LATIHAN 14 PKN SMP


1.   
Norma yang mengatur masalah ketaatan dan kepatuhan bangsa Indonesia dalam beribadah adalah .......

A.
Pancasila
B.
Pasal 29 ayat 1 dan 2 UUD '45
C.
Pembukaan UUD '45
D.
GBHN

Jawaban : A

2.   
Contoh perilaku berbuat kebajikan dalam kehidupan di lingkungan sekitar adalah .......

A.
meminta maaf bila berbuat salah
B.
selalu mawas diri dan mengoreksi diri
C.
melaksanakan kegiatan karang taruna
D.
menyantuni fakir miskin dan anak terlantar

Jawaban : D

3.   
Cara mensyukuri nikmat kepada Tuhan berupa kemerdekaan RI adalah .......

A.
merayakan peringatan kemerdekaan secara semarak
B.
mengisi kemerdekaan dengan berbagai aktivitas setiap hari
C.
menekuni berbagai aktivitas yang dapat dilakukan seusiamu
D.
mengisi kemerdekaan dalam bentuk kegiatan yang diridhoi-Nya

Jawaban : D

4.   
Salah satu wujud sikap mensyukuri anugerah Tuhan Yang Maha Esa adalah .......

A.
memperjuangkan hak dan kewajiban dengan baik
B.
membangkitkan rasa saling mencintai sesama manusia
C.
memberikan bantuan kepada orang yang sangat membutuhkan
D.
menumbuhkan sikap sopan dan ramah kepada setiap orang

Jawaban : C

5.   
Hikmah utama yang terkandung dalam peringatan hari besar keagamaan bagi umatnya adalah .......

A.
mempertebal rasa percaya diri
B.
memperkuat persatuan dan kesatuan
C.
mempererat tali persaudaraan
D.
meningkatkan keimanan dan ketakwaan

Jawaban : D

6.   
Akibat yang dapat ditimbulkan dari perpecahan antar umat beragama dalam kehidupan bermasyarakat adalah .......

A.
terbentuknya kelompok yang fanatik terhadap ajaran agamanya
B.
terjadinya disintegrasi dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
C.
timbulnya motivasi untuk membina dan mengembangkan keimanan
D.
tergeraknya hati setiap pemeluk agama untuk membela agamanya

Jawaban : B

7.   
Makna Bhinneka Tunggal Ika adalah .......

A.
perbedaan akan mendorong adanya persatuan
B.
dengan perbedaan akan terhindar dari perpecahan
C.
di dalam perbedaan terdapat persatuan
D.
berbeda-beda tetapi satu bangsa

Jawaban : D

8.   
Contoh perbuatan tenggang rasa dalam kehidupan bermasyarakat adalah .......

A.
menghargai kebebasan untuk melaksanakan ibadah
B.
melaksanakan kegiatan keagamaan meskipun berbeda keyakinan
C.
menghindari jalan tertentu yang digunakan untuk upacara agama
D.
ikut mendirikan sarana peribadatan milik penganut agama lain

Jawaban : A

9.   
Ciri-ciri orang yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah .......

A.
menaati perintahNya meninggalkan laranganNya
B.
menganjurkan orang lain untuk rajin ibadah
C.
sering menegakkan kebenaran dan keadilan
D.
pasrah kepada kehendak dan takdir Tuhan

Jawaban : A

10.   
Jaminan warga negara dalam melaksanakan ibadah dan memeluk agama sesuai dengan keyakinan dan kepercayaannya tercantum dalam UUD 1945 pada .......

A.
pembukaan
B.
batang tubuh
C.
pasal 29 ayat 1
D.
pasal 29 ayat 2

Jawaban : D

11.   
Contoh perilaku yang tidak menghormati orang lain dalam melaksanakan ibadah adalah .......

A.
membiarkan orang lain tidak beribadah
B.
membiarkan orang lain melaksanakan ibadah
C.
menciptakan suasana yang mengganggu ketenangan ibadah
D.
membiarkan tata cara orang lain berbeda dengan rata cara ibadah kita

Jawaban : C

12.   
Contoh kerjasama antar umat beragama dalam bidang sosial kemasyarakatan adalah .......

A.
menginformasikan kegiatan keagamaan
B.
bersama-sama mengentaskan kemiskinan
C.
memperingati hari besar keagamaan bersama
D.
menggunakan tempat peribadatan bersama

Jawaban : B

13.   
Pentingnya kerjasama antarumat beragama di Indonesia untuk .......

A.
meningkatkan kualitas keimanan seseorang
B.
menciptakan satu kesatuan ajaran agama
C.
menjalin silaturahmi antarumat beragama
D.
memperkokoh jiwa persatuan dan kesatuan

Jawaban : D

14.   
Salah satu contoh sikap mencintai kebersihan di lingkungan masyarakat adalah .......

A.
ikut kerja bakti membersihkan parit yang tersumbat
B.
melaksanakan tugas kebersihan di kelas dengan baik
C.
membiasakan mandi serta memakai pakaian yang bersih
D.
mendiamkan orang lain membuang sampah sembarangan

Jawaban : A

15.   
Salah satu contoh hak asasi manusia yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 alinea pertama adalah .......

