Soal Matematika Kelas IV SD



ilihlah a, b, c, atau d yang benar!

1. Penjumlahan 256 + 512 hasilnya sama dengan . . . .
a. 256 – 512 c. 512 + 256
b. 256 × 512 d. 512 : 256

2. Sifat penjumlahan pada soal nomor 1 adalah . . . .
a. komutatif c. distributif
b. asosiatif d. imajinatif

3. 100 × 45 × 4 = . . . .
a. 900 c. 18.000
b. 1.800 d. 180.000

4. 250 × 4 × 56 paling mudah diselesaikan dengan
menggunakan sifat . . . .
a. komutatif c. distributif
b. asosiatif d. imajinatif

5. 36 × 99 = (36 × n) – (36 × 1), nilai n = . . . .
a. 5 c. 100
b. 10 d. 1.000

6. (23 × 89) + (23 × 11) = 23 × . . . .
a. 100 c. 80
b. 90 d. 70

7. Bilangan tiga ribu dua puluh dua dilambangkan . . . .
a. 3.000 c. 3.202
b. 3.022 d. 3.002

8. Nilai tempat 2 pada bilangan 2.658 adalah . . . .
a. puluhan c. ribuan
b. ratusan d. puluh ribuan

9. Nilai angka 6 pada soal nomor delapan adalah . . . .
a. 6.000 c. 60
b. 600 d. 6

10. Pembagian di bawah ini adalah pembagian bersisa,
kecuali . . . .
a. 60 : 9 c. 125 : 3
b. 90 : 18 d. 500 : 40

11. Yang merupakan pembagian bersisa adalah . . . .
a. 256 : 15 c. 512 : 32
b. 360 : 9 d. 616 : 56

12. Taksiran bawah dari 51 × 15 adalah . . . .
a. 500 c. 1.000
b. 600 d. 1.200

13. Taksiran atas dari 54 × 18 adalah . . . .
a. 500 c. 1.000
b. 600 d. 1.200

14. Taksiran terbaik dari 54 × 18 adalah . . . .
a. 500 c. 1.000
b. 600 d. 1.200

15. Taksiran dari 1.510 + 756 – 299 dalam ribuan terdekat
adalah . . . .
a. 5.000 c. 3.000
b. 4.100 d. 2.000

B. Mari melengkapi titik-titik berikut ini.

1. (25 × 100) – (25 × 1) = 25 × . . . .

2. 297 + 895 = . . . . + 297

3. 465 + 709 + 291 = . . . . + 1.000

4. 4.501 dibaca . . . .

5. 9 ribuan + 1 puluhan + 5 satuan = . . . .

6. Nilai tempat 3 pada bilangan 1.304 adalah . . . .

7. Angka . . . . pada bilangan 5.127 mempunyai nilai 100.

8. Bilangan 1.451 jika dibulatkan ke ratusan terdekat
menjadi . . . .

9. 900 : 27 = . . . . sisa . . . .

10. Rp3.525,00 + Rp1.475,00 ditaksir . . . .