Mempelajari
Gaya
Tujuan:
|
Anak dapat mengenal gaya
dan pengaruhnya terhadap bentuk dan gerak suatu benda. |
Petunjuk:
|
Jawablah pertanyaan berikut dengan cara memilih salah
satu jawaban yang benar ! |
1.
|
Gaya tarik menarik antara dua massa atau benda disebut
......
|
|
a. gaya otot
|
|
b. gaya
listrik
|
|
c. gaya pegas
|
|
d. gaya
gravitasi
|
2.
|
Semakin besar gaya maka semakin . . . tenaga yg
diperlukan.
|
|
a. besar
|
|
b. kecil
|
|
c. sedang
|
|
d. tidak ada
|
3.
|
Alat yang digunakan untuk mengukur gaya disebut ......
|
|
a. tensimeter
|
|
b. termometer
|
|
c. ohmmeter
|
|
d. dinamometer
|
4.
|
Satuan gaya dinyatakankan dengan ......
|
|
a. kilogram
|
|
b. gram
|
|
c. newton
|
|
d. benar semua
|
5.
|
Tanah liat jika ditekan berubah menjadi pipih, ini
merupakan sifat gaya dapat . . .
|
|
a. mengubah
berat benda
|
|
b. mengubah
volume benda
|
|
c.
mengubaharah gerak benda
|
|
d. mengubah
bentuk benda
|
6.
|
jika permukaan benda licin maka memiliki gaya gesek yang .
. .
|
|
a. besar
|
|
b. kecil
|
|
c. berat
|
|
d. sedang
|
7.
|
Bola yang dilemparkan ke atas akan jatuh ke bawah, ini
disebabkan karena adanya gaya . . .
|
|
a. magnet
|
|
b. pegas
|
|
c. mesin
|
|
d. gravitasi
|
8.
|
Yang merupakan contoh dari gaya pegas adalah . . .
|
|
a. buah jambu
yang jatuh dari pohon
|
|
b. kerikil
yang dilepaskan dari ketapel akan terlempar
|
|
c. motor yang
bergerak karena adanya mesin
|
|
d. peniti yang
menempel pada magnet
|
9.
|
Seoarang anak mendorong meja karena adanya gaya .......
|
|
a. otot
|
|
b. pegas
|
|
c. gravitasi
|
|
d. gesekan
|
10.
|
Berikut ini contoh dari gaya gravitasi adalah ......
|
||
|
a. orang
menarik gerobak
|
||
|
b. sepeda
motor bergerak maju
|
||
|
c. buah
kelapa jatuh dari pohon
|
||
|
d. anak kecil
mangayuh sepeda
|
||
|
|||
Mengenal Gaya
Magnet
|
Mengenal
Perubahan Benda
Tujuan:
|
Anak dapat mengenal perubahan-perubahan yang terjadi pada
benda. |
Petunjuk:
|
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan cara
memilih salah satu jawaban yang benar ! |
1.
|
Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan
terjadinya perubahan pada benda, kecuali ......
|
|
a. pemanasan
|
|
b. pewarnaan
|
|
c. perkaratan
|
|
d. pembusukan
|
2.
|
Wujud gas berubah menjadi cair disebabkan karena proses
......
|
|
a. pendinginan
|
|
b. pembekuan
|
|
c. perkaratan
|
|
d. pembakaran
|
3.
|
Perubahan yang disebabkan karena proses pemanasan adalah
.......
|
|
a. wujud cair
berubah menjadi padat
|
|
b. wujud padat
berubah menjadi cair
|
|
c. gula yang
larut dalam air
|
|
d. kertas
berubah menjadi abu
|
4.
|
Perkaratan menyebabkan benda mengalami perubahan ......
|
|
a. kelenturan
dan warna
|
|
b. warna dan
kekerasan
|
|
c. bau dan
kelenturan
|
|
d. bau dan
bentuk
|
5.
|
Berikut ini adalah perubahan yang terjadi dikarenakan
proses pembusukan, kecuali perubahan ......
|
|
a. bentuk
|
|
b. warna
|
|
c. kekerasan
dan bau
|
|
d. kelenturan
dan warna
|
6.
|
Kertas putih yang mengalami proses pembakaran berubah
menjadi abu berwarna cokelat adalah perubahan .......
|
|
a. kelenturan
|
|
b. kekerasan
|
|
c. warna
|
|
d. bau
|
7.