A.
hak hidup
B.
hak kebahagiaan
C.
hak keadilan
D.
hak kebebasan

Jawaban : D

16.   
Pasal 28 dalam UUD 1945 mengatur .......

A.
kebebasan mengeluarkan pendapat
B.
kebebasan memeluk agama
C.
hak memperoleh pendidikan
D.
kewajiban membayar pajak

Jawaban : A

17.   
Salah satu contoh sikap menghormati orang lain dalam masyarakat adalah tidak .......

A.
semena-mena terhadap sesama
B.
membeda-bedakan suku seseorang
C.
menyombongkan diri di masyarakat
D.
memperdulikan tindakan orang lain

Jawaban : A

18.   
Contoh perbuatan yang bermanfaat bagi diri sendiri adalah .......

A.
olah raga secara teratur
B.
merayakan pesta besar-besaran
C.
istirahat kerja sepuas-puasnya
D.
selalu makan yang bergizi

Jawaban : A

19.   
Kesadaran bermasyarakat dalam kehidupan sehari-hari bagi setiap insan sosial sangat penting sebab .......

A.
setiap orang selalu dibutuhkan orang lain
B.
setiap orang saling membutuhkan orang lain
C.
dalam kehidupan ada yang kuat dan ada yang lemah
D.
masyarakat berkembang karena ada kesadaran jiwa yang kuat

Jawaban : B

20.   
Perilaku warga yang belum melaksanakan kesadaran hukum adalah .......

A.
mengkritik pejabat negara melalui media massa
B.
memanfaatkan lahan kosong untuk posyandu
C.
seizin yang berwajib melakukan aksi unjuk rasa
D.
menyelesaikan berbagai permasalahan dengan uang

Jawaban : D

21.   
Hak dan kewajiban warga negara di dalam hukum dan pemerintahan diatur dalam UUD 1945 pada .......

A.
pasal 27 ayat 1
B.
pasal 29 ayat 1
C.
pasal 30 ayat 1
D.
pasal 33 ayat 1

Jawaban : A

22.   
Salah satu contoh perilaku kepedulian terhadap lingkungan adalah .......

A.
selalu memperhatikan tetangganya
B.
turut menjaga keamanan di kampungnya
C.
berpartisipasi dalam kegiatan ibadahnya
D.
turut memperbaiki pagar rumahnya

Jawaban : B

23.   
Kita harus mendahulukan kewajiban daripada hak karena .......

A.
jika haknya didahulukan, orang akan malas melakukan kewajiban
B.
membiasakan seseorang menderita dahulu, baru mengharapkan hasil
C.
dapat mewujudkan ketertiban dan keserasian dalam masyarakat
D.
seseorang akan merasa puas menerima haknya setelah bekerja

Jawaban : A

24.   
Makna kepedulian terhadap hak dan kewajiban selaku warga negara adalah seseorang warga negara harus ......

A.
memperhatikan dan melaksanakan hak dan kewajibannya
B.
memperhatikan dan menghayati hak dan kewajibannya
C.
menghayati dan mendalami hak dan kewajibannya
D.
mempelajari dan menghayati hak dan kewajibannya

Jawaban : A

25.   
Sikap siswa yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan sekolah adalah.......

A.
memusuhi teman yang suka tawuran
B.
memilih teman yang baik akhlaknya
C.
menghindarkan diri dari permusuhan
D.
selalu mengerjakan tugas bersama-sama

Jawaban : C

26.   
Menjalin persamaan dan kesatuan bangsa dalam kehidupan bermasyarakat berguna untuk menghindari .......

A.
perpecahan dalam masyarakat
B.
pendapat masyarakat yang berbeda
C.
kebhinnekatunggalikaan bangsa
D.
perbedaan-perbedaan suku dan agama

Jawaban : A

27.   
Manakah contoh perilaku cinta tanah air ........

A.
Petinju profesional berjuang untuk menjadi juara.
B.
Pemain bulu tangkis berjuang mempertahankan Thomas Cup.
C.
Penonton sepak bola fanatik mendukung tim kesayangannya.
D.
Petenis mengikuti kejuaraan internasional.

Jawaban : B

28.   
Wujud tanggung jawab sosial dari setiap warga dalam masyarakat adalah ........

A.
kerja keras
B.
mengejar cita-cita
C.
rajin belajar
D.
saling membantu

Jawaban : D

29.   
Salah satu ciri umum yang ada pada budaya daerah adalah .......

A.
kegotongroyongan
B.
bentuk kesenian
C.
kebiasaan berbahasa
D.
sistem politik

Jawaban : C

30.   
Manfaat diadakan pembinaan dan pelestarian budaya daerah dan nasional agar ......

A.
tidak tercemar dengan masuknya budaya asing
B.
tetap ada dan lebih baik dan budaya asing
C.
tidak kehilangan jati diri dari kepribadian bangsa
D.
tetap asli walaupun zaman terus berkembang

Jawaban : C

31.   
Pengertian kedaulatan adalah ........

A.
hak setiap negara untuk memerintah
B.
kekuasaan berada di tangan rakyat
C.
kewajiban negara untuk berkuasa
D.
kekuasaan tertinggi suatu negara

