soal pkn

. Apa yang dimaksud dengan beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa?
Jawaban:
Iman artinya ‘percaya’. Manusia yang beriman adalah manusia yang percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa.  Takwa berarti ‘menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya’. Beriman dan bertakwa kepada  Tuhan Yang Maha Esa berarti senantiasa percaya akan Tuhan dengan cara melaksanakan segala perintah dan  menjauhi larangan Tuhan Yang Maha Esa.

Mengapa manusia perlu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa? Jelaskan.
Jawaban:
Manusia perlu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa karena bisa memberikan keberkahan dalam kehidupannya, sehingga bisa menyelamatkan manusia di dunia dan akhirat.

Jelaskan manfaat yang dapat kamu ambil dari menjalankan perintah Tuhan Yang Maha Esa terhadap diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.
Jawaban:
Akan tergantung dengan pemahaman dan pengalaman siswa dalam menjalankan perintah Tuhan Yang Maha Esa. Guru mengarahkan agar siswa memiliki pemahaman dan keyakinan akan manfaat menjalankan Perintah Tuhan Yang Maha Esa.

Jelaskan pentingnya keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam hubungan dengan sesama manusia.
Jawaban:
Keimanan dan ketakwaan sesuai dengan agama masing-masing akan mewujudkan masyarakat yang harmonis, karena semua agama memerintahkan kita untuk hidup saling menghargai, menghormati dan bersikap baik terhadap sesama maupun mahluk Tuhan lainnya.

Jelaskan pentingnya keimanan dan ketakwaan dalam pergaulan di lingkungan sekolah, rumah, dan masyarakat.
Jawaban:
Mewujudkan keimanan dan ketakwaan dalam pergaulan dilingkungan sekolah, rumah dan masyarakat penting guna terwujudnya keselarasan, keserasian dan kesejahteraan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Jelaskan konsekuensi apa yang diterima apabila dalam membina hubungan sesama tidak dilandasi akhlak mulia.
Jawaban:
Konsekuensinya tentu dampak negatif yang dapat terjadi, misalnya terjadi perselisihan, pertengkaran, dan tawuran.