KWU soal uas ganjil kls xi



Pilihlah Jawaban Berikut Dengan Benar

1.      Di dalam konsep untuk memulai usaha, seseorang calon wirausaha harus memiliki kompetensi sebagai berikut,  kecuali…

a.       kemampuan teknik
b.      kemampuan pemasaran
c.       kemampuan finansial
d.      kemampuan hubungan
e.       kemampuan yuridis

2.      Dasar pendekatan berdasarkan gagasan sebagai kunci keberhasilan usaha dengan melihat keterampilan, kemampuan dan latar belakang sendiri didalam menunjukkan jenis usaha yang akan dirintis, disebut ….

a. speed generation
b. opportunity generation
c. idea generation
d.pendekatan pasar
e. pengamatan lingkungan

3.      Sumber daya yang harus dimiliki setiap usaha baru (Perusahaan) didalam menunjukkan roda aktivitas bisnis adalah,  kecuali … .

a.       uang (modal)
b.      sumber daya manusia (SDM)
c.       peralatan dan perlengkapan (materiil)
d.      kreativitas dan inovasi (immaterial)
e.       lingkungan bisnis (environment)

4.      Kerja sama manajemen yang mengatasnamakan jual beli hak lisensi di dalam menjalankan perusahaan cabang atau penyalur, disebut … .

a.       franchisee
b.      korporasi
c.       franchising
d.      persekutuan
e.       franchisor

5.      Pihak yang dinyatakan sebagai pembeli hak lisensi didalam memonopoli penyelenggaraan perusahaan dari induk perusahaan adalah … .

a.       franchising
b.      franchisee
c.       franchisor
d.      product distribution franchising
e.       pure franchising

6.      Perusahaan induk yang menjual hak lisensinya kepada anak perusahaan di suatu wilayah tertentu, disebut pihak … .

a.       franchising
b.      franchisee
c.       franchisor
d.      product distribution franchising
e.       pure franchising

7.      Keuntungan bagi pihak yang memiliki hak lisensi, disebut … .

a.       royalty
b.      deviden
c.       provit oriented
d.      sisa hasil usaha
e.       laba

8.      Kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajian membayar hutang kepada kreditur sesuai tempo yang telah ditentukan, disebut rasio … .

a.       cash flow
b.      debt to equity ratio
c.       rentabilitas
d.      solvabilitas
e.       likuiditas

9.      Persentase ratio antara aktiva dan passive didalam neraca akuntansi perusahaan disebut ... .

a.       cash flow
b.      debt to equity ratio
c.       rentabilitas
d.      solvabilitas
e.       likuiditas

10.  Bantuk usaha yang dimiliki dan dikelola sendiri oleh wirausahawan dengan segenap keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki disebut … .

a.       asosiasi
b.      perusahaan perseorangan
c.       firma
d.      CV
e.       PT

11.  Bentuk usaha berbadan hukum yang terdiri atas pihak yang mengelola dan bertanggung jawab penuh atas seluruh aktivitas perusahaan serta yang lainnya hanya menanamkan modal yang disertakan saja, disebut … .

a.       Persekutuan aktif
b.      Persekutuan pasif
c.       Comanditer vannoschap (CV)
d.      Perseroan terbatas (PT)
e.       firma

12.  Jabatan tertinggi di dalam pengambilan kebijakan yang vital bagi perusahaan yang memiliki bentuk usaha perseroan terbatas (PT), disebut … .

a.       Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)
b.      Direktur Perusahaan
c.       Manager Perusahaan
d.      Kepala Divisi
e.       Supervisor

13.  Keuntungan bagi pihak yang menanamkan modalnya dalam bentuk saham-saham (share) di perseroan terbatas adalah … .

a.       royalty
b.      deviden
c.       provit oriented
d.      sisa hasil usaha
e.       laba