Jawaban : D

32.   
Prinsip dasar bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat dituangkan dalam .......

A.
batang tubuh UUD 1945
B.
penjelasan UUD 1945
C.
pembukaan UUD 1945 alinea ketiga
D.
pembukaan UUD 1945 alinea keempat

Jawaban : D

33.   
Membina kehidupan yang demokratis berguna untuk mengikutsertakan .......

A.
semua komponen bangsa dalam mencapai tujuan bersama
B.
partai politik dalam menentukan arah kebijakan pemerintah
C.
para pengambil kebijakan dalam menentukan putusan
D.
elite politik dalam menentukan program kerja partainya

Jawaban : A

34.   
Contoh sikap rela berkorban yang dapat dilakukan siswa di sekolah adalah .......

A.
memberikan hadiah untuk teman yang berulang tahun
B.
selalu bertanggungjawab atas kesalahan yang dilakukan orang lain
C.
mengikuti acara kerja bakti membersihkan sekolah
D.
memberikan hadiah kepada wali kelas pada kenaikan kelas

Jawaban : C

35.   
Salah satu alasan yang dapat mendorong warga negara untuk rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara dalam era pembangunan adalah .......

A.
mengetahui hak dan kewajiban asasi sebagai warga negara
B.
keteguhan hati menjadikan Indonesia sebagai tumpah darahnya
C.
mengetahui dan memahami kebenaran peraturan yang berlaku
D.
ketahanan diri yang tangguh dan semangat untuk hidup lebih baik

Jawaban : D

36.   
Ikhlas berkorban demi kepentingan bangsa dapat dibina dengan berbagai cara, antara lain mendorong siswa .......

A.
menjadi pengunjung perpustakaan yang baik
B.
menyukseskan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh
C.
belajar dengan sebaik-baiknya di sekolah
D.
hormat kepada guru dan orang tua

Jawaban : C

37.   
Prasyarat utama bagi terciptanya ketahanan nasional adalah ........

A.
kemajuan
B.
kedisiplinan
C.
ketaatan
D.
kemakmuran

Jawaban : B

38.   
Kedisiplinan nasional dapat diwujudkan terutama dengan ........

A.
meningkatkan wibawa dan harga diri
B.
mengawasi pelaksanaan pembangunan nasional
C.
mendukung program-program pembangunan
D.
mengoreksi jalannya pemerintahan negara

Jawaban : A

39.   
Salah satu contoh perilaku dalam lingkungan sekolah adalah .......

A.
selalu memperhatikan petunjuk guru
B.
memahami peraturan dan tata tertib sekolah
C.
selalu mengerjakan tugas-tugas dari sekolah
D.
datang dan pulang tepat pada waktunya

Jawaban : D

40.   
Menurut UUD 1945 MPR bertugas .......

A.
mencabut mandat dan memberhentikan Presiden
B.
memilih dan mengangkat Presiden dan Wakil Presiden
C.
mengubah Undang-undang Dasar
D.
menetapkan peraturan tata tertib majelis

Jawaban : B

41.   
Dasar hukum pelaksanaan Pemilu pada tanggal 7 Juni 1999 adalah ........

A.
UU No. 1 tahun 1999
B.
UU No. 2 tahun 1999
C.
UU No. 3 tahun 1999
D.
UU No. 4 tahun 1999

Jawaban : C

42.   
Tujuan Pemilu di Indonesia adalah ........

A.
memilih seluruh anggota DPR
B.
menentukan anggota DPR dan MPR
C.
memilih wakil rakyat untuk DPR dan DPRD
D.
menentukan presiden dan wakil presiden

Jawaban : C

43.   
Pemilu di Indonesia merupakan sarana ........

A.
pemberantasan korupsi dan nepotisme
B.
pemilihan presiden yang baru
C.
penentuan wakil rakyat di MPR
D.
pelaksanaan pendidikan politik rakyat

Jawaban : D

44.   
Asas umum dalam pemilihan umum mengandung arti .......

A.
dalam memberikan suara tidak dapat diwakilkan
B.
pemilih memberikan suaranya tanpa ada paksaan
C.
WNI yang telah memenuhi syarat berhak ikut Pemilu
D.
hasil pilihan tidak diketahui oleh orang lain

Jawaban : C

45.   
Bekerja keras sangatlah bermanfaat bagi kehidupan seseorang, karena dengan kerja keras kita dapat .......

A.
menjadi orang kaya
B.
memenuhi setiap keinginan
C.
memiliki semua kebutuhan hidup
D.
meningkatkan kesejahteraan hidup

Jawaban : D

46.   
Pengertian hidup sederhana adalah hidup .......

A.
pas-pasan tanpa ada kekurangan
B.
seadanya tanpa ada usaha
C.
miskin dan serba kekurangan
D.
wajar sesuai dengan kemampuan

Jawaban : D

47.   
Contoh perilaku bergotong-royong dalam kegiatan di masyarakat adalah bekerja .......

A.
sebagai hansip yang dibayar untuk menjaga toko orang lain
B.
pada proyek padat karya dan diberi upah
C.
bersama-sama melakukan kegiatan siskamling
D.
memperbaiki atap rumah yang gentengnya bocor

Jawaban : C

48.   
Contoh perilaku yang mencerminkan pola hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari adalah .......

A.
gemar menabung di sekolah
B.
wajar dalam bertindak
C.
ke sekolah tidak berhias
D.
hemat menggunakan air dan listrik

Jawaban : D

49.   
Kita hendaknya menyadari bahwa walaupun kita kaya, sebenarnya harta kekayaan dan segala hak milik kita berfungsi sosial artinya .......

