I. Pilihlah jawaban berikut dengan benar !
1.
Do’a qunut adalah sudah menjadi
salah satu ciri amaliah jam’iyah NU, maka do’a qunut dibaca pada waktu … .
a.
i’tidal rakaat kedua
b.
takbiratul ikhram
c.
tahiyat akhir
d.
i’tidal rakaat pertama
e.
syujud rakaat kedua
2.
Bermadzhab artinya mengikuti salah
satu madzhab, dan madzhab itu sendiri artinya aliran/jalan, maka para alim
ulama NU bersepakat , imam yang layak untuk dijadikan sebagai panutan hanya … .
mujtahid.
a.
tiga
b.
empat
c.
lima
d.
enam
e.
tujuh
3.
Pesantren sebagai pusat studi Islam semakin kokoh,
setelah ... .
a.
berdirinya kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
b.
berdirinya perguruan – perguruan Islam di Timur
Tengah
c.
penguasaan pemerintah terhadap keberadaan
pesantren sebagai sistim pendidikan
d.
berdirinya organisasi Nahdlatul Ulama.
e.
terbentuknya hubungan pesantren dengan pusat Islam
di Timur Tengah
4.
Karakteristik para mubaligh menunjukkan bahwa
faham keagamaan yang berkembang di Indonesia adalah ... .
a.
Syi’ah
b.
Khawarij
c.
Mu’tazilah
d.
Salafiyah
e.
Ahlussunnah wal jama’ah
5.
Kitab-kitab standar dalam masalah aqidah, yang sejak semula sudah
dikembangkan di
Indonesia, adalah kitab-kitab dari ulama … .
a.
Asy’ariyah
b.
Ibnu taimiyah
c.
Qadariyah
d.
Jabariyah
e.
Syafi’iyah
6.
Perangkat Organisasi yang
berfungsi sebagai pelaksana kebijakan NU yang terkait dengan
kelompok masyarakat tertentu disebut … .
a.
Mustasyar
b.
Badan Otonom
c.
A’wan
d.
Lembaga
e.
Lajnah
7.
Dalam kepengurusan NU dari
pusat hingga ranting pengurus dan pengendali program program adalah … .
a.
Syuriyah
b.
Tanfidziyah
c.
Lembaga
d.
A’wan
e.
Mustasyar
8.
Para muballigh memperkenalkan ajaran Islam melalui sarana perdagangan
dengan cara ... .
a.
berinteraksi secara intensif dengan para pengusaha di Indonesia
b.
menjual barang-barang dagangan mereka yang bernuansa Islami
c.
menguasai pusat-pusat perdagangan di Indonesia
d.
menerapkan cara-cara berdagang sesuai dengan syari’at Islam
e.
berdagang sambil mengajar
9.
Di antara para muballigh menggunakan pendekatan seni dan budaya sebagai media da’wahnya. Hal
ini ditempuh untuk ... .
a.
menarik simpati
masyarakat
b.
membaurkan budaya Islam dan budaya setempat
c.
menunjukkan bahwa Islam adalah agama budaya
d.
menunjukkan bahwa seni bukan hal yang tabu dalam Islam
e.
menunjukkan bahwa para muballigh juga seorang
seniman
10.
Pernyataan di bawah ini yang
terkait dengan Mustasyar adalah … .
a.
menentukan arah kebijakan NU
b.
mengawasi gerak Badan Otonom
c.
hanya dapat dibentuk di Pengurus
Besar
d.
menjaga kemurnian Khittha NU
e.
menyampaikan laporan kepada
Syuriyah
11.
Tugas pengurus syuriyah
Nahdlatul Ulama adalah … .
a.
pelaksana tugas sehari-hari di
sekretariat NU
b.
pembina, pengendali, pengawas
dan penentu kebijakan NU
c.
pelaksana kebijakan NU di bidang
pengembangan agama
d.
memberi
laporan secara berkala kepada mustasyar
e.
membina Lajnah T’lif wan Nasyar
sesuai tingkatannya
12.
