SKKD seni budaya smk




 Mata pelajaran Seni Budaya meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.      Seni rupa, mencakup keterampilan tangan dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya
2.      Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik
3.      Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari
4.      Seni teater, mencakup keterampilan olah tubuh, olah pikir, dan olah suara yang pementasannya memadukan unsur seni musik, seni tari dan seni peran.
Di antara keempat bidang seni yang ditawarkan, minimal diajarkan satu bidang seni sesuai dengan kemampuan sumberdaya manusia serta fasilitas yang tersedia. Pada sekolah yang mampu menyelenggarakan pembelajaran lebih dari satu bidang seni, peserta didik diberi kesempatan untuk memilih bidang seni yang akan diikutinya.

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Seni Rupa

1.      Mengapresiasi karya seni rupa
1.1     Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan
1.2     Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara
2.      Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni rupa
2.1     Mendiskusikan karya seni rupa terapan yang memanfaatkan berbagai teknik dan corak
2.2     Melaporkan pengamatan terhadap karya seni rupa terapan yang memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara
Seni Musik

1.      Mengapresiasi karya seni musik
1.1     Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik
1.2     Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik
2.      Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni musik
2.1     Memainkan music
2.2     Mendiskusikan persiapan pertunjukan musik yang diselenggarakan di sekolah
2.3     Mendiskusikan suatu pertunjukan musik
Seni Tari

1.      Mengapresiasi karya seni tari
1.1   Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari
1.2   Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni tari di wilayah Nusantara
2.      Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni tari
2.1   Mengidentifikasi gagasan untuk disusun ke dalam tari kreasi dalam bentuk tari tunggal atau berpasangan/kelompok
2.2   Mendiskusikan tari  kreasi yang berbentuk tari tunggal atau berpasangan/kelompok
Teater

1.      Mengapresiasi karya seni teater
1.1   Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis pertunjukan teater
1.2   Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) pertunjukan teater
2.      Mengekspresikan diri berkaitan dengan seni teater
2.1   Merancang persiapan pergelaran teater
2.2   Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater