1.
|
Norma yang mengatur
masalah ketaatan dan kepatuhan bangsa Indonesia dalam beribadah adalah
.......
|
||||||||||
|
|||||||||||
Jawaban : A
|
2.
|
Contoh perilaku
berbuat kebajikan dalam kehidupan di lingkungan sekitar adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
3.
|
Cara mensyukuri nikmat
kepada Tuhan berupa kemerdekaan RI adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
4.
|
Salah satu wujud sikap
mensyukuri anugerah Tuhan Yang Maha Esa adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
5.
|
Hikmah utama yang
terkandung dalam peringatan hari besar keagamaan bagi umatnya adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
6.
|
Akibat yang dapat
ditimbulkan dari perpecahan antar umat beragama dalam kehidupan bermasyarakat
adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : B
|
7.
|
Makna Bhinneka Tunggal
Ika adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
8.
|
Contoh perbuatan
tenggang rasa dalam kehidupan bermasyarakat adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
9.
|
Ciri-ciri orang yang
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
10.
|
Jaminan warga negara
dalam melaksanakan ibadah dan memeluk agama sesuai dengan keyakinan dan
kepercayaannya tercantum dalam UUD 1945 pada .......
|
||||||||||
|
|||||||||||
Jawaban : D
|
11.
|
Contoh perilaku yang
tidak menghormati orang lain dalam melaksanakan ibadah adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
12.
|
Contoh kerjasama antar
umat beragama dalam bidang sosial kemasyarakatan adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : B
|
13.
|
Pentingnya kerjasama
antarumat beragama di Indonesia untuk .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
14.
|
Salah satu contoh
sikap mencintai kebersihan di lingkungan masyarakat adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
15.
|
Salah satu contoh hak
asasi manusia yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 alinea pertama adalah
.......
|
||||||||||
|
|||||||||||
Jawaban : D
|
16.
|
Pasal 28 dalam UUD
1945 mengatur .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
17.
|
Salah satu contoh
sikap menghormati orang lain dalam masyarakat adalah tidak .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
18.
|
Contoh perbuatan yang
bermanfaat bagi diri sendiri adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
19.
|
Kesadaran bermasyarakat
dalam kehidupan sehari-hari bagi setiap insan sosial sangat penting sebab
.......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : B
|
20.
|
Perilaku warga yang
belum melaksanakan kesadaran hukum adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
21.
|
Hak dan kewajiban
warga negara di dalam hukum dan pemerintahan diatur dalam UUD 1945 pada
.......
|
||||||||||
|
|||||||||||
Jawaban : A
|
22.
|
Salah satu contoh
perilaku kepedulian terhadap lingkungan adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : B
|
23.
|
Kita harus
mendahulukan kewajiban daripada hak karena .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
24.
|
Makna kepedulian
terhadap hak dan kewajiban selaku warga negara adalah seseorang warga negara
harus ......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
25.
|
Sikap siswa yang
mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan sekolah adalah.......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
26.
|
Menjalin persamaan dan
kesatuan bangsa dalam kehidupan bermasyarakat berguna untuk menghindari
.......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
27.
|
Manakah contoh
perilaku cinta tanah air ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : B
|
28.
|
Wujud tanggung jawab
sosial dari setiap warga dalam masyarakat adalah ........
|
||||||||||
|
|||||||||||
Jawaban : D
|
29.
|
Salah satu ciri umum
yang ada pada budaya daerah adalah .......
|
||||||||||
|
|||||||||||
Jawaban : C
|
30.
|
Manfaat diadakan
pembinaan dan pelestarian budaya daerah dan nasional agar ......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
31.
|
Pengertian kedaulatan
adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
32.
|
Prinsip dasar bangsa
Indonesia sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat dituangkan dalam .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
33.
|
Membina kehidupan yang
demokratis berguna untuk mengikutsertakan .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
34.
|
Contoh sikap rela
berkorban yang dapat dilakukan siswa di sekolah adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
35.
|
Salah satu alasan yang
dapat mendorong warga negara untuk rela berkorban demi kepentingan bangsa dan
negara dalam era pembangunan adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
36.
|
Ikhlas berkorban demi
kepentingan bangsa dapat dibina dengan berbagai cara, antara lain mendorong
siswa .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
37.
|
Prasyarat utama bagi
terciptanya ketahanan nasional adalah ........
|
||||||||||
|
|||||||||||
Jawaban : B
|
38.
|
Kedisiplinan nasional
dapat diwujudkan terutama dengan ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
39.
|
Salah satu contoh
perilaku dalam lingkungan sekolah adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
40.
|
Menurut UUD 1945 MPR
bertugas .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : B
|
41.
|
Dasar hukum
pelaksanaan Pemilu pada tanggal 7 Juni 1999 adalah ........
|
||||||||||
|
|||||||||||
Jawaban : C
|
42.
|
Tujuan Pemilu di Indonesia
adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
43.
|
Pemilu di Indonesia
merupakan sarana ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
44.
