bk kelas x uts ganjil




I.       Pilihlah  jawaban yang paling benar !

1.  Penyesuaian diri merupakan ..................................
a.   dapat menyesuaikan diri dengan baik
b.       keterampilan yang memiliki seseorang untuk dapat menyeimbangkan terhadap lingkungan
c.       proses mengenali lingkungan
d.       kemampuan mengenali diri
e.       keterampilan dalam proses kedewasaan
1.  Ciri-ciri dari i9ndividu yang mudah menyesuaikan diri adalah ..........................
a.       pendiam, angkuh dan pemalu
b.       mendengarkan orang lain
c.       dapat membaur, dapat menempatkan diri pada lingkungan yang baru, mau memperhatikan keadaan orang lain
d.       bermanfaat dan di butuhkan oleh lingkungan
e.       semua benar
2.  Sebagai siswa yang baru, apa saja yang harus diperhatikan pada sekolah yang baru ..................
a. hak-haknya sebagai siswa                                  b. Cara belajar dan tata tertib sekolah
c. metode belajar, tata tertib, santun                      d. Peraturan, tata tertib, tata krama, hak serta kewajiban siswa
e.  kewajiban - kewajiban siswa
3. Didalam  penyesuaian diri ada yang disebut proses Dinamis, apakah yang dimaksud proses dinamis .............
a. elemen pasif yang tidak mendukung     b. Elemen-elemen yang satu dengan yang lain saling berintraksi
c. Elemen-elemen yang ada pada individu            d. Elemen-elemen yang ada pada linkungan
e. Elemen-elemen yang pasip dan tidak mendukung
4. Dibawah ini adalah diskripsi tentang kepribadianterbuka, kecuali ..........................
a. inovasi                           b. Imajinasi                  c. Pro aktif                   d.oposan          e. Adaptasi
5. Arman adalah seorang siswa yang menyukai adanya terobosan yang baru, dia memiliki ide-ide yang sangat cemerlang, suka melakukan analisa, maka Arman tergolong siswa yang ................................
a. Kompeten                      b. Prestasi                    c. Imajinatif                 d. Inovatif        e. Oposan
6. Bekerja dengan keras, perfeksianis, memiliki standar yang tinggi, menginginkan hasil/prestasi yang lebih dari apa yang diharapkan disebut ......................
a. pro aktif                         b. Prestatif                   c. Inovatif                    d. Rileks          e. Rendah hati
7. Usia remaja di bagi menjadi berapa kelompok ...................................
a. 3  kelompok                  b. 6 kelompok             c. 4 kelompok              d. 5 kelompok e. 2 kelompok
8. Yang disebut remaja pertengahan adalah ......................
a. antara 17 hingga 18 th   b. antara 11 hingga 14 th         c. antara 14 hingga 17 th
d. antara 11 hingga 19 th   e. antara 14 hingga 16 th
9.       Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan psyko sosial remaja adalah ...............................
a. faktor keluarga              b. Faktor lingkungan masyarakat         c. Faktor lingkungan sekolah
d. faktor pergaulan                        e. Semua benar

II. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT DIBAWAH INI

1.       Lingkungan sekolah merupakan lingkungan yang heterogen dimana disitu terdiri dari berbagai individu. Jelaskan bagaimana cara-cara untuk menyesuaikan diri pada lingkungan yang hiterogen ini ?
Berikan pendapatmu, perlukah adanya penyesuaian diri pada lingkungan dimana kita berada !
2.       Sebutkan pembagian fase remaja !
3.       Jelaskan dimensi dan indikator pada kepribadian yang stabil !
4.       Jelaskan indikatoe dari “rendah diri” !
5.       Sebutkan perubahan-perubahan fisik yang terjadi pada masa remaja !
6.       Permasalahan apa saja yang kerap kali dihadapi oleh remaja ?
7.       Dalam perkembangan psikososialnya remaja banyak di pengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah sekolah berikan gambaran, sekolah yang bagaimana yang dapat memicu remaja untuk
menyimpang ?
8.       Apakah yang dimaksud dengan
a. karakteristik sexual primer                              b. karakteristik sexual sekunder
9.       Mengapa masa remaja disebut sebagai usia bermasalah, jelaskan !

bk kleasa