I. PILIHLAH JAWABAN YANG PALING BENAR
1. Apa yang dimaksud
Intelegensi menurut “Hunt” ……………
a. kecerdasan b.
kemampuan untuk berfikir c. kemampuan untuk menyesuaikan
diri
d. suatu kemampuan e.
suatu teknik untuk memproses informasi yang disediakan oleh indra
2. Sedangkan intelegensi
menurut Colvin adalah ………………..
a.
kemampuan untuk menyerapkan informasi
b.
kemampuan untuk menyesuaikan diri dari lingkungan
c.
kemampuan untuk bersosialisasi
d.
kemampuan untuk berfikir
e.
kemampuan untuk berfikir dan bersosialisasi
3. Sebutkan cirri-ciri
orang kreatif ………………
a. mempunyai daya imaginasi yang kuat b. percaya pada diri sendiri
c. mempunyai minat yang luas d. mempunyai inisiatif
e. benar semua
4. Orang yang mempunyai
kecerdasan (Intellegence antara 70 – 79 disebut …………..
a. moron b.
inferior c. superior
d. embicille e. genius
5. Anak yang mempunyai
IQ 0 – 19 disebut ……………
a. idiot b.
moron c. gifted d. inferior
e. genius
6. Menurut Efendi dan
praja orng yang termasuk katagori cacat mental adalah pada tingkat ………….
a. embicille,
moron, superior b.
idiot, embicille, genius
c. idiot,
embicille, moron c.
pandai, embicille, moron
e. genius,
moron, inferior
7. Dibawah ini yang merupakan
cirri-ciri orang yang cacat mental, kecuali …………………..
a. tidak dapat mengurus dan memenuhi kebutuhan sendiri b. kelambatan mental
sejak lahir
c. kelambatan dalam kematangan d. tidak mengenal
rasa senang
e.
pada dasarnya tidak bisa di obati
8. Anak yang mempunyai IQ
antara 120 -129 disebut …………………
a. pandai b.
superior c. gifled d. genius e. idiot
9. Apakah yang dimaksud
dengan kecerdasan linguistic ……………….
a. kemampuan menggunakan angka dengan baik
b. kemampuan membentuk / menggunakan musik
c. keahlian untuk menggunakan seluruh tubuh untuk
mengexprisikan pikiran
d. kemampuan menggunakan kata secara efektif baik
secara lisan ataupun isyarah
e. kemampuan mempersepsikan dimensi special – visual
10. Di dalam pergaulan
sering kali seseorang mengalami kegagalan untuk menjaga supaya tidak terjadi
suatu kegagalan maka harus diperlukan beberapa hal di bawah ini, kecuali
……………….
a. memperlakukan orang lain seperti diri sendiri b. menghargai setiap jati diri
masing-masing
c. diperlukan keterbukaan d. tidak memberi
kesempatan pada yang lain
e. menumbuhkan rasa saling percaya
11. Tata cara berbicara
dalam pergaulan adalah merupakan factor yang sangat penting, oleh karena itu
perlu di hindari hal – hal ……………………..
a. menghindari
pembicaraan yang dapat menyinggung orang lain
b. menyela pembicaraan
orang lain
c. mempermalukan orsng
lain
d. berbasis dalam suatu
pertemuan
e. benar semua
12. Dibawah ini merupakan
tata berbusana seragam sekolah, kecuali ………………
a. memasukkan baju kemeja ke dalam celana b.
memasukkan baju ke dalam Blauose (PR)
c. mengancing secara penuh kancing baju d. memakai ikat
pinggang
e. menjemur sepatu biar kesannya rapi
13. Dibawah ini hal – hal
yang perlu diperhatikan ketika hendak bertamu ………………………….
a. mencari waktu yang tepat b. bukan
waktunya orang istirahat
c. mengetuk pintu seperlunya d. mengucapkan salam
e. benar semua
14. Ruang linhkup tata
krama meliputi …………….
a. tata krama nasional b.
tata karma local c. tata
karma nasional dan local
d. tata karma regional e.
tata karma nasional dan regional
15. Menurut agama Islam
akhlak yang terpuji disebut ………………….
a. mahmudah b.
masmudah c.
madzmumah
d. maslahah e.
mas’udah
16. Sedang akhlak yang
tercela menurut agama Islam disebut ……………….
a. maslahah b.
madzmumah c.
mas’ulah
d. masmudah e.
mahmudah
17. Nilai-nilai prilaku
seseorang yang tidak bertentangan dengan
norma baik agama, hokum dan masyarakat disebut ……………………..
a. budi mulya b.
budi pekerti c.
akhlak mulia
d. sopan santun e.