|
Asas umum dalam
pemilihan umum mengandung arti .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
45.
|
Bekerja keras
sangatlah bermanfaat bagi kehidupan seseorang, karena dengan kerja keras kita
dapat .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
46.
|
Pengertian hidup
sederhana adalah hidup .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
47.
|
Contoh perilaku
bergotong-royong dalam kegiatan di masyarakat adalah bekerja .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
48.
|
Contoh perilaku yang
mencerminkan pola hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
49.
|
Kita hendaknya
menyadari bahwa walaupun kita kaya, sebenarnya harta kekayaan dan segala hak
milik kita berfungsi sosial artinya .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : B
|
50.
|
Contoh perilaku
pengendalian dalam mengembangkan sikap tenggang rasa adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
51.
|
Contoh perilaku
pengendalian diri dalam mengembangkan sikap tidak memaksakan kehendak adalah
......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
52.
|
Dampak positif sikap
pengendalian diri dalam masyarakat adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
53.
|
Wujud keadilan sosial
sesuai GBHN tampak dalam pernyataan .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : B
|
54.
|
Kepedulian siswa SLTP
terhadap sesama teman yang nasibnya kurang beruntung, dapat dilakukan dengan
cara .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
55.
|
Salah satu akibat jika
rakyat tidak ikut serta dalam pembangunan adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
56.
|
Contoh peran serta
siswa dalam pembangunan adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
57.
|
Salah satu contoh
peran serta siswa SLTP dalam mengisi kemerdekaan adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
58.
|
Sistem ekonomi yang
bertentangan dengan demokrasi ekonomi berdasarkan Pancasila adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
59.
|
Yang dimaksud dengan
cabang produksi penting "dikuasai oleh negara" dalam pasal 33 ayat
2 UUD 1945 adalah wewenang negara untuk ......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
60.
|
Contoh peran serta
siswa dalam kegiatan koperasi di sekolah adalah .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
LATIHAN 15
1.
|
Contoh sikap yang
dilandasi oleh ketagwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam hidup
bermasyarakat adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
2.
|
Ketenangan
dan.ketenteraman hidup beragama dalam masyarakat akan tercipta, bila ......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
3.
|
Kita merasa bangga
sebagai bangsa Indonesia, karena ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
4.
|
Wujud bela negara yang
dapat dilakukan seorang pelajar di sekolah adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
5.
|
Pergaulan antarpelajar
di sekolah yang menunjukkan sikap nasionalisme adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : B
|
6.
|
Upaya menjaga
ketertiban, dalam kehidupan bermasyarakat merupakan tanggung jawab........
|
||||||||||
|
|||||||||||
Jawaban : D
|
7.
|
Akibat yang mungkin
terjadi bila seseorang tidak suka bekerja keras adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : B
|
8.
|
Contoh sikap hidup
sederhana seorang pelajar di sekolah adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
9.
|
Contoh perwujudan
tenggang rasa dalam kehidupan masyarakat adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
10.
|
Memisahkan diri dari
kehidupan sosial karena kita merasa serba mampu, dan.hidup serba kecukupan,
merupakan salah satu sikap yang harus kita hindari dalam ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
11.
|
Salah satu contoh
sifat gotong royong di lingkungan lembaga perwakilan rakyat adalah......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : B
|
12.
|
Agar semangat gotong
royong dalam masyarakat perkotaan tidak luntur, perlu diupayakan untuk
........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
13.
|
Akibat krisis ekonomi
yang berkepanjangan, pabrik sepatu terpaksa mengurangi sebagian tenaga
kerjanya dengan tujuan ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
14.
|
Manfaat yang diperoleh
apabila semua warga negara menghormati orang lain adalah........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
15.
|
Di.bawah ini adalah
alasan kita harus saling menghormati dengan bangsa lain, kecuali .......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
16.
|
Manakah yang merupakan
wujud sikap cinta persatuan dan kesatuan ?
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
17.
|
Contoh perwujudan
cinta tanah air di sekolah adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
18.
|
Makna yang diperoleh
dari pengertian rela berkorban dalam kehidupan bermasyarakat adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : B
|
19.
|
Kebebasan beribadah
dan memeluk agama merupakan hak yang paling asasi. Karena itu, umat beragama
berkewajiban ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
20.
|
Contoh perilaku yang
mencerminkan kesadaran berbangsa dan bernegara adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
21.
|
Alasan seseorang
memiliki sikap hidup sederhana, agar dapat ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
22.
|
Akibat yang timbul
apabila tidak memiliki sikap kerja sama antarumat beragama adalah.....
