norma

Jelaskan mengapa norma hukum memiliki sanksi yang paling tegas dibandingkan norma yang lainnya.
Jawaban:
Hukum memiliki sifat memaksa dan mengatur, sanksinya dicantumkan secara eksplisit dalam peraturan perundang-undangan. Oleh karenanya, norma hukum lebih ditaati oleh masyarakat dibandingkan norma lainnya. Hukum dapat memaksa seseorang untuk menaati tata tertib yang berlaku di dalam masyarakat dan terhadap orang yang tidak mentaatinya diberikan sanksi yang tegas.

Sebutkan peraturan perundangan yang menunjukkan negara kesatuan republik Indonesia adalah negara hukum.
Jawaban:
Negara Indonesia merupakan negara hukum. Pasal 1 ayat (3) UUD 1945 menyatakan bahwa “Negara Indonesia adalah negara hukum”. Negara hukum adalah negara yang mendasarkan segala sesuatu, baik tindakan maupun pembentukan lembaga negara, pada hukum tertulis maupun tidak tertulis.

Sebutkan bentuk-bentuk perilaku yang sesuai dengan norma kesusilaan!
Jawaban:
Bentuk perilaku yang sesuai dengan norma kesusilaan yaitu berkata jujur, tidak mencontek dan perilaku lainnya yang sesuai dengan norma agama seperti menjaga kehormatan pribadi dan keluarga.

Jelaskan manfaat menaati semua peraturan/norma yang berlaku bagi diri sendiri dan bagi masyarakat!
Jawaban:
Semua norma pada dasarnya memiliki arti penting dan manfaat bagi masyarakat yaitu agar terciptanya masyarakat yang tertib dan sejahtera. Terlebih norma hukum, hukum berfungsi melindungi dan memberi jaminan keadilan bagi manusia untuk memenuhi semua kebutuhannya. Selain itu, hukum diciptakan untuk memberi jaminan kepastian bahwa hak-hak pribadi, kelompok, atau negara tidak dilanggar. Oleh karena itu, manusia wajib menaati hukum yang berlaku dengan sikap kesadaran hukum yang tinggi.