14.  Perizinan apa saja yang harus dilampaui setiap perusahaan dalam melakukan aktivitas usahanya, kecuali … .
a.       Izin prinsip; menyangkut akta pendirian perusahaan
b.      Izin reklame dan publikasi
c.       Izin mendirikan bangunan (IMB)
d.      Izin register/pendaftaran tenaga kerja
e.       Izin gangguan lingkungan (andal) dan surat izin tempat usaha
15.  Aturan rumah tangga / peraturan yang mengatur seluruh aktivitas perusahaan di dalam mencapai tujuan dan yang menghubungkan antara modal dengan ide (science entrepreneurship), disebut … .

a.       organisasi
b.      kebijakan
c.       sistem
d.      manajemen
e.       evaluasi

16.  Akta pendirian suatu perusahaan berdasarkan hukum dibuat oleh … .

a.       pengadilan
b.      kejaksaan
c.       pemerintah daerah
d.      dinas peridustrian dan perdagangan
e.       akta notaris

17.  “Setiap wirausahawan didalam mengembangkan kegiata bisnisnya harus dapat memenuhi komoditi konsumen di suatu wilayah, sehingga produk/jasa yang dihasilkan dapat mudah diterima para kosumen”,  Apa pengertian komoditi yang tepat sesuai wacana di atas … .
a.       suatu terobosan-terobosa dala membuka lapangan pekerjaan
b.      hasil kerja yang diproduksi secara efektif dan efisien
c.       setiap barang/jasa yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan kosumen
d.      meningkatkan system pemasaran terpadu
e.       produk atau jasa yang banyak dibeli oleh para konsumen
18.  Neraca keuangan perusahaan memuat daripada kolom aktiva dan kolom passive, dibawah ini mana yang bukan bagian dari kolom aktiva … .

a.       kas
b.      piutang
c.       peralatan
d.      perlengkapan
e.       utang

19.  Seorang wirausahawan yang memiliki usaha pertokoan harus bisa memenuhi jangkauan konsumen yang dituju, apa yang sebaiknya dilakukan … .
a.       membuat usaha pertokoan yang dekat dengan konsumen
b.      mempublikasikan toko dengan menganalisa konsumen terlebih dahulu
c.       memasang papan nama perusahaan
d.      memperbanyak jumlah produk yang dijual
e.       mendesain toko secara tepat dan menarik perhatian konsumen
20.  Pilihan dibawah ini, mana yang bukan strategi mempertimbangkan posisi yang diinginkan (positioning) didalam sebuah persaingan dengan perusahaan lain … .

a.       pemimpin pasar
b.      penantang pasar
c.       pelopor pasar
d.      pengikut pasar
e.       perelung pasar

21.  Perusahaan yang dapat mengmengendalikan harga, membuat produk baru, menggunakan promosi secara gencar dan efektif sebagai tauladan para perusahaan pesaing disebut … .

a.       pemimpin pasar
b.      penantang pasar
c.       pengikut pasar
d.      perelung pasar
e.       pelopor pasar

22.  Perusahaan yang berapa dibawah pemimpin pasar dan selalu berusaha mengejar bahkan melampaui pemimpin pasar dengan memaksimalkan sumber daya dan strategi disebut … .

a.       pemimpin pasar
b.      penantang pasar
c.       pengikut pasar
d.      perelung pasar
e.       pelopor pasar

23.  Perusahaan yang sangat mengetahui cara untuk mempertahakan pelanggan yang sudah ada dan selalu mencari pelanggan baru disebut … .

a.       pemimpin pasar
b.      penantang pasar
c.       pengikut pasar
d.      perelung pasar
e.       pelopor pasar

24.  Apa definisi partnership menurut Musselman dan Hughes adalah … .
a.       perkumpulan para pengusaha untuk kerja sama, berekspasi dan mencari peluang
b.      asosiasi atau persekutuan dua orang atau lebih untuk menjalankan usaha demi keuntungan
c.       penggabungan dua perusahaan atau lebih untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan
d.      persahabatan didalam menjalankan bisnis secara bersama-sama
e.       kerja sama antara sekutu aktif dan sekutu pasif didalam menjalankan bisnis
25.  Jenis partnership yang semua anggota secara keseluruhan aktif didalam mengoperasikan bisnis dan bertanggung jawab secara bersama-sama, disebut … .