A.
sebagai orang yang mampu kita harus banyak membantu
B.
dalam harta kekayaan kita itu ada hak orang lain
C.
orang kuat ekonominya tidak boleh memeras orang miskin
D.
orang yang mampu dan tidak mampu hendaknya saling membantu

Jawaban : B

50.   
Contoh perilaku pengendalian dalam mengembangkan sikap tenggang rasa adalah .......

A.
melaksanakan ibadah bersama dengan pemeluk agama lain
B.
menolong orang lain agar mendapat pujian
C.
memberikan perlakuan yang adil terhadap sesama
D.
memberi perhatian terhadap lingkungan

Jawaban : C

51.   
Contoh perilaku pengendalian diri dalam mengembangkan sikap tidak memaksakan kehendak adalah ......

A.
menghargai pendapat orang lain yang sama dengan kita
B.
menganggap pendapatnya paling benar
C.
menghormati keputusan yang telah ditetapkan
D.
mengutamakan kebersamaan dalam kelompoknya

Jawaban : C

52.   
Dampak positif sikap pengendalian diri dalam masyarakat adalah .......

A.
tercipta keadaan aman dan tentram
B.
berkurangnya ketegangan dalam masyarakat
C.
berkurangnya keserasian dalam masyarakat
D.
masyarakat cepat menjadi maju dan berkembang

Jawaban : A

53.   
Wujud keadilan sosial sesuai GBHN tampak dalam pernyataan .......

A.
Pelaksanaan pembangunan nasional harus berlandaskan kemampuan seluruh rakyat Indonesia.
B.
Pembangunan nasional dilaksanakan secara bertahap dan menyeluruh meliputi segala aspek kehidupan di seluruh wilayah Indonesia.
C.
Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembangunan harus dapat meningkatkan kemajuan bangsa.
D.
Keberhasilan pembangunan nasional terletak pada partisipasi rakyat dan para pemimpin.

Jawaban : B

54.   
Kepedulian siswa SLTP terhadap sesama teman yang nasibnya kurang beruntung, dapat dilakukan dengan cara .......

A.
mengumpulkan uang secara rutin
B.
membantu biaya sekolahnya
C.
mengangkat menjadi teman asuh
D.
mencarikan bea siswa untuknya

Jawaban : C

55.   
Salah satu akibat jika rakyat tidak ikut serta dalam pembangunan adalah .......

A.
pembangunan tidak ada manfaatnya bagi rakyat
B.
rakyat sendiri tidak dapat menikmati pembangunan
C.
hasil pembangunan tidak akan bertahan lama
D.
pembangunan tidak akan berjalan lancar

Jawaban : D

56.   
Contoh peran serta siswa dalam pembangunan adalah .......

A.
mengerjakan tugas-tugas di rumah
B.
mempergunakan telepon umum
C.
menabung sebagian dari uang jajannya
D.
ikut membangun sarana pendidikan

Jawaban : C

57.   
Salah satu contoh peran serta siswa SLTP dalam mengisi kemerdekaan adalah .......

A.
menggalakkan gerakan menabung masyarakat
B.
aktif menjadi pengurus karang taruna
C.
aktif dalam kegiatan pengamanan kampung
D.
menjadi anggota koperasi sekolah

Jawaban : D

58.   
Sistem ekonomi yang bertentangan dengan demokrasi ekonomi berdasarkan Pancasila adalah .......

A.
sistem ekonomi yang seluruhnya dikuasai oleh negara
B.
cabang-cabang produksi yang penting dikuasai oleh negara
C.
sistem perekonomian yang berdasarkan atas asas kekeluargaan
D.
kekayaan alam dipergunakan untuk kemakmuran rakyat

Jawaban : A

59.   
Yang dimaksud dengan cabang produksi penting "dikuasai oleh negara" dalam pasal 33 ayat 2 UUD 1945 adalah wewenang negara untuk ......

A.
mengatur, merencanakan, mengawasi, dan membina
B.
merencanakan, melaksanakan, memanfaatkan, dan menguasai
C.
mengatur, melaksanakan, memanfaatkan, dan mengelola
D.
mengelola, menguasai, memanfaatkan, dan memiliki

Jawaban : A

60.   
Contoh peran serta siswa dalam kegiatan koperasi di sekolah adalah .......

A.
menghargai dan menghormati pengurus dan anggota koperasi
B.
ikut memelihara inventaris dan barang dagangan koperasi
C.
membeli barang-barang keperluan sekolah di koperasi
D.
selalu memperhatikan ketentuan yang ada di koperasi

Jawaban : C

LATIHAN 15
1.   
Contoh sikap yang dilandasi oleh ketagwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam hidup bermasyarakat adalah ........