Ajaran Ahlussunnah wal Jamaah
sebenarnya sudah ada sejak zaman Rasulullah, yaitu … .
a.
amalan para sahabat
b.
ajaran aagama Islam
c.
ayat-ayat Al-Qur’an
d.
wahyu Allah
e.
ijtihad
para sahabat
13.
Adanya firqah dalam Islam,
dimulai dengan munculnya … .
a.
pasukan Ali bin Abi Thalib dan
Mu’awiyah bin Abi Sofyan
b.
golongan Syi’ah dan Khawarij
c.
faham Qadariyah dan Jabariyah
d.
ajaran Mu’tazilah dan Ahlussunnah
wal Jamaah
e.
organisasi Nahdlatul Ulama dan
Muhammdiyah
14.
Ahlussunnah wal Jamaah bukan
merupakan reaksi dari timbulnya beberapa aliran dalam Islam, karena … .
a.
ahlussunnah wal jamaah sudah ada
sejak zaman Rasulullah dan para sahabatnya
b.
aliran Ahlussunnah wal Jamaah
muncul sebelum munculnya aliran-aliran yang ada
c.
Ahlussunnah wal Jamaah pada
hakekatnya bukan aliran tetapi hanya sekedar faham
d.
munculnya ajaran Ahlussunnah wal Jamaah hanya untuk
meluruskan aliran-aliran yang menyimpang
e.
aliran Ahlussunnah wal Jamaah itu
hanya ada di Indonesia
15.
Ahlussunnah wal Jamaah
dipopulerkan oleh tokoh yang bernama … .
a.
Ali bin Abi Thalib
b.
Imam Hanafi, Imam Maliki, Imam
Syafi’i dan Imam Hambali
c.
Abu Hasan Al Asy’ari dan Abu
Mansyur Al Maturidi
d.
Imam Al Ghazali
e.
KH. Hasyim Asy’ari
16.
Pencatatan dan pembukuan hadits
dimulai sejak masa … .
a.
Rasulullah
b.
khalifah Umar bin Khathab
c.
khalifah Umar bin Abdul
Aziz
d.
Harun Ar Rasyid
e.
modernisasi Islam
17.
Usaha kalangan intelektual
Nahdlatul Ulama dalam melestarikan Ahlussunnah Wal Jamaah dilakukan dengan … .
a.
mendirikan forum intelektual
Nahdlatul Ulama
b.
menulis karya-karya ilmiayah
tentang Ahlussunnah Wal Jamaah
c.
meredifinisi faham Ahlussunnah wal
Jamaah
d.
mengintensifkan amaliyah warga
Nahdlatul Ulama
e.
meluruskan penyimpangan yang
terjadi pada Ahlussunnah Wal Jamaah
18.
Nahdlatul Ulama lahir dalam
suasana … .
a.
kebangkitan nasional
b.
perselisihan para ulama
c.
peperangan menghadapi Belanda
d.
krisis moral bangsa
e.
ahlussunnah dalam puncak keemasan
19.
Keberhasilan generasi mujtahidin
dalam pewarisan ajaran Islam di antaranya
adalah … .
a.
pembukuan Al-Qur’an dalam satu mushaf
b.
penulisan Hadits dalam
kumpulan-kumpulan hadits
c.
penyusunan dan perumusan ajaran
Islam sesuai dengan bidang-bidangnya
d.
pemisahan ajaran Islam dalam
bidang-bidang tertentu
e.
penerjemahan buku-buku filsafat
20.
Tugas utama generasi pewaris
setelah para mujtahid antara lain … .
a.
mengembangkan ajaran agama Islam
dari ijtihad para
mujtahid sesuai dengan kebutuhan
umat
b.
menerjemahkan kitab-kitan para
mujtahid ke dalam berbagai bahasa
c.
menjelaskan hasil ijtihad para
mujtahid dengan menambahkan dalil alqur’an
dan hadits
d.
menafsirkan ayat alqur’an dan
hadits sesuai dengan perkembangan zaman
e.
membuka lembaga-lembaga pendidikan
sebgai tempat mengajarkan hasil ijtihad para
mujtahid
21.
