Petunjuk:
|
Isilah titik-titik di bawah ini dengan menggunakan salah
satu preposisi seperti pada, sejak, ketika, sesudah, sebelum dan saat !
|
1.
|
. . . sarapan Rina berangkat ke sekolah
|
|
|
2.
|
. . . hari senin murid-murid melaksanakan upacara bendera.
|
|
|
3.
|
. . . ini kakak berada di rumah paman.
|
|
|
4.
|
. . . 1 tahun lalu kami tinggal di Bandung.
|
|
|
5.
|
. . . makan, kita harus cuci tangan terlebih dahulu.
|
|
|
6.
|
. . . paman datang ayah tidak ada di rumah.
|
|
|
7.
|
. . . tidur ari mengerjakan PR dulu.
|
|
|
8.
|
langit tampak mendung . . . siang tadi.
|
|
|
9.
|
. . . kemarin hujan turun deras
|
|
|
10.
|
ibu meninggalkan pesan . . . pergi.
|
|
|
Menggunakan
Kata Tanya
Tujuan:
|
Anak dapat memahami penggunaan kalimat dengan kata tanya
bagaimana, berapa, mengapa, dan kapan. |
Petunjuk:
|
Lengkapilah kalimat berikut dengan cara mengisi pilihan
jawaban yang telah disediakan ! |
1.
|
...... cara membuat kue ini, Bu ?
|
|
|
2.
|
...... gelas ini bisa pecah ?
|
|
|
3.
|
...... Paman tiba di Jakarta ?
|
|
|
4.
|
..... kita berlibur ke Bali ?
|
|
|
5.
|
...... jumlah murid di Kelasmu ?
|
|
|
6.
|
...... rambutmu tampak berantakan ?
|
|
|
7.
|
...... harga penggaris ini, Pak ?
|
|
|
8.
|
...... cara menyelesaikan soal ini ?
|
|
|
9.
|
...... banyak kelereng yang kamu miliki, Wan ?
|
|
|
10.
|
...... kamu menyukai warna hitam ?
|
Mencari Kata
Sinonim
Tujuan:
|
Anak mengenal sinonim atau kata yang mempunyai persamaan
arti.
|
Petunjuk:
|
Pilihlah sinonim yang tepat untuk kata-kata di bawah ini! |
1.
|
Bagus = ...
|
|
a. baik
|
|
b. berbau
|
|
c. kasar
|
|
d. jelek
|
2.
|
Melihat = ...
|
|
a. menengok
|
|
b. mengambil
|
|
c. menendang
|
|
d. memancing
|
3.
|
Rumah = ...
|
|
a. tempat
tinggal
|
|
b. sekolah
|
|
c. kandang
|
|
d. hotel
|
4.
|
Hilang = ...
|
|
a. ada
|
|
b. raib
|
|
c. dipinjam
|
|
d. diambil
|
5.
|
datang = ...
|
|
a. pergi
|
|
b. tidak ada
|
|
c. usir
|
|
d. tiba
|
6.
|
Bisa = ...
|
|
a. tidak mampu
|
|
b. dapat
|
|
c. tidak mau
|
|
d. malas
|
7.
|
Cantik = ...
|
|
a. elok
|
|
b. biasa
|
|
c. jelek
|
|
d. buruk
|
8.
|
Sedih = ...
|
|
a. gembira
|
|
b. riang
|
|
c. murung
|
|
d. senang
|
9.
|
Benar = ...
|
|
a. tidak tahu
|
|
b. betul
|
|
c. salah
|
|
d. mengecoh
|
10.
|
Pakaian = ...
|
|
a. sepatu
|
|
b. kaos kaki
|
|
c. baju
|
|
d. topi
|
Membaca Surat
Tujuan:
|
anak dapat membaca dan mengerti isi surat.
|
Petunjuk:
|
Bacalah surat
di bawah ini, kemudian jawab pertanyaannya! |
Denpasar, 2 Januari
2005
MenjumpaiSahabat terbaikku, Lia Salam manis, Hai, Lia! Apa kabar? Aku doakan semoga kamu sehat selalu. Bagaimana sekolahmu? Aku yakin kamu pasti juara lagi, karena aku tahu kamu pasti rajin belajar. O,ya, kapan kamu main ke rumahku lagi? Sepertinya kita sudah lama ya tidak bertemu. Liburan bulan depan, kamu ke Bali ya? Nanti kita jalan-jalan lagi. Aku akan mengajak kamu ke Sangeh. Kamu tahu Sangeh, kan? Itu, lho, cagar alam yang ada binatang keranya. Kamu pasti suka. Kebetulan juga bulan depan kan ulang tahunku. Kamu masih ingat, kan? Tanggal 11 Pebruari. Jangan lupa,ya! Aku tunggu kamu di Bali! Sekian dulu surat dariku. Sampaikan juga salamku pada Om dan Tante. Kutunggu ya balasannya. Sahabatmu, Ttd. Dinda |
1.
