengertian hadits menurut bahasa dan menurut istilah !
2.
Sebutkan
macam-macam sunnah dan berilah penjelasan masing-masing secara singkat !
3.
Sebutkan
syarat-syarat menjadi rawi hadits !
4.
Jelaskan
fungsi-fungsi hadits terhadap Al-Qur’an
5.
Tuliskan
sebuah hadits dan terjemahannya yang menunjukkan bahwa hadits sebagai sumber
hukum Islam setelah Al-Qur’an !