|
Air berubah menjadi es adalah proses .......
|
|
a. pencampuran
dengan air
|
|
b. pemanasan
|
|
c. pendinginan
|
|
d. pembakaran
|
8.
|
Yang merupakan peristiwa perkaratan adalah ......
|
|
a. besi yang
semula keras berubah menjadi rapuh
|
|
b. garam yang
dicampur air jika diaduk akan larut
|
|
c. warna buah
berubah menjadi warna cokelat
|
|
d. cokelat
bila terkena panas akan mencair
|
9.
|
Yang merupakan perubahan wujud yang dapat balik adalah
.......
|
|
a. nasi yang
sudah menjadi bubur
|
|
b. kertas yang
dibakar menjadi abu
|
|
c. buah pepaya
yang dibiarkan menjadi lembek dan membusuk
|
|
d. air berubah
wujud menjadi es
|
10.
|
Contoh dari perubahan wujud yang tidak dapat balik yaitu
......
|
|
a. garam yang
larut dalam air
|
|
b. air
berubah wujud menjadi es
|
|
c. mentega
yang dipanaskan menjadi cair
|
|
d. kertas
yang dibakar menjadi abu
|
Hubungan Cahaya
dan Penglihatan
Tujuan:
|
Anak dapat belajar mengenai hubunga cahaya dan
penglihatan . |
Petunjuk:
|
Jawablah pertanyaan berikut dengan cara memilih salah
satu jawaban yang benar ! |
1.
|
Apakah yang dimaksud dengan cacat mata rabun jauh?
|
|
a.
ketidakmampuan mata untuk melihat benda yang jauh dan benda yang dekat
|
|
b.
ketidakmampuan mata untuk melihat benda yang dekat
|
|
c. ketidakmampuan
mata untuk melihat benda yang jauh
|
|
d. mampu
melihat benda yang jauh dan benda yang dekat
|
2.
|
Rabun dekat dapat ditolong dengan menggunakan kacamata
berlensa ......
|
|
a. ganda
(negatif-positif)
|
|
b. silinder
|
|
c. cembung
|
|
d. cekung
|
3.
|
Cacat mata tua disebut juga dengan ......
|
|
a. miopi
|
|
b. presbiopi
|
|
c.
hipermetropi
|
|
d.
astigmatisma
|
4.
|
Pada cacat mata rabun dekat, bayangan dari benda yang
dekat, jatuh di .......
|
|
a. retina
|
|
b. samping
retina
|
|
c. belakang
retina
|
|
d. depan
retina
|
5.
|
Lensa yang bagian tengahnya lebih tipis daripada bagian
tepinya adalah lensa ......
|
|
a. cekung
|
|
b. cembung
|
|
c. pembalik
|
|
d. objektif
|
6.
|
Berikut ini adalah sifat bayangan yang terjadi pada
retina, kecuali ...... .
|
|
a. terbalik
|
|
b. tegak
|
|
c. diperkecil
|
|
d. nyata
|
7.
|
Yang berguna sebagai pengatur cahaya yang akan masuk ke
dalam kamera adalah ......
|
|
a. diafragma
|
|
b. bayangan
benda
|
|
c. retina
|
|
d. lensa
|
8.
|
Pada mikroskop, lensa yang berhadapan langsung dengan
benda disebut ......
|
|
a. lensa
cekung
|
|
b. lensa
pembalik
|
|
c. lensa
okuler
|
|
d. lensa
objektif
|
9.
|
Apakah kegunaan dari lup ........
|
|
a. untuk
melihat benda yang jauh
|
|
b. untuk
membentuk gambar suatu benda
|
|
c. untuk
melihat benda-benda kecil agar nampak lebih besar
|
|
d. untuk
mengamati benda kecil
|
10.
|
Alat optik yang digunakan untuk mengamati benda-benda di
angkasa adalah ......
|
||
|
a. mikroskop
|
||
|
b. teropong
|
||
|
c. periskop
|
||
|
d. teleskop
|
||
|
|||
Cahaya dan
Sifat-sifatnya
|
Mengenal
Struktur Bahan
Tujuan:
|
Anak dapat mengenal struktur bahan beserta sifat-sifatnya.
|
Petunjuk:
|
Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih salah satu
jawaban yang benar !
|
1.
