Soal IPA kelas V



Mempelajari Gaya

Tujuan: 
Anak dapat mengenal gaya dan pengaruhnya terhadap bentuk dan gerak suatu benda.

Petunjuk: 
Jawablah pertanyaan berikut dengan cara memilih salah satu jawaban yang benar !

1. 
Gaya tarik menarik antara dua massa atau benda disebut ......

a. gaya otot

b. gaya listrik

c. gaya pegas

d. gaya gravitasi

2. 
Semakin besar gaya maka semakin . . . tenaga yg diperlukan.

a. besar

b. kecil

c. sedang

d. tidak ada

3. 
Alat yang digunakan untuk mengukur gaya disebut ......

a. tensimeter

b. termometer

c. ohmmeter

d. dinamometer

4. 
Satuan gaya dinyatakankan dengan ......

a. kilogram

b. gram

c. newton

d. benar semua

5. 
Tanah liat jika ditekan berubah menjadi pipih, ini merupakan sifat gaya dapat . . .

a. mengubah berat benda

b. mengubah volume benda

c. mengubaharah gerak benda

d. mengubah bentuk benda

6. 
jika permukaan benda licin maka memiliki gaya gesek yang . . .

a. besar

b. kecil

c. berat

d. sedang

7. 
Bola yang dilemparkan ke atas akan jatuh ke bawah, ini disebabkan karena adanya gaya . . .

a. magnet

b. pegas

c. mesin

d. gravitasi

8. 
Yang merupakan contoh dari gaya pegas adalah . . .

a. buah jambu yang jatuh dari pohon

b. kerikil yang dilepaskan dari ketapel akan terlempar

c. motor yang bergerak karena adanya mesin

d. peniti yang menempel pada magnet

9. 
Seoarang anak mendorong meja karena adanya gaya .......

a. otot

b. pegas

c. gravitasi

d. gesekan

10. 
Berikut ini contoh dari gaya gravitasi adalah ......


a. orang menarik gerobak


b. sepeda motor bergerak maju


c. buah kelapa jatuh dari pohon


d. anak kecil mangayuh sepeda








Mengenal Gaya Magnet

Petunjuk: 
jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan cara memilih salah satu jawaban yang benar !

1. 
Magnet mempunyai dua kutub yaitu . . .

a. kutub timur dan kutub barat

b. kutub utara dan kutub selatan

c. kutub timur dan utara

d. kutub barat dan selatan

2. 
Berikut ini adalah benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet kecuali . . .

a. paku payung

b. peniti

c. jarum

d. kertas

3. 
Diantara gambar berikut ini, yang dapat ditarik oleh magnet adalah . . .

a.

b.

c.

d.

4. 
Apakah yang dimaksud dengan benda magnetis ?

a. benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet

b. benda yang dapat ditarik oleh magnet

c. benda yang mengandung magnet

d. benda yang tidak mengandung magnet

5. 
Yang dapat ditarik oleh magnet ialah benda-benda yang terbuat dari . . .

a. kain

b. logam

c. plastik

d. karet

6. 
Diantara berikut ini, kemagnetan yang lebih tahan lama adalah kemagnetan . . .

a. besi

b. baja

c. plastik

d. karet

7. 
Jika kita mendekatkan dua kutub magnet yang senama, maka keduanya akan . . .

a. diam

b. menarik dan menolak

c. tolak menolak

d. tarik-menarik

8. 
Besi dapat dibuat menjadi magnet karena mempunyai sifat feromagnetik. Apakah yang dimaksud dengan feromagnetik ?

a. bersifat magnet yang kuat

b. bersifat magnet yang lemah

c. tidak bersifat magnet

d. bersifat benda yang ringan

9. 
Di bawah ini adalah bahan-bahan benda yang dapat ditarik oleh magnet kecuali . . .

a. logam

b. besi

c. nikel

d. karet

10. 
Kekuatan gaya tarik magnet dipengaruhi oleh . . . penghalang antara magnet dan benda magnetis.

a. ketebalan

b. besarnya benda magnetis

c. besarnya magnet

d. beratnya benda
Mengenal Perubahan Benda

Tujuan: 
Anak dapat mengenal perubahan-perubahan yang terjadi pada benda.