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : B
|
23.
|
Contoh kerjasama dalam
hidup bertetangga adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : B
|
24.
|
Salah satu contoh
kerjasama antarumat beragama di masyarakat adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
25.
|
Salah satu usaha untuk
memupuk kesetiaan pada bangsa dan negara adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : B
|
26.
|
Salah satu contoh yang
mencerminkan kebersihan dan kerapian adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
27.
|
Manfaat yang dirasakan
apabila selalu berusaha menjaga harga diri dalam pergaulan, diantaranya
adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
28.
|
Sikap rela berkorban
dalam pelaksanaan pembangunan adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
29.
|
Contoh sikap rela
berkorban dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga adalah........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : B
|
30.
|
Sikap rela berkorban
warga negara untuk kepentingan bangsa dan negara terdorong oleh keinginan
untuk ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
31.
|
Alasan pentingnya
sikap disiplin dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari, agar ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : B
|
32.
|
Pentingnya sikap
disiplin dalam kehidupan sehari hari di lingkungan sekolah agar ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : B
|
33.
|
Bila di sekolah tidak
terwujud kedisiplinan, maka ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
34.
|
Dalam kehidupan
bersama kita harus mengendalikan diri.
Hal ini sangat penting untuk ........ |
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
35.
|
Contoh pengendalian
diri dalam pergaulan di sekolah adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : B
|
36.
|
Manfaat pengendalian
diri dalam pergaulan di sekolah ialah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : B
|
37.
|
Contoh perbuatan yang
sesuai dengan norma hukum yang berlaku adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
38.
|
Tujuan ditegakkannya
hukum bagi warga negara adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : B
|
39.
|
Akibat yang dapat
timbul jika tidak mematuhi peraturan yang berlaku adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
40.
|
Contoh perbuatan mana
yang menggambarkan keadilan?
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
41.
|
Akibat perbuatan tidak
adil dalam masyarakat ialah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
42.
|
Manfaat yang dirasakan
dalam memelihara kerukunan hidup antarumat beragama di lingkungan sekolah
adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
43.
|
Apabila kerukunan
hidup antarumat beragama dapat terwujud dengan baik, maka akan........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
44.
|
Pemerintah berhak
mengatur segala kepentingan rakyat melalui berbagai lembaga negara dan
perangkat lainnya. Hal ini sesuai dengan pengertian ........
|
||||||||||
|
|||||||||||
Jawaban : C
|
45.
|
Kedaulatan yang dianut
negara Republik Indonesia adalah ........
|
||||||||||
|
|||||||||||
Jawaban : D
|
46.
|
Salah satu sistem
pemerintahan negara Republik Indonesia menurut UUD 1945 adalah........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
47.
|
Alasan MPR perlu
mengadakan sidang istimewa, apabila presiden ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
48.
|
Perhatikan pernyataan
di bawah ini !
I. 1. Mengembangkan bakat. 2. Melatih jiwa kepemimpinan. II. 1. Melatih mengambil keputusan. 2. Melatih diri bermusyawarah. III. 1. Belajar bertanggungjawab. 2. Belajar menyalurkan aspirasi. IV. 1. Menunjukkan kemampuannya pada orang lain. 2. Kesempatan memperoleh penghargaan. Pernyataan di atas. yang tidak termasuk pentingnya berorganisasi adalah ........ |
||||||||||
|
|||||||||||
Jawaban : A
|
49.
|
Lembaga penyalur
aspirasi masyarakat dalam organisasi sosial yang bertujuan untuk menyatukan
misi pendidikan adalah ........
|
||||||||||
|
|||||||||||
Jawaban : C
|
50.
|
Kedudukan para menteri
dalam kabinet presidensial adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
51.
|
Kedudukan MPR menurut
UUD 1945 adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
52.
|
Contoh hak DPR untuk
minta keterangan kepada Presiden sehubungan dengan tindakan Pemerintah dalam
pelaksanaan undang-undang ialah....
|
||||||||||
|
|||||||||||
Jawaban : D
|
53.
|
Kemampuan dan
kesediaan menjadi pelaku pembangunan untuk mengantarkan keberhasilan yang
sesuai dengan tujuan, adalah pengertian ........
|
||||||||||
|
|||||||||||
Jawaban : C
|
54.
|
Partisipasi siswa
dalam pembangunan nasional dapat diwujudkan dengan ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : C
|
55.
|
Perhatikan pernyataan
di bawah ini!
1. warga negara Republik Indonesia. 2. berumur 17 tahun atau sudah kawin. 3. memiliki tempat tinggal tetap. 4. diajukan oleh parpol peserta pemilu. 5. sudah terdaftar dalam daftar pemilih. Yang merupakan persyaratan untuk memilih dalam pemilu adalah ........ |
||||||||||
|
|||||||||||
Jawaban : B
|
56.
|
Pemilihan umum tahun
1999 adalah pemilihan anggota DPR/MPR yang merupakan realisasi kedaulatan
rakyat. Asas-asas pemilihan umum tersebut adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
57.
|
Contoh perwujudan
demokrasi dalam kegiatan sehari hari ialah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
58.
|
Asas yang dipakai
koperasi di Indonesia adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|
59.
|
Perwujudan sikap warga
negara Indonesia yang diharapkan dapat memajukan koperasi adalah ........
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : D
|
60.
|
Hal yang harus
dihindari dalam pengembangan demokrasi ekonomi Indonesia adalah ......
|
||||||||
|
|||||||||
Jawaban : A
|