seputar bpupki

Jelaskan tugas dan fungsi BPUPKI.
Jawaban:
Tugas dan Fungsi BPUPKI adalah menyelidiki dan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. BPUPKI menyusun dan mempersiapkan dasar negara dan rancangan Undang-Undang Dasar.

Sebutkan hasil-hasil dari Sidang Kedua BPUPKI.
Jawaban:
Sidang kedua BPUPKI berlangsung mulai tanggal 10 sampai dengan 17 Juli 1945. Hasil dari sidang kedua BPUPKI yaitu disusunnya Rancangan UUD yang di dalamnya terdapat pembahasan bentuk negara, wilayah negara, kewarganegaraan, ekonomi, keuangan, pembelaan, pendidikan, dan pengajaran.

Jelaskan perbedaan antara Piagam Jakarta dan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia 1945.
Jawaban:
Perbedaan antara Mukadimah Piagam Jakarta dengan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 terdapat dalam alinea keempat yaitu adanya “Ketuhanan Yang Maha Esa dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”. Kalimat ini dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa.”

Sebutkan lembaga yang mengesahkan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.
Jawaban:
Lembaga yang mengesahkan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 adalah PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) pada tanggal 18 Agustus 1945.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 55

Sebutkan nilai apa yang dapat kamu teladani dalam penyusunan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Jawaban:
Nilai yang dapat diteladani
a. adanya rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia dan selalu bersemangat dalam berjuang;
b. meneladani kesetiaan dengan cara membantu orang lain, menghormati dan menerima hal-hal yang dianggap penting dalam bernegara, serta peduli dengan nama baik bangsa dan negara;
c. mendukung dan berupaya secara aktif mencapai cita-cita bangsa, yaitu: bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur; dan
d. melakukan pengorbanan pribadi, dengan cara menempatkan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi, pengorbanan dalam hal pilihan pribadi, serta mendukung keputusan yang menguntungkan bangsa dan negara walaupun keputusan tersebut tidak disenangi.