Petunjuk: 
Jawablah pertanyaan di bawah ini  dengan cara memilih salah satu jawaban yang benar !

1. 
Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan pada benda, kecuali ......

a. pemanasan

b. pewarnaan

c. perkaratan

d. pembusukan

2. 
Wujud gas berubah menjadi cair disebabkan karena proses ......

a. pendinginan

b. pembekuan

c. perkaratan

d. pembakaran

3. 
Perubahan yang disebabkan karena proses pemanasan adalah .......

a. wujud cair berubah menjadi padat

b. wujud padat berubah menjadi cair

c. gula yang larut dalam air

d. kertas berubah menjadi abu

4. 
Perkaratan menyebabkan benda mengalami perubahan ......

a. kelenturan dan warna

b. warna dan kekerasan

c. bau dan kelenturan

d. bau dan bentuk

5. 
Berikut ini adalah perubahan yang terjadi dikarenakan proses pembusukan, kecuali perubahan ......

a. bentuk

b. warna

c. kekerasan dan bau

d. kelenturan dan warna

6. 
Kertas putih yang mengalami proses pembakaran berubah menjadi abu berwarna cokelat adalah perubahan .......

a. kelenturan

b. kekerasan

c. warna

d. bau

7. 
Air berubah menjadi es adalah proses .......

a. pencampuran dengan air

b. pemanasan

c. pendinginan

d. pembakaran

8. 
Yang merupakan peristiwa perkaratan adalah ......

a. besi yang semula keras berubah menjadi rapuh

b. garam yang dicampur air jika diaduk akan larut

c. warna buah berubah menjadi warna cokelat

d. cokelat bila terkena panas akan mencair

9. 
Yang merupakan perubahan wujud yang dapat balik adalah .......

a. nasi yang sudah menjadi bubur

b. kertas yang dibakar menjadi abu

c. buah pepaya yang dibiarkan menjadi lembek dan membusuk

d. air berubah wujud menjadi es

10. 
Contoh dari perubahan wujud yang tidak dapat balik yaitu ......

a. garam yang larut dalam air

b. air berubah wujud menjadi es

c. mentega yang dipanaskan menjadi cair

d. kertas yang dibakar menjadi abu
Hubungan Cahaya dan Penglihatan

Tujuan: 
Anak dapat belajar mengenai hubunga cahaya dan penglihatan .

Petunjuk: 
Jawablah pertanyaan berikut dengan cara memilih salah satu jawaban yang benar !


1. 
Apakah yang dimaksud dengan cacat mata rabun jauh?

a. ketidakmampuan mata untuk melihat benda yang jauh dan benda yang dekat

b. ketidakmampuan mata untuk melihat benda yang dekat

c. ketidakmampuan mata untuk melihat benda yang jauh

d. mampu melihat benda yang jauh dan benda yang dekat

2. 
Rabun dekat dapat ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa ......

a. ganda (negatif-positif)