a.       general partnership
b.      limited partnership
c.       secret partner
d.      silent partner
e.       dormant partner

26.  Jenis partnership yang memiliki anggota satu orang yang bertanggung jawab terbatas sedangkan anggota lainnya bertanggung jawab tidak terbatas, disebut … .

a.       general partnership
b.      limited partnership
c.       secret partner
d.      silent partner
e.       dormant partner

27.  Kemajuan suatu perusahaan tergantung dari Personil yang menjalankan perusahaan, maka diharapkan setiap perusahaan mengawali strategi dengan … .
a.       menempatkan pegawai pada kemampuan dan profesionalitas dengan pengawasan 100%
b.      meningkatkan gaji dan insentif karyawan
c.       meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja dengan program jamsostek
d.      menyeleksi karyawan secara ketat
e.       memberikan peraturan- peraturan dan sanksi kerja
28.  Penyebaran promosi lebih mengedepankan keunggulan yang dimiliki perusahaan dalam menarik perhatian konsumen, seperti halnya sebagai berikut,  kecuali … .
a.       harga produk yang murah dari para pesaing
b.      kuantitas dan kualitas produk yang baik
c.       lokasi strategis dan nyaman
d.      banyak karyawan di perusahaan
e.       system operasioal perusahaan dan jaminan atas produk yang dihasilkan
29.  Elemen-elemen promosi yang mempergunakan iklan di berbagai media, seperti : papan reklame, poster, catalog, spanduk dan sebagainya disebut … .

a.       price promotion
b.      public relation
c.       sales promotion
d.      personal selling
e.       advertising

30.  Media promosi yang mempergunakan pramuniaga atau salesman untuk memperkenalkan dan menjual produk atau jasa kepada konsumen disebut … .

a.       price promotion
b.      public relation
c.       sales promotion
d.      personal selling
e.       advertising

31.  Media promosi yang mempergunakan diskon, hadiah dan undian untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa disebut … .

a.       price promotion
b.      public relation
c.       sales promotion
d.      personal selling
e.       advertising

32.  Reklame yang dipasang di depan tempat usaha (depan kantor/pabrik) adalah … .

a.       papan nama perusahaan
b.      papan reklame
c.       iklan
d.      spaduk
e.       poster

33.  Reklame yang dibuat dari kain yang ditulis, diberi gambar, biasanya dipasang di atas jalan atau depan gedung atau bangunan adalah … .

a.       catalog
b.      folder
c.       iklan
d.      spaduk
e.       slide

34.  Strategi harga dengan cara memasang harga setinggi mungkin dengan alasan mengembalikan modal dalam waktu singkat dan sasaran pasar ditujukan konsumen yang kaya disebut … .

a.       Skiming price
b.      penetration price
c.       competitor price
d.      margin pricing
e.       even price

35.  Strategi harga dengan memakai harga yang rendah pada permulaan pemasaran, kemudian dinaikkan secara bertahap disebut … .

a.       skiming price
b.      penetration price
c.       competitor price
d.      margin pricing
e.       even price



II. Soal  Uraian !

1.      Sebutkan 3 (tiga) cara yang dapat dilakukan oleh seorang wirausahawan untuk memulai suatu usaha atau memasuki dunia usaha…
2.      Apa saja perizinan usaha yang harus dilampaui bagi perusahaan yang mulai dirintis…
3.      Sebutkan 3 (tiga) bentuk usaha yang dapat dirintis untuk usaha baru…
4.      Apa yang menjadi 2 (dua) hal penting menyangkut pemilihan lokasi usaha dan jelaskan…
5.      Sebutkan bentuk modal usaha yang diperlukan untuk membuka usaha baru dan jelaskan…