A.
turut mempelajari ajaran agama lain
B.
bersifat terbuka pada ajaran agama lain
C.
tidak memaksakan agama pada orang lain
D.
tidak mencampuri urusan ibadah agama lain

Jawaban : D

2.   
Ketenangan dan.ketenteraman hidup beragama dalam masyarakat akan tercipta, bila ......

A.
kehidupan masyarakatnya dilandasi oleh iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
B.
setiap umat beragama dapat mempertahankan, kemurnian ajaran agamanya masing-masing
C.
masing-masing umat beragama dapat mengembangkan ajaran agamanya kepada orang lain
D.
setiap umat beragama dapat melaksanakan ibadah sesuai ajaran agamanya secara bersama sama

Jawaban : A

3.   
Kita merasa bangga sebagai bangsa Indonesia, karena ........

A.
memiliki negara yang merdeka
B.
memiliki pahlawan yang berjasa
C.
memiliki beraneka ragam adat istiadat
D.
mempunyai hak menentukan keinginan sendiri

Jawaban : A

4.   
Wujud bela negara yang dapat dilakukan seorang pelajar di sekolah adalah ........

A.
mengerjakan tugas piket kebersihan kelas
B.
mengerjakan setiap pekerjaan rumah
C.
membuang sampah pada tempatnya
D.
mengikuti pelajaran yang menyenangkan

Jawaban : A

5.   
Pergaulan antarpelajar di sekolah yang menunjukkan sikap nasionalisme adalah ........

A.
saling membantu dalam mengatasi berbagai masalah
B.
membina persahabatan dalam suka maupun duka
C.
saling memberi dan menerima sekalipun yang sangat berharga
D.
memberi pertolongan kepada teman yang disenangi

Jawaban : B

6.   
Upaya menjaga ketertiban, dalam kehidupan bermasyarakat merupakan tanggung jawab........

A.
TNI dan Polri
B.
pemerintah daerah
C.
seluruh rakyat Indonesia
D.
seluruh penduduk setempat

Jawaban : D

7.   
Akibat yang mungkin terjadi bila seseorang tidak suka bekerja keras adalah ........

A.
berbagai penderitaan hidup pasti akan menimpa diri.
B.
kecil kemungkinannya untuk dapat meraih sukses
C.
hidupnya akan sangat tergantung pada lingkungannya
D.
hilang kesempatannya untuk berkompetisi dalam hidupnya

Jawaban : B

8.   
Contoh sikap hidup sederhana seorang pelajar di sekolah adalah ........

A.
memanfaatkan setiap waktu luangnya
B.
mentaati seluruh peraturan yang berlaku
C.
memberi peralatan sekolah di koperasi
D.
mengenakan pakaian seragam ke sekolah

Jawaban : D

9.   
Contoh perwujudan tenggang rasa dalam kehidupan masyarakat adalah ........

A.
selalu mendahulukan kepentingan orang lain
B.
memperhatikan penderitaan orang lain
C.
tolong menolong dengan orang lain
D.
selalu menjaga perasaan orang lain

Jawaban : D

10.   
Memisahkan diri dari kehidupan sosial karena kita merasa serba mampu, dan.hidup serba kecukupan, merupakan salah satu sikap yang harus kita hindari dalam ........

A.
kehidupan bermasyarakat dan beragama
B.
kehidupan berbangsa dan bernegara
C.
lingkungan bermasyarakat dalam negara
D.
hubungan pergaulan antarbangsa

Jawaban : C

11.   
Salah satu contoh sifat gotong royong di lingkungan lembaga perwakilan rakyat adalah......

A.
timbulnya pembagian hak dan kewajiban
B.
terselenggaranya musyawarah menetapkan APBN
C.
terciptanya suasana kehidupan yang demokratis
D.
timbulnya perwakilan dari.tiap-tiap fraksi

Jawaban : B

12.   
Agar semangat gotong royong dalam masyarakat perkotaan tidak luntur, perlu diupayakan untuk ........

A.
mengadakan siskamling secara rutin
B.
mengembangkan budaya ketimuran
C.
mempelajari kesenian daerah
D.
mendirikan posyandu

Jawaban : A

13.   
Akibat krisis ekonomi yang berkepanjangan, pabrik sepatu terpaksa mengurangi sebagian tenaga kerjanya dengan tujuan ........

A.
memenuhi hak-hak tenaga kerjanya dengan baik
B.
dapat memenuhi hak-hak tenaga kerja dengan merata
C.
meringankan pemerintah mengatasi tenaga kerja
D.
memupuk kelangsungan hidup pabrik tersebut

Jawaban : D

14.   
Manfaat yang diperoleh apabila semua warga negara menghormati orang lain adalah........

A.
mudah mendapatkan bantuan dari tetangga
B.
tercipta persatuan dan keakraban antarwarga
C.
tercipta.suasana aman dengan saling membantu
D.
timbulnya hubungan yang membahagiakan keluarga

Jawaban : C

15.   
Di.bawah ini adalah alasan kita harus saling menghormati dengan bangsa lain, kecuali .......

A.
mengetahui kekayaan alam yang dimiliki negara lain
B.
terciptanya perdamaian antara bangsa bangsa di dunia
C.
terjalinnya kerja sama yang saling menguntungkan
D.
membuktikan adanya harkat, martabat, dan derajat yang sama

Jawaban : A

16.   
Manakah yang merupakan wujud sikap cinta persatuan dan kesatuan ?

A.
Selalu bertindak sesuai dengan keinginannya sendiri.
B.
Menghindarkan bergaul agar tidak timbul salah paham.
C.
Menghindari perkelahian individu/antar kelompok.
D.
Menyelesaikan setiap permasalahan dengan cepat.