b. silinder

c. cembung

d. cekung

3. 
Cacat mata tua disebut juga dengan ......

a. miopi

b. presbiopi

c. hipermetropi

d. astigmatisma

4. 
Pada cacat mata rabun dekat, bayangan dari benda yang dekat, jatuh di .......

a. retina

b. samping retina

c. belakang retina

d. depan retina

5. 
Lensa yang bagian tengahnya lebih tipis daripada bagian tepinya adalah lensa ......

a. cekung

b. cembung

c. pembalik

d. objektif

6. 
Berikut ini adalah sifat bayangan yang terjadi pada retina, kecuali ...... .

a. terbalik

b. tegak

c. diperkecil

d. nyata

7. 
Yang berguna sebagai pengatur cahaya yang akan masuk ke dalam kamera adalah ......

a. diafragma

b. bayangan benda

c. retina

d. lensa

8. 
Pada mikroskop, lensa yang berhadapan langsung dengan benda disebut ......

a. lensa cekung

b. lensa pembalik

c. lensa okuler

d. lensa objektif

9. 
Apakah kegunaan dari lup ........

a. untuk melihat benda yang jauh

b. untuk membentuk gambar suatu benda

c. untuk melihat benda-benda kecil agar nampak lebih besar

d. untuk mengamati benda kecil

10. 
Alat optik yang digunakan untuk mengamati benda-benda di angkasa adalah ......


a. mikroskop


b. teropong


c. periskop


d. teleskop








Cahaya dan Sifat-sifatnya

Tujuan: 
Anak dapat mengenal cahaya  dan sifat-sifat cahaya.

Petunjuk: 
Jawablah pertanyaan berikut dengan cara memilih salah satu jawaban yang benar !

1. 
Benda- benda yang dapat memancarkan cahaya sendiri disebut ......

a. sumber cahaya

b. sinar cahaya

c. berkas cahaya

d. pemantulan cahaya

2. 
Berikut ini adalah sifat-sifat cahaya, kecuali .....

a. cahaya merambat lurus

b. cahaya menembus benda gelap

c. cahaya dapat dipantulkan

d. cahaya dapat dibiaskan

3. 
Matahari, lilin, dan nyala api merupakan contoh dari .....

a. sumber cahaya

b. berkas cahaya

c. sinar cahaya

d. pemantulan cahaya

4. 
Berikut ini adalah benda-benda yang dapat ditembus cahaya, kecuali ......

a. air

b. kaca

c. papan tulis

d. gelas

5. 
Pensil yang dicelupkan ke dalam gelas berisi air akan kelihatan patah, hal tersebut karena pengaruh cahaya dapat ......

a. menembus benda bening

b. merambat lurus

c. dipantulkan

d. dibiaskan

6. 
Sinar yang jatuh pada permukaan benda yang halus mengkilap, maka terjadi ......

a. pemantulan difus

b. pemantulan baur

c. pemantulan teratur

d. pemantulan balik

7. 
Bayangan yang dapat kita lihat dalam cermin tetapi tidak dapat ditangkap oleh layar disebut ......

a. bayang semu

b. bayangan nyata

c. bayangan sejati

d. bayangan pantulan

8. 
Yang merupakan contoh dari cermin cembung adalah ......

a. cermin untuk berkaca

b. lampu senter

c. sendok

d. spion pada motor

9. 
Peristiwa pembelokan cahaya karena merambat melalui dua medium yang berbeda kerapatan optiknya, disebut ......

a. pemantulan cahaya

b. pembiasan cahaya

c. perambatan cahaya

d. pembelokan cahaya

10. 
Yang merupakan salah satu sifat bayangan pada cermin datar adalah ......

a. jarak benda sama dengan jarak cermin

b. benda tidak sama tegak dengan bayangan

c. tinggi benda sama dengan tinggi cermin

d. tinggi benda sama dengan tinggi bayangan
Mengenal Struktur Bahan

Tujuan: 
Anak dapat mengenal struktur bahan beserta sifat-sifatnya.

Petunjuk: 
Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih salah satu jawaban yang benar !

