Expressions in the class

Expressions for introducing self

My full name is ....
Nama lengkap saya ....
You can call me ....
Kalian bisa memanggil saya, ....
I come from ..., but I live in ....
Saya dari ..., tetapi saya tinggal di ....
Good morning, my name’s ....
Selamat pagi. Nama saya ....
I’m a new teacher here.
Saya guru baru di sini
My name’s ... I’m your new Math teacher.
Nama saya ... Saya guru matematika kalian yang baru.
I’ll be teaching you musics this semester.
Saya akan mengajar musik semester ini.
I’ve got three lessons with you each week.
Saya mempunyai tiga pelajaran dengan kalian setiap minggu.
My full name is .... Just call me .... for short. I will be teaching you on Wednesday
and Saturday.
Nama lengkap saya .... Panggil saja saya .... Saya akan mengajar kalian setiap hari Rabu dan Sabtu.
Good morning. This is the first time I meet you. So let me introduce myself to you.
Selamat pagi. Ini pertama kali saya bertemu kalian. Jadi, saya akan memperkenalkan
diri saya terlebih dahulu.

Expressions for asking about students’ attendance

Who is absent today?
Siapa yang absen hari ini?
Who isn’t here today?
Siapa yang tidak ada di sini hari ini?
Who isn’t here?
Siapa yang tidak masuk?
What’s the matter with Mery today?
Ada masalah apa dengan Mery hari ini?
Why is Andi absent today?
Mengapa Andi tidak hadir hari ini?
Tuti, why were you absent last Monday?
Tuti, mengapa kamu tidak masuk senin yang lalu?
Has anybody seen Sinta today?
Apakah ada yang lihat Sinta hari ini?
Does anybody have any idea where Anggi is today?
Ada yang tahu dimana Anggi hari ini?
You weren’t in our last lesson.
Kamu tidak hadir di pelajaran terakhir kita.
Who wasn’t here on Tuesday?
Siapa yang tidak hadir pada hari Selasa?
Who missed last Thursday’s lesson?
Siapa yang melewati pelajaran hari Kamis?
l. Jika terdapat peserta didik yang terlambat, guru dapat menggunakan beberapa ekspresi untuk menanyakan kondisi tersebut.

Expressions for asking why someone is late

Why are you late?
Mengapa kamu terlambat?
Where have you been?
Kamu ke mana saja?
We started a couple of minutes ago. Where have you been?
Kita sudah mulai beberapa menit yang lalu. Kamu ke mana saja?
Did you miss your bus?
Kamu ketinggalan bus?
Did you oversleep?
Kamu ketiduran?
I see. Well, sit down and let’s let’s start.
Saya mengerti. Oke, duduk dan mari kita mulai.
Hurry up and sit down. We’ve already started.
Cepat dan duduklah. Kita sudah mulai.
Sit down and we can start now.
Duduklah dan kita bisa mulai sekarang.
Don’t come late.
Jangan terlambat.
Don’t come late next time.
Jangan terlambat lagi lain waktu.
Try not to be late again.
Cobalah untuk tidak terlambat lagi.
Try to be here on time.
Berusahalah sampai di sini tepat waktu.
Try to be punctual.
Cobalah tepat waktu.
Don’t let it happen again.
Jangan sampai ini terjadi lagi.
I’ll have to report you to the principal if you’re late again.
Saya akan melaporkanmu kepada kepala sekolah jika kamu terlambat lagi.
Let this be the last time, OK?
Ini yang terakhir kali, OK?
That’s the second time this week.
Ini sudah yang kedua kalinya minggu ini.
I don’t like someone who is late.
Saya tidak suka dengan yang telambat.
m. Jika seluruh peserta didik sudah cukup terkondisikan maka guru dapat memulai pelajaran dengan doa.

Expressions for saying/starting to say a prayer

Let’s have a moment of silence.
Mari kita berdoa.
Let’s pray for a moment.
Mari kita berdoa sejenak.
Before we start the lesson let’s have a moment of silence.
Sebelum kita mulai pelajaran, mari kita berdoa.
Wildan, please lead the prayer.
Wildan, silakan memimpin doa.

Expressions about telling students that the lesson is not finished yet

The bell hasn’t rung yet.
Belnya belum berbunyi.
There are still ten minutes to go.
Masih tersisa 10 menit lagi.
We still have a couple of minutes left.
Kita masih punya waktu beberapa menit lagi.
The lesson doesn’t finish till half past ten.
Pelajaran belum akan berakhir sampai pukul 10:30.
Your watch must be too fast.
Jam kalian pasti terlau cepat.
We have an extra five minutes.
Kita masih punya tambahan waktu 5 menit lagi.
Sit quietly until the bell rings.
Duduklah dengan tenang sampai bel berbunyi.

Expressions about telling students that the lesson already finished

Time’s up.
Waktunya sudah habis.
It’s almost time to stop.
Waktunya sudah hampir habis.
I’m afraid the time is over now.
Maaf waktunya sudah habis sekarang.
We’ll have to stop here.
Kita harus berhenti sekarang.
That’s the bell. It’s time to stop.
Itu suara belnya. Saatnya untuk berhenti.
That’s all for today. You may go now.
Sampai di sini pelajaran hari ini. Kalian
boleh pulang sekarang.

Expressions about asking students to wait

Wait a minute.
Tunggu sebentar.
Hang on.
Tunggu sebentar.
Just hold on a moment.
Tunggu sebentar.
Stay where you are for a moment.
Tetaplah di tempat kalian sebentar saja.
Just a moment, please.
Tunggu sebentar saja.
One more thing before you go.
Satu hal lagi sebelum kita pulang.
Back to your seat.
Kembali ke tempat duduk kalian.
Take your time. I have something to tell you.
Jangan tergesa-gesa, ada yang mau saya katakan.

Expressions about asking students to go out from the class

Make a line.
Berbarislah.
Make a line and wait for the bell rings.
Buat barisan dan tunggulah sampai bel berbunyi.
Everybody outside!
Semuanya keluar!
All of you, get outside now!
Semuanya, keluarlah sekarang.
Be quiet as you leave. The test in other classes is still in progress.
Tetaplah tenang ketika keluar. Tes di kelas lain masih berlangsung.
Hurry up and get out!
Cepat dan segeralah ke luar!
Try not to make any noise as you leave.
Cobalah untuk tidak gaduh ketika kalian keluar.

Expressions of telling goodbye to students

Good bye, boys and girls.
Selamat tinggal, anak-anak.
Good bye, children.
Selamat tinggal anak-anak.
Goodbye, everyone.
Selamat tinggal, semuanya.
See you again on Friday.
Sampai ketemu hari Jumat.
I’ll see you (all) again next Saturday.
Saya akan ketemu kalian lagi Sabtu depan.
I’ll be seeing some of you again after the break.
Saya akan bertemu dengan beberapa dari kalian sesudah istirahat.
I’ll see you all again after the holiday.
Saya akan bertemu kalian lagi sesudah liburan.
See you tomorrow morning.
Sampai ketemu besok pagi.
See you in room 5 after the break.
Sampai ketemu lagi di ruang 5 sesudah istirahat.
Have a good holiday.
Semoga kalian menikmati liburan.
Enjoy your vocation.
Semoga kalian menikmati liburan.
See you and take care.
Sampai ketemu dan jaga diri kalian.