Program Muatan Lokal

 

2.      Program Muatan Lokal

Muatan lokal adalah bahan kajian atau mata pelajaran pada sekolah yang berisi muatan dan proses pembelajaran tentang potensi dan keunikan lokal. Muatan lokal merupakan bahan kajian atau mata pelajaran pada sekolah yang berisi muatan dan proses pembelajaran tentang potensi dan keunikan lokal yang dimaksudkan untuk membentuk pemahaman peserta didik terhadap keunggulan dan kearifan di daerah tempat tinggalnya. Muatan lokal diajarkan dengan tujuan membekali peserta didik dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan untuk:

a.            mengenal dan mencintai lingkungan alam, sosial, budaya, dan spiritual di daerahnya; dan

b.           melestarikan dan mengembangkan keunggulan dan kearifan daerah yang berguna bagi diri dan lingkungannya dalam rangka menunjang pembangunan nasional.

Penyajian muatan lokal dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu (1) dintegrasikan pada mata pelajaran yang sudah ada, dan (2) berdiri sebagai mata pelajaran tersendiri. Muatan lokal juga tidak lepas dari kebijakan daerah. Peraturan Gubernur Jawa Timur No. 19 tahun 2014 Jawa Timur, muatan lokal Bahsa Jawa disajikan sebagai mata pelajaran dan wajib diberikan di sekolah.

Muatan lokal yang dipilih dan diajarkan harus terdokumentasikan dalam bentuk kompetensi dasar, silabus dan RPP. Kompetesi dasar muatan lokal dicantumkan di dalam dokumen 1 (satu) atau KTSP, sedangkan silabus dan RPP di dokumen 2 (dua) dan dokumen 3 (tiga).