Jawaban : C

17.   
Contoh perwujudan cinta tanah air di sekolah adalah ........

A.
mengikuti pelajaran dengan tenang dan tertib
B.
datang dan pulang sekolah selalu tepat waktu
C.
mengikuti upacara bendera setiap hari Senin
D.
menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru

Jawaban : C

18.   
Makna yang diperoleh dari pengertian rela berkorban dalam kehidupan bermasyarakat adalah ........

A.
tercapainya keseimbangan antara hak dan kewajiban
B.
adanya kesetiakawanan dan solidaritas antarwarga
C.
timbulnya rasa persaudaraan dan kekeluargaan
D.
dapat menerima prestasi yang dicapai warga

Jawaban : B

19.   
Kebebasan beribadah dan memeluk agama merupakan hak yang paling asasi. Karena itu, umat beragama berkewajiban ........

A.
saling menghormati satu sama lain
B.
memeluk salah satu agama!
C.
melaksanakan segala perintahNya
D.
bersyukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Jawaban : A

20.   
Contoh perilaku yang mencerminkan kesadaran berbangsa dan bernegara adalah ........

A.
memakai barang-barang buatan dalam negeri
B.
mengakui kualitas barang-barang buatan dalam negeri
C.
memanfaatkan barang-barang buatan luar negeri
D.
menghormati barang-barang buatan dalam negeri

Jawaban : A

21.   
Alasan seseorang memiliki sikap hidup sederhana, agar dapat ........

A.
menyesuaikan dengan keadaan sekitarnya
B.
menuruti keinginan pribadi sendiri
C.
menikmati hidup nyaman sampai tua
D.
menyesuaikan dengan kemampuan hidupnya

Jawaban : D

22.   
Akibat yang timbul apabila tidak memiliki sikap kerja sama antarumat beragama adalah.....

A.
reformasi kehidupan beragama tidak terlaksana
B.
terjadi perpecahan dan pertentangan umat beragama
C.
lunturnya persatuan antar sesama anak bangsa
D.
terjadi kehidupan beragama yang tidak seimbang

Jawaban : B

23.   
Contoh kerjasama dalam hidup bertetangga adalah ........

A.
menciptakan kerukunan umat beragama
B.
menghormati orang lain yang terdekat
C.
memperhatikan kelebihan orang lain
D.
menghargai pendapat orang lain yang menguntungkan

Jawaban : B

24.   
Salah satu contoh kerjasama antarumat beragama di masyarakat adalah ........

A.
membersihkan tempat ibadah
B.
memperingati hari besar agama
C.
melaksanakan ibadah bersama
D.
menyantuni anak yatim piatu

Jawaban : D

25.   
Salah satu usaha untuk memupuk kesetiaan pada bangsa dan negara adalah ........

A.
meningkatkan pengabdian tanpa pamrih
B.
membayar pajak secara rutin dan tepat waktu
C.
mentaati dan mematuhi peraturan
D.
berusaha menjadi pegawai pemerintah

Jawaban : B

26.   
Salah satu contoh yang mencerminkan kebersihan dan kerapian adalah ........

A.
memelihara kebun sekolah
B.
menggunakan minyak wangi
C.
mengenakan seragam setiap hari
D.
berpakaian secara sederhana

Jawaban : A

27.   
Manfaat yang dirasakan apabila selalu berusaha menjaga harga diri dalam pergaulan, diantaranya adalah ........

A.
orang akan menghargai kita sekalipun bersalah
B.
terhindar dari penilaian jelek orang lain
C.
setiap perkataan akan dipercaya orang lain
D.
kita dihargai sebagaimana mestinya

Jawaban : D

28.   
Sikap rela berkorban dalam pelaksanaan pembangunan adalah ........

A.
meringankan biaya pembangunan
B.
meningkatkan mutu pembangunan
C.
mempercepat hasil pembangunan
D.
membantu pelaksanaan pembangunan

Jawaban : D

29.   
Contoh sikap rela berkorban dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga adalah........

A.
mengecilkan bunyi televisi karena ada yang sakit
B.
membersihkan pekarangan rumah dengan ikhlas
C.
memberi uang jajan kepada anak dengan ikhlas
D.
memberikan sebagian uang jajan kepada pengemis

Jawaban : B

30.   
Sikap rela berkorban warga negara untuk kepentingan bangsa dan negara terdorong oleh keinginan untuk ........

A.
memperkuat persatuan dan kesatuan
B.
mempertahankan kedaulatan bangsa
C.
meningkatkan perekonomian negara
D.
menjaga pertahanan dan keamanan negara