|
Yang menulis surat di atas adalah …
|
|
a. Lia
|
|
b. Om
|
|
c. Tante
|
|
d. Dinda
|
2.
|
Dinda bertempat tinggal di …
|
|
a. Jakarta
|
|
b. Denpasar
|
|
c. Madura
|
|
d. Surabaya
|
3.
|
Surat itu dibuat tanggal …
|
|
a. 2 Januari
2005
|
|
b. 11 Pebruari
2005
|
|
c. 2 Januari
2004
|
|
d. 11 Pebruari
2004
|
4.
|
Sahabat Dinda adalah …
|
|
a. Om
|
|
b. Tante
|
|
c. Lia
|
|
d. Dina
|
5.
|
Dinda mengajak Lia liburan ke …
|
|
a. Tanah Lot
|
|
b. Sangeh
|
|
c. Rumah
|
|
d. Sawah
|
6.
|
Di Sangeh ada binatang …
|
|
a. Kera
|
|
b. Ular
|
|
c. Kelinci
|
|
d. Serigala
|
7.
|
Ulang tahun Dinda tanggal …
|
|
a. 12 Januari
|
|
b. 11 Pebruari
|
|
c. 2 Januari
|
|
d. 12 Pebruari
|
8.
|
Mengapa Dinda yakin bahwa Lia adalah juara kelas?
|
|
a. Lia
ditakuti oleh guru
|
|
b. Lia anak
paling terkenal
|
|
c. Lia anak
kesayangan guru
|
|
d. Lia rajin
belajar
|
9.
|
Pada liburan bulan depan, kemana Lia akan pergi?
|
|
a. Tidak tahu
|
|
b. Bali
|
|
c. Jakarta
|
|
d. Luar negeri
|
10.
|
Melalui Lia, Dinda menitipkan salamnya untuk ...
|
|
a. Bibi Lia
|
|
b. Pak supir
Lia
|
|
c. Orang tua
Lia
|
|
d. Guru Lia
|
Mengenal Arti
Imbuhan ber- pada Kalimat
Tujuan:
|
anak mengerti arti imbuhan ber- pada tiap-tiap kalimat.
|
Petunjuk:
|
Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini, kemudian tentukan
arti dari imbuhan ber- pada tiap-tiap kalimat.
|
1.
|
Kakakku telah bekerja di Jakarta selama lima tahun.
|
|
a. melakukan
perbuatan
|
|
b. mempunyai
|
|
c.
mengeluarkan
|
|
d. berada
dalam keadaan
|
2.
|
Dodo sedang bersepeda di taman.
|
|
a. melakukan
perbuatan
|
|
b. mempunyai
|
|
c.
memakai/menggunakan
|
|
d.
mengeluarkan
|
3.
|
Kita harus berhati-hati di jalan raya.
|
|
a. melakukan
perbuatan
|
|
b. mempunyai
|
|
c.
memakai/menggunakan
|
|
d. mengeluarkan
|
4.
|
Mobil ayah berasap dari kemarin malam.
|
|
a. melakukan
perbuatan
|
|
b. mempunyai
|
|
c.
memakai/menggunakan
|
|
d.
mengeluarkan
|
5.
|
Rumahku beratap genteng.
|
|
a. melakukan
perbuatan
|
|
b. mempunyai
|
|
c.
memakai/menggunakan
|
|
d. berada
dalam keadaan
|
6.
|
Nina berhasil menjadi juara pertama di kelasnya.
|
|
a. melakukan
perbuatan
|
|
b. mempunyai
|
|
c.
mengeluarkan
|
|
d. berada
dalam keadaan
|
7.
|
Ayam Pak Amir bertelur 10 butir.
|
|
a. melakukan
perbuatan
|
|
b.
memakai/menggunakan
|
|
c.
mengeluarkan
|
|
d. berada
dalam keadaan
|
8.
|
Keluargaku sedang bersenang-senang di pantai.
|
|
a. mempunyai
|
|
b.
memakai/menggunakan
|
|
c.
mengeluarkan
|
|
d. berada
dalam keadaan
|
9.
|
Adiku bernyanyi di kamar mandi.