|
Berikut ini adalah bahan tali-temali yang dibedakan
berdasarkan penyusunnya, kecuali ......
|
|
a. serat
|
|
b. benang
|
|
c. kertas
|
|
d. tali
|
2.
|
Serat yang diperoleh dari pangkal pelepah pohon enau
adalah ......
|
|
a. ijuk
|
|
b. nilon
|
|
c. senar
|
|
d. untaian
kabel
|
3.
|
Yang merupakan bagian dasar tali adalah ......
|
|
a. serat
|
|
b. benang
|
|
c. tambang
|
|
d. tali
|
4.
|
Yang merupakan serat plastik adalah ......
|
|
a. untaian
kabel listrik
|
|
b. ijuk
|
|
c. senar
|
|
d. nilon
|
5.
|
Yang merupakan susunan atau gabungan dari beberapa serat
adalah ......
|
|
a. serat
|
|
b. benang
|
|
c. tambang
|
|
d. tali
|
6.
|
Tersusun dari serat apakah benang jahit & benang kasur
?
|
|
a. serat nilon
|
|
b. serat kapas
|
|
c. serat
plastik
|
|
d. serat kawat
|
7.
|
Apakah yang dimaksud dengan sifat utama tali yang baik
harus kuat ?
|
|
a. tidak mudah
dipegang
|
|
b. mudah
dililitkan
|
|
c. tidak mudah
putus
|
|
d. mudah putus
|
8.
|
Sifat apakah yang menunjukan bahwa benda tersebut mudah
dililitkan ?
|
|
a. lentur
|
|
b. kuat
|
|
c. kaku
|
|
d. panas
|
9.
|
Struktur tali yang paling tua yaitu ......
|
|
a. struktur
anyaman
|
|
b. struktur
lurus
|
|
c. struktur
kepang
|
|
d. struktur
pilinan
|
10.
|
Yang tidak termasuk pengelompokkan tali atau tambang
berdasarkan struktur benang penyusunnya yaitu ......
|
||
|
a. struktur
pilinan
|
||
|
b. struktur
lurus
|
||
|
c. struktur
kepang
|
||
|
d. struktur
untaian
|
||
|
|||
Pelestarian
Hewan dan Tumbuhan yang Dilindungi
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Penyesuaian
Makhluk Hidup dengan Lingkungannya
|
Mengenal
Tumbuhan Hijau
Tujuan:
|
anak dapat mengetahui proses pembuatan makanan pada
tumbuhan hijau beserta manfaatnya bagi makhluk hidup lainnya.
|
Petunjuk:
|
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu
jawaban yang benar !
|
1.
|
Tumbuhan hijau dapat membuat makanannya sendiri dengan
bantuan ......
|
|
a. binatang
|
|
b. tumbuhan
lain
|
|
c. cahaya
|
|
d. angin
|
2.
|
Apakah yang dimaksud dengan lentisel ?
|
|
a.
lubang-lubang kecil yang ada pada permukaan daun
|
|
b.
lubang-lubang kecil yang ada pada batang
|
|
c. lubang-
lubang besar pada batang
|
|
d.
lubang-lubang yang terdapat pada bunga
|
3.
|
Lubang-lubang kecil yang terdapat pada permukaan daun
bagian bawah disebut ......
|
|
a. stomata
|
|
b. lentisel
|
|
c. klorofil
|
|
d. serat
|
4.
|
Disebut apakah proses pembuatan makanan dengan bantuan
cahaya pada tumbuhan?
|
|
a. komunitasisme
|
|
b. simbiosis
|
|
c.
metamorfosis
|
|
d.
fotosintesis
|
5.
|
Salah satu hasil fotosintesis pada tumbuhan ialah ......
|
|
a. air
|
|
b. karbon
dioksida
|
|
c. karbohidrat
|
|
d. buah
|
6.
|
Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di dalam biji
yaitu ......
|
|
a. pisang
|
|
b. wortel
|
|
c. bawang
merah
|
|
d. singkong
|
7.
|
Wortel, kentang dan bawang merah merupakan cadangan
makanan yang disimpan di dalam ?
|
|
a. umbi
|
|
b. buah
|
|
c. batang
|
|
d. biji
|
8.
|
Tumbuhan yang tunasnya dimanfaatkan sebagai sayur yaitu
......