Jalur pendidikan yang diandalkan
para ulama dalam mengembangkan dan melestarikan Ahlussunnah wal Jamaah di Indonesia adalah … .
a.
madrasah diniyah
b.
perguruan tinggi
c.
pondok pesaantren
d.
majlis ta’lim
e.
majlis halaqah
22.
Pengembangan ahlussuunah wal
jamaah di Indonesia mulai mendapat tantangan setelah … .
a.
masuknya bangsa barat ke Indonesia
b.
masukya pembaharuan Islam ke
Indonesia
c.
lahirnya Muhammadiyah
d.
penjajahan Jepang atas Indonesia
e.
Kemerdekaan Indonesia
23.
Sebutan bapak Nahdlatul Ulama diberikan kepada … .
a.
KH. Kholil
b.
KH. Hasyim Asyt’ari
c.
KH. Wahab Hasbullah
d.
KH. As’ad
e.
KH. Wahid Hasyim
24.
Petunjuk Allah SWT untuk
mendirikan organisasi bagi para ulama dan pengikutnya diterima oleh … .
a.
KH. Kholil
b.
KH. Hasyim Asy’ari
c.
KH. Wahab Hasbullah
d.
KH. As’ad
e.
KH. Wahid Hasyim
25.
Sebagai langkah awal dalam usaha meningkatkan sumber daya
manusia, KH.Hasyim Asy’ari memulainya dengan …
.
a.
membuka pesantren untuk perempuan
b.
memberikan mata pelajaran membaca
dan menulis latin, berhitung, serta bahasa melayu di pesantrennya.
c.
meningkatkan metode pengajaran di
pesantrennya dengan metode halaqah
d.
melengkapi pesantrennya dengan
peralatan modern
e.
menggunakan bahasa Belanda dalam percakapan
sehari-hari di pesantrennya
26.
Program pertama yang dilakukan
oleh Pengurus Besar Nadlatul Ulama adalah …
.
a.
menyusun rencana strategis
pengembangan organisasi
b.
mensosialisasikan organisasi ke berbagai daerah
c.
mendirikan lembaga-lembaga
pendidikan yang berhaluan Ahlussunnah wal Jamaah
d.
mengirim delegasi untuk mengikuti
Muktamar dunia Islam di Makkah
e.
menghubungi para ulama pesantren
untuk ikut bergabung dengan NU
27.
Dalam prosesnya, kelahiran
Nahdlatul Ulama lebih ditentukan oleh … .
a.
petunjuk dari Allah SWT
b.
kegigihan ulama-ulama muda
c.
restu ulama-ulama sesepuh
d.
dana para aghniya
e.
rekomendasi pemerintah Hindia
Belanda
28.
Lambang Nahdlatul Ulama didapat
dari … .
a.
hasil rekayasa KH. Ridwan Abdullah
setelah mendapatkan mandat dari para ulama
b.
hasil mimpi KH. Ridwan Abdullah
setelah beristikharah meminta petunjuk Allah
c.
kesepakatan para ulama ketika membahas pendirian organisasi NU
d.
keputusan Muktamar pertama
jam’iyah Nahdlatul Ulama
e.
pemenang sayembara menciptakan
lambang Nahdlatul Ulama
29. Organisasi-organisasi yang didirikan para ulama, banyak yang
menggunakan kata “wathan” dalam
namanya, hal ini mengindikasikan bahwa … .
a.
organisasi itu tidak bersifat
keagamaan
b.
adanya kecintaan para ulama
terhadap tanah air
c.
ulama telah menguasai manejemen
organisasi
d.
ulama tidak menghendaki sparatisme
e.
adanya perbedaan antara organisasi
dan agama
30.
