Perangkat Keras dan Perangkat Lunak


1.3.1 Komputer pribadi

Komputer merupakan sebuah piranti elektronika digital, dengan CPU sebagai otaknya yang berfungsi untuk memproses data-data yang masuk di dalamnya melalui perantara perangkat lunak sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan keluaran data sesuai yang kita harapkan.
Pada sebuah system computer terdapat bagian yang merupakan kelompok peralatan masukkan seperti keyboard, mouse, disk drive dsb. Juga terdapat kelompok peralatan luar seperti : monitor, printer, dsb. Kesemuanya ini dikenal sebagai peralatan I/O dan disebut sebagai peripheral device, yaitu unit-unit yang dihubungkan secara elektrik pada CPU melalui sebuah peralatan penghubung (interface). Dalam hal ini setiap jenis peralatan I/O memiliki peralatan penghubung yang berbeda sesuai dengan fungsi dan karakteristiknya masing-masing.


1.3.2 Memori
Memori merupakan tempat mikroprosesor menyimpan data sementara di saat komputer sedang dioperasikan. Data diletakkan pada lokasi tertentu yang di tandai dengan sesuatu alamat memory. Dengan demikian semakin besar kapasitas memori suatu computer, maka semakin banyak penyimpanan data yang bisa dilakukan oleh computer tersebut. Pada computer terdapat 2 jenis dasar memori,yaitu ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Acces Memory).
ROM merupakan memori yang bersifat tetap atau permanen, tidak dapat ditulisi atau diperbarui lagi. ROM biasanya digunakan untuk menyimpan instruksi-instruksi yang diperlukan computer saat pertama kali melakukan booting. Sedangkan RAM merupakan memori yang dapat digunakan untuk tempat pembacaan dan penulisan sementara. Dalam hal ini setiap kali computer dimatikan, seluruh informasi yang terdapat dalam RAM akan terhapus kembali. Sedangkan isi memori pada ROM tetap tidak berubah.



2.4 Perangkat Lunak

Pada proyek akhir ini, perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengolah database menggunakan bahasa berbasis windows hal ini adalah Visual Basic dimana pemrograman dapat membuat program yang dapat berjalan pada windows.
Perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatan Tugas Akhir ini antara lain Microsof Visual Basic, Microsoft SQL Sever, Microsoft Power point.

Interface Visual Basic mengandung elemen sebagai berikut :
• Menu Bar
• Toolbar ~ tempat untuk menggunakan objek Visual Basic
• Form ~ merupakan window tempat aplikasi di desain
• Project exploler ~ sebuah daftar kumpulan form, modul dan class yang digunakan dalam project
• Properties window ~ daftar kumpulan seting properti pada control tertentu
• Tool box ~ kumpulan tools yang digunakan untuk mendesain aplikasi
• Form layout ~ digunakan untuk menempatkan form pada layer

Sebuah project dapat berisi form,modul, dan grafik. Semua akan disimpan dalam beberapa file. Dibawah ini terdapat tabel exstansi beberapa dari jenis file yang di pakai.

Design-Time File
Exstensi Deskripsi
.bas modul basic
.cls Modul Class
.frm File Form
.frx File Form Biner
.res File resource
.vbp File Visual Basic Project

Run-Time File
Extensi Deskripsi
.dll In-prosess ActiveX component
.exe Excecutable file or activeX component
.ocx ActiveX control
.vbb Active document boostrap file
.vbd Active document state file