Jawaban : C

31.   
Alasan pentingnya sikap disiplin dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari, agar ........

A.
tidak ada masalah yang dihadapi dalam kehidupan
B.
tercipta suasana kehidupan yang teratur dan tertib
C.
hidup tenang dalam menghadapi berbagai masalah
D.
hidup dihargai sebagai orang yang memiliki disiplin

Jawaban : B

32.   
Pentingnya sikap disiplin dalam kehidupan sehari hari di lingkungan sekolah agar ........

A.
semua kepentingan siswa terjamin
B.
tidak terganggu kegiatan belajar mengajar
C.
sekolah menjadi pusat kegiatan belajar
D.
tidak ada permasalahan yang berarti

Jawaban : B

33.   
Bila di sekolah tidak terwujud kedisiplinan, maka ........

A.
kegiatan belajar mengajar terganggu
B.
menimbulkan kegelisahan orang tua
C.
prestasi siswa Akan menurun
D.
sering terjadi perkelahian pelajar

Jawaban : D

34.   
Dalam kehidupan bersama kita harus mengendalikan diri.
Hal ini sangat penting untuk ........

A.
menjaga keharmonisan hubungan
B.
mempererat hubungan pergaulan
C.
meningkatkan kewibawaan
D.
meningkatkan rasa percaya diri

Jawaban : A

35.   
Contoh pengendalian diri dalam pergaulan di sekolah adalah ........

A.
membicarakan.kesalahan teman
B.
menegur teman yang bersalah
C.
mendiamkan kesalahan teman
D.
berbicara dengan teman seperlunya

Jawaban : B

36.   
Manfaat pengendalian diri dalam pergaulan di sekolah ialah ........

A.
meningkatkan semangat belajar
B.
menghindari terjadi perkelahian
C.
memajukan prestasi sekolah
D.
memperkuat persatuan kesatuan

Jawaban : B

37.   
Contoh perbuatan yang sesuai dengan norma hukum yang berlaku adalah ........

A.
membunyikan bel di depan rumah sakit
B.
selalu mendahului kendaraan yang lain
C.
berjalan di atas trotoar bagi pejalan kaki
D.
memberhentikan kendaraan di atas jembatan

Jawaban : C

38.   
Tujuan ditegakkannya hukum bagi warga negara adalah ........

A.
terhindar dari perbuatan sewenang-wenang
B.
terwujud keamanan dan ketertiban
C.
melaksanakan kehidupan bermasyarakat
D.
ikut berpartisipasi dalam pembangunan

Jawaban : B

39.   
Akibat yang dapat timbul jika tidak mematuhi peraturan yang berlaku adalah ........

A.
warga masyarakat hidup dalam ketakutan
B.
anarki dan ketidaktentraman hidup
C.
meresahkan warga dalam hidup sehari hari
D.
ketidakseimbangan lahiriah dan batiniah

Jawaban : C

40.   
Contoh perbuatan mana yang menggambarkan keadilan?

A.
Seorang direktur memberi tugas bawahan sesuai pengalamannya.
B.
Seorang pemimpin organisasi memberi kebebasan pada anggotanya.
C.
Seorang pengusaha memberi upah karyawan sesuai pengabdiannya.
D.
Seorang artis bergaul dengan memandang status sosial seseorang.

Jawaban : C

41.   
Akibat perbuatan tidak adil dalam masyarakat ialah ........

A.
akan selalu merugikan yang lemah dan yang miskin
B.
selalu menguntungkan orang yang mampu dan kuat
C.
pembangunan tersendat dan stabilitas nasional terganggu
D.
ada upaya menghindari ketidakadilan demi masyarakat

Jawaban : C

42.   
Manfaat yang dirasakan dalam memelihara kerukunan hidup antarumat beragama di lingkungan sekolah adalah ........

A.
menciptakan suasana tenang dalam belajar
B.
mengerjakan soal ulangan secara bersama
C.
menambah pengalaman dalam pergaulan
D.
disegani teman dan guru yang mengajar

Jawaban : A

43.   
Apabila kerukunan hidup antarumat beragama dapat terwujud dengan baik, maka akan........

A.
tercipta suasana khusuk dalam beribadah
B.
mempererat persahabatan antarwarga
C.
terjamin keamanan di lingkungan sekitar
D.
menyadarkan warga akan hak dan kewajibannya

Jawaban : C

44.   
Pemerintah berhak mengatur segala kepentingan rakyat melalui berbagai lembaga negara dan perangkat lainnya. Hal ini sesuai dengan pengertian ........

A.
kedaulatan Tuhan
B.
kedaulatan ke luar
C.
kedaulatan ke dalam
D.
kedaulatan rakyat

Jawaban : C

45.   
Kedaulatan yang dianut negara Republik Indonesia adalah ........

A.
kedaulatan negara
B.
kedaulatan hukum
C.
kedaulatan tertinggi
D.
kedaulatan rakyat

Jawaban : D

46.   
Salah satu sistem pemerintahan negara Republik Indonesia menurut UUD 1945 adalah........

A.
Indonesia negara kesatuan yang berbentuk republik
B.
Indonesia merupakan negara yang memiliki norma
C.
rakyat merupakan sumber aspirasi kedaulatan
D.
kekuasaan kepala negara tidak tak terbatas

Jawaban : D

47.   
Alasan MPR perlu mengadakan sidang istimewa, apabila presiden ........

A.
tidak mampu menyelesaikan masalah
B.
mengundurkan diri dari jabatan
C.
melanggar haluan negara
D.
cacat berhalangan tetap

Jawaban : C

48.   
Perhatikan pernyataan di bawah ini !
I.    1. Mengembangkan bakat.
      2. Melatih jiwa kepemimpinan.
II.  1. Melatih mengambil keputusan.
      2. Melatih diri bermusyawarah.
III. 1. Belajar bertanggungjawab.
      2. Belajar menyalurkan aspirasi.
IV. 1. Menunjukkan kemampuannya pada orang lain.
      2. Kesempatan memperoleh penghargaan.

