1. Pengertian
Permintaan
Permintaan adalah jumlah barang atau
jasa yang akan dibeli pada berbagai tingkat harga, waktu, dan tempat.
Contoh daftar rencana permintaan gula pasir ibu arum:
rencana
|
Harga gula pasir (Rp/Kg)
|
Pembelian (Kg)
|
A
|
3000
|
10
|
B
|
3500
|
8
|
C
|
4000
|
5
|
D
|
5000
|
2
|
Permintaan
konsumen didasarkan atas keterbatasan keuangannya untuk memperoleh barang atau
jasa yang dibutuhkan. Semakin kuat keuangan konsumen, semakin kuat pula
permintaan mereka akan barang atau jasa.
A.Macam-macam Permintaan
Permintaan
barang dan jasa dapat dibedakan berdasarkan jumlah konsumen dan berdasarkan
daya beli konsumen. permintaan berdasarkan jumlah konsumen dapat dibedakan
sebagai berikut.
a. Permintaan individual
Permintaan
individual adalah permintaan yang dilakukan oleh seseorang konsumen saja.
b. Permintaan pasar
Permintaan
pasar adalah penjumlahan (total) dari permintaan-permintaan individual yang ada
dipasar.
Berdasarkan
daya beli konsumen,permintaan dapat dibedakan sebagai berikut.
a. Permintaan efektif
Permintaan efektif adalah permintaan yang didukung oleh daya beli
(kemampuan membayar) konsumen.
b.
Permintaan Potensial
Permintaan potensial adalah permintaan yang didukung oleh daya beli
(kemampuan membayar) yang sesuai namun konsumen belum melakukan pembelian.
c. Permintaan
Absolute
Permintaan
absolute adalah permintaan yang tidak didukung oleh daya beli (kemampuan membayar)
konsumen yang sesuai.
B. Kurva Permintaan
Kurva
permintaan menggambarkan hubungan antara jumlah barang atau jasa yang bersedia
dibeli oleh konsumen pada tingkat harga tertentu.
Apabila
harga naik, jumlah barang yang diminta turun, dan apabila harga turun,
jumlah barang yang diminta naik.
|
D.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan
1.
Selera Konsumen.
Apabila selera masyarakat akan suatu
barang atau jasa meningkat, maka permintaan akan barang atau jasa tersebut juga
akan meningkat.
2.
Pendapatan
Semakin tinggi pendapatan masyarakat ,
semakin tinggi pula permintaan masyarakat akan barang dan jasa.
3.
Harga Barang Atau Jasa Pengganti
Harga
barang atau jasa pengganti yang ada di pasar menetukan permintaan
masyarakat akan barang atau jasa . Apabila harga barang atau jasa pengganti
lebih murah dari pada barang yang di butuhkan , maka masyarakat dapat beralih
dengan membeli barang atau jasa pengganti , sehingga menyebabkan permintaan
barang atau jasa tersebut kurang .
4.
Harga barang atau jasa pelengkap
Barang atau jasa pelengkap adalah barang
atau jasa yang bersifat melengkapi barang atau jasa lain sehingga dapat
digunakan atau lebih memiliki manfaat.Tanpa barang atau jasa pelengkap ,
barang atau jasa lainnya tidak atau
belum dapa digunakan .
5.
Perkiraan harga barang atau jasa di masa mendatang
Apabila konsumen meyakini bahwa di masa
mendatang harga suatu barang atau jasa akan naik , maka masyarakat akan
meningkatkan jumlah pembelian barang atau jasa tersebut . Akibatnya ,
permintaan akan naik .
6.
Jumlah konsumen
Jumlah konsumen berpengaruh pada
permintaan barang atau jasa. Semakin banyak konsumen di suatu daerah maka akan
semakin tinggi jumlah permintaan akan barang atau jasa .
2.
. Penawaran Barang atau Jasa.
penawaran
adalah kesediaan produsen atau penjual untuk menawarkan atau menjual berbagai
jumlah barang atau jasa pada berbagai tingkat harga , waktu, dan tempat.
rencana
|
Harga Ayam Kampung (Rp/ekor)
|
Penawaran
(ekor)
|
A
|
22000
|
0
|
B
|
23000
|
10
|
C
|
24000
|
25
|
D
|
25000
|
50
|
A. Macam-macam
penawaran
·
Penawaran Individual
Penawaran Individual adalah penawaran yang dilakukan oleh
sekelompok produsen atau seorang pedagang dipasar.
·
Penawaran Pasar
Penawaran Pasar adalah Penawaran yang dilakukan oleh
sekelompok produsen atau sekelompok penjual di pasar.
B. Kurva Penawaran
Kurva Penawarn merupakan tempat kedudukan titik-titik yang menunjukan hubungan antara berbagai
jumlah barang atau jasa yang bersedia dijual atau ditawarkan oleh produsen atau penjual pada berbagai tingkat harga.
Hukuk
Penawaran :’’ pada keadaan tertentu, penawaran jumlah barang atau jasa akan
bertambah apabila terjadi
peningkatan harga dan sebaliknya, penawaran jumlah barang atau jasa
akan menurun apabila terjadi penurunan harga
|
C. Faktor –
faktor yang memengaruhi Penawaran.
1) Biaya Produksi
Biaya
Produksi sangat menentukan tingkat harga
barang atu jasa yang dapat ditawarkan. Apabila biaya produksi menurun, maka produsen akan meningkatkan produksinya
sehingga penawaranpun akan meningkat.
2) Teknologi