Pemberontakan umat Islam terhadap penjajah
Belanda yang selalu gagal dapat menimbulkan kesadaran para ulama untuk … .
a.
mengakui kesalahannya dan tunduk
kepada Belanda
b.
tidak lagi membrontak karena hanya
membuang energi saja
c.
mengalihkan perjuangan dengan
cara-cara yang sistematis, teratur dan terencana
d.
meningkatkan kekuatan pasukan
dengan melengkapi senjata yang lebih modern
e.
terus mengorbankan semangat perang
dari segala penjuru tanah air
31.
Maksud utama para ulama pesantren
untuk bisa terlibat dalam muktamar dunia Islam di Makkah adalah … .
a.
mempertahankan berlakunya ajaran Ahlussunnah
wal Jamaah di Hijaz
b.
menunjukkan pada dunia, bahwa
Islam di Indonesia adalah Ahlussunnah wal Jamaah
c.
menjalin hubungan antara
pesantrean Indonesia dengan Lembaga pendidikan Islam di Makkah
d.
mewarnai Muktamar dunia Islam
dengan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah
e.
bersidang sambil menunaikan ibada
haji
32.
Sejak kedatangan kolonialis barat
( terutama Belanda ) ke Indonesia umat Islam menyambutnya dengan sikap
perlawanan hal ini terjadi pada abad ke …
.
a.
17
M
b.
18
M
c.
19 M
d.
20 M
e.
21 M
33.
Pada dasarnya ide pendirian
Nahdlatul Ulama, atau sebuah jamiyyah (organisasi) untuk para ulama pesantren,
sudah dimunculkan sejak tahun … . M.
a.
1923
b.
1924
c.
1925
d.
1926
e.
1927
24.
Organisasi Nahdlatul Ulama
mempunyai arti … .
a.
kebangkitan para ulama
b.
kebangkitan para kiyai
c.
kebangitan para mubaligh
d.
kebangkitan para Nahdliyin
e.
kebangkitan orang-orang NU
25.
Karakteristik yang dimiliki oleh
para muballighIslam di Indonesia adalah … .
a.
tawadlu’, tarahum, dan
taawun
b.
tadabbur, tafakkur, dan taallum
c.
tasyawur, tafahum, tasamuh
d.
tawassuth, tawadun, dan tasamuh
e.
shiddiq, amanah, dan a’dalah
II. Uraikan !
1.
Pondok pesantren yang secara garis besar dapat dibedakan menjadi tiga
macam tipe, sebutkan dan jelaskan!
2.
Jelaskan definisi dan fungsi dari Al-Qur’an!
3.
Jelaskan pengertian dan peran Lailatul Ijtima’
dalam organisasi NU !
4.
Jelaskan apa yang
dimaksud Muktamar, berikut pentingnya Muktamar dalam organisasi NU!
5.
Jelaskan tentang firqah-firqah dalam Islam !
Selamat
mengerjakan !
Kunci
Aswaja X Genap UKK 2013
1.
A 11. C 21. C 31. B
2.
B 12. A 22. B 32. A
3.
D 13. A 23. B 33. B
4.
E 14. A 24. A 34. A
5.
E 15. C 25. B 35. E
6.
A 16. C 26. C
7.
A 17. B 27. A
8.
B 18. A 28. B
9.
D 19. C 29. B
10.
A 20. A 30. C
II. 1. a. Pondok pesantren type A
b.
Pondok pesantren type B
c. Pondok pesantren type C
2. Wahyu
Allah yang diturunkan kepada Rasulullah SAW. dengan perantara Malaikat
Jibril, barang siapa yang membacanya
termasuk ibadah.
3. Acara
yang dilakukan oleh warga NU ( jam’iyah Ahlussunnah wal jamaah) setiap
malam 15 Qomariyah yang isinya melakukan
shalat malam, istighotsah dan dzikir
kepada Allah.
4. Rapat
besar yang diadakan oleh Pengurus Besar NU dalam kurun waktu 5 tahun sekali
untuk pemilihan pengurus baru.
5. Timbulnya
firqah dalam Islam yakni terjadi sesudah perang Shiffin antara pasukan
Khalifah Ali bin Abi Thalib dengan pasukan
Mu’awiyah bin Abu Sufyan tahun 37 H.