1. 
Berikut ini adalah bahan tali-temali yang dibedakan berdasarkan penyusunnya, kecuali ......

a. serat

b. benang

c. kertas

d. tali

2. 
Serat yang diperoleh dari pangkal pelepah pohon enau adalah ......

a. ijuk

b. nilon

c. senar

d. untaian kabel

3. 
Yang merupakan bagian dasar tali adalah ......

a. serat

b. benang

c. tambang

d. tali

4. 
Yang merupakan serat plastik adalah ......

a. untaian kabel listrik

b. ijuk

c. senar

d. nilon

5. 
Yang merupakan susunan atau gabungan dari beberapa serat adalah ......

a. serat

b. benang

c. tambang

d. tali

6. 
Tersusun dari serat apakah benang jahit & benang kasur ?

a. serat nilon

b. serat kapas

c. serat plastik

d. serat kawat

7. 
Apakah yang dimaksud dengan sifat utama tali yang baik harus kuat ?

a. tidak mudah dipegang

b. mudah dililitkan

c. tidak mudah putus

d. mudah putus

8. 
Sifat apakah yang menunjukan bahwa benda tersebut mudah dililitkan ?

a. lentur

b. kuat

c. kaku

d. panas

9. 
Struktur tali yang paling tua yaitu ......

a. struktur anyaman

b. struktur lurus

c. struktur kepang

d. struktur pilinan

10. 
Yang tidak termasuk pengelompokkan tali atau tambang berdasarkan struktur benang penyusunnya yaitu ......


a. struktur pilinan


b. struktur lurus


c. struktur kepang


d. struktur untaian








Pelestarian Hewan dan Tumbuhan yang Dilindungi

Tujuan: 
Anak dapat belajar mengetahui pelestarian hewan dan tumbuhan yang dilindungi.

Petunjuk: 
Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih salah satu jawaban yang benar !

1. 
Burung apakah yang juga disebut burung surga ?

a. Burung Cendrawasih

b. Burung Beo

c. Burung Pipit

d. Burung Jalak

2. 
Kumpulan rambut yang menyatu dan mengeras disebut ......

a. Gading

b. Cula

c. Tanduk

d. Belalai

3. 
Buah apakah yang sering disebut dengan julukan buah genit ?

a. Sawo

b. Kesemek

c. Alpukat

d. Kelapa

4. 
Taman Wisata Alam Pangandaran berada di ......

a. Kalimantan Timur

b. Kalimantan Barat

c. Sulawesi Utara

d. Jawa Barat

5. 
Darimanakah gorila berasal ?

a. Afrika

b. Eropa

c. Australia

d. Asia

6. 
Salah satu hewan yang hidup di daratan Cina adalah ......

a. Beruang

b. Gajah

c. Panda

d. Unta

7. 
Apakah makanan panda ?

a. Wortel

b. Pisang

c. Batang bambu yang sudah tua

d. Batang bambu yang masih muda

8. 
Sisa-sisa bagian tubuh makhluk hidup yang telah membatu disebut ......

a. kerangka

b. tulang

c. fosil

d. arca

9. 
Di hutan-hutan manakah bunga bangkai raksasa hidup ?

a. Kalimantan

b. Sumatra

c. Papua

d. Bali

10. 
Kegunaan daripenangkaran buaya yaitu sebagai ?

a. Tempat untuk mengembangbiakan buaya

b. Tempat untuk memusnahkan buaya

c. Tempat untuk melatih buaya menjadi jinak

d. Tempat untuk menguliti buaya




Penyesuaian Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

Tujuan: 
anak dapat mengenal ciri khusus makhluk hidup berhubungan dengan lingkungannya.

Petunjuk: 
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang benar !