|
|
a. lobak
|
|
b. pisang
|
|
c. bunga kol
|
|
d. taoge
|
9.
|
Tumbuhan yang bermanfaat sebagai bahan obat-obatan ialah
|
|
a. kapas
|
|
b. kencur
|
|
c. tebu
|
|
d. wortel
|
10.
|
Tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai peralatan rumah
tangga yaitu ......
|
||
|
a. kunyit
|
||
|
b. cabe
|
||
|
c. bambu
|
||
|
d. tebu
|
||
|
|||
Alat
Peredaran Darah pada Manusia
|
Hubungan
Makanan dan Kesehatan
Tujuan:
|
anak dapat mengetahui kandungan zat yang terdapat di dalam
makanan.
|
Petunjuk:
|
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu
jawaban yang benar !
|
1.
|
Yang terdiri dari protein dan mineral adalah zat . . . .
|
|
a. gizi
|
|
b. pengatur
|
|
c. tenaga
|
|
d. pembangun
|
2.
|
Makanan yang banyak mengandung karbohidrat terdapat pada .
. .
|
|
a. daging,
minyak ikan, keju
|
|
b. beras,
jagung, gandum
|
|
c. sayuran
hijau, tempe, kacang-kacangan
|
|
d. ikan,
udang, keju
|
3.
|
Sebagai pembangun tubuh dan pengganti bagian-bagian tubuh
yang rusak adalah . . .
|
|
a. mineral
|
|
b. karbohidrat
|
|
c. protein
|
|
d. lemak
|
4.
|
Untuk melarutkan zat-zat makanan dan memperlancar
pencernaan makanan adalah . . .
|
|
a. air
|
|
b. mineral
|
|
c. vitamin
|
|
d. protein
|
5.
|
Zat besi banyak terkandung dalam . . . .
|
|
a. garam
beryodium dan ikan laut
|
|
b. biji-bijian
dan sayur-sayuran
|
|
c. susu, ikan,
telur
|
|
d. daging,
hati, kedelai
|
6.
|
Yang berguna untuk mencegah penyakit gondok adalah . . . .
|
|
a. yodium
|
|
b. fosfor
|
|
c. zat besi
|
|
d. zat kapur
|
7.
|
Kekurangan vitamin apakah yang dapat menyebabkan penyakit
beri-beri ?
|
|
a. vitamin A
|
|
b. vitamin B
|
|
c. vitamin C
|
|
d. vitamin D
|
8.
|
Kandungan vitamin C terdapat pada . . . .
|
|
a. minyak
ikan, kacang-kacangan tomat
|
|
b. hati,
biji-bijian, jeruk
|
|
c. mangga,
belimbing, jeruk
|
|
d. minyak
kelapa, susu, kecambah
|
9.
|
Kekurangan vitamin K menyebabkan . . . .
|
|
a. kemandulan
|
|
b. darah pada
luka sukar membeku
|
|
c. kulit
menjadi kusam
|
|
d. mudah
terserang penyalit tulang
|
10.
|
Kekurangan vitamin di dalam tubuh disebut . . . .
|
|
a.
avitaminosis
|
|
b. malnutrisi
|
|
c. nutrisi
|
|
d. kurang
gizi
|
Alat Pencernaan
Makanan pada Manusia
Tujuan:
|
anak dapat mengetahui susunan alat pencernaan dan penyakit
yang menyerang alat pencernaan.
|
Petunjuk:
|
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memilih
salah satu jawaban yang paling benar !
|
1.
|
Proses melumatkan makanan yang semula kasar menjadi halus
disebut . . . .
|
|
a. mengunyah
|
|
b.
menghancurkan
|
|
c. pencernaan
|
|
d. menumbuk
|
2.
|
Enzim amilase berfungsi untuk . . . .
|
|
a. mengubah
zat tepung menjadi zat gula
|
|
b. mengubah
protein menjadi asam amino
|
|
c. mengubah
lemak menjadi asam lemak
|
|
d. mengubah
protein menjadi pepton
|
3.
|
Di bawah ini adalah macam-macam gigi sesuai dengan
fungsinya, kecuali . . . .
|
|
a. gigi seri
|
|
b. gigi taring
|
|
c. gigi
berlubang
|
|
d. gigi
geraham
|
4.
|
Gigi yang bentuk permukaannya lebar dan bergelombang
adalah gigi . . . .
