RPP : Memahami prinsip-prinsip pembelajaran makhluk hidup

ENCANA PELAKSANAAN PEMBELARAJAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SMA BINTANG
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas / Semester          : X / 1
Standar Kompetensi   : 2. Memahami prinsip-prinsip pembelajaran makhluk hidup
Kompetensi Dasar:      : 2.1 mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi dan peran virus dalam  kehidupan.
Alokasi waktu             : 2 x 45’

A.    Indikator
1.      Menyebutkan 4 bentuk virus
2.      Menyebutkan 5 ciri-ciri virus
3.      Mendeskripsikan struktur virus 
B.     Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah melakukan tebak kata, siswa dapat menyebutkan 4 bentuk virus
2.      Setelah melakukan tebak kata, siswa dapat menjelaskan 5 ciri-ciri virus
3.      Setelah melakukan tebak kata, siswa dapat mendeskripsikan struktur virus.
C.     Materi pembelajaran
1.      Bentuk-bentuk virus anatara lain:
·         Kotak
·         Bola
·         Jarum
·         Seperti huruf T
2.      Ciri-ciri virus yaitu :
·         Ukuran virus sangat kecil berkisar antara 9-200 nanometer.
·         Dapat dilihat dengan mikroskop elektron
·         Mempunyai satu jenis asam nukleat (DNA/RNA)
·         Berkembang biak pada sel hidup
·         Dapat dikristalkan
3.      Struktur virus
a.       Kepala
Kepala virus berisi DNA dan bagian luarna diselubungi kapsid. Satu unit protein yang menyusun kapsid disebut kapsomer.
b.      Kapsid
Kapsid adalah selubung yang berupa protein. Kapsid terdiri atas kapsomer. Fungsi kapsid untuk memberi bentuk virus sekaligus sebagai pelindung virus dari kondisi lingkungan yang merugikan virus.
c.       Isi tubuh
Bagian isi tersusun atas asam inti, yakni DNA saja atau RNA saja. Bagian isi disebut sebagai virion. DNA atau RNA merupakan materi genetik yang berisi kode-kode pembawa sifat virus. Berdasarkan isi yang dikandungnya, virus dapat dibedakan menjadi virus DNA (virus T, virus cacar) dan virus RNA (virus influenza, HIV, H5N1).
d.      Ekor
Ekor virus merupakan alat untuk menempel pada inangnya. Ekor virus terdiri atas tubus bersumbat yang dilengkapi benang atau serabut. Virus yang menginfeksi sel eukariotik tidak mempunyai ekor.
D.    Metode dan pendekatan
Metode                  : Tebak kata
Pendekatan           : Konsep
E.     Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Kegiatan awal (15 menit)
·         Berdo’a
·         Mengecek kehadiran siswa
·         Apersepsi : Menurut Whittaker 1969 klasifikasi dibagi menjadi 5 kingdom yaitu Monera, Protista, Fungi, Plantae, Animalia. Namun ada yang tidak termasuk kedalamnya, yaitu makhluk mikroskopik yang membuat kita flu yang dinamakan virus.
·         Motivasi : Apa yang kalian ketahui tentang virus ?
·         Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.
·         Guru membagi siswa  menjadi dua kelompok.
·         Guru membagikan lembar materi dan gambar virus
Kegiatan inti (45 menit)
1)      Eksplorasi
·         Masing-masing kelompok melakukan studi pustaka atau membaca  dari sumber yang relevan.
2)      Elaborasi
·         Masing-masing kelompok berbaris di depan kelas
·         Perwakilan dari kelompok mengambil amplop pada guru yang berisi kertas soal yang kemudian di pakai di kepala setiap anggota.
·         Anggota pertama berhadapan dengan anggota kedua yang memakai kertas berisi jawaban dan memberikan penjelasan tentang jawaban.
·         Setelah anggota kedua menjawab dengan benar langkah tersebut dilakukan pada anggota berikutnya.
3)      Konfirmasi
·         Guru memberikan penguatan tentang materi yang telah dipelajari
Kegiatan penutup (30 menit)
·         Guru memberikan evaluasi kepada siswa.
·         Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
·         Guru memberitahu materi berikutnya.
·         Berdo’a
F.      Sumber, dan media pembelajaran
a. Sumber:
·   Kistinnah Idun & Sri Lestari Endang. 2009. Biologi  Makhluk Hidup dan Lingkunganna SMA/MA untuk kelas X. Surabaya. Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Nasional Pendidikan. Hal. 61-86.
·   DuniaKuMu Blog, Pengertian virus, sejarah, ciri ciri, anatomi, reproduksi, klasifikasi, peranan, perikanan.” http://pobersonaibaho.wordpress.com/2011/02/22/pengertian-virus-sejarah-ciri-ciri-anatomi-reproduksi-klasifikasi/.” (diunduh pada 2 februari 2011).
b. Media pembelajaran:
Kertas kata, lembar materi, gambar virus.
G.    Penilaian
Indikator pencapaian kompetensi
Teknik penilaian
Bentuk Instrumen
Instrument / Soal
Kriteria Penilaian
·         Menyebutkan ciri-ciri virus.
·         Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan  struktur virus.
Tes tulis
Tes uraian
1. sebutkan 4 bentuk-bentuk virus !
2.Sebutkan 5 ciri-ciri virus !
3.Jelaskan struktur virus.
-        Kepala
-        Kapsid
-        Isi tubuh
-        Ekor

@ 4 x 5 = 20


@ 5 x 6 = 30

@  4 x 12.5 = 50
Kriteria penilaian = 100

Kunci jawaban
1.      4 bentuk virus
1)      kotak
2)      bola
3)      jarum
4)      seperti huruf T
2.      5 ciri-ciri virus
1)      Ukuran virus sangat kecil berkisar antara 9-200 nanometer.
2)      Dapat dilihat dengan mikroskop electron
3)      Mempunyai satu jenis asam nukleat (DNA/RNA)
4)      Berkembang biak pada sel hidup
5)      Dapat dikristalkan
3.      struktur virus
a.       Kepala
Kepala virus berisi DNA dan bagian luarna diselubungi kapsid. Satu unit protein yang menyusun kapsid disebut kapsomer.
b.      Kapsid
Kapsid adalah selubung yang berupa protein. Kapsid terdiri atas kapsomer. Fungsi kapsid untuk memberi bentuk virus sekaligus sebagai pelindung virus dari kondisi lingkungan yang merugikan virus.
c.       Isi tubuh
Bagian isi tersusun atas asam inti, yakni DNA saja atau RNA saja. Bagian isi disebut sebagai virion. DNA atau RNA merupakan materi genetik yang berisi kode-kode pembawa sifat virus. Berdasarkan isi yang dikandungnya, virus dapat dibedakan menjadi virus DNA (virus T, virus cacar) dan virus RNA (virus influenza, HIV, H5N1).
d.      Ekor
Ekor virus merupakan alat untuk menempel pada inangnya. Ekor virus terdiri atas tubus bersumbat yang dilengkapi benang atau serabut. Virus yang menginfeksi sel eukariotik tidak mempunyai ekor.


                                                                                                   Indramayu, 27 Maret 2012
              Mengetahui,
           Kepala Sekolah,                                                                 Guru Mata Pelajaran,





                        
http://jejenahmadzarkasyi.blogspot.com/2012/04/rpp-kls-x-kompetensi-dasar-21.html