1. 
Alat yang memudahkan kupu-kupu untuk menghisap makanannya disebut ......

a. sungut

b. belalai

c. nektar

d. probosis

2. 
Disebut apakah makanan kupu-kupu ?

a. pemanis

b. putik

c. nektar

d. probosis

3. 
Bagaimanakah cara cecak untuk melindungi diri dari musuhnya ?

a. melepaskan ekor dari tubuhnya

b. berpura-pura mati

c. menggunakan tanduknya untuk bertarung

d. menggunakan sengatnya

4. 
Hewan apakah yang melindungi diri dari musuh dengan mengeluarkan bau yang sangat menyengat ?

a. bunglon

b. walang sangit

c. kalajengking

d. lebah

5. 
Bentuk kaki bebek yang berselaput memudahkannya untuk ......

a. terbang

b. berenang

c. menghindari musuh

d. melindungi diri dari musuh

6. 
Untuk melindungi diri dari musuhnya, mawar menggunakan ......

a. duri

b. baunya

c. akarnya

d. daunnya

7. 
Untuk melindungi bagian tubuhnya, pepaya mengeluarkan ?

a. bau

b. air

c. getah

d. duri

8. 
Bentuk daun kaktus yang berduri berfungsi untuk ......

a. menyesuaikan diri dengan lingkungannya

b. melindungi diri dari musih

c. mendapatkan makanan

d. mengurangi penguapan

9. 
Untuk melindungi diri dari musuhnya, ia menyemburkan cairan seperti tinta ke dalam air. Hewan apakah ini ?

a. cacing

b. ular

c. ikan

d. cumi-cumi

10. 
Tumbuhan kantong semar mempunyai daun berbentuk kantong yang didalamnya berisi cairan, yang berfungsi untuk ......

a. mengurangi penguapan

b. melawan musuh

c. memperoleh makanan

d. melindungi diri dari musuh
Mengenal Tumbuhan Hijau

Tujuan: 
anak dapat mengetahui proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau beserta manfaatnya bagi makhluk hidup lainnya.

Petunjuk: 
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang benar !

1. 
Tumbuhan hijau dapat membuat makanannya sendiri dengan bantuan ......

a. binatang

b. tumbuhan lain

c. cahaya

d. angin

2. 
Apakah yang dimaksud dengan lentisel ?

a. lubang-lubang kecil yang ada pada permukaan daun

b. lubang-lubang kecil yang ada pada batang

c. lubang- lubang besar pada batang

d. lubang-lubang yang terdapat pada bunga

3. 
Lubang-lubang kecil yang terdapat pada permukaan daun bagian bawah disebut ......

a. stomata

b. lentisel

c. klorofil

d. serat

4. 
Disebut apakah proses pembuatan makanan dengan bantuan cahaya pada tumbuhan?

a. komunitasisme

b. simbiosis

c. metamorfosis

d. fotosintesis

5. 
Salah satu hasil fotosintesis pada tumbuhan ialah ......

a. air

b. karbon dioksida

c. karbohidrat

d. buah

6. 
Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di dalam biji yaitu ......

a. pisang

b. wortel

c. bawang merah

d. singkong

7. 
Wortel, kentang dan bawang merah merupakan cadangan makanan yang disimpan di dalam ?

a. umbi

b. buah

c. batang

d. biji

8. 
Tumbuhan yang tunasnya dimanfaatkan sebagai sayur yaitu ......

a. lobak

b. pisang

c. bunga kol

d. taoge

9. 
Tumbuhan yang bermanfaat sebagai bahan obat-obatan ialah

a. kapas

b. kencur

c. tebu

d. wortel

10. 
Tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai peralatan rumah tangga yaitu ......


a. kunyit


b. cabe


c. bambu


d. tebu








Alat Peredaran Darah pada Manusia

Tujuan: 
anak dapat mengenal alat peredaran darah pada manusia

Petunjuk: 
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang benar !