|
|
a. susu
|
|
b. seri
|
|
c. taring
|
|
d. geraham
|
5.
|
Gigi apakah yang berfungsi merobek atau mengoyak makanan ?
|
|
a. gigi seri
|
|
b. gigi taring
|
|
c. gigi
berlubang
|
|
d. gigi
geraham
|
6.
|
Bagian lidah manakah yang mengecap rasa manis ?
|
|
a. depan
|
|
b. belakang
|
|
c. pinggir
|
|
d. seluruh
bagian lidah
|
7.
|
Yang berfungsi membunuh kuman dan mengasamkan makanan
adalah . . . .
|
|
a. enzim
amilase
|
|
b. enzim
pepsin
|
|
c. enzim renin
|
|
d. asam
klorida
|
8.
|
Getah empedu dihasilkan oleh . . . .
|
|
a. hati
|
|
b. kelenjar
pankreas
|
|
c. dinding
lambung
|
|
d. jawabab a,
b, dan c benar
|
9.
|
Salah satu penyakit yang menyerng alat pencernaan manusia
adalah . . . .
|
|
a. diare, TBC
|
|
b. influenza,
radang paru-paru, TBC
|
|
c. pneumonia,
tifus, diare
|
|
d. diare,
tifus, mag
|
10.
|
Penyakit yang mengganggu lambung dan usus 12 jari yaitu .
. . .
|
|
a. radang
usus buntu
|
|
b. tifus
|
|
c. mag
|
|
d. diare
|
Alat Pernapasan
pada Manusia dan Hewan
Tujuan:
|
anak dapat mengetahui bagian-bagian dari alat pernapasan
manusia dan hewan.
|
Petunjuk:
|
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu
jawaban yang paling benar !
|
1.
|
Pernapasan dengan menggunakan bantuan otot antar tulang
rusuk disebut . . . .
|
|
a. hidung
|
|
b. tenggorkan
|
|
c. pernapasan
perut
|
|
d. pernapasan
dada
|
2.
|
Cabang tenggorokan disebut juga dengan ?
|
|
a. bronkiolus
|
|
b. bronkus
|
|
c. alveolus
|
|
d. pleura
|
3.
|
Alat pernapasan manusia adalah . . . .
|
|
a. paru-paru
|
|
b. kulit
|
|
c. trakea
|
|
d. insang
|
4.
|
Apakah kegunaan dari gelembung renang pada ikan ?
|
|
a. untuk
berenang
|
|
b. untuk
bernapas
|
|
c. untuk
menyimpan oksigen
|
|
d. untuk
melawan musuh
|
5.
|
Gas yang dibutuhkan tubuh adalah . . . .
|
|
a. karbon
dioksida
|
|
b. oksigen
|
|
c. zat asam
arang
|
|
d. jawaban a,
b, c salah
|
6.
|
Pertukaran oksigen dengan karbon dioksida terjadi di dalam
. . . .
|
|
a. alveolus
|
|
b. pleura
|
|
c. bronkus
|
|
d. pundi-pundi
|
7.
|
Yang digunakan oleh burung untuk menyimpan udara pada
waktu terbang adalah . . . .
|
|
a. insang
|
|
b. labirin
|
|
c. pleura
|
|
d. pundi-pundi
|
8.
|
Apakah fungsi dari stigma ?
|
|
a. untuk
menyimpan oksigen
|
|
b. untuk
menahan udara
|
|
c. sebagai
jalan keluar masuknya udara
|
|
d. untuk
mengedarkan zat-zat makanan
|
9.
|
Burung, mamalia dan reptil bernapas dengan . . . .
|
|
a. trakea
|
|
b. kulit
|
|
c. paru-paru
|
|
d. insang
|
10.
|
berikut ini adalah penyakit yang dapat menyerang saluran
pernapasan keculi . . . .
|
||
|
a. tifus
|
||
|
b. influenza
|
||
|
c. bronkitis
|
||
|
d. TBC
|
||
|
|||
Pesawat
Sederhana
|
Cahaya dan
Sifat-sifatnya
Tujuan:
|
anak dapat mengetahui sifat-sifat dari cahaya
|
Petunjuk:
|
Jawablah pertanyaan dengan memilih salah satu jawaban yang
benar !
|
1.
|
Berkas cahaya merambat . . .
