Browser dan Server web

Dalam dunia web, perangkat lunak client, yaitu browser web mempunyai tugas yang sama untuk menterjemahkan informasi yang diterima dari server dan menampilkannya pada layar komputer pengguna. Oleh karena HTTP memungkinkan server web mengirimkan beragam data yang akan diterimanya, dan selanjutnya harus tahu cara untuk menampilkannya dengan benar, teks harus ditampilkan sebagai teks dan gambar harus ditampilkan sebagai gambar.
Umumnya browser web menerima data dalam bentuk HTML. File HTML sebenarnya adalah file teks biasa yang selain berisi informasi yang hendak ditampilkan kepada pengguna, juga mempunyai perintah perintah untuk mengatur tampilan data tersebut. Broswerlah yang memiliki kuasa dalam menterjemahkan perintah perintah tadi. Meskipun sudah dibuat consensus untuk menstandarkan format dan elemen HTML, setiap jenis browser bisa menterjemahkan file HTML yans sama secara berbeda.
Browser-browser web moderen dilengkapi dengan pasilitas yang mendukung tampilan multimedia berupa audio (suara), animasi 3 dimensi, bahkan vidio. Program browser web yang paling terkenal saat ini adalah Microsoft internet Explorer, Mozilla, Fire Fox, dan sebagainya.
Sementara itu server web pada dasarnya adalah perangkat lunak khusus yang bertugas melayani permintaan-permintaan dari browser web akan dokumen-dokumen yang tersimpan didalamnya.
Perangkat lunak data base dan server web dapat dipisahkan dan ditempatkan pada mesin kedua, bahkan lebih. Dengan begitu, pemrosesan pada sisi server dapat disebarkan ke beberapa mesin, yang memungkinkan efisiensi komputansi. Dengan cara ini kapasitas server bisa dikembangkan dan ditingkatkan sesuai kebutuhan.

Sistem ini memberikan keuntungan yang banyak seperti penggunaan resouce secara lebih efisien, penyimpanan data terpusat, serta lalu lintas data di dalam jaringan menjadi lebih rendah (dibandingkan dengan sistem yang seluruhnya terpusat). Satu-satunya kelemahan dalam sistem ini adalah menajemen dan perawatan mesin-mesin client yang membutuhkan upgrading serta proses konfigurasi yang memakan waktu dan tenaga. Semua program client, harus dipasang satu persatu disetiap kompuer client dan apabila suatu saat program client tersebut harus diubah atau dikembangkan, perosesnya harus diulang disetiap kompuer client.
Secara mudah kita bisa mengatakan bahwa konsep web pada awalnya bisa dipandang mirip dengan konsep jaringan dump terminal; pengguna browser web mengirim permintaan ke server web, lalu menerima informasi dari server berupa dokumen startis yang oleh browser hanya perlu ditampilkan ke layar.
Meskipun kompuer client memiliki prosesor, memori, serta media penyimpan sendiri, sifat-sifat alami browser web sebenarnya memenuhi syarat syarat sebagai dump terminal. Karena kemampuanya membentuk user interface yang sifatnya grafis maka browser web disebut pula dengan smart dump terminal.
Mengembangkan sistem client/server membawa keuntungan-keuntungan langsung seperti :
1. tidak ada masalah distribusi program
pendistribusian berlangsung dengan sendirinya, karna setiap salinan dokumen (sebagai suatu komponen aplikasi) di-download kemesin client. Setiap saat mesin client membutuhkan dan menerima salinan (update) yang lebih baru. Sehingga seorang administrator tidak perlu lagi meng-install perangkat lunak yang ada di organisasinya.
2. efisien
Distribusi otomatis dan tidak perlunya instansi untuk setiap client mempermudah perawatan dan updating aplikasi. Perubahan-perubahan pada aplikasi dapat dilaksanakan secara terpusat dan dapat langsung diterapkan tanpa perlu menyesuaian semua client. Bahkan tampilan pada pengguna dapat diubah secara berkala, sesuai dengan waktu dan situasi.
3. fleksibel
browser web tersedia untuk hampir semua platform mesin dan sistem informasi, baik itu mesin Windows berbasis prosesor intel, mesin UNIX berbasis prosesor RISC, ataupun komputer Macintosh. Fleksibilitas aplikasi web lebih terjamin, karna tidak perlu lagi mengembangkan program-program client yang berbeda untuk tiap macam platform.



Layanan Interne
Sebagai jaringan kompuer global yang mempermudah penggunaannya untuk berkomunikasi maupun dalam bertukar informasi, internet memiliki beberapa layanan yang sering digunakan:
a. WWW (World Wide Web)
Layanan World Wide Web menggunakan protocol HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) untuk mengadakan komunikasi. Protocol aplikasi ini digunakan untuk berkomunikasi antara web browser dan web server satu sama lain (client server).HTTP ini digunakan jika hendak mengakses suatu web site tertentu. Dari singkatanya, HTTP memiliki tugas untuk menstransfer dokumen berupa hypertext yang dalam pelaksanaannya lebih dikenakan dalam HTML.
Pada perinsipnya World Wide Web (yang singkatannya disebut “web”saja) berkerja dengan cara menampilkan file-file HTML yang berasal dari server web pada program client khusus, yaitu browser web. Browser pada client mengirimkan permintaan (riquest) kepada server dalam bentuk HTML. File HTML berisi instruksi-intuksi yang diperlukan untuk membentuk tampilan. Perintah perintah HTML ini kemudian diterjemahkan oleh browser web sehingga isi informasinya dapat ditampilkan secara visual kepada pengguna dilayar kompuer. Dengan demikian HTTP akan menstransfer HTML ke browser dari server tempat HTML tersebut disimpan.
b. SMTP (Simple Mail Transport Protocol) dan POP/IMAP (Post Office Protocol/Internet Access Protokol)
Kedua protocol ini digunakan untuk memberikan layanan surat elektronik (elektronik mail). SMTP untuk mengirimkan e-mail, sedangkan POP dan IMAP digunakan untuk mengambil e-mail dari server.
c. FTP (File Transfer Protocol)
Protocol aplikasi yang digunakan untuk melakukan transfer file dari server di internet seperti downlod. FTP ini juga dapat digunakan sebaliknya, untuk mengirimkan file ke web server di internet. Kebanyakan web browser memiliki fasilitas ini. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika kita melakukan transfer file melalui software Cute FTP, dan lain lain.

IP Address
Dalam mendesain sebuah jaringan komputer yang terhubung ke internet, kita perlu menentukan IP Address untuk tiap komputer dalam jaringan tersebut. Penentuan IP address sangat penting dalam desain, karena IP Address yang terdiri atas bilangan 32 bit ini akan ditempatkan dalam header setiap paket data yang dikirim oleh kompuer ke komputer lain.