1.
Seni rupa,
mencakup keterampilan tangan dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan,
patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya
2.
Seni
musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik,
apresiasi karya musik
3.
Seni tari,
mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan
bunyi, apresiasi terhadap gerak tari
4. Seni teater, mencakup keterampilan olah tubuh,
olah pikir, dan olah suara yang pementasannya memadukan unsur seni musik, seni tari dan seni
peran.
Di antara keempat bidang seni yang ditawarkan,
minimal diajarkan satu bidang seni sesuai dengan kemampuan sumberdaya manusia
serta fasilitas yang tersedia. Pada sekolah yang mampu menyelenggarakan
pembelajaran lebih dari satu bidang seni, peserta didik diberi kesempatan untuk
memilih bidang seni yang akan diikutinya.
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Seni Rupa
|
|
1.
Mengapresiasi
karya seni rupa
|
1.1
Mengidentifikasi
keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan
1.2 Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan
di wilayah Nusantara
|
2.
Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni
rupa
|
2.1
Mendiskusikan karya seni rupa terapan yang
memanfaatkan berbagai teknik dan corak
2.2
Melaporkan pengamatan terhadap karya seni rupa
terapan yang memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara
|
Seni Musik
|
|
1. Mengapresiasi karya seni musik
|
1.1 Mengidentifikasi
fungsi dan latar belakang musik
1.2 Menunjukkan
nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui
pertunjukan musik
|
2.
Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni
musik
|
2.1
Memainkan
music
2.2
Mendiskusikan persiapan pertunjukan musik yang
diselenggarakan di sekolah
2.3
Mendiskusikan
suatu pertunjukan musik
|
Seni Tari
|
|
1. Mengapresiasi karya seni tari
|
1.1
Mengidentifikasi
jenis, peran, dan perkembangan tari
1.2
Mengidentifikasi
keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni tari di wilayah Nusantara
|
2. Mengekspresikan
diri berkaitan dengan karya seni tari
|
2.1
Mengidentifikasi
gagasan untuk disusun ke dalam tari kreasi dalam bentuk tari tunggal atau
berpasangan/kelompok
2.2
Mendiskusikan tari kreasi yang berbentuk tari tunggal atau
berpasangan/kelompok
|
Teater
|
|
1. Mengapresiasi karya seni teater
|
1.1
Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap unsur estetis pertunjukan teater
1.2
Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) pertunjukan teater
|
2. Mengekspresikan diri berkaitan dengan seni teater
|
2.1
Merancang
persiapan pergelaran teater
2.2
Menerapkan
prinsip kerja sama dalam berteater
|