1. 
Organ tubuh yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh adalah ......

a. hati

b. lambung

c. jantung

d. paru-paru

2. 
Peredaran darah pada manusia disebut ......

a. peredaran darah atas

b. peredaran darah bawah

c. peredaran darah terbuka

d. peredaran darah tertutup

3. 
Jantung manusia terletak di dalam ......

a. rongga dada agak sebelah kanan

b. rongga dada agak sebelah kiri

c. rongga perut sebelah kiri

d. rongga perut sebelah kanan

4. 
Pembuluh yang mengalirkan darah yang keluar dari jantung ialah ......

a. pembuluh nadi

b. pembuluh balik

c. pembuluh vena

d. pembuluh besar

5. 
Yang bukan merupakan cara kerja dari pembuluh balik (vena) ialah ......

a. membawa darah kotor

b. aliran darah menuju ke jantung

c. aliran darah berasal dari jantung

d. denyut tidak terasa

6. 
Pembuluh nadi yang terbesar disebut ......

a. pembuluh vena

b. aorta

c. pembuluh kapiler

d. pembuluh arteri

7. 
Jika kedua serambi menguncup dan bilik mengembang, maka ......

a. maka darah dari pembuluh balik masuk ke serambi

b. darah keluar dari bilik

c. darah dari serambi masuk ke bilik

d. dari bilik darah masuk ke serambi

8. 
Keadaan jantung saat memompa darah adalah ......

a. membengkak

b. membesar

c. mengembang

d. menguncup

9. 
Penyakit yang terjadi karena produksi sel darah putih yang terlalu banyak ialah ......

a. hipertensi

b. leukimia

c. anemia

d. stroke

10. 
Kepala terasa nyeri dan pusing, jantung berdebar-debar serta badan lemah, merupakan gejala dari penyakit ......

a. hipertensi

b. leukimia

c. anemia

d. stroke
Hubungan Makanan dan Kesehatan

Tujuan: 
anak dapat mengetahui kandungan zat yang terdapat di dalam makanan.

Petunjuk: 
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang benar !

1. 
Yang terdiri dari protein dan mineral adalah zat . . . .

a. gizi

b. pengatur

c. tenaga

d. pembangun

2. 
Makanan yang banyak mengandung karbohidrat terdapat pada . . .

a. daging, minyak ikan, keju

b. beras, jagung, gandum

c. sayuran hijau, tempe, kacang-kacangan

d. ikan, udang, keju

3. 
Sebagai pembangun tubuh dan pengganti bagian-bagian tubuh yang rusak adalah . . .

a. mineral

b. karbohidrat

c. protein

d. lemak

4. 
Untuk melarutkan zat-zat makanan dan memperlancar pencernaan makanan adalah . . .

a. air

b. mineral

c. vitamin

d. protein

5. 
Zat besi banyak terkandung dalam . . . .

a. garam beryodium dan ikan laut

b. biji-bijian dan sayur-sayuran

c. susu, ikan, telur

d. daging, hati, kedelai

6. 
Yang berguna untuk mencegah penyakit gondok adalah . . . .

a. yodium

b. fosfor

c. zat besi

d. zat kapur

7. 
Kekurangan vitamin apakah yang dapat menyebabkan penyakit beri-beri ?

a. vitamin A

b. vitamin B

c. vitamin C

d. vitamin D

8. 
Kandungan vitamin C terdapat pada . . . .

a. minyak ikan, kacang-kacangan tomat

b. hati, biji-bijian, jeruk

c. mangga, belimbing, jeruk

d. minyak kelapa, susu, kecambah

9. 
Kekurangan vitamin K menyebabkan . . . .

a. kemandulan

b. darah pada luka sukar membeku

c. kulit menjadi kusam

d. mudah terserang penyalit tulang

10. 
Kekurangan vitamin di dalam tubuh disebut . . . .

a. avitaminosis

b. malnutrisi

c. nutrisi

d. kurang gizi

Alat Pencernaan Makanan pada Manusia

Tujuan: 
anak dapat mengetahui susunan alat pencernaan dan penyakit yang menyerang alat pencernaan.

Petunjuk: 
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang paling benar !

