Standar Kompetensi Lulusan SMK

 

2.          Standar Kompetensi Lulusan SMK

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 34 tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK menyatakan bahwa Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Pendidikan Menengah Kejuruan adalah kriteria kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan bidang dan lingkup kerja.

Standar kompetensi lulusan SMK/MAK dirumuskan secara menyeluruh dalam satu kemampuan utuh dengan mengintegrasikan dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan berdasarkan tingkatan Kompetensi pada masing-masing program pendidikan 3 (tiga) tahun dan 4 (empat) tahun. Pengintegrasian ini dilakukan sebab ketiga dimensi tersebut bukan


merupakan komponen yang saling terpisahkan melainkan saling melengkapi antara 1 (satu) dengan yang lain.

Rumusan SKL PMK (Pendidikan Menengah Kejuruan ) tersebut ditunjukkan pada Tabel 1, Tabel 2, dan Tabel 3.

Tabel 1. SKL Pendidikan Menengah Kejuruan Dimensi Sikap

Kompetensi Lulusan Program Pendidikan 3 Tahun

Kompetensi Lulusan Program Pendidikan 4 Tahun

Berperilaku   yang                        mencerminkan sikap:

1.             beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME;

2.             jujur, disiplin, empati, dan pembelajar sejati sepanjang hayat;

3.             bangga dan cinta tanah air, bangga pada profesinya, dan berbudaya nasional;

4.             memelihara kesehatan jasmani, rohani, dan lingkungan;

5.             berpikir kritis, kreatif, beretikakerja, bekerja sama, berkomunikasi, dan bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab membimbing orang lainsesuai bidang dan lingkup kerja dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa, negara, dan industri lingkup lokal, nasional, regional, dan internasional.

Berperilaku   yang                        mencerminkan sikap:

1.  beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME;

2.  jujur, disiplin, empati, dan pembelajar sejati sepanjang hayat;

3.  bangga dan cinta tanah air, bangga pada profesinya, dan berbudaya nasional;

4.  memelihara kesehatan jasmani, rohani, dan lingkungan;

5.  berpikir kritis, kreatif, beretikakerja, bekerja sama, berkomunikasi, dan bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas kuantitas dan kualitas hasil kerja orang lain sesuai bidang dan lingkup kerja dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa, negara, dan industri lingkup lokal, nasional, regional, dan internasional.

 

 

Tabel 2. SKL Pendidikan Menengah Kejuruan Dimensi Pengetahuan

Kompetensi Lulusan Program Pendidikan 3 Tahun

Kompetensi Lulusan Program Pendidikan 4 Tahun

Berfikir secara faktual, konseptual, operasional dasar, prinsip, dan metakognitif sesuai denganbidang dan lingkup kerjapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan:

1.                  ilmu pengetahuan,

2.                  teknologi,

3.                  seni,

4.                  budaya, dan

5.                  humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat lokal, nasional, regional, dan internasional.

Berfikir secara faktual, konseptual, operasional lanjut, prinsip, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan:

1.                  ilmu pengetahuan,

2.                  teknologi,

3.                  seni,

4.                  budaya, dan

5.                  humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat lokal, nasional, regional, dan internasional.


Tabel 3. SKL Pendidikan Menengah Kejuruan Dimensi Keterampilan

 

 

Kompetensi Lulusan Program Pendidikan 3 Tahun

Kompetensi Lulusan Program Pendidikan 4 Tahun

Bertindak produktif, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif dalam:

1.        melaksanakan tugas dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang kerja, dan

2.        menampilkan kinerja mandiri dengan pengawasan langsung atasan berdasarkan kuantitas dan kualitas terukur sesuai standar kompetensi kerja, dan dapat diberi tugas membimbing orang

lain.

Bertindak produktif, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif dalam:

1.        melaksanakan tugas dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah kompleks sesuai dengan bidang kerja, dan

2.        menampilkan kinerja mandiri dengan pengawasan tidak langsung atasan berdasarkan kuantitas dan kualitas terukur sesuai standar kompetensi kerja, serta bertanggung jawab atas

hasil kerja orang lain.

 

Sebagaimana tertuang pada rumusan SKL, kompetensi yang bersifat generik mencakup 3 (tiga) ranah yakni sikap, pengetahuan dan keterampilan. Ranah sikap dipilah menjadi sikap spiritual dan sikap sosial. Pemilahan ini diperlukan untuk menekankan pentingnya keseimbangan fungsi sebagai manusia seutuhnya yang mencakup aspek spiritual dan aspek sosial sebagaimana diamanatkan dalam tujuan pendidikan nasional. Dengan demikian kompetensi yang bersifat generik tersebut diuraikan menjadi empat yaitu kompetensi inti sikap spiritual disebut KI-1, kompetensi inti sikap sosial disebut KI-2, kompetensi inti pengetahuan disebut KI-3, dan kompetensi inti keterampilan disebut KI-4.

Uraian Kompetensi Inti untuk program pendidikan 3 (tiga) tahun dan 4 (empat) tahun pada SMK disajikan dalam Tabel 4.

 

Tabel. 4. Deskripsi Kompetensi Inti Program Pendidikan Menengah Kejuruan

 

KOMPETENSI INTI

DESKRIPSI KOMPETENSI

3 Tahun

4 Tahun

Sikap

Spritual (KI-1)

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

Sikap

Sosial (KI-2)

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan

lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri


KOMPETENSI INTI

DESKRIPSI KOMPETENSI

3 Tahun

4 Tahun

 

sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Pengetahuan (KI-3)

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengeva luasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasio nal dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembang an potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengeva- luasi tentang pengetahu an faktual, konseptual, opera sional lanjut, dan metakog- nitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembang an potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Keterampilan (KI-4)

Melaksanakan tugas spesifik, dengan meng-gunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidangkerja.

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan peng- embangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Melaksanakan tugas spesifik, dengan meng- gunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah kompleks sesuai dengan bidang kerja.

Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, ko-laboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan peng-embangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.


KOMPETENSI INTI

DESKRIPSI KOMPETENSI

3 Tahun

4 Tahun

Keterampilan (KI-4)

Menunjukkan ke-terampilan mem-persepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadi-kan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksana-kan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan ke-terampilan mem-persepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadi-kan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara

mandiri.

 

3.          Profil Lulusan SMK

Setiap sekolah semestinya berorientasi pada mutu lulusan. Agar setiap pihak yang berkentingan dengan penyelenggaraan pendidikan di sekolah fokus pada mutu lulusan, seyogyanya profil lulusan dijabarkan secara operasional. Profil lulusan adalah gambaran konkrit kompetensi dan karakteristik lulusan dari masing-masing sekolah. Acuan dalam menyusun profil lulusan masing-masing sekolah dijabarkan dari:

a.                           Standar Kompetensi Lulusan

b.                          Visi, misi, dan tujuan sekolah,

c.                            Ciri khusus atau branding sekolah.