betul semua
18. Ciri-ciri seseorang
yang mempunyai budi pekerti mulia di bawah adalah, kecuali ……………….
a. tidak pernah melanggar hokum b.
mempunyai shopan santun
c. suka meremehkan yang lain d. bertanggung jawab
e. taat pada ajaran agamanya
19. Yang merupakan tata
karma local adalah ……………………
a. tata karma di lingkungan rumah b. tata
karma di lingkungan sekolah
c. tata karma di lingkungan kerja d. tata
karma di lingkungan masyarakat
e. benar semua
20. Cara makan, minum,
bertamu, menyapa orang lain merupakan contoh dari krama ………………
a. nasional b.
regional c. daerah d. local e. interlokal
21. Konflik dengan teman
merasa di tekan dan di kucilkan merupakan permasalahan ………………..
a. suasana rumah b.
penyesuaikan c.
psykologis e. pergaulan dengan lawan jenis
22. Apa yang dimaksud
dengan kreativitas ……………….
a. daya ingat b.
swadaya c. daya cipta
d. daya upaya e. salah
semua
23. Yang merupakan
factor-faktor penghambat keberhasilan pergaulan adalah dibawah ini, kecuali
…………..
a. sombong b.
egois c.
saling menerima individu apa adanya
d. bicaranya kasar e.
kurang tanggung jawab
24. Dalam setiap pergaulan
supaya tercipta suatu jalinan yang baik, maka harus memperhatikan ………………
a. saling menyadari kekurangan dan kelebihan b. tolong menolong
c. suka memaafkan d.
berlaku ikhlas e. benar semua
25. Kelompok manusia yang
mempunyai IQ antara 110 – 119 di diskripsikan pada kelompok ………….
a. bodoh b.
moron c. pandai d. embicille e. idiot
26. Kelompok superior
mempunyai kecerdasan IQ antara ……………………
a. 90 – 110 b.
70 – 79 c. 0 – 50
d. 120 – 129 e. salah
semua
27. Orang yang mempunyai
kecerdasan IQ yang kurang dari 70 disebut ………………..
a. superior b.
genius c. super jenius d. cacat mental e. betul semua
28. Ciri-ciri orang yang
cacat mental (moron) adalah …………………….
a. sekolah biasanya tidak dapat sampai kelas V
b. tidak dapat di obati
c. mereka bisa mempelajari pekerjaan secara terus
menerus tanpa adanya perubahan
d. lebih cakap dalam membaca
e. a dan c benar
kjhjgk
29. Ciri-ciri orang idiot
adalah dibawah ini, kecuali …………………..
a. fisik lemah b.
tidak mengenal rasa senang dan sakit
c. cepat mengerti yang abstrak d. bicaranya hanya satu sampai beberapa kata
e. tidak mampu mengurus dirinya
30. Nama lain dari cacat
mental adalah ………………….
a. intelegency b.
mentally Deficient c. debil d. embicelle e. idiot
31. Bagaimanakah cara
berjalan/tata kramanya berjalan di jalan raya, jika berjalan bersama antara
laki-laki dan perempuan ……………………….
a. laki-laki di sebelah kiri b. laki-laki di sebelah kanan c. perempuan di sebelah kanan
d. ya, seenaknya e.
betul semua
32. Dibawah ini merupakan
prinsip-prinsip belajar, kecuali ………………..
a.
belajar memerlukan dorongan
b.
adanya pemusatan terhadap yang di pelajari
c.
belajar tidak perlu rutinitas
d.
menyakini bahwa semua pelajaran tidak ada yang sulit
e.
menghindari hal-hal yang menjadi hambatan belajar
33. Apa kepanjangan dari
IQ ………………
a. emotional quotient b.
intelligence quotion c.
alam pikiran
d. alam bawah sadar e.
salah semua
34. Seseorang yang
mempunyai IQ antara 0 – 79 dapat dikategorikan berkemampuan ……………..
a. superior b.
diatas rata-rata c.
rata-rata
d. dibawah rata-rata e.
rendah
35. Apa arti intelegensi
……………..
a. kemantapan b.
keharusan c. keberhasilan d. kecerdasan e. kecakapan
I.
JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN
BERIKUT DIBAWAH INI !
1.
Sebutkan manfaat perpustakaan bagi
siswa !
2.
Hal-hal apa saja yang harus
diperhatikan dalam membina hubungan teman sebaya ?
3.
Sebutkan unsure-unsur terjadinya
proses komunikasi !
4. Dalam
tata cara makan ada hadist Nabi yang artinya “ Berhenti makan sebelum kenyang”
apa maksudnya ?
5. Sebutkan
ada berapa macam multiple intelegence itu ? sebutkan !