|
|
a. melakukan
perbuatan
|
|
b. mempunyai
|
|
c.
memakai/menggunakan
|
|
d. berada
dalam keadaan
|
10.
|
Kepala kakek sudah tidak berambut lagi.
|
|
a. melakukan
perbuatan
|
|
b. mempunyai
|
|
c.
memakai/menggunakan
|
|
d. berada
dalam keadaan
|
Menyimak
Wawancara
Petunjuk:
|
Simak wawancara di bawah ini, lalu jawablah pertanyaannya!
|
Siswa :
Bapak sedang memanen apa? Petani : Sedang memanen kelapa sawit dan kopi, Nak. Siswa : Bapak bekerja sendirian? Petani : Tidak, ada lima orang pekerja yang membantu saya. Siswa : Setiap berapa bulan sekali Bapak panen seperti ini? Petani : Kalau kelapa sawit panennya setiap enam bulan sekali, kalau kopi Bapak memanennya setiap setahun sekali. Ini kebetulan masa panen kelapa sawit dan kopi berbarengan. Siswa : Berapa ton hasil yang Bapak dapatkan dalam satu kali panen? Petani : Kurang lebih sekitar 10 ton, Nak! Siswa : Wah, banyak juga ya, Pak. Lalu dibawa kemana hasil panen ini? Petani : Biasanya saya jual ke koperasi. Selain mudah, harganya juga cukup bersaing. Siswa : Kalau dirata-ratakan, Pak, berapa penghasilan Bapak untuk sekali panen? Petani : Sekitar 2 jutaan, Nak. Ya, cukuplah untuk mencukupi hidup selama enam bulan. Siswa : Anak Bapak masih bersekolah? Petani : Masih, Nak. Yang pertama di perguruan tinggi, dan yang kedua masih duduk di bangku SMU. Siswa : Bapak menyekolahkan kedua anak Bapak dari hasil kebun ini? Petani : Cuma kebun ini yang kami punya. Jadi saya harus bekerja keras agar anak-anak saya dapat menyelesaikan sekolahnya. Siswa : Saya bangga kepada Bapak. Bapak ulet dan tekun dalam berusaha. Saya doakan semoga hasil kebun Bapak tetap berlimpah. Terima kasih, ya, Pak. |
1.
|
Mengenai hal apa wawancara di atas?
|
|
a. Petani dan
kehidupannya
|
|
b. Anak petani
|
|
c. Anak
sekolah
|
|
d. Peternak
|
2.
|
Apa yang sedang dipanen petani itu?
|
|
a. Padi
|
|
b. Jagung
|
|
c. Kelapa
sawit dan kopi
|
|
d. Kopi
|
3.
|
Siapa yang membantu petani dalam memanen hasil kebunnya?
|
|
a. Dua orang
pekerja lain
|
|
b. Tiga orang
pekerja lain
|
|
c. Empat orang
pekerja lain
|
|
d. Lima orang
pekerja lain
|
4.
|
Setiap berapa lama petani itu memanen hasil kelapa
sawitnya?
|
|
a. Tiga bulan
sekali
|
|
b. Enam bulan
sekali
|
|
c. Sembilan
bulan sekali
|
|
d. Setahun
sekali
|
5.
|
Berapa ton hasil panen yang didapatkan petani itu?
|
|
a. Satu ton
|
|
b. Lima ton
|
|
c. Sepuluh ton
|
|
d. Seratus ton
|
6.
|
Kemana petani itu menjual hasil kebunnya?
|
|
a. Koperasi
|
|
b. Toko
kelontong
|
|
c. Rentenir
|
|
d. Kantor
Kepala Desa
|
7.
|
Berapa rata-rata pendapatan petani itu?
|
|
a. Satu juta
rupiah
|
|
b. Dua juta
rupiah
|
|
c. Tiga juta
rupiah
|
|
d. Empat juta
rupiah
|
8.
|
Berapa orang anak petani itu?
|
|
a. Lima orang
|
|
b. Empat orang
|
|
c. Tiga orang
|
|
d. Dua orang
|
9.
|
Dimana anak pertama petani itu bersekolah?
|
|
a. Perguruan
Tinggi
|
|
b. SMU
|
|
c. SMP
|
|
d. SD
|
10.
|
Mengapa petani itu bekerja keras dalam menggarap kebunnya?
|
|
a. Karena
tidak punya kerjaan lain
|
|
b. Dimarahi
oleh pemiliknya
|
|
c. Agar
anaknya dapat menyelesaikan sekolahnya
|
|
d. d. Agar
dipuji tetangganya
|