1. 
Proses melumatkan makanan yang semula kasar menjadi halus disebut . . . .

a. mengunyah

b. menghancurkan

c. pencernaan

d. menumbuk

2. 
Enzim amilase berfungsi untuk . . . .

a. mengubah zat tepung menjadi zat gula

b. mengubah protein menjadi asam amino

c. mengubah lemak menjadi asam lemak

d. mengubah protein menjadi pepton

3. 
Di bawah ini adalah macam-macam gigi sesuai dengan fungsinya, kecuali . . . .

a. gigi seri

b. gigi taring

c. gigi berlubang

d. gigi geraham

4. 
Gigi yang bentuk permukaannya lebar dan bergelombang adalah gigi . . . .

a. susu

b. seri

c. taring

d. geraham

5. 
Gigi apakah yang berfungsi merobek atau mengoyak makanan ?

a. gigi seri

b. gigi taring

c. gigi berlubang

d. gigi geraham

6. 
Bagian lidah manakah yang mengecap rasa manis ?

a. depan

b. belakang

c. pinggir

d. seluruh bagian lidah

7. 
Yang berfungsi membunuh kuman dan mengasamkan makanan adalah . . . .

a. enzim amilase

b. enzim pepsin

c. enzim renin

d. asam klorida

8. 
Getah empedu dihasilkan oleh . . . .

a. hati

b. kelenjar pankreas

c. dinding lambung

d. jawabab a, b, dan c benar

9. 
Salah satu penyakit yang menyerng alat pencernaan manusia adalah . . . .

a. diare, TBC

b. influenza, radang paru-paru, TBC

c. pneumonia, tifus, diare

d. diare, tifus, mag

10. 
Penyakit yang mengganggu lambung dan usus 12 jari yaitu . . . .

a. radang usus buntu

b. tifus

c. mag

d. diare

Alat Pernapasan pada Manusia dan Hewan

Tujuan: 
anak dapat mengetahui bagian-bagian dari alat pernapasan manusia dan hewan.

Petunjuk: 
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang paling benar !

1. 
Pernapasan dengan menggunakan bantuan otot antar tulang rusuk disebut . . . .

a. hidung

b. tenggorkan

c. pernapasan perut

d. pernapasan dada

2. 
Cabang tenggorokan disebut juga dengan ?

a. bronkiolus

b. bronkus

c. alveolus

d. pleura

3. 
Alat pernapasan manusia adalah . . . .

a. paru-paru

b. kulit

c. trakea

d. insang

4. 
Apakah kegunaan dari gelembung renang pada ikan ?

a. untuk berenang

b. untuk bernapas

c. untuk menyimpan oksigen

d. untuk melawan musuh

5. 
Gas yang dibutuhkan tubuh adalah . . . .

a. karbon dioksida

b. oksigen

c. zat asam arang

d. jawaban a, b, c salah

6. 
Pertukaran oksigen dengan karbon dioksida terjadi di dalam . . . .

a. alveolus

b. pleura

c. bronkus

d. pundi-pundi

7. 
Yang digunakan oleh burung untuk menyimpan udara pada waktu terbang adalah . . . .

a. insang

b. labirin

c. pleura

d. pundi-pundi

8. 
Apakah fungsi dari stigma ?

a. untuk menyimpan oksigen

b. untuk menahan udara

c. sebagai jalan keluar masuknya udara

d. untuk mengedarkan zat-zat makanan

9. 
Burung, mamalia dan reptil bernapas dengan . . . .

a. trakea

b. kulit

c. paru-paru

d. insang

10. 
berikut ini adalah penyakit yang dapat menyerang saluran pernapasan keculi . . . .


a. tifus


b. influenza


c. bronkitis


d. TBC








Pesawat Sederhana

Tujuan: 
anak dapat mengetahui manfaat dari pesawat sederhana beserta  penggolongannya.

Petunjuk: 
Jawablah pertanyaan dengan memilih jawaban yang benar !