|
|
a. berbelok
|
|
b. kebawah
|
|
c. lurus
|
|
d. keatas
|
2.
|
Benda yang dapat ditembus cahaya adalah . . .
|
|
a. benda
bening
|
|
b. benda gelap
|
|
c. tembok
|
|
d. karton
|
3.
|
Benda-benda dimuka cermin . . . . . memiliki bayangan yang
selalu semu, lebih kecil dan tegak seperti bendanya.
|
|
a. datar
|
|
b. bulat
|
|
c. cekung
|
|
d. cembung
|
4.
|
Contoh dari cermin cembung adalah . . .
|
|
a. cermin
untuk berkaca
|
|
b. kaca spion
|
|
c. bagian
dalam lampu mobil
|
|
d. bagian
dalam lampu senter
|
5.
|
Cahaya matahari yang terlihat putih yang merupakan
perpaduan dari berbagai warna cahaya disebut . .
|
|
a. pelangi
|
|
b. spirtus
|
|
c. spektrum
|
|
d. atmosfer
|
6.
|
Sifat bayangan yang tidak terjadi pada retina adalah . . .
|
|
a. miring
|
|
b. terbalik
|
|
c. diperkecil
|
|
d. nyata
|
7.
|
Cacat mata dapat ditolong dengan menggunakan kacamata . .
.
|
|
a. hitam
|
|
b. berlensa
|
|
c. cembung
|
|
d. putih
|
8.
|
Yang berguna untuk mengatur cahaya yang akan masuk kedalam
kamera disebut . . .
|
|
a. retina
|
|
b. lup
|
|
c. lensa
|
|
d. diafragma
|
9.
|
Sejenis teropong yang biasa dipasang pada kapal selam
adalah . . .
|
|
a. periskop
|
|
b. teleskop
|
|
c. OHP
|
|
d. kamera
|
10.
|
Alat optik yang digunakan untuk membentuk gambar suatu
benda adalah . . .
|
|
a. lup
|
|
b. mikroskop
|
|
c. kamera
|
|
d. teropong
|
Struktur Bumi
dan Matahari
Tujuan:
|
anak dapat mengetahui struktur bumi dan matahari.
|
Petunjuk:
|
Jawablah pertanyaan dengan memilih salah satu
jawaban yang tepat ! |
1.
|
Yang melindungi bumi dari pancaran sinar dan panas
matahari adalah . .
|
|
a. bumi
|
|
b. bulan
|
|
c. atmosfer
|
|
d. awan
|
2.
|
Tersusun dari apakah lapisan kerak bumi ?
|
|
a. batuan
|
|
b. udara
|
|
c. air
|
|
d. debu
|
3.
|
Lapisan inti bumi dalam terbentuk dari . . .
|
|
a. udara
|
|
b. air
|
|
c. tanah
|
|
d. besi
|
4.
|
Tersusun dari apakah matahari ?
|
|
a. minyak
|
|
b. gas
|
|
c. batu
|
|
d. air
|
5.
|
Yang merupakan bagian bumi yang paling panas adalah . . .
|
|
a. atmosfer
|
|
b. kerak bumi
|
|
c. mantel bumi
|
|
d. inti bumi
|
6.
|
Energi dari inti matahari yang dilepaskan di permukaan
matahari adalah sebagai . . .
|
|
a. udara
|
|
b. api
|
|
c. panas
|
|
d. hujan
|
7.
|
Yang bukan merupakan jenis batuan yang membentuk lapisan
kerak bumi berdasarkan cara pembentukannya adalah ...
|
|
a. batuan cair
|
|
b. batuan beku
|
|
c. batuan
sediman
|
|
d. batuan
metamorf
|
8.
|
Pelapukan yang disebabkan oleh aktivitas makhluk hidup
disebut pelapukan . . .
|
|
a. logika
|
|
b. fisika
|
|
c. biologi
|
|
d. kimia
|
9.
|
Yang tidak termasuk jenis tanah berdasarkan komposisinya
adalah . . .
|
|
a. tanah
berhumus
|
|
b. tanah
berdebu
|
|
c. tanah
berkapur
|
|
d. tanah liat
|
10.
|
Batuan yang terbentuk dari magma dan lava yang membeku
adalah . . .
|
|
a. batuan
sedimen
|
|
b. batuan
serpih
|
|
c. batuan
malihan
|
|
d. batuan
beku
|