permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar

1.     Pengertian Permintaan
            Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang akan dibeli pada berbagai tingkat harga, waktu, dan tempat.
Contoh daftar rencana permintaan gula pasir ibu arum:
rencana
Harga gula pasir (Rp/Kg)
Pembelian (Kg)
A
3000
10
B
3500
8
C
4000
5
D
5000
2
        Permintaan konsumen didasarkan atas keterbatasan keuangannya untuk memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan. Semakin kuat keuangan konsumen, semakin kuat pula permintaan mereka akan barang atau jasa.
A.Macam-macam Permintaan
        Permintaan barang dan jasa dapat dibedakan berdasarkan jumlah konsumen dan berdasarkan daya beli konsumen. permintaan berdasarkan jumlah konsumen dapat dibedakan sebagai berikut.
a. Permintaan individual
     Permintaan individual adalah permintaan yang dilakukan oleh seseorang konsumen saja.
b. Permintaan pasar
     Permintaan pasar adalah penjumlahan (total) dari permintaan-permintaan individual yang ada dipasar.
     Berdasarkan daya beli konsumen,permintaan dapat dibedakan sebagai berikut.
          a. Permintaan efektif
         Permintaan efektif adalah permintaan yang didukung oleh daya beli (kemampuan membayar) konsumen.
           b. Permintaan Potensial
          Permintaan potensial adalah permintaan yang didukung oleh daya beli (kemampuan membayar) yang sesuai namun konsumen belum melakukan pembelian.
         c. Permintaan Absolute
        Permintaan absolute adalah permintaan yang tidak didukung oleh daya beli (kemampuan membayar) konsumen yang sesuai.
B. Kurva Permintaan
        Kurva permintaan menggambarkan hubungan antara jumlah barang atau jasa yang bersedia dibeli oleh konsumen pada tingkat harga tertentu.
Apabila harga naik, jumlah barang yang diminta turun, dan apabila harga turun, jumlah barang yang diminta naik.
D. Hukum Permintaan
D. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan
1. Selera Konsumen.
      Apabila selera masyarakat akan suatu barang atau jasa meningkat, maka permintaan akan barang atau jasa tersebut juga akan meningkat.
2. Pendapatan
      Semakin tinggi pendapatan masyarakat , semakin tinggi pula permintaan masyarakat akan barang dan jasa.
3. Harga Barang Atau Jasa Pengganti
      Harga  barang atau jasa pengganti yang ada di pasar menetukan permintaan masyarakat akan barang atau jasa . Apabila harga barang atau jasa pengganti lebih murah dari pada barang yang di butuhkan , maka masyarakat dapat beralih dengan membeli barang atau jasa pengganti , sehingga menyebabkan permintaan barang atau jasa tersebut kurang .
4. Harga barang atau jasa pelengkap
     Barang atau jasa pelengkap adalah barang atau jasa yang bersifat melengkapi barang atau jasa lain sehingga dapat digunakan atau lebih memiliki manfaat.Tanpa barang atau jasa pelengkap , barang  atau jasa lainnya tidak atau belum dapa digunakan .
5. Perkiraan harga barang atau jasa di masa mendatang
     Apabila konsumen meyakini bahwa di masa mendatang harga suatu barang atau jasa akan naik , maka masyarakat akan meningkatkan jumlah pembelian barang atau jasa tersebut . Akibatnya , permintaan akan naik .
6. Jumlah konsumen
     Jumlah konsumen berpengaruh pada permintaan barang atau jasa. Semakin banyak konsumen di suatu daerah maka akan semakin tinggi jumlah permintaan akan barang atau jasa .
2.     . Penawaran Barang atau Jasa.
penawaran adalah kesediaan produsen atau penjual untuk menawarkan atau menjual berbagai jumlah barang atau jasa pada berbagai tingkat harga , waktu, dan tempat.
rencana
Harga Ayam Kampung (Rp/ekor)
Penawaran  (ekor)
A
22000
0
B
23000
10
C
24000
25
D
25000
50
A. Macam-macam penawaran
·        Penawaran Individual
Penawaran Individual adalah penawaran yang dilakukan oleh sekelompok produsen atau seorang pedagang dipasar.
·        Penawaran Pasar
Penawaran Pasar adalah Penawaran yang dilakukan oleh sekelompok produsen atau sekelompok penjual di pasar.
B. Kurva Penawaran
Kurva Penawarn merupakan tempat kedudukan titik-titik  yang menunjukan hubungan antara berbagai jumlah barang atau jasa yang bersedia dijual atau ditawarkan oleh produsen  atau penjual pada berbagai tingkat harga.
Hukuk Penawaran :’’ pada keadaan tertentu, penawaran jumlah barang atau jasa akan bertambah apabila terjadi  peningkatan harga dan sebaliknya, penawaran jumlah barang atau jasa akan menurun apabila terjadi penurunan harga
 

C. Faktor – faktor yang memengaruhi Penawaran.
1)    Biaya Produksi
Biaya Produksi sangat menentukan  tingkat harga barang atu jasa yang dapat ditawarkan. Apabila biaya produksi menurun,  maka produsen akan meningkatkan produksinya sehingga penawaranpun akan meningkat.
2)    Teknologi