1. 
Setiap alat yang berguna untuk memudahkan pekerjaan manusia disebut . . .

a. tongkat

b. mesin

c. pesawat

d. dongkrak

2. 
Tujuan menggunakan pesawat sederhana adalah . . .

a. melipatgandakan gaya

b. menetapkan arah gaya

c. menempuh jarak yang lebih dekat

d. memperkecil gaya

3. 
Yang tidak termasuk kelompok pesawat sederhana yaitu . . .

a. tuas

b. bidang miring

c. roda berporos

d. benda berat

4. 
Permukaan datar dengan salah satu ujungnya lebih tinggi dari pada ujung yang lain disebut . .

a. bidang datar

b. bidang miring

c. tumpuan

d. kuasa

5. 
Yang digunakan untuk mengangat atau menarik benda adalah . . .

a. bidang miring

b. roda berporos

c. tuas

d. katrol

6. 
Dibawah ini adalah macam-macam katrol, kecuali . . .

a. katrol lepas

b. katrol tetap

c. katrol bebas

d. katrol majemuk

7. 
Dua katrol yang dipasang secara berdampingan pada satu poros, merupakan . . .

a. katrol majemmuk

b. blok katrol

c. katrol bebas

d. katrol tetap

8. 
Posisi beban berada diantara kuasa dan titik tumpu, merupakan tuas golongan . . .

a. Pertama

b. Kedua

c. ketiga

d. keempat

9. 
Disebut apakah gaya yang bekerja pada tuas ?

a. beban

b. titik tumpu

c. fulkrum

d. kuasa

10. 
Contoh dari alat yang menggunakan roda berporos adalah . . .

a. setir mobil

b. timbaan air

c. gunting

d. jungkit-jungkit
Cahaya dan Sifat-sifatnya

Tujuan: 
anak dapat mengetahui sifat-sifat dari cahaya

Petunjuk: 
Jawablah pertanyaan dengan memilih salah satu jawaban yang benar !

1. 
Berkas cahaya merambat . . .

a. berbelok

b. kebawah

c. lurus

d. keatas

2. 
Benda yang dapat ditembus cahaya adalah . . .

a. benda bening

b. benda gelap

c. tembok

d. karton

3. 
Benda-benda dimuka cermin . . . . . memiliki bayangan yang selalu semu, lebih kecil dan tegak seperti bendanya.

a. datar

b. bulat

c. cekung

d. cembung

4. 
Contoh dari cermin cembung adalah . . .

a. cermin untuk berkaca

b. kaca spion

c. bagian dalam lampu mobil

d. bagian dalam lampu senter

5. 
Cahaya matahari yang terlihat putih yang merupakan perpaduan dari berbagai warna cahaya disebut . .

a. pelangi

b. spirtus

c. spektrum

d. atmosfer

6. 
Sifat bayangan yang tidak terjadi pada retina adalah . . .

a. miring

b. terbalik

c. diperkecil

d. nyata

7. 
Cacat mata dapat ditolong dengan menggunakan kacamata . . .

a. hitam

b. berlensa

c. cembung

d. putih

8. 
Yang berguna untuk mengatur cahaya yang akan masuk kedalam kamera disebut . . .

a. retina

b. lup

c. lensa

d. diafragma

9. 
Sejenis teropong yang biasa dipasang pada kapal selam adalah . . .

a. periskop

b. teleskop

c. OHP

d. kamera

10. 
Alat optik yang digunakan untuk membentuk gambar suatu benda adalah . . .

a. lup

b. mikroskop

c. kamera

d. teropong
Struktur Bumi dan Matahari

Tujuan: 
anak dapat mengetahui struktur bumi dan matahari.

Petunjuk: 
Jawablah pertanyaan dengan memilih salah satu jawaban yang tepat !

1. 
Yang melindungi bumi dari pancaran sinar dan panas matahari adalah . .

a. bumi

b. bulan

c. atmosfer

d. awan

2. 
Tersusun dari apakah lapisan kerak bumi ?

a. batuan

b. udara

c. air

d. debu

3. 
Lapisan inti bumi dalam terbentuk dari . . .

a. udara

b. air

c. tanah

d. besi

4. 
Tersusun dari apakah matahari ?

a. minyak

b. gas

c. batu

d. air

5. 
Yang merupakan bagian bumi yang paling panas adalah . . .

a. atmosfer

b. kerak bumi

c. mantel bumi

d. inti bumi

6. 
Energi dari inti matahari yang dilepaskan di permukaan matahari adalah sebagai . . .

a. udara

b. api

c. panas

d. hujan

7. 
Yang bukan merupakan jenis batuan yang membentuk lapisan kerak bumi berdasarkan cara pembentukannya adalah ...

a. batuan cair

b. batuan beku

c. batuan sediman

d. batuan metamorf

8. 
Pelapukan yang disebabkan oleh aktivitas makhluk hidup disebut pelapukan . . .

a. logika

b. fisika

c. biologi

d. kimia

9. 
Yang tidak termasuk jenis tanah berdasarkan komposisinya adalah . . .

a. tanah berhumus

b. tanah berdebu

c. tanah berkapur

d. tanah liat

10. 
Batuan yang terbentuk dari magma dan lava yang membeku adalah . . .

a. batuan sedimen

b. batuan serpih

c. batuan malihan

d. batuan beku