A.
Prinsip-prinsip
Pengembangan KTSP
Tantangan eksternal SMK adalah adanya
globalisasi industri dan perdagangan modern seperti World Trade Organization (WTO), Association
of Southeast Asian Nations (ASEAN) Economic Community (AEC), Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC),
dan ASEAN FreeTrade Area (AFTA) serta
Revolusi Industri 4.0. Tantangan eksternal juga terkait dengan pergeseran
kekuatan ekonomi dunia, pengaruh dan imbas teknosains serta mutu, investasi,
dan transformasi bidang pendidikan serta pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Karena itu Pendidikan Menengah
Kejuruan (PMK) ditantang untuk turut memberi andil menyiapkan modal manusia
kompeten untuk bersaing di pasar tenaga kerja global, melalui pengembangan
kurikulum/KTSP yang digunakan di SMK
Agar KTSP dapat digunakan sebagai
pegangan bagi seluruh pihak yang berkepentingangan dalam melaksanakan kegiatan
pembelajaran di SMK, maka KTSP harus dikembangkan dengan prinsip-prinsip
sebagai beriku :
1
KTSP SMK
dikembangkan dengan prinsip diversifikasi
dengan maksud agar memungkinkan adanya kesesuaian program-program
pendidikan pada SMK dengan situasi, kondisi dan kekhasan potensi yang ada di
daerah (terutama dunia usaha /dunia industri) dan potensi SMK serta potensi
peserta didik;
2
KTSP SMK
dikembangkan, diterapkan, dimonitor dan dievaluasi secara terus menerus oleh
sekolah (tim pengembang kurikulum) dan Dinas Pendidikan sebagai bentuk
penjaminan mutu PMK;
3
Berpusat
pada potensi, perkembangan, kebutuhan, Demand
Driven dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya pada masa kini dan
yang akan datang.
4
Belajar
sepanjang hayat, kurikulum diarahkan pada proses pengembangan, pembudayaan, dan
pemberdayaan kemampuan peserta didik untuk belajar sepanjang hayat. Kurikulum
mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal, nonformal, dan
informal dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu
berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya.
5. Menyeluruh dan berkesinambungan
Substansi kurikulum mencakup keseluruhan
dimensi kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) bidang kajian
keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara
berkesinambungan antar jenjang pendidikan.