Pernyataan di atas. yang tidak termasuk pentingnya berorganisasi adalah ........

A.
IV
B.
III
C.
II
D.
I

Jawaban : A

49.   
Lembaga penyalur aspirasi masyarakat dalam organisasi sosial yang bertujuan untuk menyatukan misi pendidikan adalah ........

A.
GNOTA
B.
MKKS
C.
PGRI
D.
OSIS

Jawaban : C

50.   
Kedudukan para menteri dalam kabinet presidensial adalah ........

A.
sebagai petinggi negara yang melaksanakan pemerintahan
B.
kepala departemen yang bertanggung jawab di departemen
C.
pembantu presiden dan bertanggung jawab kepada presiden
D.
anggota kabinet Persatuan Nasional yang diangkat oleh presiden

Jawaban : C

51.   
Kedudukan MPR menurut UUD 1945 adalah ........

A.
mengangkat presiden dan wakil presiden
B.
penyelenggara kekuasaan negara yang tertinggi
C.
pemegang kedaulatan yang tertinggi dalam negara
D.
kekuasaannya tidak tak terbatas

Jawaban : C

52.   
Contoh hak DPR untuk minta keterangan kepada Presiden sehubungan dengan tindakan Pemerintah dalam pelaksanaan undang-undang ialah....

A.
hak petisi
B.
hak angket
C.
hak bertanya
D.
hak interpelasi

Jawaban : D

53.   
Kemampuan dan kesediaan menjadi pelaku pembangunan untuk mengantarkan keberhasilan yang sesuai dengan tujuan, adalah pengertian ........

A.
kesetiaan
B.
ketaatan
C.
kesanggupan
D.
kepatuhan

Jawaban : C

54.   
Partisipasi siswa dalam pembangunan nasional dapat diwujudkan dengan ........

A.
membantu teman yang kesulitan belajar
B.
membuat perencanaan kegiatan belajar
C.
mengerjakan PR dari guru dengan baik
D.
menciptakan suasana yang tertib dan aman

Jawaban : C

55.   
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. warga negara Republik Indonesia.
2. berumur 17 tahun atau sudah kawin.
3. memiliki tempat tinggal tetap.
4. diajukan oleh parpol peserta pemilu.
5. sudah terdaftar dalam daftar pemilih.
Yang merupakan persyaratan untuk memilih dalam pemilu adalah ........

A.
1, 2, dan 3
B.
1, 2, dan 5
C.
2, 3, dan 4
D.
2, 4, dan 5

Jawaban : B

56.   
Pemilihan umum tahun 1999 adalah pemilihan anggota DPR/MPR yang merupakan realisasi kedaulatan rakyat. Asas-asas pemilihan umum tersebut adalah ........

A.
langsung; umum, bebas, dan rahasia
B.
umum, langsung, bebas, rahasia, dan adil
C.
langsung, umum, bebas, jujur, dan rahasia
D.
langsung, umum, bebas. rahasia, jujur, dan adil

Jawaban : D

57.   
Contoh perwujudan demokrasi dalam kegiatan sehari hari ialah ........

A.
rembug desa atau rapat RT untuk mencapai tujuan bersama
B.
kebebasan menggunakan barang-barang produk dalam negeri
C.
kebebasan bersaing untuk memperoleh prestasi belajar
D.
bebas mengadakan hubungan kerjasama dengan tetangga

Jawaban : A

58.   
Asas yang dipakai koperasi di Indonesia adalah ........

A.
merupakan usaha bersama para anggota dan hasilnya dinikmati bersama
B.
memberikan kebebasan kepada anggota untuk menentukan besarnya hasil
C.
menyertakan hak istimewa kepada anggota berdasarkan hasil yang dicapai
D.
memberikan hak istimewa kepada pengurus tanpa membedakan jasa

Jawaban : A

59.   
Perwujudan sikap warga negara Indonesia yang diharapkan dapat memajukan koperasi adalah ........

A.
berupaya ikut memilih lembaga koperasi
B.
mengikutsertakan koperasi dalam pameran
C.
menjual barang-barang koperasi untuk umum
D.
membeli kebutuhan sehari-hari di koperasi

Jawaban : D

60.   
Hal yang harus dihindari dalam pengembangan demokrasi ekonomi Indonesia adalah ......

A.
sistem monopoli bagi suatu perusahaan
B.
sistem perdagangan yang bebas terpadu
C.
sistem bagi hasil dalam perdagangan
D.
sistem usaha bersama dalam setiap perdagangan

Jawaban : A